Detox tubuh secara alami dengan Jus buah organik

Jus detox dari buah dan sayur


Menyenangkan ya berada di era ini dimana gaya hidup sehat sudah digerakkan dimana-mana. Dari pengaturan kawasan smoking area, berbagai komunitas olahraga seperti sepeda dan lari, berbagai kosmetik berbahan alami, membuat infused water, makan nasi merah, konsumsi pressed juice, hingga berbagai pola diet yang jauh lebih sehat dan praktis menggema dimana-mana. Dokter Zaidul Akbar juga menjadi salah satu favorit para pecinta jurus sehat ala Rasulullah. Rasanya diberbagai media sosial di liputi aura positif untuk hidup lebih sehat dengan cara alami.


Saya lalu tertarik membahas tentang jus organik ini. Karena banyak chanel youtube para artis dan public figure menerapkan rutinitas minum jus ini untuk gaya hidup sehat mereka.

Jus dalam KBBI berarti sari buah


Jus organik : adalah jus buah yang hanya terbuat dari buah-buahan organik. Tanpa campuran pemanis atau bahan kimia lainnya.

Yang terlihat berbeda dari jus organik ini adalah biasanya di olah dengan mesin masticating juicer atau biasa disebut juga cold pressed juice, harganya premium dan minumannya cenderung lebih light daripada jus yang biasanya diolah dengan blender biasa yang berkonsep sentrifugal.



Apa perbedaan jus dengan pressed juicer dan jus blender?

1. Harga alat

Ini gak usah ditanya lah ya, jelas banget perbedaan harganya dimana blender sentrifugal biasa harganya rata-rata under 1 juta rupiah. Sedangkan juicer masticating berkisar antara 1-20 juta rupiah. Fantastis! Lalu apa karena hal itu minuman pressed juice jadi mahal? Bukan, bukan karena harga alatnya saja, gaes. Tunggu penjelasan berikutnya

Baca juga: makan enak dengan beras meras

2. Ampas

Blender biasa, tentu saja mengandung ampas, karena fungsinya hanya menghancurkan, tapi tidak memisahkan. Ampas bila dihilangkan hanya dengan menyaring hasil blender dan ampasnya cenderung basah karena tidak semua bisa di saring.

Masticating juicer, keluar dari alat dalam keadaan tanpa ampas dan sudah di pisah. Ampas yang keluar pun cenderung lebih kering, karena seluruh sari buah sudah keluar dan dipisahkan oleh alat. Karena itulah rasa jus cold-pressed lebih light karena tidak ada campuran ampas. Nah, sampai disini sudah bisa menerka kenapa hasil cold pressed juice dijual lebih mahal.

3. Bahan baku

Jika blender biasa hanya butuh 1 biji atau potongan buah untuk menghasilkan segelas jus. Maka dengan masticating juicer, untuk mendapatkan segelas jus dibutuhkan 0.5-1 kg buah. Kenapa?

Karena blender diolah dengan tambahan air, atau kadang penambahan es batu, atau gula atau susu dll dan kadang disajikan bersama ampas buahnya dalam satu gelas. Sedangkan juicer, diolah tanpa tambahan apa-apa, murni sari buah saja, tanpa ampas. Bahkan kita bisa lho membuat susu dari kacang-kacangan tanpa tambahan apa-apa jika menggunakan masticating juicer, misalnya susu almond. Jadi gimana? Wajar kan kalau jus ini dikatakan jus premium dan mempunyai harga jual lebih mahal.

4. Manfaat untuk tubuh
Jus cold-pressed yang dibuat menggunakan masticating juicer mempunyai tekanan hidrolik yang tidak menghasilkan panas seperti blender sentrifugal biasa. Panas itu sebenarnya bereaksi dengan enzim dalam buah lalu membuat vitamin dan mineral di dalamnya berkurang. Hal inilah yang membuat kita akhirnya bisa mengonsumsi vitamin dan mineral secara maksimal dari cold-pressed juice lebih dari jus buah dari blender. 

Jadi secara hasil kalau untuk detox tubuh dan fungsi kesehatan lainnya akan lebih maksimal. Hal ini dibuktikan juga oleh hasil riset dari Korean Food Research Institute.

