Kekurangan & Kelebihan Mempekerjakan Karyawan Outsourcing

Ilustrasi pegawai outsourcing


Kekurangan dan kelebihan
Mempekerjakan karyawan outsourcing


Pernah mendengar istilah outsourcing? Outsourcing sering didengar bagi banyak perusahaan di luar sana. Perusahaan tidak selalu mempekerjakan karyawan tetap atau kontrak dalam perusahaannya. Sebab, Banyak perusahaan mulai memanfaatkan jasa outsourcing untuk mencari karyawan, selain untuk menghemat biaya produksi untuk perekrutan karyawan, perusahaan menjadi lebih fokus ke bisnisnya, tidak perlu repot untuk urusan merekrut karyawan.


Manfaat Utama Karyawan Outsourcing

Mempekerjakan karyawan outsourcing bisa menjadi pilihan utama perusahaan jika memang kondisi perusahaan tidak memungkinkan untuk mempekerjakan karyawan utama. Di bawah ini adalah beberapa manfaat mempekerjakan karyawan outsourcing dalam perusahaan  :

Mengurangi Biaya Rekrutmen

Biaya untuk merekrut karyawan tidaklah sedikit. Akan tetapi, semua proses rekrutmen karyawan outsource dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa outsource atau vendor. Dengan demikian perusahaan tak perlu repot mengeluarkan biaya rekrutmen karena  dapat langsung mempekerjakan karyawan outsource yang telah dipilih oleh vendor.

Hemat Anggaran Pelatihan

Bila perusahaan merekrut karyawan, umumnya perusahaan juga harus mengadakan pelatihan karyawan. Nah, pekerja outsource umumnya telah dibekali dengan kemampuan khusus yang dibutuhkan. Contohnya kemampuan untuk menjaga keamanan perusahaan, membersihkan area kantor, dan sebagainya. Maka perusahaan tidak perlu lagi untuk menganggarkan biaya pelatihan. 

Baca juga: tips sewa apartemen untuk karyawan kantoran

Perusahaan Lebih Fokus Kepada Bisnis

Pekerja outsourcing umumnya menangani pekerjaan yang bukan inti dari bisnis perusahaan. Karena semua proses rekrutmen, seleksi, dan sebagainya diurus oleh perusahaan penyedia jasa. Maka dari itu, perusahaan dapat fokus untuk bisnis utama. 


Kekurangan Mempekerjakan Karyawan Outsourcing

Walau demikian, mempekerjakan karyawan outsource juga memiliki beberapa kekurangan. Agar lebih siap menghadapinya, perhatikan beberapa kekurangan mempekerjakan karyawan outsource di bawah ini! 

Informasi Internal Rentan Bocor 

Walau karyawan outsourcing tidak berkutat dengan kegiatan inti bisnis, perusahaan outsource bisa mendapatkan informasi-informasi penting seputar bisnis perusahaan. Ada beberapa jenis pekerjaan outsource bersifat konfidensial. Bisa-bisa informasi tersebut justru bocor ke pihak eksternal.  Hal ini sangat merugikan perusahaan karena informasi tersebut bisa dijual atau digunakan oleh kompetitor.  

Kontrak Relatif Singkat

Karyawan outsourcing memiliki kontrak yang relatif singkat. Perusahaan wajib sering memperbarui kontrak serta mencari perusahaan outsource yang baru saat kontrak sudah berakhir.  Lagi-lagi perusahaan juga harus mengatur peralihan tugas dan proses dari perusahaan penyedia jasa outsource lama ke perusahaan penyedia yang baru. 

Baca juga: solusi manajemen keuangan usaha gerobak makanan


Kehilangan Kontrol Manajemen

Perusahaan outsource tidak membantu perusahaan untuk maju, tetapi membuat keuntungan dari layanan yang mereka sediakan. Jika perusahaan lengah, perusahaan bisa ketergantungan dengan tenaga outsource dan kehilangan kontrol manajerial. 


Mengelola Karyawan dengan Aplikasi HRIS Terbaik

Apa pun status karyawannya, pengelolaan karyawan dalam sebuah perusahaan tetap harus dimaksimalkan. Karena karyawan merupakan aspek penting bagi perkembangan perusahaan. Namun, bagaimanapun juga, perusahaan harus tetap fokus kepada inti bisnis. Aplikasi HRIS terbaik dari LinovHR dapat menjadi kunci bagi perusahaan untuk mengelola karyawan. 

LinovHR adalah vendor penyedia jasa aplikasi HRIS terbaik yang dapat membantu perusahaan memenuhi  kebutuhan pengelolaan karyawan.  

Mulai dari penggajian, pencatatan kehadiran, penilaian kinerja, dan sebagainya dilakukan dengan sistematis dalam satu aplikasi. Selain itu, LinovHR juga menjamin bahwa seluruh informasi yang ada dalam aplikasi HRIS digunakan hanya untuk pengelolaan karyawan. Sehingga perusahaan tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran informasi ke pihak eksternal. 


LinovHR telah dipercaya berbagai macam perusahaan dari banyak industri untuk mengelola sumber daya manusia lebih optimal. Ingin informasi lebih lengkap? Anda bisa menghubungi LinovHR dan jadwalkan demo aplikasi HRIS terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat ya.


11 comments

  1. beberapa projek kantor diserahkan ke outsourcing, ini biasanya karena internal karyawan sudah sangat padat tasknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, jadi lebih praktis dan tau beres aja ya

      Delete
  2. Wah saya penasaran sama aplikasi ini. Pengin tahu seberapa lengkap fiturnya terus bisa dimodifikasi tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan 🤔

    ReplyDelete
  3. Wah keren ya mengelola karyawan aja sekarang sudah ada aplikasinya. Ini sih membantu banget buat perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas.

    ReplyDelete
  4. Wow, mengelola karyawan pun udah ada aplikasinya ya. Keren banget, Tentu sangat membantu nih bagi yang mempekerjakan orang dalam usahanya.

    ReplyDelete
  5. bisa sistematis dalam satu aplikasi gitu ya.. keren banget semuanya jadi satu penggajian, pencatatan kehadiran dan penilaian kinerja. Gak lagi deh punya file excel yang berantakan

    ReplyDelete
  6. Asik juga ada aplikasi pengelola karyawan, poin ples nya lagi ada tidak akan bocor sampai keluar. Memudahkan dan memang fleksibel.

    Bener banget nih, minus nya pekerjaan outsource ini kontrak kerja yang teramat singkat, ada juga kontrak kerja tidak diperpanjang. Padahal sdh berpengalaman huhu

    ReplyDelete
  7. Iya nih pengalaman beberapa perusahaan di sekitar merekrut pegawainya dg sistem outsourcing ini. HRD jadi ga ribet rekrut2 tapi ya tetap harus diwaspadai kekurangan2 di atas ya.

    ReplyDelete
  8. wah sekarang ada aplikasi untuk mengelola karyawan, ya. membantu banget ini pastinya terutama buat bagian SDM perusahaan

    ReplyDelete
  9. Iya sih ya jadi gampang bocor masalah internal kantor trs dia singkat juga masa kontraknya tp plus nya ya pengurangan biaya yee kan

    ReplyDelete
  10. Iya sih ya jadi gampang bocor masalah internal kantor trs dia singkat juga masa kontraknya tp plus nya ya pengurangan biaya yee kan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..