Cara Zuper Memulai Bisnis Online di Masa Kini

Belajar cara bisnis online
Cara zuper memulai bisnis online


Ingin menjadi pengusaha? Berbisnis online seakan menjadi bisnis kekinian yang hits banget di era digital saat ini. Sebagus apapun toko offline, serasa kurang lengkap tanpa toko online. Begitupun yang ingin memulai usaha, rasanya paling pas dimulai dari yang online dulu. Bagaimana cara memulai bisnis online, bagaimana kiatnya agar sukses berbisnis online?


Bisnis online sukses pasti diawali dengan rintisan, tidak bisa langsung tau-tau sukses. Butuh ketekunan dan kesabaran. Ada yang dalam waktu singkat langsung melejit menemukan pasarnya, ada juga yang akhirnya gagal karena tidak berjodoh dalam bisnis tersebut. 


Tahun 2011 saat belum ada e-commerce, masih musim chat menggunakan bbm saya pernah berjualan online. Di kalangan terbatas, teman-teman saya atau orang-orang yang saya kenal melalui bbm saja. Mengenalkan usahanya cukup lama baru akhirnya punya pelanggan. Tapi disaat itu sangat rentan dengan penipuan baik dari segi suplier, penjual, ataupun dari segi pembeli yang bisa hilang begitu saja. Mobile banking saat itupun belum umum digunakan, hanya bisa sms banking yang memakan banyak pulsa. Meski bisnis online sudah mulai, namun semua serba manual saat itu. Nyatanya dengan semangat dan keseriusan, saya masih bisa bertahan hingga 2013, lalu berhenti seiring dengan kesibukan sebagai Ibu rumah tangga yang punya newborn baby sekaligus sibuk nge-blog. 


Ah tentu itu bukan alasan, kalau cara bisnis online saya dibangun dengan benar dan pondasi bisnisnya kuat, saya pasti bisa sukses berbisnis online meskipun sibuk ngeblog ya. Berbekal pengalaman buruk itu dan berbagai ilmu bisnis online  sukses saat ini, maka saya merangkum bagaimana cara zuper memulai bisnis online di masa kini. Tentu saja yang paling awal adalah menentukan produk apa yang akan dijadikan ladang bisnis. Apakah berupa barang atau jasa, sesuaikan juga dengan passion dan peluang pasar. Setelah menentukan produk, barulah kita bisa mulai.


Merencanakan bisnis online
Merencanakan bisnis


Cara memulai bisnis online:


1. Persiapkan fasilitasasilitas online yang memadai

Namanya berbisnis online, tentu hal utama yang harus dimiliki adalah fasilitas online yang memadai. Seperti halnya bisnis offline yang harus memiliki tempat/toko, maka bisnis online harus memiliki gadget beserta kuotanya. Memang tidak harus memiliki gadget super canggih di awal tapi setidaknya harus memadai untuk semua keperluan online terkait kegiatan jual beli, dan pastikan juga kita memahami betul bagaimana cara memaksimalkan kemampuan gadget tersebut untuk berselancar di dunia maya.


2. Menentukan segmen pasar

Meski diawal sudah melihat peluang pasar, tentu ada baiknya menentukan segmen agar lebih spesifik. Untuk usia berapa produk anda dijual? Untuk waktu apa menggunakan produknya? Untuk kalangan menengah ke atas atau ke bawah? Mengetahui pasar akan memudahkan kita membangun branding produk dan bagaimana menarik selera pembeli dari segi gambar, ajakan dan menentukan harga jual. Intinya menentukan segmen pasar akan memudahkan social selling agar makin sukses berbisnis online


3. Menentukan model bisnis yang tepat

Mau berbisnis apa? Membuat produk sendiri atau menjadi reseller (stock) atau dropshipping. Tentu saja model bisnis ini selanjutnya akan mempengaruhi besar kecilnya modal yang akan kita keluarkan untuk investasi awal. Hal ini harus benar-benar di perhitungkan agar kelak tidak kehabisan modal.


4. Pilih suplier yang tepat

Kemana akan membeli bahan baku atau produk yang akan dijual? Carilah suplier yang bisa memberi harga grosir, bukan cuma harga ritel. Dimana suplier yang kualitas produknya original dan bagus namun ongkos kirimnya hemat, dimana suplier yang sering memberi diskon dan enak diajak bekerjasama.


