11 Pulau Favorit untuk Traveling dan Honeymoon di Indonesia


Gili Islands (thejakartapost)

Pulau Romantis di Indonesia

Untuk Honeymoon dan Adventure


Assalamualaikum..
Yeay, kita buat list wisata lagi. Kalau dulu aku pernah ngebahas tips penting buat memilih lokasi bulan madu, kali ini aku buatin list pulau-pulau di Indonesia yang luar biasa indah dan terkenal sejagad raya yang mungkin kalian belum tau.

Jadi gaes, kalau mau honeymoon ala pantai dan laut, yang kalian pikirkan jangan cuma honeymoon di Bali saja, tapi Indonesia punya sangatttttt banyak pulau-pulau lain yang sangatttt (sampai lebay ngucapin sangatnya) indah untuk jadi tujuan bulan madu. Eh bentar, untuk para traveler juga sih utamanya. Tapi kalau kalian jadikan tujuan bulan madu tentu saja bisa banget.

Kalian mungkin saja tidak terlalu menyukai wisata laut seperti aku, tapi siapa tau setelah membaca blog ini, perlahan-lahan jadi excited lalu mulai jatuh cinta dengan wisata laut. Aku aja kalau liat-liat lokasi ini dari foto, jadi pengen bulan madu lagi, tapi dengan pasangan yang sama tentu saja. Eaaaa... 😍😍

Baca juga : Tips penting dalam memilih lokasi bulan madu

So, langsung saja, ini dia sebagian pulau yang saya buat list (tentu saja 12 ini hanya secuil dari belasan ribu pulau yang ada di Indonesia). 

Pulau yang memikat untuk wisata laut di Indonesia


1. Kepulauan Gili - Lombok
Di Lombok ada 3 buah gili (pulau kecil) yang berdekatan yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Dari kesemuanya, sebenarnya yang masih asri banget itu Gili Air, belum banyak terjamah wisatawan. Tapi di Gili trawangan itu lebih enak karena sudah tersedia berbagai resort mewah skala international. Gak heran banyak artis suka stay disini untuk menjauh sesaat dari ibukota. Tempat ini tentu juga sangat cocok untuk honeymoon, karena tidak terlalu crowded dan sangat romantis.

Gili - lombok (traveloka.com)
Di lombok juga tidak hanya wisata laut, tapi juga ada pegunungan rinjani buat kalian yang suka wisata gunung. Yang paling penting adalah, Lombok ini sudah di nobatkan sebagai destinasi wisata halal no 1 di dunia loh, friendly banget untuk wisatawan muslim.

Waktu aku di Gili Trawangan 😍
Baca juga : Gili Trawangan, wisata bahari magnet wisatawan dunia

2. Kepulauan Karimun Jawa - Jepara
Kalian yang mau honeymoon gak akan nyesel kesini. Aku aja selalu berdecak kagum tiap liat foto-foto temanku yang honeymoon kesana. Sudah lengkap dari resort segala fasilitas plus fotografer dsb. Bener-bener tinggal siapin budget aja.

Pulau Menjangan Besar - Karimun jawa
(Source: traveloka.com)

Yang namanya kepulauan tentu disana ada banyak pulau ya? Tentu saja disana ada 27 pulau dimana 22-nya tidak berpenghuni. Yang paling seru untuk destinasi adalah pulau geleang dan menjangan besar, ada juga pulau cilik, pulau Kemujan, dll. Selain memandang keindahan alam yang di gadang-gadang mirip dengan maladewa, disana kalian juga bisa menikmati hutan bakau, berenang bersama hiu jinak, snorkeling, dsb.

3. Kepulauan Derawan - Berau
Bisa di bilang ini surganya Kaltim. Indahnya luar biasa, buat yang suka petualangan, perjalanan menuju lokasi memang menantang. Kalian akan merasakan semua baik jalur darat, laut, udara, semua harus dijalani. Sesampai disana, nikmati saja privasi kalian, lautnya luar biasa cantik.

Keindahan Derawan
(source : Javaindoecotourism)
Di Derawan kalian akan menemukan banyak resort ataupun penginapan, semua bisa di sesuaikan dengan budget kalian.

