5 Hal ini Akan Bangkitkan Pembelian Properti Di tahun 2021

daya beli properti meningkat

Sektor properti bantu pulihkan
Indonesia dari krisis ekonomi akibat Pandemi Covid-19


Begitu banyak bisnis mengalami penurunan hingga bangkrut dimasa pandemi yang terjadi selama setahun terakhir. Tak terkecuali bidang property juga banyak sekali terpengaruh dan mengalami penurunan. penyebabnya tentu saja karena begitu banyak usaha tutup atau menurun, maka banyak pula orang yang kehilangan pekerjaan. Hal ini tentu saja berpengaruh pada daya beli masyarakat terhadap perumahan. Apakah tahun 2021 sektor properti akan bangkit kembali?


Memang tidak semua bidang mengalami penurunan atau bangkrut, tetapi banyak juga bidang lain yang justru mengalami peningkatan pesat. Seperti sektor Food and baverages, farmasi, kesehatan, segala layanan yang melayani secara digital dan sektor teknologi. sektor lain yang mengalami penurunan selain sektor properti adalah sektor pariwisata, sektor fashion, kesenian, olahraga dan banyak lagi sektor lainnya.

Tapi di awal 2021 ini, masyarakat dunia termasuk Indonesia merasa seperti mendapatkan angin segar akan bangkitnya ekonomi di segala bidang, terutama di bidang properti. Kenapa properti menjadi sektor yang sangat dinantikan? Tentu saja karena properti adalah salah satu kebutuhan pokok dalam hidup, maka dalam kondisi apapun baik pandemi atau tidak sesungguuhnya properti tidak pernah berhenti membangun dan berkembang. Yang berubah-rubah hanyalah daya beli dan daya jual para pebisnisnya saja. Lalu apa yang menjadi kebangkitan properti di tahun 2021?


Sebelum pandemi ada yang merencanakan membeli properti bisa tertunda, atau justru bersegera membeli properti karena usahanya makin laris di masa pandemi. ada yang justru kehilangan harapan membeli rumah baru. Tapi jangan khawatir, saya akan kasih gambaran kenapa tahun 2021 merupakan era kebangkitan yang baik untuk sektor properti di Indonesia.


5 Hal yang membangkitkan Bisnis properti di tahun 2021

1. Adaptasi Masyarakat

kemampuan masyarakat yang sudah mulai bisa beradaptasi pada kebiasaan baru mematuhi protokol kesehatan membuat ekonomi sudah mulai bisa berjalan lagi. tak banyak lagi karyawan yang work from home. Karena itu bisnis-bisnis mulai berjalan lagi seperti semula, dan akhirnya penghasilan masyarakat kembali bangkit dan daya beli terhadap properti bisa kembali bangkit

2. vaksin telah tersedia di seluruh dunia

Seluruh dunia kini telah membagikan vaksin secara serempak, maka jumlah pasien yang terkena Covid juga menurun dan diharapkan beberapa bulan ke depan kekebalan sudah terbentuk dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal. pembangunan di sektor properti pun akan kembali lancar.

3.  Penurunan suku bunga dan kenaikan kredit properti

Akibat pandemi banyak sekali inovasi yang dilakukan perbankan. Dilansir dari laman Bisnis.com, wakil ketua umum Koordinator Bidang Tata Ruang dan Pengembangan Kawasan DPP Realestat Indonesia (REI) Hari Ganie mengatakan bahwa penurunan suku bunga dan kenaikan kredit properti, peningkatan anggaran FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan relaksasi properti menengah atas menjadi salah satu faktor yang membangkitkan bisnis properti di Indonesia.

4. Inovasi Para developer perumahan meningkat

Dengan bangkitnya daya beli masyarakat tentu para pengembang perumahan menyambutnya dengan penambahan investasi, penambahan produk atau kaster baru dan peningkatan inovasi dari produk-produk perumahan yang ditawarkan. sehingga membangkitkan minat masyarakat untuk berusaha memiliki rumah pertama ataupun yang ingin memiliki rumah sebagai simpanan atau investasi saja.


inovasi para developer perumahan dan arsitek


5. Kemampuan masyarakat mengukur daya beli

Dulu banyak sekali masyarakat yang salah mengambil keputusan terkait jual atau beli properti karena kurangnya pengetahuan. Namun saat ini, meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi dan bisnis masyarakat pandai mengukur kemampuan. Sebelum melakukan pembelian properti dengan cara kredit atau mortgage para calon pembeli sudah bisa mengukur kemampuan mereka dalam mencicil atau melunasinya kelak.


