Berbagai Tempat Wisata di Yogyakarta Asyik untuk Dikunjungi Saat Libur Lebaran

wisata yogyakarta menarik saat lebaran
Wisata Yogyakarta (source: authentic-Indonesia.com)


Tempat Wisata di Yogyakarta yang Asyik
Saat Libur Lebaran


Assalamualaikum...

Alhamdulillah Lebaran sudah dekat ya. Libur Hari Raya Idul Fitri memang menjadi salah satu kesempatan untuk Anda dan keluarga besar menghabiskan waktu bersama. Anda dan keluarga besar bisa untuk liburan agar momen berkumpul lebih asyik dan seru. Selain itu, liburan ke berbagai tempat wisata yang hits ketika libur lebaran bersama keluarga akan menciptakan momen kebersamaan yang tidak terlupakan.  


Nah, jika Anda dan keluarga besar mempunyai rencana untuk liburan ke kota lain, salah satu kota yang direkomendasikan untuk dikunjungi selain Bali, Bandung, Lombok, adalah Yogyakarta. Kota ini mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik dan tentunya seru. Maka dari itu, di artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi tempat wisata libur lebaran di Yogyakarta yang bisa Anda dan keluarga kunjungi. Apa saja? Berikut pembahasannya. 



Berbagai Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Liburan Lebaran Bersama Keluarga


      1. Gardu Pandang Kaliurang

Salah satu tempat wisata libur lebaran di Kota Yogyakarta yang cocok untuk Anda datangi bersama dengan keluarga, sahabat ataupun pasangan. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan panorama berbeda pada saat siang maupun malam. Jika siang hari, pemandangan yang bisa Anda nikmati adalah hijau dan asrinya Bukit Turgo dan Gunung Merapi yang menjadi latar belakangnya. Tempat wisata ini berlokasi di Hargobinangun. Salah satu keistimewaan dari tempat wisata ini adalah setiap tahunnya selalu mengadakan Festival of Light Kaliurang.


2. Stonehenge Merapi

Kota Yogyakarta memiliki Stonehenge yang mirip sekali dengan situs bangunan bersejarah di negara Inggris. Stonehenge versi dari kota Gudeg ini berada di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Bebatuan Stonehenge yang terdapat di sana adalah sisa dari erupsi Gunung Merapi tahun 2010 silam. Anda dan keluarga tidak hanya bisa berburu foto bersama keluarga di sini, namun sekaligus bisa menikmati keindahan pemandangan alam sekitar. 


3. Malioboro

Ke Yogyakarta tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi kawasan Malioboro. Apalagi sekarang ini kondisi dari Malioboro semakin rapi, nyaman dan ramah pada traveler. Tidak hanya kulineran dan belanja, Anda dan keluarga bisa untuk berfoto-foto ataupun menikmati berbagai pertunjukan seniman jalanan yang ada di sana. 


4.Up Side Down World Yogyakarta

Tempat wisata ini cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda dan anggota keluarga yang lain bisa seru-seruan di sini. Di sini Anda bisa merasakan sensasi foto yang terbalik dan lucu-lucu. Lokasi dari tempat wisata yang satu ini ada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di seberang Casa Grande. 


5. Tamansari Water Castle

Apabila Anda suka dengan kegiatan wisata bersejarah atau wisata keraton, Anda tidak boleh melewatkan berkunjung ke Tamansari Water Castle. Lokasi tempat wisata yang satu ini tidaklah bergitu jauh dengan Malioboro, sehingga Anda dan keluarga bisa langsung mencapainya dengan naik andong atau becak. Tapi, jika ingin berhemat budget Anda bisa untuk berjalan kaki. 


Tamansari Water Castle adalah tempat yang mempunyai sejarah yang penting dan unik. Dulunya, Tamansari ini adalah tempat raja untuk menghabiskan waktu bersama bercengkerama dengan istri. Anda dan keluarga bisa menyaksikan kolam-kolam pemandian yang masih terawat dengan suasana yang asri di sini. Jangan lupa untuk Anda dan keluarga mengambil foto bersama di beberapa spot menarik dan terkenal sebagai kenang-kenangan. 


6. Hutan Pinus Imogiri dan Hutan Pinus Dlingo

Jika Anda dan keluarga suka dengan suasana hutan dan berfoto dengan latar belakang hutan, bisa mengunjungi Hutan Pinus Imogiri atau Hutan Pinus Dlingo sebagai alternatif. Di tempat-tempat wisata ini Anda dan keluarga bisa untuk mengambil foto di spot-spot menarik yang ada. Tidak hanya itu, Anda bisa untuk menikmati pemandangan indah sekitar. 


======


Nah, itulah beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk Anda dan keluarga kunjungi saat libur lebaran bersama. Jika anda sudah berdomisili di sekitar Yogyakarta, tentu ada bisa saja sekalian melakukan staycation keluarga. Jika Anda berdomisili jauh dari Yogyakarta dan ingin ke Yogyakarta sekarang tentu saja lebih cepat naik pesawat. Tenang saja, di masa pandemi ini sejumlah maskapai penerbangan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan standar WHO, salah satunya adalah Garuda. Maskapai Garuda mempunyai layanan yang memudahkan para calon penumpangnya untuk melakukan check-in sebelum sampai di bandara dan tanpa mengantri dengan penumpang yang lain, yaitu check-in online. Anda bisa melakukan check-in online tersebut bisa di Traveloka web checkin Garuda. Namun, ingat untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada supaya bisa terhindar dari tertular virus corona. 