Lalu untuk detox, diet, pengobatan, dsb. Pada akhirnya tentu saja hasil dari cold pressed bekerja lebih cepat dan dianggap efektif. Namun bukan berarti juga dengan blender tidak berhasil, bagaimanapun buah dikonsumsi akan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: cara mudah diet kantong plastik

5. Ketahanan simpan

Jus cold-press apabila tertutup rapat bisa di simpan sampai 3 hari, bahkan 5 hari. Tapi pada jus dari blender biasa, tidak bisa disimpan dan harus segera dihabiskan. Itu karena pasa proses pembuatan, blender biasa akan menghasilkan panas. Sehingga tidak bisa bertahan lama.


Memperkenalkan, Jus Organik Banjarbaru (IG @jus.organik)


@jus.organik

Untuk masyarakat sekitar Banjarbaru - Martapura sih tidak perlu khawatir ya dimana mendapatkan jus organik. Karena di Banjarbaru ada penyedia jus organik cold-pressed. Dengan harga yang relatif lebih murah daripada harga di kota besar lain pada umumnya dan menjual berbagai macam jus organik dan berbagai menu sehat untuk detox dan diet.

Hanya mulai dari 30 ribuan saja, kita sudah bisa detox tubuh, lho! Tinggal berkunjung ke instagram @jus.organik kita bisa mendapatkan jus organik dengan berbagai komposisi. Paduan berbagai bahan dimana setiap paduannya sudah diawasi oleh ahli gizi dan ramuan yang sesuai dengan masalah yang di hadapi. 


Berbagai varian jus.organik

Misal nih, ada gangguan jantung atau tekanan darah tinggi, silakan cek ig nya untuk melihat jus jenis mana yang cocok di konsumsi rutin. Apabila kebingungan memilih, bisa juga kok tanya-tanya ke kontaknya atau komen di IG-nya agar dibantu memilih.

Mahal tuh, ah masa iya?

Iya untuk sehat memang mahal, tapi coba cari info lagi karena di luaran sana di kota besar lainnya harganya justru berkisar di angka 50K perbotol. Sebenarnya kita cukup beruntung dengan harga 30K disini dengan bahan baku organik pilihan. Semua taulah tidak semua bahan-bahan bisa ditanam disini, jadi sebagian besar di datangkan dari Jawa untuk buah sayurnya. Untuk lebih murah, saya saranin mantengin IG-nya saja karena kadang ada info promo dan giveaway. Usaha dikit lah kalau mau hemat, ya kan beb?

Kalau saya selalu meyakini, ada harga ada rupa. Ada harga maka ada kualitas disana. Kalau belum bisa beli masticating juicer, mendingan beli yang sudah jadi dulu meski gak sering-sering setidaknya bisa di budget rutin setiap bulan untuk investasi kesehatan. Kalau kita biasa punya budget rutin untuk beli buku atau skincare, kali ini bolehlah ya punya budget buat detox tubuh.

Mana varian yang paling enak?

Semua enak, termasuk produk-produk dari almond dan puding chia seed. Semua bisa di konsumsi dengan enak, tapi menurut saya dari kesemuanya saya sangat suka jus collagen. Karena rasanya enak sekali apalagi dalam keadaan dingin. Kalau anak-anak saya suka yang heartbeet. Almond milk-nya juga enak banget, gaes. Buat yang diet, recomended dan tidak menyiksa sama sekali. 


Soya milk, chia puding,
almond milk

Rata-rata setiap jus dari jus.organik ini memang paduan berbagai buah dalam satu kemasan. Itu karena di buat sesuai untuk kebutuhannya dan sesuai mana yang paduannya enak di konsumsi sama lidah tanpa getir meskipun tanpa gula, perasa dan pengawet.


Qowiy minum collagen
(Padahal emaknya doyan)

Sampai sekarang itu, saya paling penasaran sama jus detox seledri. Karena seledri yang harus dibikin kan harus yang import, dengan batang besar-besar dan berair. Jadi tidak selalu tersedia disini. Dan berkali-kali mau order selalu kehabisan, saking banyaknya yang order sedangkan produknya langka. 

Yang rasanya aneh itu adalah pure wortel. Tegukan pertama saya nyoba itu hampir muntah, anak saya si bungsu malah langsung muntah. Tapi ketika konsul ke jus.organik, dikatakan bahwa saya hanya tidak terbiasa. Nanti kalau sudah sering meminumnya, pasti akan terasa biasa. Penasaran kan jadinya.

Jadi setelah aku letakkan di kulkas beberapa saat, saya mencoba meminumnya lagi. Ternyata kali ini sudah enak, seger dan tidak terlalu terasa getirnya wortel. Wah, ternyata memang saya hanya sedang tidak terbiasa

Bagaimana kemasannya?