Dan jangan lupa kalau ke Derawan, jangan lupa untuk mampir ke Pulau kakaban yang dihuni oleh urut ubur-ubur yang tidak menyengat

4. Pulau Belitung - Bangka Belitung
Dulu ingin sekali kesini ya gara-gara film laskar pelangi tentu saja. Andrea hirata sukses banget menggambarkan keindahan belitung dalam novelnya, dan aku takjub ketika melihat filmnya. Dan sejak itu memang Bangka Belitung jadi meningkat pesat pariwisatanya.

Ketika kesana, kalian juga bisa berkunjung ke Museum Kata - Andrea Hirata. Dan melihat keindahan lautnya yang identik dengan warna laut biru dan batuan besar.


Pulau belitung terletak di provinsi Bangka belitung dimana kalian bisa mengunjungi pulau Bangka dan Pulau Belitung ketika kesana. Keduanya memiliki bandara masing-masing dan bisa terhubung melalui kapal feri juga.

Ternyata saat ini kan akses ke Belitung sudah jauh lebih mudah, tidak seprrti jaman dulu di kisahkan dalam novel laskar pelangi. Wisata pun sudah di kelola dengan sangat baik dengan fasilitas hotel dan transportasi yang sangat memadai. So, Masukkan Belitung dalam wishlist petualangan kalian, gaes.

5. Pulau Weh - Aceh
Pulau Weh adalah pulau paling indah di Sabang, ujung Indonesia. Di dalam pulau Weh, ada juga pulau Rubiah yang enggak kalah indahnya untuk bertualang di bawah laut. Spot keren untuk snorkeling.

Pulau Weh - Sabang
(Indonesia-tourism.com)
Di lengkapi dengan resort dan penginapan berbagai harga untuk menyesuaikan dengan budget kita, dan Pantai Iboih yang luar biasa cakepnya. Kalian akan menemukan kedamaian hakiki ketika memanjakan diri disana. Yuk, masukkan pulau Weh dalam wishlist kalian.

6. Pulau Sapudi - Madura
Kalau wisata di Madura kalian mengenal Gili Labak dan Pulau Kangean, coba deh jelajah Pulau Sapudi juga. Namanya asing? Itu artinya, pulaunya belum banyak terjamah wisatawan. Pulau ini terletak di Sumenep yaitu Madura bagian timur.

Keindahan Pulau Sapudi
(sapudi.id)

7. Pulau Moyo - Sumbawa
Pulau Moyo mendadak hits ketika berita tentang lady Diana menghabiskan waktu bersama Pangeran Charles disana. Bagaimana orang yang tinggal di UK saja tau surga tersembunyi di Indonesia. Bahkan banyak media memberitakan para pesohor dunia lainnya juga memilih berlibur di pulau ini.

Ada David beckam, mick jagger, bahkan Rain dan Kim Tae hee memilih pulau ini untuk liburan romantis. Jadi kalian pun yang ingin honeymoon dengan tenang dan sepi pesohor dunia wajib banget memilih Pulau Moyo ini. Untuk penginapan disana banyak pilihan, mau resort mewah atau penginapan ala backpacker ada kok.

Air terjun mata jitu (Queen waterfall)
Source: Kumparan

Pulau Moyo terletak di bagian utara Sumbawa, NTB. Disana kalian bisa menikmati laut, pantai, air terjun yang indah juga stalagtit stalagmit.

8. Pulau Bunaken - Manado
Bagi pecinta dunia bawah laut, kalau mendengar Bunaken sih pasti tidak asing lagi ya. Dan tentu ini salah satu wishlist aku juga untuk bisa ke Manado dan Snorkeling di Bunaken.

Under water Bunaken (pesona.travel)
Bunaken telah ditetapkan sebagai taman nasional dan dikenal sebagai salah satu spot diving berkelas dunia. Kalian bisa kesana pada bulan mei-agustus karena saat itu ombak laut cenderung tenang.

Luas Taman Nasional ini mencapai 89 ha dengan 5 pulau yaitu Pulau Bunaken, Mantehage, Naen, Siladen, dan Manado Tua. Untuk yang ingin honeymoon romantis, jangan khawatir disana ada banyak resort dan hotel mewah.

9. Pulau Seram-Maluku
Pulau ini gak seram kok, gaes. Hanya namanya Seram. Pulau Seram terletak di Maluku tengah, disana ada yang namanya pantai Ora, yang berpasir putih dan punya kecantikan di bawah laut yang sangat indah. Banyak terumbu karang dan biota laut lainnya.