18 comments

  1. Menarik sih pastinya, cuma kan sekarang mah dilarang mudik kan kalo lebaran.

    Memang Yogya itu tempat yang sulit dilupakan dan bikin betah. Dan, saya sih yakin pasti banyak sekali lokasi yang bisa dilihat dan dinikmati kalau berlibur ke sana.

    Cuma ya itu, untuk tahun ini sih kayaknya harus skip dulu.. Terpaksa di Bogor saja saya mah..

    ReplyDelete
  2. Dari beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang disebutkan baru sempat ke Taman Sari sama ke Malioboro. Pengin banget ke hutan pinus Imogiri sama hutan pinus Dlingo.

    ReplyDelete
  3. aku bolak/i ke malioboro kok ndak pernah bosan yhaaa
    mupeng k sana lagi
    ya ampun, yogya emang ngangenin BANGET!

    ReplyDelete
  4. Baru peernah ke Malioboro, Mbak. Beneran baca tulisan ini jadi pengin banget ke Jogja, secara nenek moyang istri tuh di gunung Kidul, Jogja. Jadi kalau ke sana seperti pulang kampung. Ngangenin terutama angkringan dan banyak objek wisata lainnya.

    ReplyDelete
  5. baru sekali ke jogja belasan tahun lalu
    dan itu cuma sampe malioboro
    belum sampe ke tempat tempat lain
    semoga bisa tercapai keliling jogja

    ReplyDelete
  6. Kalau liat di tiktok di yogya makin banyak destinasi wisata yogya yg keren n perlu dieksplor

    ReplyDelete
  7. Baca artikel ini jadi kangen Jogja, udah setahun gak mampir ke sana huhu. Semoga corona segera musnah, penasaran Stonehenge Merapi.

    ReplyDelete
  8. Saya selalu langsung ingat Malioboro kalau ingat Yogya Mbak. Sudah nancep gitu. Padahal wisata alam dan budayanya sangat luar biasa. Ah ya, wisata sejarah juga....

    ReplyDelete
  9. Mba Ruli yang paling sering aku ke Malioboronya hahaha nggak pernah bosen lha gimana akses yang paling mudah tuh Malioboro. Yang lain belum water castle udah

    ReplyDelete
  10. dari beberapa tempat wisata tersebut saya masih ke malioboro aja. Semoga kalau ada kesempatan ke jogja lagi saya bisa mampir ke tempat yang mbak retno rekomendasikan ini ya. Khususnya ke hutan pinus, mupeng banget ^_^ Makasih banyak infonya mbak

    ReplyDelete
  11. ya ampuuun kangen jogjaaa, aku belum pernah ngajak anak anak ke jogja, penasaran sama stonehenge, tapi destinasi wajib mlipir ke Borobudur.... Meskipun di Jawa Tengah tapi rasanya masih sepaket sama Jogja...

    ReplyDelete
  12. Aku cuman pernah ke malioboro
    Waktu iTu pengen ke Pinus imogiri dan pinus dlingo, tapi gak jadi, entah kenapa. Sayang sekaliii

    ReplyDelete
  13. Yogyakarta itu kaya akan tempat wisata ya, Mbak. Wisata sejarah ada, buat belanja-belanja ada, lihat pemandangan ada, dan masih banyak lagi. Hemm.. aku baru ke sebagian keciilllnya aja sih. Hehe.
    Tapi lebaran tahun ini belum bebas liburan ke mana-mana ya sayangnya :)

    ReplyDelete
  14. 2,3,5,6 alhamdulilah dah pernah sisanya belum. Tp kyknya gk mau ke sana pas liburan2 hehe, rameee, malah bocor fotonya. Enakan pada saat hari biasa gtu :D
    Duh jd kangen banget Ya Allah ke Yogya, semoga aja yaaa bisa ke sana lagi dalam waktu dekat, aminin duluuuu aamiin :D

    ReplyDelete
  15. YUhuuu, yuks Mbak Ruli maen ke JOgya ya kalau situasinya sdh membaik. Explore Jogya dengan wisata Candi-candi yang bertebaran di wilayah Yogya, bejibun lhoh

    ReplyDelete
  16. Dari 6 objek wisata Yogyakarta di atas, saya baru mengunjungi 3 saja Mbak. Paling sering sih Malioboro karena lokasinya yang terdekat dari stasiun tugu dan harus dikunjungi karena ada agenda belanja oleh-oleh yang nggak boleh ketinggalan.

    ReplyDelete
  17. Uwaah...Jogja ini keren yaa..
    Gak hanya dari kulinerannya yang dikangenin, tapi juga objek wisata alamnya yang semakin banyak diulik dan ditemukan.
    Kaya Stonehenge Merapi. Sepertinya ini menariiikk..

    ReplyDelete
  18. Kalo Malioboro, dulu selama kuliah di Jogja emang sering singgah ke sana. Nah, setelah bertahun-tahun meninggalkan Jogja, pas main sana lagi, baru singgah ke no.5 & 6. :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..