Produk jus.organik tersimpan dalam botol dengan segel rapat jadi aman setidaknya 2-3 hari ke depan. Ukuran botolnya pun ramah anak. Tidak heran anak-anak semua usia suka membawa jus ini. Saya bahkan pernah menerima pemberian dari tim jus.organik untuk di bagikan ke majelis taklim anak yang saya kelola. Masyaallah, semua seneng banget. Bahkan ada yang langsung habis di tempat karena rasanya enak.


Kemasannya kids friendly

Testimoni?

Dulunya, sedikit cerita sejarahnya. Pemilik jus.organik ini adalah seorang survivor kanker. Dengan pengobatan alami melalui minuman detox jus organik ini tiap hari, dan tentu tetap ikhtiar dengan pengobatan medis seperti kemoterapi dan sebagainya akhirnya dokter sudah menyatakan bersih dari kanker. Keren ya! Kemudian akhirnya terpikir untuk membuka usaha ini agar orang lain yang ingin sehat atau sesama penyintas kanker bisa terbantu juga.

Saat ini, teman saya yang mengalami sakit ini sudah sehat dan di nyatakan sembuh total sehingga sudah bisa beraktivitas seperti orang sehat biasanya. Sehari-harinya saat ini disibukkan dengan melayani para pembeli jus organik dan catering khusus menu sehat.

Jus.organik selama ini juga banyak mendapat testimoni bahwa jus organiknya telah banyak membantu kesembuhan berbagai penyakit, termasuk penyakit berat. Tentu saja ini adalah kebahagiaan tersendiri untuk bisa membantu orang lain lebih sehat. Terutama untuk fungsi detox tubuh.

Mungkin manfaat plus yang bisa kalian dapat ketika order adalah bisa bertanya varian jus mana yang cocok untuk kebutuhan tubuh kita yang sedang kita cari. Terutama bila terkait dengan penyakit. Testimoni lengkap liat di IGnya ya.

Halal atau tidak?

Hal ini sering di pertanyakan ke saya, terkait pada aktivitas saya sebagai aktifis di halal corner. Biasanya setiap yang saya konsumsi sering di pertanyakan, atau kadang sebagian lainnya sudah meyakini halal karena percaya pada apa yang saya pilih konsumsi. Anyway, saya sekalian berterimakasih pada kepercayaan sebagian masyarakat kepada pilihan yang saya konsumsi. Saling mendoakan ya kita selalu di dekatkan Allah pada yang halal saja.

Untuk produk ini saya ketahui sedang akan di daftarkan sertifikat halal MUI. Karena prosesnya juga tidak cepat, dan kemarin sempat agak kacau pasca perpindahan proses sertifikasi halal dari MUI ke Kemenag dan sekarang ke MUI lagi. Kita doakan jus.organik segera memiliki sertifikat halal ya. Nanti kalau sudah halal MUI saya update infonya disini.

Bukan jus pepaya
Ini chia puding

Tapi kenapa saya konsumsi padahal belum ada SH? Karena saya tahu bahannya hanya buah tanpa gula dan aditif lainnya. Hanya sari buah yang dikemas dalam botol. Maka kembali ke kaidah awal segala sesuatu itu halal sampai ada sesuatu yang mengharamkannya. Dan ownernya juga memberikan jaminan ini halal, pemiliknya juga muslim dan mengerti halal. Jadi saya meyakini saat prosesnya tidak terkontaminasi yang haram karena lokasinya juga rumah muslim yang concern halal. Jadi saya  berani mengkonsumsinya untuk detox tubuh. Bismillah..

Untuk lebih lengkap soal pemesanan dll, silakan langsung ke IG-nya ya di @Jus.organik

Pertanyaan terakhir nih,

Apakah jus buah dari masticating juicer lebih bagus daripada blender? 


Untuk saat ini saya katakan IYA dari berbagai perjelasan di atas. Namun harus tetap di Notes, bahwa bukan berarti jus dari blender itu tidak baik, hanya dari kandungan lebih maksimal yang dari masticating juicer.

Tapi... bagaimanapun, ngemil dan konsumsi buah, itu masih tetap jauh lebih baik daripada kita ngemil Junk food, gaes..
Dan enaknya lagi, kalau badan sudah detox dan terbiasa dengan gaya hidup sehat, kitanya juga enak. Akan sangat jarang pergi ke dokter dan tentu juga harapannya bisa dijauhkan atau di sembuhkan Allah dari berbagai penyakit kronis. 


1 comment :

  1. I am interested in discussing about this organic juice. Because many youtube channels, artists and public figures apply this juice drinking routine to their healthy lifestyle.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..