5. Membuat katalog dan akun penjualan yang Zuper

Dengan membuat website maka disitulah pasar, bertemunya produk yang kita jual dengan calon pembelinya. Penjualan dengan cara online tentu saja memikat pembeli dari awal melalui pandangan mata. Maka buatlah katalog, instagram dan website semenarik mungkin, buatlah yang zuper memikat. Jika bermodal minim dan belum bisa membuat website, mungkin bisa menaikkan penjualan dengan membuat akun penjualan di e-commerce. Cari suplier yang sudah langsung menyediakan katalog, itu akan sangat menekan biaya modal di awal dan memudahkan penjualan.


6. Pelayanan terbaik anti baper

Karena berbisnis online kebanyakan penjual berkontak dengan pembeli hanya melalui chat/percakapan online, maka harus benar-benar pandai memikat pembeli dengan kalimat yang menyenangkan dan persuasif. Jangan sering bawa perasaan (baper) ketika ada calon pembeli yang agak cerewet, atau ada pembeli yang batal membeli, dan berbagai karakter calon pembeli lainnya. Jika tidak membeli pun, harus tetap dilayani dengan sangat baik karena siapa tau nanti mereka akan kembali karena merasa senang pada keramahan layanan kita. Layanan kita harus sama ramahnya seperti SPG di toko offline pada umumnya. Biasanya kalau pembeli sudah merasa puas, maka akan besar peluang mereka menjadi pelanggan dan menyebarkan kisahnya ke orang sekitarnya.


Pelayanan juga bukan sekedar melayani pembicaraan, tetapi juga memberikan layanan delivery barang yang terbaik, cepat dan aman juga termasuk pelayanan. Mengirim barang dengan packaging rapi juga adalah pelayanan terbaik. Melakukan yang terbaik adalah ikhtiar menjadikan bisnis online sukses.


7. Carilah seorang business coach untuk membimbing

Satu hal yang kadang diabaikan pebisnis pemula, sering memulai tanpa ilmu yang cukup atau bimbingan dari ahlinya. Namanya juga baru memulai, maka banyak-banyaklah belajar dengan senior atau pakar, carilah acara atau metode yang mempertemukan kita dengan bussines coach untuk membantu menambah kemampuan berbisnis. 


Business coach adalah pembimbing dan pendamping kita dalam menjalankan bisnis. Kita bisa belajar bagaimana cara mendatangkan traffic misalnya, cara jadi reseller sukses, cara mengelola stock barang, dan berbagai edukasi di bidang bisnis lainnya. Pengalaman harus terus diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni.


7. Jalani dengan semangat dan sabar

Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Maka jika semua tips sudah diterapkan dalam berbisnis dan langsung sukses, maka itu artinya semesta mendukung dan Tuhan memudahkan prosesnya. Namun jika belum, bersabarlah. Semua pengusaha besar dulunya juga dimulai dengan jadi pengusaha kecil. Sabar dan teruslah bersemangat karena dalam kondisi naik turun pun, kita akan bisa membuat keputusan dengan bijak jika kita sabar menghadapi segala rintangan dalam berbisnis.


Menjadi pengusaha online di masa ekonomi sulit seperti saat ini memang butuh perjuangan lebih besar, pasti tantangan juga makin besar. Semangat dan sabar akan membuat kita bertahan menjalaninya. 


Nah sudah mulai ada bayangan kan, bagaimana bisnis online yang akan dirintis. Tapi bingung memulainya? Saya mau memperkenalkan, sesuatu yang mungkin akan banyak membantu perjalanan bisnis online bagi pemula terutama yang ingin bergelut di bidang industri fashion, kecantikan, home living dan serba serbi lainnya.


Berkenalan dengan sistersel


Berbisnis online sukses dengan sistersel
Sistersel platform bisnis online


Siapa sistersel? Sistersel yang bisa membantu mewujudkan sebagian poin di atas. Sistersel menguasai berbagai cara bisnis online, memiliki business coach handal, sistersel tau bagaimana cara jadi reseller sukses dan sistersel sendiri sangat sukses berbisnis online. Wah menarik sekali, siapa sistersel sebenarnya?


