Arti sebuah Dress Code

Assalamualaikum..
Biasanya kalo ada sahabat yang mau bertambah usia rempong kan ya. Mau ngasi kado apa, mau ngucapin apa, minimal mau ngapain juga mikir, kudu ngapain ya nanti kalo sahabat merayakan ultah. 

Apa arti dress code? 
Begitu juga saya, ga mikirin sampe gedeg-gedeg banget sih tapi minimal mikir nanti mau ngapain ya. Biar sahabat seneng. Jadi ceritanya hari ini mau curhat ajah.. Hehehe.. Kali ini alias kemaren.. salah satu sahabat saya mau syukuran milad, kami cuma mau kumpul-kumpul aja dia traktir tapi si sahabat saya minta kami dateng pake dress code "ungu" alias purple sebagai warna idolanya.

     Dress code itu apa sih ya? Meski orang uda pada tau gapapa ya saya ulas lagi. Menurut wikipedia Dress codes are written and, more often, unwritten rules with regard to clothing. Artinya semacam peraturan tidak tertulis berkaitan dengan pakaian. Bahasa baku dalam bahasa Indonesianya adalah "Kode Busana" sekarang kebanyakan dress code jadi aturan yang di tulis yah, hehehe kadang di undangan dan pengumuman atau janjian via group semua tertulis ya.

Tentu saja tujuan dress code adalah untuk kesesuaian acara supaya mengacu ke satu tema, atau mengacu ke satu warna yang tentunya di harapkan oleh si pembuat acara. Selain untuk enak di pandang, dress code juga membuat acara lebih meriah karena sepakat dengan suatu tema. Jadi setiap ada yang bilang dress code, dan kalian ingin terlihat jadi bagian, datanglah sesuai dress code ya.

Saat ini banyak orang sudah sangat menghargai dress code. Bahkan banyak yang rela merogoh kocek membeli baju atau aksesoris baru agar cocok dengan dress code. Tapi kalau kamu merasa keberatan, ya gak harus begitu, gunakan saja baju-baju lama yang sesuai warnanya. Oh iya, dress code tak selalu soal warna. Banyak juga sekarang si pemilik acara atau panitia hanya menyebut suatu tema dresscode. Misalnya tema Army look, lovely white, jungle, dsb.

Fyi, saya pernah ngerasa malu menghadiri ultah di hotel berbintang, saat itu karena itu ultah maka saya memakai baju pesta, ternyata suami saya yang dapat undangan gak Ngeh kalo tema ulang tahunnya adalah "tambang", yang punya acara memang anak dari bos tambang batubara. Jadilah saya salah kostum, untung yang ultah anak-anak jadi masih bisa cuek sayanya. Tapi itu membekas banget di ingatan. Hehehe.. Saat orang banyak pake kemeja dan jeans, bahkan semua tamu di sambut pakai helm proyek, saya malah pake gaun. Gak lucu, tapi memalukan. Hahaha..

Baca juga : 13 Benda yang jadi terkenal karena warnanya


Back to topic, Sebagai sahabat kita alias kami, ya karena kami bersahabat ber-8 cyin.. Jadi bilangnya jadi 'kami' ya. Cukup terbantu dengan request tsb. Ealahhh kita pake baju ungu aja dia uda girang, segitu aja seleranya ihh *nyinyir  (di tabok wedges sama yang ultah) bwahaha..


Kami di belakang layar sebelum hari H berencana ngasi kue tart ajah, soalnya bingung mau ngasi apa, ah bilang aja males ribet, wakakaka.. Anda benar. Mau liat kuenya hasil pesenan kami? Nih...

Kue tart persahabatan code "purple"

Begini enaknya kalo sahabatan banyak, beli kadonya patungan jadi murah cyin.. (Hemat ato pelit ni bebs..) hahaha.. Ini yang saya bilang bersahabat apa adanya. Ya seadanya, gak memaksakan diri dan lebih fokus kepada hal yang menyenangkan.

