Ide Jalan-Jalan yang relatif Aman Untuk Keluarga selama Pandemi

Jalan-jalan aman selama pandemi ruliretno.com
Jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi


Punya ide enggak mau jalan-jalan kemana untuk refreshing selama pandemi ini? Sudah enggak enak banget Stay at home terus meski kita tau banget pandemi belum usai. Otak kita mungkin terasa buntu dan tingkat stres makin tinggi. Tapi ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi itu kemana?


Mau staycation ke hotel, kadang masih mikir-mikir kalau hotel pun kalau weekend juga ramai. Apalagi kalau ada kolam renangnya, kita masih khawatir banget kolam renang jadi media penyebaran virus kan. Mau ke mall? Bisa tapi kudu pas mall sepi. Misalnya hari kerja atau pas mall baru buka. Tapi sekarang udah banyak juga orang yang ke mall pas baru buka dengan pendapat yang sama. Akhirnya mall pun sekarang jadi ramai sejak baru buka, hahaha.. Oke, kalau aku boleh kasih ide ini dia beberapa ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi menurut versi aku.


Ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi


1. Jalan-jalan ke pedesaan sepi

Bukan berarti di desa tidak ada corona. Tapi pedesaaan yang sepi cenderung sedikit penduduknya dan jarang berkontak. Ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi bisa ke pedesaan terdekat. Rumah didesa saja jaraknya berjauhan, jalan-jalan pun paling hanya berpapasan tidak beramai-ramai. Jika kalian punya kerabat di desa yang relatif sepi, kunjungin deh tuh. Silaturahmi sekalian refreshing apalagi kalau desanya punya pemandangannya indah.


2. Wisata alam terbuka

Katanya kan udara terbuka itu memperkecil resiko penularan Covid. Jadi carilah tempat wisata yang berupa wisata alam terbuka seperti pantai, gunung, tapi tentu saja carilah yang sepi. Dengan datang di hari kerja atau di hari libur tapi yang kita tau wisatanya tak terlalu ramai. Hindari datang kesana di tanggal ramai seperti hari kejepit long weekend. Kalau kita melihat arus lalu lintas ke arah wisata tersebut terlampau ramai, kita harus waspada atau cari alternatif wisata lain saja, karena beresiko.


3. Hutan Kota

Saat ini sudah banyak kota-kota di Indonesia membangun hutan kota. Menyisakan area terbuka hijau yang sengaja di jadikan hutan untuk mempertahankan ekosistem. Tidak semua orang suka main ke hutan kota, tapi itu cukup menarik bagi kita untuk mengganti pemandangan yang biasa liat lalu lintas dan komplek perumahan agar melihat suasana sejuk dan hijau. Piknik ala-ala hutan juga seru. Tak perlu jauh-jauh kan. Kalau mau agak jauh bisa ke hutan kota di luar kota, hahaha..


TAMAN HUTAN HUJAN TROPIS INDONESIA


By the way
, minggu lalu aku mengajak anak-anakku juga ke taman hutan hujan tropis Indonesia yang ada di kota Banjarbaru. Dan benar ternyata memang sepi.


4. Memancing 

Sewa kapal lalu memancing, baik itu di danau ataupun di laut, sama menyenangkannya. Berpeluh dan berpanas matahari tentu bagus juga untuk kesehatan, kita pun tak banyak bertemu orang-orang karena menggunakan kapal yang disewa sendiri. 


Memancing dan berkemah
Memancing sambil berkemah itu seru


Membawa bekal lalu makan di kapal seprtinya seru. Tak harus sewa kapal mahal-mahal, saat ini banyak sekali pengewaan kapal yang harganya tak lebih mahal daripada staycation satu malam di hotel. Jadi bisa jadi ide menarik.


5. Berkemah

Sekarang banyak sekali jasa penyewaan alat-alat berkemah dan lokasi berkemah yang lengkap. Maka berkemah tak lagi sesulit dulu jadi bisa menjadi ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi asalkan gak beramai-ramai juga. Keluarga kita sendiri bisa kok diajak berkemah. Tinggal sewa peralatan kemah, terus cari lokasi kemah yang ada toilet dan kelengkapan lainnya. Bisa ajak anak dan keluarga merasakan petualangan menarik keluar dari zona rumah yang selama ini membuat mati gaya. Tentu saja kegiatan ini juga seru bagi anak-anak dan banyak unsur edukatifnya.




6. Drive-in cinema

Ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi yang lagi banyak di gandrungi adalah drive-in cinema. Tak bisa dipungkiri, bagaimana masyarakat yang sudah terlalu lama tak menonton bioskop sangat rindu menonton film yang aman. Aku pernah sih membuat tulisan tentang cara membuat bioskop mini di rumah. Tapi banyak kalangan tentu tetap lebih suka ke bioskop langsung yang layarnya lebih lebar dan kualitas suara yang cetar membahana. 


Drive-in cinema


Bioskop saat ini masih belum di buka total, itupun yang datang masih diliputi rasa waswas jika mereka tinggal di daerah zona merah. Maka drive-in cinema ini bisa jadi alternatif. Sayangnya memang belum semua kota memiliki layanan drive-in cinema ini.


Nah itu tadi beberapa ide jalan-jalan yang relatif aman selama pandemi. Tentu saja meski dikatakan relatif aman, kita tetap harus taat protokol kesehatan. Karena dimana pun kita berada, belum ada jaminan tempat itu akan aman dari virus yang satu ini.


6 comments

  1. bikin bioskop dirumah , jalan ketempat libur diwaktu sepi. diwaktu senin. asyik juga

    ReplyDelete
  2. pengen deh ide nomor 2 wisata alam dan 3 hutan kota biar gak sumpek terus, nantilah kalau nemu waktu dan temen yang pas

    ReplyDelete
  3. Eny pengen bgt nonton eh dah lama bgt g nonton huhu

    ReplyDelete
  4. Ide opsi tujuan jalan-jalannya oke juga nih. Kalo sekarang aku jalan-jalannya paling ke rumah ortu dan sampe di situ ya lanjut stay at home lagi. Belum nyampe untuk jalan-jalan ke objek wisata. Apa nggak bosen? Kadang bosen juga. Tapi kondisinya masih pandemi gini ya apa boleh buat..

    ReplyDelete
  5. aku juga kalau ajak anak jalan seringnya cari jam pas sepi atau tempat sepi. pengen banget sebenarnya ngajak mereka ke pantai tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  6. Kapan di sini ada drive in cinema jg ya mba. Etapi mobilnya gak ada jg deng.. Wkwk.. Bener2 nih pas idenya buat yg pengen refresh dikala pandemi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..