Pantai Ora-Maluku
( IG @indonesiajalan2)

Lokasinya tidak jauh dari taman Nasional Manusela. Yang paling penting jika kalian ingin honeymoon adalah karena disana banyak penginapan yang mengambang di atas pantai. Sangat Romantis dan indah, bukan? Tolong ya, don't miss it.

10. Kepulauan Derawan
Sangat menyesal setahun saya tinggal di Samarinda, aku belum pernah ke Derawan. Aku malah sibuk explore pantai di Balikpapan dan Bontang karena lokasinya memang lebih dekat dan bisa di jangkau dengan off road mengajak anak-anak.

Kepulauan Derawan
(pesona.travel)

Derawan memang lokasinya cukup jauh, dan pesawat cukup mahal (saat itu). Tapi kalian bisa kesana bisa menggunakan semua moda transportasi baik udara ataupun darat, semua mudah. Dan begitu tiba disana, semua terbayar lunas dengan keindahan alamnya.

Jika kalian suka diving, langsung saja ke Pulau Maratua yang berada di perbatasan Indonesia Malaysia. Kalau kalian suka snorkeling, tinggal ke Pulau Sangalaki saja. Ada banyak pulau lain yang punya keunikan tersendiri dan jangan lupa untuk main ke labuan cermin.

Pulau Sangalaki - Derawan
(blog.airpaz.com)

11. Pulau Morotai - Halmahera
Aku belum pernah kebayang akan ke Halmahera, dan yaaa.. dengan menulis ini, aku harap suatu hari aku akan kesana. Aku selalu meyakini setiap tulisanku adalah doa. So, kalian yang membaca ini, sudahkah stalking tentang Morotai?

Pulau Morotai (okezone.com)
Nah, selain Karimun jawa, Morotai ini juga di sebut-sebut mirip dengan Maladewa. Ah entahlah, karena aku sendiri belum pernah ke Maladewa. Selama disana tentu saja kalian bisa diving, snorkeling, ada hutan mangrove juga sekaligus kalian bisa ambil tur keliling kota Ternate.

Pulau lainnya : 
Indonesia punya puluhan ribu pulau, bukan? Masih ada lagi di:
Pulau Pahawang - Lampung
Pulau Peucang - Banten
Pulau Pari - Kepulauan Seribu
Pulau Sawu - NTT
Pulau Nias - Sumut
Pulau Sumbawa - NTB
Pulau Miangas - Talaud

Duh, kalau membicarakan pulau, laut, pantai, iyaaaa enggak ada habisnya. Indonesia sangat kaya, karena memang negara kepulauan. Tapi tentu saja belum semuanya oke untuk Honeymoon, kan.

Baca juga : Pulau Tidung, menguak sisi lain kota Jakarta

Tahukah kalian, hmm.. baiklah aku saja yang memberi tahu (apasih 😂😂) Bahwa dari semua list di atas, baru nomer 1 yang pernah aku kunjungi yaitu kepulauan gili di Lombok. Sisanya? Tentu saja ini adalah wishlist aku juga.

Pantai dan langit biru, bagi aku memandangnya saja rasanya damai sekali. Rasanya lupa segala permasalahan di muka bumi ini untuk sejenak kalau sudah bertemu pantai dan langit biru yang tidak kelihatan batasnya. Makanya aku sering males pulang kalau sudah bercengkrama dengan pantai, soalnya takut kembali ke kehidupan nyata, hahaha.

Kalian excited mau kesana? Aku pun demikian. Satu persatu, mana yang dekat dan mudah bisa di kunjungi duluan. Sampau semua terjelajahi. Selamat berwisata laut, selamat berbulan madu, selamat memilih mau ke pulau yang mana.