Business coach dari sistersel (source: sistersel.com)
Business coach sistersel (source: sistersel.com)

Mungkin sistersel terdengar belum akrab di telinga kita. Tapi kalau Sophie Paris atau Sophie Martin kenal, bukan? Sophie Martin bahkan sudah saya dengar sejak saya SD puluhan tahun lalu. Sophie Martin sangat terkenal di Industri fashion dan kecantikan Indonesia. Jadi...

 

Sistersel adalah sebuah ecommerce platform yang yang memiliki semua kebutuhan para pelaku bisnis online, dari produk hingga business coach tersedia dalam 1 aplikasi.


Dalam sistersel ada produk seperti Sophie Paris dan Brunbrun yang dijual melalui katalog online sistersel dengan retail dan harga sis tentunya barang tersebut semuanya original, katalog yang dibuat tentu sudah sangat menarik pembeli dan menyesuaikan segmen pasar, sehingga semua sis anggota sistersel akan sangat dimudahkan.


Dalam platform sistersel memiliki banyak business coach dan bisa terhubung dengan banyak sis dalam 1 pintu yang bisa membimbing siapa saja yang tertarik memulai bisnis online. Di sistersel, kita bebas memilih mau menjadi reseller ataukah dropshipping dimana para business coach juga akan membimbing bagaimana cara jadi reseller sukses atau dropshipper yang terpercaya. Sistersel juga dimentori oleh para pengusaha dibidang wirausaha. Tertarik untuk memiliki business coach di sistersel? Berikut saya berikan panduannya.


Cara memilih business coach (BC) di sistersel

  1. Login ke Sistersel.com 
    Login ke sistersel.com untuk menemukan business coach

  2. Klik menu business coach
  3. Cari business coach (BC) yang diinginkan (bisa melalui filter nama kota atau nama BC yang sesuai) 
    Filter untuk menemukan business coach
    Filter berdasarkan nama kota atau nama BC

  4. Pilih dan kita sudah memiliki BC


Semudah itu untuk memilih dan mendapatkan bimbingan dari business coach, beliau yang kamu pilih akan membantu bagaimana cara berbisnis online dan mendampingi sampai bisa sukses berbisnis online. Tidak ada yang instan, tapi setidaknya dengan business coach ini perjalanan usaha online akan lebih terarah dan lebih cepat akselerasinya.


Well, saya sangat antusias menyambut kehadiran sistersel ini di dunia bisnis karena bisa membantu usaha-usaha kecil rintisan yang minim modal, bantu pengusaha rintisan untuk menghasilkan uang cukup dari rumah saja tanpa memikirkan untuk memiliki toko offline dulu. Selain itu, kehadiran business coach disini membuat sistersel jadi berbeda dengan e-commerce.


Business coach bertemu dengan para sis di sistersel, dan akhirnya bisa lanjut bertemu di dunia nyata karena di sistersel kita bisa memilih bussiness coach dari kota mana aja yang kita mau, jadi bisa juga kan memilih yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kita saat ini. Mau bertemu boleh atau di bimbing melalui online pun bisa.


Dengan disediakannya business coach, para pengusaha muda tak sekedar menemukan tempat yang nyaman untuk curhat segala macam soal bisnis, tapi juga mendapat bimbingan dan ilmu baru di dunia bisnis. Bisnis online sukses itu tak sekedar angan-angan melainkan hal yang bisa diwujudkan dengan lebih mudah. Jika kita saat ini belum memungkinkan memulai bisnis secara offline, maka cobalah menggunakan sistersel untuk bisa sukses berbisnis online dari rumah. 


Setelah menemukan business coach dan mendapatkan cara bisnis online maka yang dilakukan sekarang adalah memulainya. Yuk semangat..



81 comments :

  1. 7 tips di atas sangat oke untuk diterapkan. Bisa dilakukan pelan2 Dalam membangun bisnis online. Bahkan bisnis offline saja sekrang juga harus didukung dengan marketing online agar jangkauannya semakin luas.

    ReplyDelete
  2. Memang gak bisa langsung main terjun aja ke bisnis online, memang harus ada riset pasar dulu, pelajari teknisnya dan lain-lain, menggunakan jasa coach bisnis merupakan cara yang kekinian banget, terutama bagi yang tidak punya banyak waktu untuk belajar lebih dalam.