Dan hal ini memang di fasilitasi, ada banyak sekali aplikasi atau website yang membantu perhitungan nilai bunga, jumlah tahun, uang muka dan lain sebaiknya. Kalkulator semacam ini sangat membantu memutuskan akan membelinya atau tidak daripada kemudian kita tidak mampu menyelesaikan pembeliannya. Salah satu kalkulator yang bagus untuk menghitung biaya-biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah properti adalah mortgagecalculator.uk meskipun namanya menggunakan uk, tapi kalkulator ini bisa digunakan oleh penduduk mana saja di seluruh dunia. dan bisa disesuaikan dengan mata uang tiap negara masing-masing.


kalkulator untuk perhitungan rumah
seharga Rp 100 juta


Seperti saat saya mencoba menghitung untuk membeli rumah senilai 100 juta rupiah dengan deposit atau uang muka sebesar 35 juta. Maka Mortgagecalculator.uk memberikan kalkulasi perhitungan seperti yang tertera pada gambar. Misalnya dengan coba-coba menghitung adanya bunga sebesar 3% dan lama cicilan 15 tahun ternyata total biaya yang dikeluarkan menjadi besar, kemudian para calon pembeli akan bisa menghitung lebih baik mana menyicil rumah atau membelinya secara cash. Sangat membantu, bukan?


Menurut CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda kepada media kontan.co.id mengatakan bahwa rumah tipe landed house masih akan sangat banyak diminati di tahun 2021 ini. Juga sektor yang paling banyak mengalami recovery yakni perumahan terutama yang seharga Rp 500 juta dan Rp 1 milyar. Pergerakan sektor-sektor inilah yang nantinya akan membangkitkan pembelian properti ditahun 2021 ini. 

Bagiamana dengan kalian? jika sebelum pandemi datang kalian sudah berniat membeli properti maka iniah saatnya niat itu diwujudkan kembali, dan jangan lupa untuk menghitungnya dulu melalui mortgagecalculator.uk sebelum memutuskan membelinya.


9 comments

  1. Mortgagecalculator.uk memberikan kalkulasi perhitungan seperti yang tertera pada gambar. Misalnya dengan coba-coba menghitung adanya bunga sebesar 3% dan lama cicilan 15 tahun

    Wah, ini sih canggih dan membantu banget ya mbaaa
    semogaaa kita semua dimudahkan utk bisa beli properti yaa

    ReplyDelete
  2. semoga property kembali bisa berkontribusi terhadap perbaikan ekonomi. Selama ini termasuk penggerak juga untuk perekonomoin maksro suatu negara. Semoga semuanya membaik dengan daya beli yang meningkat

    ReplyDelete
  3. Mortgagecalculator.uk membantu banget ini, terutama untuk yang pengen beli properti. Kita bisa menghitung-hitung metode terbaik dengan harga yang terjangkau untuk membeli properti.

    ReplyDelete
  4. Ikut mengamini yang nomor 5 ya Allah aamiin :D
    Aku pun kalau ada dananya pengen juga mbak nambah properti entah rumah kedua atau sekadar punya tanah buat tabungan anak2 sekolah kelak :D

    ReplyDelete
  5. wuah iya nih, apalagi pemerintah khusus tahun 2021 memberikan rumah subsidi
    wuaaaah nikmat banget
    inshaa Allah akhir tahun akan beli rumah, aamiin

    ReplyDelete
  6. Maka wajar sepupuku getol berbisnis properti karena memang menjanjikan ternyata
    Apalagi semakin ke sini kebutuhan akan properti semakin tinggi

    ReplyDelete
  7. Aku udah dr kpn hri pengen beli properti jg mbak. Pdhl klo pas pandemi kya kmaren bs aja beli ya. Krn smakin taun bakalan naik terus nilainya ni properti.
    Aku bru tahu sama Mortgagecalculator.uk ini, mbak. Sngat berguna bnget buat kalkulasi misal mw beli properti dg budget dan brpa cicilan yg ingin dikeluarkan tiap bulannya klo beli dg uang muka sekian. Pen coba dulu ah. Simulasi spya bs sgera bli properti sndiri

    ReplyDelete
  8. Wah jadi sektor property malah ada kemungkinan untuk naik ya Mbak meskipun sedang pandemi. Semoga bisa segera pulih seperti sedia kala aamiin.

    ReplyDelete
  9. Mba Ruli cita-citaku pengen rumah sendiri, sementara aku kan nebeng mertua suami anak bontot, mertua struk ga bisa jalan. Mudahnya bisa beli properti juga. Aamiin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..