39 comments :

  1. waaah aku pengen ke Pulau Moyo, ada info lengkapnya bagaimana bisa ke pulau itu? looks good!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aw..aw..akupun pengen banget kesana. Banyak kok mbak infonya di media online bahkan yg sudah berupa paket wisata juga ada

      Delete
  2. Jadi pengen liburan kan.. tapi.... tiket pesawat domestik saat ini kok ya mahal bgt yaa hehehe ��. Thanks Mbak informasi tentang pulau2 cantik ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe benerrr itulah salah satu kendala ya.. semoga semua di murahin dan kita bs memajukan wisata domestik

      Delete
  3. jujur aja aku ga terlalu suka pantai atau pulau :D. krn panas sih soapnya, dan aku ga kuat panas mba. .tp kalo melihat pulau yg cantik2 begini, jd seneng jg sih :p. dari sekian banyak dj atas, aku pgnnya ke ORa mba :). krn kata temenku yg prnh ksana, udaranya ga terlalu panas, tp pemandangannya baguuus. makanya aku pgn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya sih mba, panas dan menghitam itu kalo ke pantai ya.. cuss deh ke Ora, soalnya memang rindang bangett disana

      Delete
  4. masha allah, indah indah semuanya ya teh, semoga seuatu saat aku dan suamiku bisa ke pulau weh, derawan sama ke lombok. liat gambar aja udah pengin menghabiskan waktu di sana untuk bulan madu

    ReplyDelete
  5. Kalau dilihat dari yang paling Deket buat dikunjungi, aku ke Gili Trawangan Mbak pas ada sodara di sana sekalian silaturahim.
    Kali kali bisa kesana sekalian honeymoon juga ☺️😍

    ReplyDelete
  6. Saya juga pernah ke Gili indah, Lombok. Dari ketiga Gili yg ada kayaknya cuma Gili Meno yg tenang dan menenangkan..

    ReplyDelete
  7. Aku pengen ke Pulau Weh setelah ke Karimun Jawa yaaa. Selalu suka laut meski anak pesisir Jepara. Mungkin sekarang nyari pasangannya dulu buat honeymoon

    ReplyDelete
  8. Mungkin kalo diajak honeymoon kesana Eny mimpi mba ���� wkwkwk eh calonnya blm ada

    ReplyDelete
  9. Sy tertarik sm Kepulauan Gili - Lombok, pemandangan baharinya indah banget... Mungkin ini wisata refrensi nanti saya.

    ReplyDelete
  10. Aduh itu 11 pulaunya favorit aku semua. Soalnya aku suka tempat wisata yang ada pantai-pantainya.

    ReplyDelete
  11. Wow cakep semua pemandangannya, jadi pengin liburan lagi liat foto-fotonya haha. Dari semua yang disebut di atas, baru satu aja yang pernah kukunjungi, yaitu Gili Trawangan saat libur lebaran tahun lalu.

    ReplyDelete
  12. Nomor 3 dan 10 sama ya. Semua juga idaman saya untuk bisa jalan2 berdua sama suami

    ReplyDelete
  13. aku puingiiinnn main2 ke pulau sapudi Madura :D
    Semoga 2020 kesampaiaaann
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  14. Mbak udah satu dari list itu..aku belum satupun duh! Mainku kejauhan dan yang dekat beluman apa gimana yak.
    Ku harus bikin wishlist kalau gitu, ah. Padahal tinggal dikit semua, kek udah ke Banda Aceh tapi enggak ke Pulau Weh. Dah ke Lombok tapi belum melipir ke Gili Trawangan..
    Baiklah, ku mesti kepoin nih pulau dulu aja..semoga bisa juga ke sana semua:D

    ReplyDelete
  15. Masya Allah alam indonesia ya mbaaak, cakep semua dan disemua destinasi diatas aku belum kesana, sedih. Nabung doa aja dulu lah semoga Allah kasih jalan buat menikmati keindahan ciptaanNya, aamiin

    ReplyDelete
  16. belum ada satupun yang pernah saya kunjungi, impian banget dari dulu bisa ke gili-gili di Lombok.

    Tapi... tapi... setelah baca ini kok jadi pengen yang dekat saja ya, pengen ke kepulaian karimunjawa

    ReplyDelete
  17. Cem mana rasanya bulan madu? Kkwkwkwk. Aku di kepulauan Lombok aja belum tercapai mbak. Karena yg lumayan Deket sama Jawa sih ya wkkwkwkwk.
    Ehh Madura juga ada sihh etapi belum pernah singgah juga wkkwkk
    Makasih sharingnya Mbak

    ReplyDelete
  18. Ya ampunnn pulau2 di Indonesia emang keren abisss ya... Meski jangakauannya gak mudah tetep pengen menjelajahinya satu per satu...