    ReplyDelete
  3. pengen banget sukses jualan online, pengen sukses dan banyak uang meski di rumah aja dengan anak-anak. Semoga bisa jadi kenyataan. Aku yakin pasti bisa kalau ditekuni dengan baik apalgi ada yg membimbing

    ReplyDelete
  4. pengen banget sukses jualan online, pengen sukses dan banyak uang meski di rumah aja dengan anak-anak. Semoga bisa jadi kenyataan. Aku yakin pasti bisa kalau ditekuni dengan baik apalgi ada yg membimbing

    ReplyDelete
  5. bisnis online adalah salah satu cara untuk memperluas pasar dan membuat bisnis bisa tetep jalan, kudu diterapkan nih tipsnya biar selama pandemi ada pemasukan

    ReplyDelete
  6. Wah menarik yaa kalau sudah ada platform gini pasti memudahkan ya utk pebisnis

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu soal Sistersel ini
    Jadi makin pengen segera benahi bisnis online saya nih rasanya

    ReplyDelete
  8. Bagus banget nih tips2 bisnis onlinenya. Tapi maaf ka, ini tipo kah? fasilitasasilitas . Ada di poin pertama. Cmiiw

    ReplyDelete
  9. Saya butuh personal business couch Mbak. Penting banget karena masuk ke bisnis online yang serius memang harus belajar dengan serius.
    Karena kita yang menentukan sampai di mana level bisnis online kita.
    Saya akan pelajari Zuper ini agar naik level.

    ReplyDelete
  10. wahi ini memang penting bgt ya mbak buat pelaku bisnis online
    biar bisnisnya makin berkembang ya mbak

    ReplyDelete
  11. Hai mbak Ruli Retno, aku juga pernah ikutan bisnis online yang reseller gitu dulu waktu jamannya ada jualan online lewat Kaskus. 😂 Jaman masih muda lah pokoknya. Tapi sayang sekali gagal karena akhirnya barang resellerku itu masuk supermarket dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Sekarang pengen coba bisnis online lagi tapi masih terkendala sama hobi rebahan😂. Aku mau cobain liat Sistersel ah, barangkali keinginan untuk bisnis online semakin menguat daripada bosen di rumah terus ga ada kerjaan.

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat online shopku yang udah mati suri, pengin aktif lagi tapi masih ragu karena manage waktu nggak semudah yang dibayangkan hiks. Pernah juga jadi droshipper, salah satu bisnis yang minim modal dan asyik untuk dijalani.

    Menurutku, adanya platform kayak Sistersel gini, kita sebagai pemula nggak ragu untuk memulai bisnis. Apalagi ada bussiness coach yang akan mengarahkan bisnis kita jadi nggak ada rasa khawatir.

    ReplyDelete
  13. Aku punya bisnis online tapi mood moodan juga akhirnya nih untuk promosi. Ngga konsisten jugaa hikss. Jadi kepo sama sistercell ini. Rencananya mau resign punya usaha sendiri. Mudah-mudahan jadi jalan

    ReplyDelete
  14. Ehehe, noted mba Ruli tipsnya, kebetulan aku masih suka baperan saat jualan. Terutama saat udah pesan eh keesokan harinya cancel :D, butuh business coach juga deh akutu. Eh di Sistersel ada business coachnya juga ya ternyata, ah ini sih auto ngepoin aku. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini pesan besok cancel itu kerasa menusuk jantung banget ya mbak, terkadang berharap sistem e-commerce balik kayak dulu, pembeli bayar dulu, setelah sampai ke kita, baru penjual kirim, hahaha

      Delete
  15. Dari kemarin baca Sistersel, asli tertarik gitu. Benar2 mempermudah mereka yang baru mau jualan online ya kak. Beda sama marketplace biasa. Tertarik banget sama Business Coach gitu, profesional banget

    ReplyDelete
  16. Noted banget tuh yang pelayanan ant baper. Dulu tahun 2010 aku juga pernah nyoba bisnis online tuh. Astaga dapet customer macam2 bentuk rupa tuh kadang bikin tidur nggak tenang. Kebanyakan baper akunya. Akhirnya fokus ngeblog dulu deh. Sekarang mulai tertarik lagi buat bisnis online. Kalau daftar sistersel modalnya gede nggak mbak?

