Pelatihan SEO On Page dan Optimalisasi Instagram di Ultah FBB, Komunitas Blogger Perempuan Kalsel

 
Kemeriahan ultah komunitas blogger perempuan kalsel
Sebagian member yang bisa meet up

Komunitas Blogger Perempuan terbesar dan (masih) satu-satunya di Kalimantan Selatan yaitu Female Blogger of Banjarmasin (FBB) baru saja merayakan Anniversary ke-4 tepatnya pada tanggal 6 Oktober 2020 lalu. Puncak perayaan aniiversary ini kemudian dihelat secara virtual dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Kemeriahan acara tetap berlangsung meski tidak berkumpul secara tatap muka karena ada banyak kegiatan bagus yang digelar dan dukungan banyak pihak sehingga anniversary ke-4 tahun ini Female blogger of Banjarmasin bertabur hadiah.

Selain berbagai lomba dan giveaway, hal yang paling menyenangkan dari Anniversary ini adalah diadakannya Pelatihan Fundamental SEO on page dan Optimalisasi Instagram untuk Influencer. Iya, tentu saja semua member FBB pasti punya blog dan semua antusias mempelajari SEO on page-nya. Dan rata-rata blogger di FBB selain ngeblog, juga berkegiatan sebagai influencer yang butuh sekali optimalisasi dalam penggunaan sosial media terutama instagram. So, kedua acara ini sangat dinantikan oleh para member dari Komunitas Blogger Perempuan yang satu ini.

Peserta zoom FBB 4th anniversary
Peserta zoom FBB 4th anniversary

Pelatihan Fundamental SEO on page Oleh Coach Irwin

Acara ini di isi oleh Mas Irwin Indrianto, atau biasa di sebut teman-teman dengan Coach Irwin (masirwin.com). Mas Irwin juga sekaligus founder dan Owner dari Tangerangdigital.com, seorang ahli dibidang SEO yang cukup akrab dengan sebagian teman-teman di FBB, karena beliau telah banyak punya "murid" dikelas SEO beliau.

Apa sih SEO?

SEO: Search Engine Optimation

Tindakan memaksimalkan performa blog/website agar dianggap layak berada di posisi atas oleh mesin pencari.

Jenis-jenis SEO by Coach Irwin

Secara garis besar fundamental SEO on page ini tentu saja mengulas tentang kemampuan blog kita sendiri dalam menguatkan SEO karenanya di sebut On page. 

Membahas SEO ini sebenarnya rumit dan panjang gaes, kadang ikut pelatihan 2 hari aja gak kelar-kelar, pakar SEO mempelajari ini bertahun-tahun dimana tidak ada rumus yang benar-benar pasti. Hanya meraba-raba dan based on experience. 

Intinya dalam SEO on page ada 5 hal utama yang harus diperhatikan yaitu:

  1. URL
  2. Tittle
  3. Description
  4. Heading
  5. Image
Dalam pelatihan ini juga coach Irwin banyak menjawab pertanyaan teman-teman seputar uber suggest, cara memperkecil spam score dan cara merampingkan alexa rank, bergizi banget dah bahasan kita ya. Nanti yang fundamental SEO on page kalau aku ada waktu akan aku tulis rangkuman edukasi dari coach Irwin ini di postingan terpisah ya. Di postingan ini kan khusus event report ultah fbb saja. 

Jadi pas materi diberikan oleh Coach Irwin, semua member menyimak dengan seksama. Semua tanya jawab juga di jawab dengan clear, kami manggut-manggut tanda mengerti. Ketika ada kuis dan doorprize juga semua member FBB sigap menjawab. Padahal hanya lewat virtual zoom loh, tapi kemeriahan acara ini terasa banget. Antusiasnya, interaksinya, asli aku agak baper sih. Duh, teman-teman seserius ini menerima materi. Kan yang liat seneng ya kalo orang belajar dengan sungguh-sungguh. Semoga aja setelah acara ini SEO blognya pada naik semua. Aamiin. 

Baca Juga:

Pelatihan Optimalisasi Instagram oleh Niko Julius


Setelah acara pelatihan Fundamental SEO on page, dilanjutkan dengan pelatihan Optimalisasi Instagram.  Dengan narasumber Niko Julius, pengusaha muda dan online entrepreneur, founder dari nikojulius.com. Tidak dapat dipungkiri, biasanya kegiatan menjadi blogger, membawa kami sebagai anggota dari komunitas blogger perempuan untuk banyak bersosialisasi juga melalui Instagram baik untuk Share postingan blog kami atau untuk kegiatan promosi lain jika ada kerjasama bisnis dengan brand.
 
Jadi, bagaimana mengoptimalisasi penggunaan instagram inilah yang di share oleh Mas Niko. pelatihan ini terasa asik juga karena beliau pun ternyata tinggal cukup lama dulunya di Banjarmasin, jadi ada sedikit-sedikit percakapan yang relate sama keseharian orang Banjarmasin karena kita "sekampung" meski sekarang beliau bukan lagi warga banjar karena berdomisili di Surabaya.
 
Optimalisasi Instagram sendiri di awali dengan edukasi tentang pengguna instagram dan polanya. Niko bilang bahwa different audience=different read, itulah gunanya kita melihat insight agar bisa melihat kecenderungan follower yang melihat instagram kita.

Dalam pelatihan juga dijelaskan mengenai Human Attention Span, yaitu sepanjang 3-5 detik setiap melihat postingan. Jadi bagaimana kita menampilkan performa terbaik kita dalam span tersebut.

Apa itu Content Modeling

Content modeling By Niko Julius

Mas Niko juga mengajarkan tentang content modeling, yaitu cara untuk menemukan konten yang memiliki performa baik di audience.

Caranya adalah dengan:
- berdasarkan hastag
- postingan carousel
 
Baca juga:

Acara komunitas blogger perempuan, female blogger of Banjarmasin ini setiap tahunnya memang diadakan meriah. Hanya tahun ini saja karena pandemi jadi semua serba online. Tapi Pelatihan fundamental SEO on page dan Optimalisasi Instagram ini tetap meriah, bukan? tentu saja karena acara ini turut didukung oleh 9 sponsor 1 media partner :

  1. Mirabella Cosmetics
  2. Gloskin Banjarmasin
  3. Fave Hotel Banjarmasin
  4. Clean Well Banjarmasin
  5. Tupperware Palma Tika Raya
  6. Kebabblasan Banjarmasin
  7. Summber Bed and Breakfast
  8. Ambeer.Le Hijab
  9. 57 Kitchen
  10. Media partner My Radio Banjarbaru
Sekali lagi, Happy anniversary ke-4 untuk female blogger of banjarmasin ya, sukses selalu.



2 comments :

  1. Keren, malah para blogger wanita yang lebih esksis di Banjarmasin. Semoga bapak-bapaknya ga mau kalah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya alhamdulillah, jadi ada wadah untuk berkarya

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..