    ReplyDelete
  19. Mba, sungguh indah sekali mba berbagai pulau yang ada di Indonesia. Apalagi pulau belitung tuh beneran sungguh jadi pilihan banget mba. Aku pernah sekali ke sana dan ketagihan

    ReplyDelete
  20. Beruntung ya tinggal di Indonesia dan punya banyak pulau. Pulaunya kece2 dan cocok buat liburan yaa apalagi sama pasangan

    ReplyDelete
  21. Masyaallah,semua 11 pulau itu memang keliatan indah dan menarik untuk dikunjungi ya, Mbak. Rasanya ingin berkunjung di semua pulau itu. Mungkin dari yang paling dekat dulu yaitu ke Karimun Jawa.Semoga...aamiin.

    ReplyDelete
  22. Pengen ke kepulauan karimun deh. Tapi sebenernya aku tuh gak terlalu suka udara pantai yang panas. Lebih suka udara gunung dan hijau2an. Jadi kalo ke pantai, palingan buat foto-foto aja trus balik ngadem lagi

    ReplyDelete
  23. Aku belum satu pun ke situ, dan mendadak pengen honeymoon lagi, hahahaha. Waah, baru tahu juga nih saya, kalau David Beckham pernah liburan romantis di Pulau Moyo. Saya yang asli Indonesia malah belum pernah ke situ hikss..

    ReplyDelete
  24. Pulau yang rekomended bangett buat liburan dan juga hanimuun, nihh. Cakep-cakep semuaaaa. Bayangin di Pulau Weh, nih. Toscanyaaaa. :D

    ReplyDelete
  25. kalo melihat satu demi satu fotonya, Masha Allaaah, baru teraasa sepotong Indonesia ini ternyata kaya raya, indah menawan

    pantesan banyak wisatawan yang datang, sok sokan mau sekalian merebut karena selain indah penduduknya juga ramah... hiks hiks..
    eh ini ngomongin pulau honey moon kok malah melebar ke penjajahan bahahhahaa

    ReplyDelete
  26. saya tertarik ke pulau sapudi, madura. suami pernah ke gili labak, katanya indah. pasti di sapudi yg masih belum banyak terjamah, lebih indah lagi

    ReplyDelete
  27. Wah impian semua itu pulaunya. Apalagi yang wilayah Indonesia Timur ya. Cantik semua

    ReplyDelete
  28. Indonesia memang asli ya indah, nggak hanya Bali tapi banyak pulau cantik lain..tinggal pengelolaan pariwisatanya yang kudu lebih maksimal, plus pemeliharaan lingkungan ya biar tetap terjaga keindahannya..

    ReplyDelete
  29. Satu lagi yang terlewat Mbak, Anambas. Itu sumpah keren banget karena terletak di Laut China Selatan yang jauh dari mana-mana. Jadi masih alami dan sepi.

    ReplyDelete
  30. Pas balik liburan, harapan cucian banyak tuh sudah melambai-lambai yaa, kak Ruli.
    Aku seneeeng banget lihat birunya laut.
    Meski gak bisa renang, aroma pantai itu....beda.

    ReplyDelete
  31. Kalau disuruh milih tempat honeymoon yg ada di atas rasanya susah deh pengen datengin semua, apalagi di Lombok

    ReplyDelete
  32. Waduuuh itu pemandangan lautnya bikin mupeng, Mba. Bening2 banget. Yang di Berau tuh yg mantul.

    ReplyDelete
  33. Dari daftar di atas banyak yang belum, jadi tulis yang sudah dikunjungi saja, hahaha, which is Gili Trawangan dan kepulauan Derawan.

    Ke Derawan saja dulu mba, hoping island ke Maratua, Sangalaki dan Kakaban.
    Kalau perlu dayang-dayang, aku siap bolang :)

    ReplyDelete
  34. Aduh mbak, mupeng semua rekomendasinya. aku mau ke pulau pulau favorit itu heuheu (kayak anak kecil aja sih jadinya wkwkwk), kayakny kudu aku share artikel ini ke suamiku, biar dia ngasih sponsor wkwkw

    ReplyDelete
  35. Hiks baru Lombok dan Belitung nih yang udah pernah aku kunjungi. Duuhh pulau2 di Indonesia tu asli cantik-cantik banget. Tapi kenapaaa tiket pesawatnya mahaaalll...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..