    ReplyDelete
  17. Emang kalau mau berbisnis kita ga boleh setengah2 ya mbak. Sistersel mgkin cocok nih utk saya.

    ReplyDelete
  18. aku pengen mulai punya usaha lagi. tapi emang lagi bingung, apa ya. selama ini aku produksi sendiri, entah itu bikin cake ataupun jahit. tapi kayanya sekarang aku ga sanggup. kayanya sistersel ini pas juga buat aku yang emang lebih banyak mantauin hp dan laptop

    ReplyDelete
  19. setuju mb, yg namanya bisnis online itu minimal harus ada mentornya sih. Kadang banyak orang bingung untuk memulai bisnisnya seperti apa, nah dengan adanya situs sistersel.com, menurutku sangat tepat sehingga kita bisa menemukan coach terbaik mengenai bimbel bisnis online tentunya. Kapan-kapan mau cobain ah, he

    ReplyDelete
  20. Bisnis online memang menjanjikan di era digital apalagi saat pandemi dimana kita melakukan hampir semuanya secara online. Kalau saya dulu pernah nyoba buka toko buku online tapi ya gitu manajemennya kurang sip sehingga mandeg di tengah jalan. Makasih ya Mbak tipsnya.

    ReplyDelete
  21. wah ternyata berbisnis online gak cukup hanya semangat yaa, harus tetap belajar dari ahlinya agar bisa bekerja secara online dengan baik. aku juga sudah punya akun di sistersel mbak, cuci mata dulu hihihi

    ReplyDelete
  22. Memang di e-commerce dulu rentan banget dengan penipuan, misalnya sewaktu sudah beli, eh barangnya gak dikirim-kirim, atau di penjual pun, setelah kita kirim, eh uangnya gak dibayar, sekarnag jauh lebih aman sih ya.

    ReplyDelete
  23. Waah ecommerce baru ya ini mbak?
    Tp kayaknya beda nih sm yg mainstream.
    Bagus tuh klo bs dapat coaching segala. Utk wirausaha pemula coaching oenting banget soale

    ReplyDelete
  24. enak juga ya kalau di sistersel, udah ada bisnis coachnya
    jadi bisa tanya-tanya banyak tentang perkembangan jualan
    mayan lah ada konsultasinya

    ReplyDelete
  25. waah aku lagi perlu bimbingan nih. lagi bantuin usahanya suami. siap meluncur ke sistersel. makasi infonya ya mbaa :*

    ReplyDelete
  26. Wah, udah kenal Sophie Paris sejak zaman kuliah karena temen-teman banyak yang jadi reseller. Sekarang sistemnya keren yaaa, nggak cuma buka peluang jadi reseller tapi juga ngasih business coach lewat sistersel ini.

    ReplyDelete
  27. aku jadi penasaran dong sama sistersell, sering juga dapat iklan ke email joint sistersell yuk mari kita install , makasih ya informasi nya hehe

    ReplyDelete
  28. There are so many ways to do online business and be successful with it. Having a great coach will definitely help

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada platform yang memang bisa membantu seperti ini why not ya mbaa.. kita jadi bisa konsentras dengan bisnis onlinenya

      Delete
  29. Ini tuh aku banget deh, pengen punya usaha online tapi masih bingung enaknya usaha apa ya? Habis baca tulisanmu tentang Sistersel ini jadi ada sedikit pencerahannya nih, apalagi bisa cari perwilayah gitu ya.

    ReplyDelete
  30. Wah ada business coach-nya juga, ya. Bisa membantu buat para pemula nih. Aku belum ada pengalaman bisnis online, sih. Cuma pernah jualan buku dan kurang laku, hiks. Coba kepoin Sistersel gak yaa.. hehe.

