Kursus Manajemen Bisnis Untuk Berbisnis dan Mengembangkan Karir



Kenapa sih jabatan di kantor begini-begini saja. Kapan naik karirnya? Kapan naik gajinya? Begitu pemikiranku dan suami suatu hari. Jawabannya sebenarnya jelas, menambah dan mengembangkan skill, bukan dengan menyingkirkan rekan kerja, menjilat, atau cara tidak beretika lainnya. Say No to bad attitude. Ya, memang definisi maju tanpa menyingkirkan orang lain adalah dengan meningkatkan prestasi diri sendiri, mengembangkan berbagai kemampuan supaya skill yang dimiliki tidak itu-itu saja. Harus bagaimana sih Langkah awalnya?


Kursus Manajemen Bisnis


Salah satu yang penting dan bagus banget untuk meningkatkan kualitas diri adalah dengan Kursus Manajemen bisnis. Jadi mempelajari dasar-dasar bisnis, manajemen pemasaran, keuangan, hingga manajemen SDM dan berbagai keahlian lainnya. Sebentar, sebelum saya bicara lebih jauh soal kemampuan diri dan manajemen bisnis. Apa dulu nih bidang yang sedang kita geluti sekarang? Anda karyawan atau pengusaha atau abdi negara? Jangan dulu merasa enggak butuh sama kemampuan pengembangan diri tentang manajemen bisnis. 

    Karyawan swasta butuh nambah skill manajemen bisnis buat apa? Ya seperti yang saya bilang diatas, bertambahnya skill dan kemampuan bisa membuka peluang untuk naik jabatan, peningkatan karir yang tentunya diiringi kenaikan penghasilan. Atasan tentu senang donk jika ada karyawannya yang selain menguasai bidangnya sendiri apapun itu ternyata menguasai bidang manajemen bisnis juga untuk memajukan penjualan atau memperbaiki manajemen yang sudah ada agar semakin baik. 

baca juga: 8 hal penting dalam berbisnis kuliner

Pengusaha butuh menambah kemampuan diri buat apa? Jawaban sederhana, karena tidak semua pengusaha lulusan fakultas manajemen bisnis. Banyak pengusaha yang bahkan tidak sekolah, tidak ada latar belajar keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dsb namun tetap ingin berbisnis dan menguasai manajemennya, tentu gampang sekali tinggal kursus manajemen bisnis.


    Abdi negara butuh belajar manajemen bisnis buat apa? Nah, abdi negara ini kadang lebih random lagi dalam penempatan posisi dan jabatan, bisa dipindah ke bidang apa saja yang memang dirasa cocok dan diperlukan. Maka bidang apapun yang sedang dipegang, apabila menguasai bagaimana manajemen sumber daya manusia dengan baik, itu akan lebih mudah. Itu kalau terkait jabatan. Namun akan beda lagi jika abdi negara ingin membuka peluang bisnis, nah ini nih yang seru. Banyak kan abdi negara yang nyambi jadi pengusaha, enggak masalah apapun pekerjaan anda di instansi negara, dengan belajar manajemen bisnis pastinya akan banyak membantu bisnis sampingan.


Rekomendasi Kursus Manajemen Bisnis


Aku sendiri dengan kondisi 3 orang anak yang sedang beranjak besar dan butuh biaya sekolah yang mulai mencengangkan angkanya, maka obsesi untuk naik gaji pun makin meraja dalam diri. Semakin semangat mengajak suami untuk meningkatkan kemampuan. Dan aku sudah menemukan salah satu tempat Kursus manajemen bisnis yang oke nih. 

    Karena suamiku bekerja di perusahaan di departemen keuangan dan beliau lulusan akuntansi, maka kurasa belajar manajemen bisnis keuangan tidak perlu, aku tertarik untuk mengajak beliau agar mengikuti kursus tentang bisnis digital, karena saat pandemic begini semakin memaksa kita untuk sangat mengerti digital, termasuk juga belajar tentang e-commerce design, financial technology dan digital banking terkait bisnis digital.  ternyata itu semua tersedia di GreatNusa.

bisnis digital di GreatNusa.com


GreatNusa.com


Adalah salah satu website kursus pembelajaran online untuk pengembangan diri. Tempat kursus ini seakan memahami semua kondisi level pebisnis dimana beragam keadaan memaksa kita untuk memiliki ilmu namun kondisi kurang fleksibel. Misalnya tidak ada waktu kuliah lama, tidak ada biaya kuliah atau bahkan tidak memiliki waktu pasti kapa nada senggang untuk belajar. 

