Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


Berkunjung ke Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia di Banjarbaru

Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI)
Banjarbaru (dokpri)



Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) atau biasa disebut Tropical Rain Forest Miniature di Banjarbaru saat ini sudah mulai hijau. Pohon-pohonnya sudah terlihat mulai besar, hijau dan asri. Taman seluas 90 hektare ini memang sejak tahun lalu, tepatnya februari 2020 sudah siap dikunjungi masyarakat dan turis untuk wisata.


Pandemi membuat kita harus banyak mencari alternatif jalan-jalan yang relatif sepi dan aman dari banyak kerumunan. Selain wisata kuliner di Banjarbaru, ternyata TH2TI menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Betapa tidak, lokasinya sepi dan tidak ada orang ketika aku mengajak keluargaku kesana. Padahal awalnya kami baru akan memperkenalkan kepada anak-anak sekalian cek lokasi disana. Apakah tempatnya bagus? Apakah banyak kerumunan? Apakah banyak orang berjualan dan apakah signal internet disana bagus? Maklum, kerjaanku di dunia online membuat aku tidak boleh terputus kontak dengan dunia maya. Jadi kemana pun aku pergi, aku mencari lokasi yang signalnya bagus.


Melihat pohon-pohon di TH2TI


Tapi ternyata, anak-anak tak mau sekedar cek lokasi melainkan mau langsung jalan-jalan dan melihat-lihat didalamnya. Karena merasa sepi dan tak ada kerumunan maka akupun mengijinkan anak-anak turun dari mobil dan kami keliling menikmati miniatur hutan ini. Aku pun dengan semangat memperlihatkan kepada anakku, berbagai pohon-pohon yang diberi nama di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia ini. Jadi ini ceritanya wisata edukasi. Anak-anakku pun sangat antusias memperhatikan apa-apa yang aku ceritakan.


Apa saja yang ada di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia di Banjarbaru?

Semua pasti tau bahwa banyak tempat memiliki hutan buatan, tapi tak semuanya terkonsep dengan baik. Sedangkan TH2TI ini di bangun terkonsep sangat matang dengan jumlah area yang sudah ditanami mencapai 58 hektare dalam area berjumlah 4 blok. Isi didalamnya pun sangat beragam dan membuat kagum yaitu sebanyak sebanyak 48.072 batang pohon yang terdiri dari berbagai endemik hutan hujan tropika dataran rendah seperti kelompok tanaman meranti, rimba campuran, jenis pohon unggulan lokal dan berbagai jenis tanaman langka penghasil buah di Kalsel. 


Saat ini saja Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia ini sudah nampak sangat hijau. Dengan begitu banyak jenis tanaman disana, aku sangat tidak sabar jika kelak hutan ini jadi Hutan hujan tropika yang rimbun dan berbuah lebat, pasti bangga sekali memilikinya. Saat ini saja sudah seneng bisa berkunjung kesini, meski sore tapi cuacanya terasa cukup segar karena banyak pepohonan dan kendaraan lalu lalang sangat sepi. Pengunjungnya pun tak banyak, hanya beberapa mobil dan motor terlihat di parkiran dan kebanyakan hanya sekedar duduk-duduk ngadem di gazebo. Jadi enggak terlalu kawatir tentang penularan covid di area hutan ini karena tak ada kerumunan. Sepertinya lain kali jika kesini, akan lebih asik jika membawa bekal dan berpiknik sederhana.


Yang paling menyenangkan adalah, karena tempat wisata ini gratis namun fasilitasnya yang cukup memadai. Seperti tempat cuci tangan banyak tersebar dimana-mana, musola, toilet, gazebo dan banyak kursi duduk. Pohon-pohonnya juga meskipun belum terlalu besar batangnya tapi sudah cukup banyak daunnya sehingga cukup teduh tidak terkena sinar matahari langsung. Cuma kalo buat para ibu-ibu ya tetep donk ya memakai sunscreen. Karena di sela pohon-pohon, matahari menyengat tetap saja menyelusup.


Anak-anak suka tempat lapang ini di TH2TI
Setelah banyak stay at home setahun belakangan


Selama disana aku pun langsung mengecek juga kualitas internetnya. Daerah yang bukan tempat pemukiman penduduk ini apakah internet cukup bagus disana untuk menunjang kehadiran para turis jika berwisata? Ow..ow.. ini dia hasil speed test aku disana.