    ReplyDelete
  31. Enak juga ya Sistersel ini. Banyak kemudahan kalau mau berbisnis online. PRnya banyak termasuk soal jamu konsumen. Aku anaknya masih baperan

    ReplyDelete
  32. Hai mba makasih artikelnya ya. Aku termasuk salah satu pelaku usaha online yang memulai bisnis di saat pandemi. Dari tips yang ditulis di atas, ada 1 hal yang belum aku lakukan yaitu memilih business coach. Ternyata solusi menemukn BC bisa melalui Sistersel yaaaa, makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  33. Aku udah mulai jalan bisnis online untuk fashion homedress. Emang sih, butuh persiapan yang matang, meskipun sebenarnya bisa juga dilengkapi sambil jalan. Btw, iklan Sistersel ini aku sering lihat seliweran lho. Ternyata ada peluang bisnisnya juga. jadi kepo donk.

    ReplyDelete
  34. Jadi inget online shop aku yang terbengkalai saking sibuknya.
    Coba pan kapan aku harus buka Sistersel nih biar diajarin juga :D

    ReplyDelete
  35. Sesudah terjun ke bisnis online,
    baru terasa bahwa ilmuku masih jauuuh di dasar lautan. Business Coach harusnya memang ada, dan ini baru terwujud sejak tahu Sistersel

    ReplyDelete
  36. Mantap nih, di sistersel ada business coach. Ini yang susah didapat para pemula karena kebayangnya udah mahal aja. Kalai di sistersel gimana tarifnya?

    ReplyDelete
  37. Ini sih paket lengkap buangeeettt
    Buat yg masih pemula di bisnis online, sangat dianjurkan join Sistersel.
    Buat yg udah malang melintang di online business, juga makin kece dahh kalo gabung Sistersel

    ReplyDelete
  38. Beberapa kebutuhan berbisnis online sudah saya penuhi kecuali personal couch. Keren, Super nyediain kebutuhan saya ini.

    ReplyDelete
  39. Sebetulnya gampang ya Sistersel ini. Sudah ada produknya yang original dan berkualitas yaitu Sophie Martin dan merk lainnya selama 20 tahun ini sudah membuktikan. Ah jadi pengen beli tas Sophie deh. Dulu aku sering beli :)

    ReplyDelete
  40. yaa ampun seru banget ya mba
    dan bener tuh pelayanan anti baper. biar pas dapat masukan dari cust kita nggak kesel
    btw seru ya kayanya Sistersel ini mba

    ReplyDelete
  41. berbisnis disediain barang aja udah biasa, ini sistersel ada dengan pembimbingnya segala wah inovasi baru

    ReplyDelete
  42. Dulu sekitar 8 tahun lalu aku bisnis online jualan tas via FB, laku dan balik modal. Sekarang krn udh banyak e-commerce udah beda platform nya. Menarik ini

    ReplyDelete
  43. Kagum sama yg nulis artikel ini, lengkep kep kep kep tips dan arahannya bahi pemula. Anak bunda baru mulai bisnis online tp pasti dia butuh nih tengok2 ke Sistersel biar BO-nya gak gagal. Mbak ruliretno mohon izin linknya bunda share ke anak bunda. Bolehkah krn anak bunda bukan bloger.

    ReplyDelete
  44. Setuju Mba. Sebaiknya kalau mau bisnis itu barangkat dari apa passion kita. Kalau nggak gitu, bisa jadi beban jadinya menjalani bisnisnya. Ngomong-ngomong enak banget ya kalau berbisnis tapi dikasih pendapingan gini kayak dikasih business coach gitu. Aku baru tahu tentang Sirtesel ini apalagi ada business coachnya juga ya, jadi ngebantu banget buat yang baru belajar bisnis

    ReplyDelete
  45. Bisnis dan kehidupan Itu gak bisa dipisahkan yaah..karena Rosululloh sendiri dulu berbisnis.

    Bersama sistersel, langkah untuk memulai bisnis menjadi terbuka lebar.
    Kesempatan Mendapat ilmu dan cuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah berbisnis itu jelad dan senang sekali, dengan Sistersel...berbisnis semakin zuper mudah.
      Plus semua orang saat ini menggunakan media online untuk berbelanja.

      Delete
    2. Konsep bisnis yang matang disertai pendampingan yang baik, tentu akan menghasilkan cuan.
      Senang sekali ada SisterSel. Semua bisa memulai bisnis online.