Persahabatan kami terjalin sejak kami sebuah pengajian yang di buat komunitas halal corner, waktu itu sebagian jadi panitia sebagian jadi peserta kajian. Tapi itu sekedar kenal saja, Lalu kumpul-kumpul lagi untuk acara buka bersama ifthor 1000 anak yatim yang di gagas oleh halal corner. Nah darisitu akhirnya kami jadi dekat dan akrab. Dari  berbagai elemen ibu rumah tangga hingga mahasiswa, latar belakang asal, status dan usia. Bersahabat ini pun terbilang masih baru belum setahun, tapi kok uda pede aja bisa bilang sahabat?hihi

     Ya karena kami sudah merasa satu sama lain seperti keluarga, tau banyak latar belakang masing-masing dan ternyata kami komit untuk selalu sama-sama di berbagai kegiatan. Baik yang bersifat pribadi ataupun sosial, jadilah sahabat ini.

Dominannya dari kami bukanlah orang dengan ekonomi berlebih, ya sedang-sedang saja. kami sih selalu niat kumpul ya kumpul, ga harus mahal apalagi harus makan-makan. Tapi kalo di traktir ya doyan sih, ah manusiawi banget dah.. Macam orang berumah tangga "makan gak makan asal kumpul" tsah..

Apakah wajib mengikuti Dresscode jika menghadiri acara?


     Oke..oke kembali ke fokus Dress code. Yang bikin saya galau itu soal dress code ungu itu, saya memang kurang familiar sama warna ungu. Bukan orang yang pinter mix and match juga terutama untuk busana muslim pesta. Meski semi formal tapi mikirin juga baju ungu kaya gimana yang cocok buat acara semi formal gini. Malu kan kalo di foto saltum, ah padahal buat di nikmati sendiri jugaaa.. Hihihi..
dresscode untuk wajib tidaknya tergantung acaranya. Jika acaranya formal tentu itu wajib misalnya upacara, atau misalnya panitia acara untuk membedakan dengan tamu, biasanya itu wajib. tapi untuk acara non formal biasanya dresscode tidak mengikat, hanya saja kadang kita agak malu saja jika tampil berbeda tema :p

Maaf ya yg fotonya kepotong sampingnya :D

   Akhirnya ketika hari kami syukuran tiba, itu persahabatan yang apa adanya tadi kumpul dengan berbagai jenis baju warna ungu. Hihihi lucu seru, rasanya gimana ya.. Bukan saya yang ultah tapi saya ikut hepi.

 Ngerasanya oh gini ya ternyata bersahabat yang tulus, ga harus syukuran ultah yang serba wah untuk bisa nyenengin sahabat yang ultah, pake baju kompakan aja gak harus mahal ternyata tetap seru. Yang penting rame-rame hehehe. Apa iya karena misalnya kami gak ngasi kejutan yang waw terus di pecat jadi sahabat ? Kelaut aje lo ( lah kok nyolot.. Hahaha) engga ding. Maksudnya ya alhamdulillah kami-kami gak gitu-gitu amat juga. Lebih memaknai acara dengan sederhana.

Menurut saya, selalu ada makna di balik sebuah dress code. Bagi beberapa orang dresscode bikin ribet, pusing atau apalah. Tapi kalau saya bilang, dress code itu menyenangkan, hmm semacam itikad baik untuk kompak dan menyenangkan si pemilik event.

Arti sebuah dress code bagi saya, bukan hanya sekedar kostum bertema tertentu. Tapi lebih kepada nurani yang menunjukkan "ya..setulus hati saya ingin hadir disini" ntah untuk kepentingan persahabatan, atau untuk kepentingan komersil. Karenanya kapan pun ada ajakan dress code saya menyambutnya dengan antusias. Kecuali untuk acara yang memang saya tidak ingin hadir.

    Ribet kadang saya akui terutama untuk acara yang bersifat formal macam seminar, hajatan besar, launching produk atau apalah. Memang bukan suatu keharusan juga, cuma dengan hadir sesuai dress code itu ada sebuah rasa penghargaan bagi sebuah acara, ada rasa kompak iya nih kita disini untuk satu tujuan yaitu menyemarakkan acara ini, ada rasa kebersamaan yang tulus untuk bersatu membuat acara jadi bagus.

Dresscode, penting enggak sih?