Speed test internet Smartfren Unlimited


Karena kebetulan aku memakai provider selular sekaligus internetnya smartfren unlimited, jadi ya jenis provider tersebut yang aku cek kualitas internetnya. Yang aku cek melalui speed test yaitu kecepatan unduh, unggah dan ping. Ternyata hasil speed test menujukkan bahwa smartfren Unlimited yang aku pakai kualitasnya disana luar biasa. Dimana ada 4 level pengujian kecepatan yaitu jelek, oke, sangat bagus dan luar biasa. Dan untuk smartfren unlimited ini internetnya luar biasa. Wahh.. boleh juga nih nanti bisa sering ajak anak-anak kesini. Enggak bikin kita hilang kontak sama dunia maya.


Smartfren Unlimited extra Internet malam
Fullspeed unlimited


Kalau di daerah Taman hutan hujan tropika Indonesia ini saja internet smartfren unlimited bisa sebagus itu, apalagi kalau di pusat kota ya. Makanya aku seneng kalau waktunya belajar online sama anak-anak menggunakan smartfren Unlimited ini, semua kegiatan PJJ dapat berlangsung lancar.


By the way, sekarang smartfren Unlimited ada Extra Unlimited Malam Full Speed yang bikin makin unlimited internetan sepuasnya sampai pagi, jadi aku bisa menggunakan internet malam hari sepuasnya tanpa memakan kuota utama. Pantes saja meski siang harinya aku sering jalan-jalan sambil terus mengerjakan pekerjaanku di dunia online, tapi malam harinya tetap fullspeed dan unlimited tanpa tersendat. Aku lalu berpikir akan liburan blusukan kemana lagi setelah ini. Toh mau libur kemana saja pekerjaanku di online ini bisa di boyong terus. Yang penting internet lancar siang-malam. Untuk info detail smartfren Unlimited bisa cek link ini http://bit.ly/sfunlimited


Smartfren Unlimited
Extra unlimited malam fullspeed


Kembali ke topik jalan-jalan keluarga ke TH2TI Indonesia di Banjarbaru, Kalsel. Aku sebagai warga Kalimantan selatan merasa bangga banget karena Banjarbaru punya Taman hutan hujan tropika Indonesia ini karena aku berharap kelak hutan ini akan sesuai dengan cita-cita pembangunannya yaitu hutan untuk melestarikan keanekaragaman jenis pohon dan tanaman, memberi banyak manfaat hutan untuk warga Kalimantan selatan khususnya Banjarbaru, menciptakan iklim mikro dan menjaga keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang. 


This is also a romantic place anyway
Maybe you wanna try it :p


Insya allah bisa tercapai semua cita-cita  tersebut selama kita semua bekerjasama merawat hutan ini dengan baik. Apalagi tak jauh dari Taman hutan hujan tropika ini juga di bangumn bendungan, stabil banget kondisi alam disini ya. Yuk yang bertandang ke Banjarbaru jangan lupa mampir ke Taman Hutan Hujan Tropika ini. 


.





7 comments

  1. Taman hujan hutan tropika nih asri banget euyyyy...cocok bgt buat wisata keluarga ya.apalagi cukup sepi dan gak ada kerumunan.aman lah ya.tambah sinyal lancar,mantap lah ya

    ReplyDelete
  2. Wah baru ya, sayang saya tak di Banjarbaru lagi XD. Nanti berkunjung ke sana deh kalau ada kesempatan. Di daerah mananya di Banjarbaru letak hutannya ini Mbak?

    ReplyDelete
  3. wah keren biasanya jaringan suka hilang di tempat yang sepi dan banyak pohon gitu. Asik deh bisa lancar bikin story jalan-jalan ke TH2TI di sosial media.

    ReplyDelete
  4. jadi penasaran lokasi hutan hujan tropis ini. di Tahurakah? Lama banget nggak ke Banjarbaru tahunya hutan pinus doang. hehe

    ReplyDelete
  5. Mba ini dimanaa Eny blm pernah kesana loh jadi kepo banget serius hihi info lokasi yaa

    ReplyDelete
  6. Lokasinya enak buat hunting foto ini ya mbak, btw aku pake smartfren juga buat mifi aku hihi emang kenceng eiy

    ReplyDelete
  7. di jember sini nggak ada hutan hujan tropis, kalau ada kan lumayan banget buat refreshing ya,segerrr
    aku juga pemakai smartfren mbak, terutama untuk aku fungsikan jadi mifi. Emang luar biasa internetnya,aku suka dan awet

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..