      Delete
  46. bagus ini ya ada platform reseller yang mudah banget menggunakannya, aku juga udah liat liat mbak barang jualan di sistersel. tnggal cari waktu yang tepatuntuk mulai serius bisnis online

    ReplyDelete
  47. aku dulu juga pernah jualan online sekitar 8 tahun yang lalu sayang nggak jalan lagi karena dulu itu dikit banget dapat untungnya. kalau sekarang jualan online kayaknya lebih mudah ya apalagi ada coach-nya segala nih pakai sistersel

    ReplyDelete
  48. Menarik sekali ini,,,pebisnis pemula bisa memulai usaha tanpa memikirkan untuk memiliki toko offline dulu. Selain itu, kehadiran business coach disini membuat sistersel jadi berbeda dengan e-commerce lainnya. Tentu akan membantu berkembangnya usaha

    ReplyDelete
  49. Wah, aku baru tau ttg sistersel ini mba. Ini mudah n fiturnya mayan lengkap ya untuk pemula. Blm ada kepikiran bisnis online tp ngiler jg kdg klo liat bisnis temen

    ReplyDelete
  50. Suplier yang bagus sih wajib banget dicari sama ya harus ekstra sabar ya dalam menjalani dan melayani customer ini.

    ReplyDelete
  51. kayaknya keren ini yaa...ada BC-nyaaa...wow. Ini pasti bagus banget buat orang kayak saya yang suka maju mundur mau ngerjain seseuatu. Ada yang mau memulai bisnis tapi takut kalau "rame" sehingga pontang-panting handle? itu sayaaa hahahaha

    ReplyDelete
  52. Tadi bahas ama teman yang memilih resign dan fokus memulai bisnis online. DEngan adanya cara ini, aku kan sampaikan ke dia karena ini sangat memudahkan

    ReplyDelete
  53. Saya selain jadi Blogger juga ada usaha online untuk jualan hasil crafting, sempat jadi star seller tapi akhirnya sepi lagi setelah banyak orang menggunakan fitur iklan dan penerapan SEO. Memang bener banget nih yang dibutuhkan coach yang bisa bantu kita kelola bisnis, boleh dicoba nih kapan². Tfs kak 🙏

    ReplyDelete
  54. Ooo sistersel ini versi onlinenya shopie Paris ya.

    Asyik juga ya kalau bisa punya business coach disini yang bisa membimbing proses belajar untuk jualan online.

    ReplyDelete
  55. Punya online shop banyak PRnya, tapi sekarang jauh lebih mudah karena banyak yang ngasih petunjuk. Gak kaya dulu yang meraba-raba sendiri

    ReplyDelete
  56. no 6 mungkin yang agak berat ya, pelayanan terbaik anti baper.. xixixi.. kadang suka menahan emosi ke ubun-ubun sama pelanggan yang sotoy, pelit, banyak nawar trus ujung-ujungnya ga jadi beli.. huhuhuhu... kayaknya saya masih perlu ikut pelatihan bisnisnya dari sistersel nih.. xixixi

    ReplyDelete
  57. Selama pandemi ini kita semua jadi gak bisa bebas bergerak keluar rumah untuk berbisnis. Dengan adanya Sistersel, kegiatan jualan bisa dilakukan secara online ya. Bahkan Sistersel banyak memberikan fasilitas untuk berbisnis online, mantap!

    ReplyDelete
  58. Aku udah punya Sophie sejak 10 tahun lebih kayaknya. Selalu suka dengan barang-barangnya yang ngetrend dan bagus kualitasnya. Baju-baju Sophieku masih awet sampe sekarang.
    Pengin ah nyobain Sistersel ini kayak apa, mau ulik lebih lagi.

    ReplyDelete
  59. Temenku kayaknya ada yg butuh ide bisnis kayak gini
    lebih aman, dan praktiknya oke dokeyyy banget ya

    ReplyDelete
  60. Dari dulu saya pengen memulai bisnis dan fokus. Tapi belum kesampaian. Pernah mencoba untuk berjual fashion wanita, hijab dan perlengkapannya tapi jangkauannya belum luas yang akhirnya saya berhenti.

    Setelah berhenti pun tak ada yang mengajari bagaimana plannya dan bagaimana caranya.

    Kalau sekarang sudah ada sistersel, menjalankan bisnis semakin mudah. Ada coach-nya pula.

