5 Manfaat Cek Kesehatan Tubuh


Zaman sekarang ini gaya hidup semakin kurang baik, banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut, seperti makanan cepat saji, makanan berlemak, makanan yang sedikit mengandung sayuran. Kurangnya olah raga karena terlalu sibuk juga membuat gaya hidup sekarang ini menjadi kurang baik. Untuk mengetahui apakah kondisi tubuh kita tetap prima dengan segala kesibukan dan gaya hidup yang dijalani selama ini adalah dengan cara cek kesehatan. Lakukan cek kesehatan Medical Check Up (MCU) secara rutin, sesuai dengan saran dokter. 


Kalau bekerja di perusahaan, biasanya perusahaan secara rutin melakukan MCU untuk semua karyawannya. Kalau tidak bekerja di perusahaan ya bisa melakukannya secara mandiri. Melakukan MCU sedini dan serutin mungkin berarti kamu melakukan pencegahan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan di masa depan, hal yang sama juga harus kita lakukan kepada seluruh anggota keluarga untuk menjaga kesehatan keluarga secara menyeluruh. Selain itu, adanya catatan dan riwayat pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan dapat sangat membantu dokter menganalisis kondisi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat cek kesehatan.


1. Memantau Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor utama menuju penyakit jantung, dan juga bisa meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke. Oleh karena itu para ahli menyaarankan untuk memeriksa tekanan darah setiap tahun. Jika dalam riwayat keluarga ada masalah tekanan darah atau penyakit jantung, sakit kepala, atau obesitas, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah setiap 6 bulan sekali. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi, sekalipun usianya dibawah 30 tahun, memiliki kecenderungan terkena stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal.

Berikut ini kriteria tekanan darah sesuai tingkatannya

Normal: < 120/80 mmHg

Pre Hipertensi: 120/80 – 129/80 mmHg

Hipertensi Tahap 1: 130/80 – 139/89 mmHg

Hipertensi Tahap 2: ≥ 140/90 mmHg




2. Peduli Kolesterol Darah

Orang yang mepunyai berat badan berlebih, memiliki risiko tinggi gangguan kesehatan seperti hipertensi, kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, diabetes mellitus, maupun stroke. Kegemukan dan kelebihan berat badan dinilai dengan BMI (Body Mass Index atau Indeks Masa Tubuh). Kalau kamu memiliki keluarga yang memiliki riwayat medis menderita gangguan jantung koroner, tekanan darah tinggi, atau stroke, apalagi ditambah memiliki faktor risiko lainnya (perokok dan hipertensi) maka risiko meningkat berlipat ganda. Sebaikmya untuk melakukan MCU secara rutin.

Berikut kriteria kadar kolesterol yang baik.

Kolesterol total < 200 mg/dL

LDL (Low Density Lipoprotein) < 100 mg/dL

HDL (High Density Lipoprotein) ≥ 60 mg/dL

Trigliserida < 150 mg/dL



3. Cek Kekuatan Tulang

Banyak orang yang abai akan gangguan osteoporosis. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis. Antara lain dengan mendapatkan kecukupan kalsium dari makanan, rutin berolahraga, dan mendapatkan juga sinar matahari yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien, dan dengan melakukan cek kesehatan atau MCU untuk mengecek kepadatan tulang untuk memastikan apakah selama ini olahraga kita sudah cukup? Apakah asupan kalsium kita sudah cukup?


4. Gigi Bersih

Kesehatan gusi terkadang daapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Maka, sangatlah penting memeriksakan kesehatan gigi setiap tahun, terlebih pertambahan usia menyebabkan gusi dan gigi makin rentan terhadap gangguan. Sekedar memeriksa ada gigi yang bolong atau tidak atau memastikan gigi bersih putih atau berkarang, akan lebih baik jika rutin. Karena kalau tau-tau sakit gigi itu rasanya nyakitin banget ya.


5. Mata Indah

Beberapa ahli mata menyarankan bahwa sebaiknya kenali perubahan sekecil apapun yang terjadi pada mata kamu, dan kunjungi dokter mata. Bagi penderita diabetes atau mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat glaucoma, hal tersebut sangatlah harus dilakukan. Maka dari itu, sebelum ada tanda-tanda seperti pandangan kabur, sakit kepala, dan melihat bintik atau bayangan di depan mata, segera periksakan kesehatan mata Anda.




Kesehatan merupakan harta berharga yang tak ternilai dan harus selalu dijaga, maka prioritaskanlah perawatannya. 

