5 Destinasi Wisata Alam Memesona yang Berlokasi di Bandung Barat

Stone Garden di Bandung Barat
(Source: Tribunnews.com)

Assalamualaikum, hai-hai para travelers..

Bandung, Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang banyak diminati selain Bali dan Yogyakarta ya. Tidak mengherankan, karena memang dari ujung barat sampai utara wilayah berjuluk Paris van Java ini menawarkan pesona wisata yang susah ditampik keindahannya. Tidak hanya memiliki udara sejuk, Bandung juga dikenal akan orang-orang yang ramah, serta kuliner bercita rasa khas. Termasuk di dalamnya Kabupaten Bandung Barat yang juga menawarkan berbagai wisata memesona. Kawasan itu kerap kali menjadi langganan para traveler saat berkunjung ke Bandung. 

Berikut ini 5 rekomendasi wisata alam di Bandung Barat yang bisa jadi inspirasi untuk dikunjungi!

1. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut sebenarnya merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh bebatuan raksasa. Dengan bentuk batu yang unik ditambah lagi warna air sungainya yang cantik, membuat tempat ini digemari banyak orang. Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan adalah mandi atau sekadar mengapung di atas danau.

Oh iya, ada legenda yang menyebutkan jika tempat ini merupakan salah satu pemandian para bidadari jika turun ke bumi. Percaya atau tidak? Jika ingin jalan-jalan ke tempat ini, alamatnya berada di Kampung Cipanas, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat.

 2. Stone Garden

Alam yang ditawarkan oleh Bandung memang begitu eksotis. Ada juga Stone Garden atau Taman Batu. Lokasinya berada di Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat.

Seperti namanya, kamu akan menyaksikan bebatuan yang bertebaran di tempat ini. Dipadu dengan rerumputan hijau membuat suasananya semakin asri. Terdapat pula sejumlah gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat.

Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk hiking ringan atau berfoto saja. Namun, dengan lokasinya yang berbatu, ada baiknya senantiasa berhati-hati saat berkeliling. 

Baca juga: 11 pulau favorit untuk traveling dan honeymoon di Indonesia

3. Gua Pawon

Tidak terlalu jauh dari Stone Garden, ada destinasi lainnya yaitu Gua Pawon. Ini merupakan gua purbakala yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sinilah salah satu tempat ditemukannya kerangka-kerangka tengkorak manusia serta peralatan zaman purbakala. Kerangka dan peninggalan tersebut sekarang sudah berada di  Balai Arkeologi Bandung. Untuk kalian yang suka sama pelajaran Pra-sejarah, seru banget mampir kesini.

Saat masuk ke dalam gua ini, suasana alam yang kental pun akan terasa. Aroma kelelawar dan panorama berupa stalaktit dan stalagmit. Sebagai catatan, kamu perlu stamina yang cukup jika ingin jelajah ke sini karena jalurnya cukup panjang, tantu saja dengan kostum yang sesuai untuk jelajah alam juga ya. Untuk tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, Rp 10.000 saja. 

Baca juga: liburan ke bali ala penduduk lokal

4. Gunung Putri

Bagi kamu yang termasuk pendaki pemula, bisa melakukan percobaan dengan jelajah Gunung Putri. Ketinggiannya masih sangat aman bagi yang selama ini jarang atau bahkan tidak pernah naik gunung, yakni 1.587 mdpl. Biasanya orang-orang dapat menempuh puncaknya hanya dalam waktu 30 menit.

Namun, bagi kamu yang ingin hiking santai, bisa menikmati berbagai perjalanan. Alamatnya sendiri berada di Jl. Gunung Putri, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat.

5. Sungai Cikahuripan 

Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan jika menjelajahi Bandung Barat adalah Sungai Cikahuripan. Alamatnya berada di Kampung Panyusupan, Baranangsiang, Cipongkor, Bandung Barat. Panorama utama yang ditawarkan di tempat ini adalah sungai yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup tinggi. Tak salah banyak orang menyebutnya sebagai Grand Canyon-nya Bandung Barat.

Sungai Cikahuripan (source: tribunnews.com)

Bandung Barat memang begitu asri dan cantik. Namun, untuk kebutuhan transportasi yang bisa menjangkau banyak tempat sekaligus sepertinya masih sedikit susah ditemukan. Maka dari itulah, kamu bisa memilih moda transportasi lainnya seperti halnya travel. Salah satu pilihannya adalah Cititrans yang sudah berpengalaman dan telah memiliki 100 unit kendaraan untuk berbagai rute.

Tidak hanya berpengalaman dalam perjalanan, Cititrans juga memberikan kenyamanan yang maksimal. Mulai dari menawarkan fasilitas memadai sampai menyediakan kendaraan yang selalu dalam kondisi prima. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan kamu akan nyaman naik travel Cititrans

Satu hal lagi yang membuat Cititrans menjadi pilihan yang nyaman untuk jalan-jalan ke Bandung, tiketnya bisa dipesan secara mudah dan praktis di Traveloka yang juga telah memiliki jam terbang tinggi dalam hal online booking.  Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya buat kalian yang lagi pengen traveling nyaman dan praktis.

2 comments

  1. Lihat pemandangannya aja ini mata udah kaya dimanjain rasanya. Viewnya kaya punya magnet sendiri yang memikat siapapun buat nyoba langsung gimana sensasinya berkeliling di sana..

    ReplyDelete
  2. sungai Cikahuripan nya bener bener nyegerin mata, apalagi kalau liat warna ijo cantik kayak gitu rasanya pengen nyebur aja

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..