    ReplyDelete
  61. Semua dirintis dari awal dan dari bawah ya mbak betul banget gak ada yang tau-tau langsung sukses. Dulu zaman BBM broadcast2 gitu ya jualannya & pakai grup juga. Sekarang bisa coba usaha dengan sistersel ya gak perlu menyediakan produk pula dengan berbagai merk

    ReplyDelete
  62. Mbak aku jd keinget deh sama masa2 jualan online. Seneng bagian mbungkusin apket dan anter2 hehe
    Jd kepengen deh jualan online lagi baca2 artikel ini.Kalau pakai Zuper dah lengkap ya mulai dr dikasi katalog tinggal isi bahkan udah disediakan coach buat kita supaya pendapatan lbh melejit lg. TFS infoya

    ReplyDelete
  63. kece banget ya teknologi sekarang, dengan memanfaatkan teknologi, memulai bisnis bisa dari mana saja bahkan tanpa modal. tinggal menambahkan passion biar sukses

    ReplyDelete
  64. Baru tau Sistersel aku mbk, ceki ceki habis ini. Pebisnis pemula memang seharusnya punya coach, minimal untuk belajar pemasaran. Saya dulu awal mula usaha baju anak juga didampingi coach, jadi benar-benar dibimbing dari awal.

    ReplyDelete
  65. Wah artikelnya bermanfaat buat aku yang baru saja memulai bisnis online yaitu kelas menulis..bagus juga ya sistersel ini untuk yang mau mulai jualan bisa mudah mendapatkan produk untuk dijual dll..

    ReplyDelete
  66. Bagus nih ada business coach nya. Membantu banget buat para emak-emak yang ingin terjun bisnis online

    ReplyDelete
  67. Nah iya saya juga sejak pasanag wifie mai berpikir supaya bisa bermanfaat lebih untuk kegiatan positif kayak jualan online

    ReplyDelete
  68. Mba Ruli ini sih yang kubutuhkan banget buat jualan online, aku kan ada usaha fashion dan craft adanya ini sangat membantu banget buat belajar jadi laris manis berbisnis nih. Makasih mba udah dikenalin dengan aplikasi ini

    ReplyDelete
  69. Wow, bisa punya business coach di sistersekl, kebetulan nih baru mulai jualan online walaupun masih memasarkan produk orang, dan masih kecil-kecilan banget dan pengen juga mengembangkan usaha, coba ah ke sistersel, makasih infonya, kak

    ReplyDelete
  70. Mbak, paket business coach-nya berbayar ya ini. Menarik ya konsepnya

    ReplyDelete
  71. Sebenarnya sekarang tuh udah mudah banget memulai bisnis online cuma ya tetap ada tantangannya. Karena saking mudahnya, persaingannya pun ketat banget. Jadi gimana caranya biar kita punya ciri khas dan ditandai calon konsumen yang harus kita perhatikan.

    ReplyDelete
  72. Wah terstruktur sekali paparan bagaimana membuat bisnis online disini. Bisa jadi tuntunan bagi yang mau memulai. Apalagi ada Sistersel nya

    ReplyDelete
  73. Setuju banget poin2nya, pembisnis ga boleh baperan. Baperan sama karyawan, baperan sama pelanggan, keduanya bisa merusak etos kerja. Saya pun masih belajar mengelola bisnis.

    ReplyDelete
  74. teknologi jaman sekarang makin canggih aja yaaa, hihihi, jadinya membantu banget nih buat yang punya bisnis online

    ReplyDelete
  75. Sistersel lagi naik daun ya,Mbak. Saya sering baca profilnya di mana - mana. Jadi pengin coba bergabung juga. Mengembangkan jualan tanaman hias yg baru dirintis sekarang.

    ReplyDelete
  76. Saat bisnis online gini mesti sabar, walaupun mudah..tanpa repot..tetap butuh keuletan apalagi untuk diawal..masih pengenalan,, mesti rajin promo juga gak putus asa kalo gak closing

    ReplyDelete
  77. Kalau ada bussines coach yang membimbing pastinya lebih cepat sukses ya. Serasa punya mentor kayak di drakor start up. Sistersel lengkap euy untuk pemula

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..