23 comments

  1. bener banget cek kesehatan itu penting. kemaren mama lemes banget, waktu mau beli obat sekalian cek darah ternyata gula atau kolestrol lagi tinggi

    ReplyDelete
  2. sejujurnya aku tipe yang jarang banget cekkesehatan tubuh
    sepertinya mulai sekarang harus mulai membuat agenda rutin ya

    ReplyDelete
  3. Aku tuh kadang parno kalo kudu cek kesehatan gitu, tapi khawatir tentang kondisi tubuh mengalahkan rasa parno aku

    ReplyDelete
  4. Pengen banget sih bisa cek kesehatan tubuh secara rutin biar tau lebih awal dan bisa melakukan pencegahan juga jika ada penyakit tertentu. Karena, kalau ternyata penyakitnya udah parah buat nyembuhinnya perlu waktu ya kan. Terima kasih Mba sudah mengingatkan pentingnya cek kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  5. Memang penting banget ya cek kesehatan ini tiap tahun. Apalagi kayak kolesterol tuh soalnya pengaruhnya ke jantung kan ya

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya ya Mbak Ruli. AKu yang ketar ketir tuh kolesterol karena makanannya gak sehat setelah ngekos huhu

    ReplyDelete
  7. Nah, aku kurang nih perawatan gigi. Ke dokter kalau hanya sakit gigi saja. Seharusnya dicek secara berkala.

    ReplyDelete
  8. Kesehatan gigi nih penting banget memang. Kalo gigi udah sakit dan vonisnya harua dicabut wah harus siap mental deh. Terutama saat bagian pd rongga mulut kita dibius hehehe.

    ReplyDelete
  9. Pengen cek mata deh coba pandemi ini segera berakhir ya, mau cek kesehatan lainnya aku terus mau ke dokter gigi juga ribet kali. Huhu :(

    ReplyDelete
  10. Woalaahh, ternyata banyak bangeett manfaatnya ya Mba
    Terus terang aku nggak pernah cek kesehatan, setelah udah resign
    nanti thn depan mau cek ah
    semoga semua sehaatt ya

    ReplyDelete
  11. cek kesehatan adalah hal penting sih bagi diriku, terutama 6 bulan sekali untuk general check up. semakin cepat kita ketahui sesuatu yang salah ditubuh semakin cepat penanganannya

    ReplyDelete
  12. Baca ini loh jadi mengingatkan keinginanku untuk medical checkup, karena memang meskipun kelihatan baik-baik saja namun tetep berjaga-jaga kan pada kondisi tubuh sendiri, apalagi karena gaya hidup yang kuakui kurang maksimal dalam kebiasaan sehatnya huhu. semoga segera keturutan iiih

    ReplyDelete
  13. Iya nih perlu. Itu kolesterol aku berlebihan kayakny. Perlu dikontrol hiks hiks

    ReplyDelete
  14. Dah lama sekali gak ck kesehatan, terakhir keknya ya pas habis melahirkan itu huhu
    Emang ya pas udah setua kita (KITA) kudu rutin nih cek2 minimal cek tensi dan kadar gula

    ReplyDelete
  15. Di rumah ibu mertua, alat cek kesehatan pribadinya lengkap, suka nebeng ikutan cek

    ReplyDelete
  16. Kesehatan memang sangat berharga, namun seringkali kita meremehkannya dengan melakukan hal-hal yang membahayakan kesehatan. Saya dulu pernah MCU saat sakit pinggang, kuatirnya ada masalah di ginjal. Alhamdulillah setelah tes urine dll, tidak ada masalah.

    ReplyDelete
  17. Oh...ada cek kekuatan tulang juga yaa..
    Kalau sudah di cek, apakah bisa diboost dengan multivitamin?
    Aku sebenarnya paling takut general check up, heuheuu~

    ReplyDelete
  18. Aku udah lama gak cek kesehatan. Nunggu pas sakit dan alhamdulilah gak sampai gimana-gimana sih. Cek mata itu pas 2 tahun lalu bikin SIM

    ReplyDelete
  19. Aku udah lama gak cek kesehatan. Nunggu pas sakit dan alhamdulilah gak sampai gimana-gimana sih. Cek mata itu pas 2 tahun lalu bikin SIM

    ReplyDelete
  20. Jujur aku belum pernah melakukan MCU. Kalau periksa kesehatan ya pas sakit aja (eh itu sih berobat ya namanya 😀). Huhuhu. Dananya yang pasti gak kebagian, banyak ke prioritas yang lain. Padahal manfaatnya banyak banget ya MCU itu.

    ReplyDelete
  21. Saya sependapat dengan pendapat Mbak Ruli bahwa kesehatan merupakan harta berharga yang tak ternilai dan harus selalu dijaga, maka kita harus memberi pioritas untuk menjaganya

    ReplyDelete
  22. Di rumah juga sudah punya tensi meter yang digital neh, supaya terpantau tekanan darahnya, soalnya saya dah mulai masuk hipertensi tahap 1 neh, harus jaga kesehatan

    ReplyDelete
  23. waduh kayaknya mataku minusnya jadi nambah nih, sediiih aku di rumah terus soalnya sering nggak lepas dari layar hp :(
    mau ke dokter gigi juga tapi ya situasi begini serem yaa huhuhu
    kalo tensi, yaah kalo stress bakal tinggi, makanya aku selow aja sekarang

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..