Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


8 Manfaat Staycation untuk Keluarga

Staycation di hotel
Staycation di hotel



Untuk berbagai alasan, kita menahan diri untuk tidak berlibur, tidak kemana-mana padahal seluruh anggota sudah sangat butuh refreshing dan butuh piknik. Beberapa keluarga memilih untuk berlibur di dalam kota saja, karena banyak taman hiburan, kuliner dan sebagainya. Bagaimana dengan Staycation? apa sih staycation itu? teman-teman ada yang baru mau mencoba staycation atau rindu staycation?
Staycation adalah liburan yang dihabiskan di tempat asal daripada di luar daerah, atau yang dihabiskan di rumah dan melibatkan perjalanan sehari ke tempat-tempat wisata lokal saja.


Seiring waktu, staycation identik dengan menginap sesaat di hotel dalam kota, baik ketika weekend ataupun ketika ada tanggal merah. Untuk yang tidak suka keramaian atau khawatir banyak orang, biasanya lebih memilih mengambil cuti sehari dihari kerja agar relatif sepi dan leluasa. Pasti ada yang sudah rindu staycation ya, saya pun sangat rindu staycation karena sudah cukup lama tidak melakukannya bersama keluarga. Untuk teman-teman yang baru mau mencoba atau mungkin sekedar ingin memberi reward pada diri sendiri, ini dia saya buat list manfaat staycation baik untuk diri sendiri ataupun untuk anggota keluarga lainnya misalnya anak atau pasangan.


Manfaat Staycation untuk keluarga


1. Keluar dari rutinitas
Orang menyebut staycation hanya untuk pindah tidur. Tapi tak sekedar pindah tidur, ganti suasana dan keluar dari kotak yang itu-itu saja akan sangat efektif untuk menghilangkan perasaan jenuh. Menikmati tempat tidur yang nyaman dan makanan yang enak yang disediakan hotel, mengurangi penat di otak akan tekanan aktivitas sehari-hari. Semua juga sudah tahu bukan, bahwa saat ini kesehatan mental itu sangat penting yang menentukan rasa bahagia dalam pikiran seseorang.

2. Menghemat waktu perjalanan
waktu perjalanan yang relatif singkat karena akan tiba dengan cepat ditujuan juga bisa mengurangi stres. Anak-anak pasti akan senang karena menuju tempat liburan dengan cepat dan kita pun senang karena tak harus mengeluarkan banyak biaya transportasi.

Staycation ke hotel
Staycation di dalam kota



3. Menghemat biaya traveling
Baik sendiri ataupun berkeluarga tak bisa dihindari makin jauh lokasi tujuan, maka semakin besar biaya yang dikeluarkan untuk traveling. Dengan staycation ada banyak sekali biaya yang bisa dipangkas terutama biaya tiket perjalanan dan makan. Biaya traveling ke kota yang jauh juga tak selalu bisa dikendalikan karena semua ingin dicoba. Staycation di kota sendiri, kita bisa lebih mudah mengontrol semua pengeluaran.

4. Tidak perlu packing banyak
karena perjalanan singkat saat staycation kita cukup mengemas barang seperlunya. Apalagi kita sudah cukup mengenal kota tempat kita tinggal, jika ada yang ketinggalan pun kita tau dimana membeli barang penggantinya dengab mudah. Atau jika sangat darurat pun, bisa dengan mudah mengambilnya di rumah. 

5. Mengurangi lelah dan drama saat perjalanan
Jika kita berkeluarga, traveling paling rempong jika membawa anak dan lansia dalam perjalanan. Akan ada banyak drama jika mereka lelah, dan kita pun double lelahnya sambil mengurus mereka. Tapi dengan staycation, drama tersebut bisa dihindari atau diminimalkan. Perjalanan yang relatif singkat bisa menjaga mood anak dan keluarga tetap stabil. Anak senang, orang tua juga senang.

