Agar Keuangan Tetap Sehat, Buat dan Jalankan 7 Resolusi 2022 Ini!

 

tips agar keuangan lebih sehat 2022

Semua orang pasti ingin mencapai kondisi keuangan yang sehat. Keuangan yang sehat bisa dibilang sebagai suatu kondisi ketika antara proses transaksi pemasukan dan pengeluaran berjalan beriringan, ketika berbagai kebutuhan bisa terpenuhi dengan "cukup" dan terkendali. Namun, hal itu tidak datang begitu saja, tetapi perlu diusahakan. Caranya adalah mengubah kebiasaan-kebiasaan yang berkaitan dengan keuangan, baik personal maupun dalam keluarga.

Kita juga perlu menerapkan strategi cerdas dalam mengatur pengeluaran. Salah satu contohnya, memilih menggunakan layanan sewa mobil saat melakukan perjalanan wisata karena lebih ekonomis dan lebih praktis yang dapat dipesan melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Supaya semakin terinspirasi, yuk simak 7 resolusi keuangan 2022 berikut ini!

 

Menyisihkan Uang Untuk Ditabung

Seberapa sering kamu mengeluh karena berapapun penghasilan yang didapatkan selalu habis menjelang akhir bulan? Ternyata, sebagian besar orang pernah mengalaminya.

Hal ini dapat terjadi jika perencanaan keuangan tidak matang. Akibatnya, uang yang dimiliki digunakan untuk membayar atau membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Saving money adalah hal yang wajib dilakukan saat ini terutama di masa kondisi perekonomian negara tidak stabil. 

Cara mengatasinya adalah dengan menyisihkan uang untuk ditabung tepat saat baru saja memperoleh penghasilan. Sebelumnya, tentukan persentase jumlah tabungan yang proporsional.

Baca Juga: 5 hal yang akan meningkatkan daya beli properti

 

Rajin Mengevaluasi Pengeluaran


Resolusi yang tampak sederhana tetapi sangat berdampak adalah mengevaluasi pengeluaran. Evaluasi ini  tujuannya untuk mengetahui apakah pengeluaran tersebut sudah sesuai kebutuhan atau tidak dan ini penting sebagai bagian dari manajemen keuangan

Kamu dapat melakukan evaluasi secara berkala setiap hari atau setiap minggu. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk menerapkan langkah pencegahan pada hari atau minggu berikutnya.

Evaluasi tentu didasarkan pada rencana pengeluaran yang telah dibuat sebelumnya. Karena itu, jangan lupa mengatur bujet untuk setiap pos pengeluaran pada awal bulan.


Berburu Diskon dan Promo

 

Cara menjaga kondisi keuangan tetap sehat adalah menambah pemasukan dan mengurangi pengeluaran. Nah, kamu bisa mengurangi pengeluaran dengan memilih membeli barang-barang kebutuhan yang sedang diskon atau promo.

Untuk itu, kamu harus rajin mencari informasi di berbagai tempat. Bandingkan dengan teliti harga produk yang satu dengan yang lain sehingga kamu bisa mendapatkan produk dengan harga yang paling murah.

Strategi ini bisa banget kamu jalankan untuk memenuhi semua kebutuhan, baik yang bersifat primer maupun sekunder. Meskipun sedikit menyita waktu dan perhatian, hasilnya juga pasti memuaskan dan membantu keuangan.

 

Memiliki Dana Darurat

Masih ada orang yang belum menyadari pentingnya dana darurat. Bukan hanya itu, ada pula yang belum sanggup menyediakannya karena penghasilan bulanan hanya pas-pasan. Idealnya, jumlah dana darurat adalah sekitar 3–12 kali besar pengeluaran bulanan tergantung kondisi masing-masing.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa memulainya dengan perlahan-lahan. Sisihkan uang setiap bulan untuk dana darurat di rekening yang tidak digunakan setiap hari. Jangan gunakan dana tersebut jika tidak benar-benar mendesak.

Dana darurat diperlukan untuk membiayai kebutuhan pribadi atau keluarga pada kondisi tidak bisa mendapatkan penghasilan, misalnya mengalami PHK atau dalam kondisi sakit berat.

 

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Resolusi lainnya adalah selalu membayar tagihan tepat waktu. Hal ini berlaku jika kamu memiliki kartu kredit atau kewajiban pembayaran lainnya yang harus diselesaikan dalam tempo tertentu.

Jika tidak dibayar, biasanya ada sanksi berupa biaya tambahan. Biaya ini akan semakin memberatkan pengeluaran kamu selanjutnya. Selain itu, tagihan yang menumpuk juga membuat kamu lebih sulit untuk melunasinya.

Oleh karena itu, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah selalu memperhitungkan pemasukan sebelum membeli sesuatu. Dengan demikian, kamu pun tidak akan kesulitan membayar tagihan tepat waktu.

Baca juga: 8 manfaat staycation untuk keluarga

 
Gunakan Uang untuk kebutuhan


Untuk mendapatkan kondisi keuangan yang sehat, caranya sangat simpel yaitu menggunakan uang untuk membeli atau membayar kebutuhan. Masalahnya, banyak orang yang masih belum bisa menetapkan batas antara kebutuhan dan sekadar keinginan. Banyak orang sulit membedakan antara kebutuhan dengan keinginan semata. Membeli hanya karena lucu, limited edition, atau alasan lain yang sebenarnya bukan prioritas dan tidak butuh-butuh amat.

Kebutuhan bagi setiap orang berbeda-beda. Hal ini biasanya bergantung pada nilai yang dianut. Bagi yang menganggap traveling sebagai sarana untuk refreshing dan belajar, ini dapat masuk dalam kelompok kebutuhan. Karena itu, saat mengatur pengeluaran, bujet traveling perlu dimasukkan.

Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menggunakan uang untuk kebutuhan prioritas. Apabila ada dana yang masih tersisa, kamu bisa memakainya untuk membeli sesuatu yang sifatnya tidak wajib. 

 

Gaya Hidup Minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis terdengar mudah untuk dilakukan. Gaya hidup minimalis bisa diartikan sebagai mengurangi sesuatu yang tidak perlu. Saat membeli sebuah barang misalnya, pikirkan terlebih dahulu apakah dibutuhkan atau tidak. Selain terdorong lebih hemat, kamu pun akan lebih lega karena hidup lebih simpel. Masalah lainnya terkadang gaya hidup minimalis kerap dikaitkan dengan gaya hidup estetik yang ujung-ujungnya sebenarnya jauh lebih boros karena ingin terlihat estetik. Maka penerapan gaya hidup minimalis harus diupayakan dengan seminimalis mungkin.


interior minimalis

Jadikan gaya hidup minimalis sebagai resolusi 2022 untuk mendapatkan keuangan yang lebih sehat. Namun, perlu diingat juga jangan sampai hal ini membuat kualitas hidup menurun, tetapi justru semakin membaik.

Inilah beberapa resolusi yang bisa kamu usahakan pada tahun yang baru. Siap untuk mewujudkannya?

 

1 comment

  1. Hehe, kayaknya ini pas buat resolusi tahun ini biar keuangan teratur apalagi yang kerjanya kantoran hemm. Harus pandai-pandai manajemen uang, nih, terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..