Di GreatNusa.com berbagai kebutuhan kursus manajemen bisnis tersedia

  1. Bisnis dasar

  2. Bisnis digital

  3. Manajemen pemasaran dan penjualan

  4. Manajemen SDM

  5. Manajemen keuangan

  6. Manajemen operasional

  7. Manajemen proyek

  8. kewirausahaan

    Jadi untuk yang ingin belajar bisnis lebih detil tapi tidak ada waktu atau bahkan tidak ada biaya dan ingin belajar online saja supaya bisa dilakukan dimana saja, coba berkunjung ke website ini. Hah, tidak ada biaya bisa ikut kursus disini? Ah bohong deh. Kursus semacam ini pasti mahal donk, secara kan ini untuk pebisnis, calon orang-orang kaya nantinya kalau sudah jago bisnis. Serius, beberapa kursus disini ada yang tersedia gratis seperti pelajaran manajemen proyek dan beberapa kursus kewirausahaan gratis loh. Meskipun ada yang berbayar, tapi bisa dibilang tidak terlalu mahal dan masih terjangkau, lho. Belajar beriklan saja disini diberikan gratis, siapa coba pebisnis yang enggak tertarik. Aku melihat kursus online ini malah jadi ingin memulai bisnis loh jadinya, tinggal mikirin nih rencana mau buka bisnis apa, hehehe. 

baca juga: 5 hal yang bisa menaikkan daya beli bisnis properti

Nah, untuk ibu-ibu rumah tangga juga perlu loh liat-liat website ini buat support karir suaminya. Untuk Wanita yang berkarir pun sepertinya bisa mengikuti kursus ini karena hanya melalui online jadi lebih fleksibel.


Tidak Harus Belajar Manajemen Bisnis


    Dari semua yang saya ceritakan, apakah kita masih merasa tidak butuh belajar manajemen bisnis? Enggak tertarik belajar bisnis, bukan passionnya. Ya enggak apa-apa donk. Kan memang ketertarikan setiap orang akan suatu ilmu itu berbeda-beda. Tapi keinginan untuk menambah skill tetap ada kan. Seperti saya bilang tadi, mau ada peningkatan karir, gaji, jabatan, tentu cara mudahnya dengan menambah skill.


kursus populer di GreatNusa


        Berita baiknya sih karena setau saya tuh di GreatNusa ini tak hanya belajar manajemen bisnis, tapi memenuhi segala kebutuhan pengembangan diri seperti pengembengan potensi digital pendidik, nah bagus nih untuk para guru atau calon guru. Ada juga basic writing academic English dan kursus IELTS. Bagus ini untuk teman-teman yang mau ningkatin skill menulis Bahasa Inggrisnya. Ada juga kursus untuk motion graphic bagi yang suka dengan graphic design dan geographic information system (GIS) bagi yang menyukai dan penasaran mengenai penggunaan Drone dalam menunjang Informasi Geo spasial.

    Sebenarnya poin utamanya tidak harus manajemen bisnis, tapi adanya keinginan kita untuk meningkatkan kualitas diri untuk maju. Sekarang saingan makin banyak di dunia kerja, masing-masing orang juga menambah skillnya maka kita pun perlu menambah skill dengan kursus manajemen bisnis atau kursus bidang lainnya. Kan Tuhan jika tidak mau merubah nasib kalau kitanya tidak mau berusaha. Semoga rekomendasi aku bermanfaat ya, dan doain suamiku juga terus menanjak karirnya.


5 comments

  1. Nah, kita memang harus upgrade skill dan knowledge ya mbak. Apalagi zaman skrng persaingan berat dengan yg muda-muda karena mereka lebih menguasai teknologi misalnya.

    ReplyDelete
  2. Sekarang kalau mau meningkatkan skill semakin mudah dan murah ya, Mbak. Semoga ga malas dan selalu ada semangat buat belajar. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. Zaman sekarang ini harus ekstra meningkatakan skill ya mbak, biar bisa lebih baik dan pastinya tidak ketinggalan. Apalagi sampai menjatuhkan duuh jangan deh

    ReplyDelete
  4. Wih keren mbak webnya, dan emang meskipun pegawai harus belajar sih manajemen gak cuma bisnis tapi keuangan juga. Terus ada wirausahanya jd bisa buat belajar wirausaha juga

    ReplyDelete
  5. Asik ya sekarang tuh kalau mau nambah skill/pengetahuan gampang banget. Tinggal mengikuti kursus online berbayar ataupun gratis.

    Menarik nih untuk dicoba biar punya pengetahuan manajemen bisnis. Apalagi sekarang tuh meski jadi IRT juga harus berdaya punya skill/pengetahuan ya kan. Thanks mba rekomendasinya, nanti mau berkunjung ke websitenya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..