6. Quality time bersama keluarga
Kondisi hotel yang nyaman dan privat, membuat staycation kita bisa berkumpul keluarga lebih berkualitas. Menghabiskan banyak waktu lebih intim, bercengkrama, bercanda dan bobo beramai-ramai. Meski kruntelan dalam 1 ranjang yang kadang bagi anak kurang lapang, tapi tetap saja quality time-nya itu seru dan menyenangkan.


7. Pekerjaan tidak terganggu
Boleh saja kita sedang libur saat staycation, hanya saja kadang ada beberapa profesi yang tak kenal waktu kerjanya. Sedang asik liburan eh klien ngajak ketemu, lagi asik liburan bos memanggil ngajak rapat darurat. Dan itu semua bisa diatasi dengan mudah jika kita sedang staycation. Karena kita pergi enggak jauh-jauh. Bahkan ketika staycation kita bisa berkumpul atau melakukan rapat di hotel yang sama di tempat kita membawa keluarga menginap. 


Sarapan buffet staycation
Sarapan buffet di hotel


8. Reward untuk keluarga
Selama sekian waktu, kita sekeluarga bekerja keras untuk menjalankan tugas masing-masing baik sebagai anak, pelajar, sebagai ibu dan istri, juga sebagai suami dan karyawan. Nah karena semua berjalan baik dan kerjasama keluarga lancar, maka keluarga layak diberikan reward atas ketekunan dan menjalankan tugas masing-masing dengan staycation. Setiap anggota keluarga layak mendapatkan layanan enak sesaat dengan kasur empuk, view hotel yang indah dan makanan all you can eat jika kalian memesan fasilitas hotel dengan sarapan. Di hotel juga biasanya ada kolam renang, wisata belanja, dan fasilitas menarik lainnya.



Staycation adalah alternatif mudah untuk cegah stres dan liburan tipis-tipis. Bagaimana pun, saya sendiri sudah mencoba staycation ini sejak beberapa tahun terakhir dan terbukti membahagiakan untuk semua anggota keluarga. Anak-anak tidak banyak meminta liburan jauh, hanya minta tidur di hotel. Kita pun mungkin tidak perlu terlalu lama menabung untuk mempersiapkan liburan ini. 

Awalnya saya pun pernah berpikiran yang sama, buat apa kalau hanya sekedar didalam kota saja pindah tidur. Tapi setelah menjalaninya berkali-kali staycation di hotel-hotel di Banjarmasin ternyata itu sangat menyenangkan baik bagi emak yang butuh piknik, suami yang butuh pemandangan lain selain kantor dan rumah juga suasana yang lebih rilex, anak-anak pun butuh tempat bermain dan suasana tidur selingan tidak hanya yang itu-itu saja di rumah. Yuk kita staycation..


5 comments

  1. Yuuup betul, namanya staycation itu kalau ngga dirumah, ya ditempat dekat saja, kalau ampe staycation dari jakarta ke Bali itu mah liburan hihi.. Jaman pandemi tahan2 dulu yak kalau mau ke tempat jauh

    ReplyDelete
  2. Ya ampuun, udah berapa abad yaa, diriku tdk staycation
    Hiks hiks
    Pengiin banget ber-staycation ria.
    jenuuh di rumah mulu, euy.
    Semoga segera ada kesempatan, yeay!

    ReplyDelete
  3. iya nih, aku mau ngajakin staycation sama keluarga
    yaa smoga suatu hari bisa yaaa
    lumayan banget untuk mempererat tali kekeluargaan kita

    ReplyDelete
  4. MsyaAllah kebayang traveling juga nih jadinya mba Ruli, aku udah lama nggak jalan-jalan hiks. Semoga ada rejeki dan pandemi lekas ilang biar dolan nggak ketar ketir. Makasih mba Ruli soal manfaat ini. Reward buat keluarga setuju banget.

    ReplyDelete
  5. yang paling terasa pasti quality time yang meningkat. Apalagi kalau staycation ini lebih mudah mengontrol pergerakan anak dalam satu tempat. semua sudah lengkap biasanya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..