    Dress code mungkin terkesan sepele, bagi kita yang sekedar tamu. Tapi bayangkan bila kita yang tuan rumah acara. Saya pernah merasakan itu ketika hari pernikahan saya yang kebetulan diadakan di sebuah mesjid. Dan hanya di hadiri keluarga dekat. Saya memberi kode untuk memakai dress code putih. Tanpa kode keras juga, hanya dari mulut ke mulut sama sepupu tante dll.

    Dan ternyata pas hari H semua datang pake baju putih, khusus ibu saya dan mertua pake putih tulang. Itu rasanya luar biasa happy, saya sampai terharu biru itu semua yang di mesjid jadi putih semua. Kesannya sakral sekali. Sejak itu, saya pun berusaha untuk selalu datang sesuai dress code setiap ada yang meminta dress code. Karena saya tau rasanya itu sangat membahagiakan.

Foto keluarga saya ketika pernikahan saya
Dress code putih :)
 
   So.. Kalau ada yang ngajak pake dress code jangan jadi beban, apalagi misal yang ngajak itu sahabat apalagi sodara. Iyakan ajalah, kita tidak tau betapa besar arti dresscode itu bagi pemilik acara apabila semua terlihat cantik senada. Di seminar, launching produk atau acara formal aja kita bangga kan kalo bisa di anggap jadi bagian karena memakai baju yang sesuai. Ambil sisi baiknya, lakukan sebisanya, dan pakai sebaik-baiknya. Selamat berdress-code ria ya..



14 comments

  1. Saya lebih dari 30 tahun berkutat dengan dress code. Ada PDL, PDLO, PDLT,PDH, PDU I, PDU II,PDU IV, Lounge suit, Sport jacket, combination,PSR, dll.
    Maklum anggota TNI hahaha
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hangat pakde..
      Gak di ragukan lagi dah kalo pakde sdh terbiasa dgn berbagai aturan dresscode ya. Malah bangga bisa seragam dengan semua tim.. Kerennn pakde

      Delete
  2. Aku suka pakai dress code, seru aja. Tapi pusing juga kalau pas tanggal tua acaranya. Biasanya aku beli kerudungnya aja kalau udah gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya.. Pusing ya mba lusi kalo pas dresscode nya kudu beli. Aplg klo tanggal tua..

      Delete
  3. Saya suka males klo ada acara pake dresscode, apalagi pas lagi ngga punya yang sesuai,perlu amat beli baju baru biar kelihatan kompak..baju cuma tampak luar yang penting hatinya..eaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaaa... Hahaha..
      Biasanya kalo ga ada baju yg pas kudu pinter2 mix and match warna aja ya biar tetep sesuai..

      Delete
  4. Maaaak ini advertorial dari Zalora yaaahhh. Samaan kita anchor linknya. Hihihihihihihiii

    ReplyDelete
  5. iya aku juag suka binggung, apalagi kalau kita gak punya dan uang lagi cekakkkk , duuuuh

    ReplyDelete
  6. kalau pake dresscode malah lebih seringnya sama keluarga, kalau sama temen belum pernah sih.

    ReplyDelete
  7. Serunya ungu-ungu semuanya :) Aku sendiri beberapa kali kasih dress code waktu ultah, tapi kalau ada yang gak punya aku sih cuek soalnya nanti malah memberatkan. Yang penting fun aja bisa kumpul bareng-bareng, dan, ---dapat kado, hahaha, kidding ;)

    ReplyDelete
  8. wah dress code itu menandakan kekompakan dan kekuatan kerja sama mbak hhe... dl pernah ikutan gituan hehe eh kudu minjem" sana sini hehe

    ReplyDelete
  9. kalau aku sampai sekarang belum punya dress code dengan keluarga. hehehe

    ReplyDelete
  10. Yuhuu! seringkali dresscode emang jadi sarana show-up kalo 'kita' kompak :)

    trims Mba.. jadi inget besok mau nongki2 pake dresscode ijo :D

    kuenya cantik banget deh Mba :)

    ReplyDelete
  11. untuk menghormati pengundang ya kita ikutan aturan dressoce yg sudah ditentukan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..