10 Ide Kado Pernikahan

Bingung mencari ide kado pernikahan? Meskipun saat ini banyak yang memilih langkah praktis dengan memberikan uang cash atau biasa disebut "amplop" Bahkan ada yang secara khusus menyediakan nomer rekening untuk memudahkan, tapi tetap saja sebagian kalangan memilih untuk memberikan kado berupa barang. Tentu agar lebih berkesan, spesial karena menonjol diantara hadiah lain, dan menunjukkan upaya kita memberi kado yang sesuai karakter mempelai pengantin.

Ide Kado pernikahan

10 ide kado pernikahan

1. Perkakas rumah tangga

Perkakas rumah tangga adalah ide yang paling banyak dipilih, apalagi bila diketahui kedua mempelai adalah pasangan muda yang benar-benar baru memulai kehidupan, tentu perkakas ini sangat diperlukan. Dan harganya pun bervariasi, bisa pilih sesuai kemampuan. Mungkin dimulai dari yang paling ekonomis seperti tea set, peralatan makan, peralatan masak. Kemudian jika budget masih berlebih bisa membelikan kado perkakas yang elektronik seperti chopper, blender, kompor, coffee maker, rice cooker. Dan jika ingin perkakas yang lebih besar bisa mencari perkakas yang lebih besar juga, seperti mesin cuci, Tv, oven, atau bahkan kulkas.


Berbagai perkakas dapur bisa jadi ide

Perkakas seperti ini akan sangat bermanfaat untuk mengisi rumah mempelai pengantin yang baru memulai hidup. Jika dirasa mempelainya sudah mapan, sudah punya rumah beserta isinya, bisa coba ide kado pernikahan berikutnya.

2. Hobby mempelai

Ini adalah ide kado pernikahan untuk orang yang benar-benar kita kenal dekat sehingga mengetahui hobbynya secara spesifik. Jika pengantin menyukai olahraga, tentu hadiah-hadiah perlengkapan olahraga akan sangat berkesan. Begitu pula jika mempelai yang menikah menyukai hobby memasak, memancing di air keruh, make up, otomotif, dll maka kita bisa memilihkan barang-barang yang bisa mendukung hobbynya agar makin excited. Plusnya lagi, kita akan melihat kado kita benar-benar digunakan.


3. Barang impian mempelai

Ide kado pernikahan berikutnya adalah barang impian, lagi-lagi kado pernikahan ini hanya bisa diketahui dari orang yang benar-benar akrab dan dekat. Misalnya pengantin ini menginginkan handphone merk tertentu dan kita mampu membelinya, tak ada salahnya kita mewujudkan. 

Bisa pula barang seperti tas, sepatu, jam tangan, atau apa saja yang lama diidamkan namun belum terbeli entah karena belum ada budget atau cara membelinya harus ke  luar negeri, maka sebagai kerabat dekat tak ada salahnya jika kita mewujudkannya. Namun tetap harus sesuai kemampuan kita ya. Kado pernikahan atau kado apapun sebaiknya memang sesuai kemampuan finansial kita, karena tidak ada paksaan untuk ini.


4. Voucher bulan madu

Ide kado pernikahan berikutnya adalah voucher bulan madu. Bisa berupa voucher ataupun kita membooking atas nama mempelai pengantin. Kadang pengantin terlalu sibuk sehingga lupa menyiapkan bulan madu. Tapi untuk hadiah ini terlebih dahulu kita harus mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan vouchernya. 

    Kalau bisa, hadiah berupa voucher ini bersifat fleksible sehingga bisa digunakan sesuai waktu luangnya pasangan pengantin ini. Soal tujuan juga disesuaikan kemampuan pengantin melakukan perjalanan. Apakah perjalanan singkat, sekedar staycation atau available untuk perjalanan panjang lebih dari sepekan.


5. Logam Mulia

Ingin memberikan kado pernikahan yang berharga, sekarang banyak yang memilih kado emas batang alias logam mulia. Selain terkesan sangat elegan dan mahal, logam mulia ini bisa di jual jika sewaktu-waktu si pengantin membutuhkan uang. Ide kado pernikahan ini bisa kamu coba dan pastikan membelinya di tempat yang benar dengan sertifikat keasliannya.

Beberapa waktu terakhir logam mulia masuk dalam daftar ide kado pernikahan mengingat valuenya yang terus naik dan bisa dijadikan tabungan jangka panjang. Tentu akan sangat berharga bagi mempelai pengantin yang baru akan memulai hidup baru.

Baca juga: ide kado bayi baru lahir/Aqiqah


6. Souvenir custom

Barang custom yang unik dan otentik bisa jadi ide kado pernikahan yang menarik. Misalnya mug, handuk, bantal, dan produk-produk yang dibuat otentik menggunakan nama kedua mempelai atau foto-foto mempelai. Biasanya hadiah semacam ini justru berkesan dan jadi menonjol terlihat oleh si mempelai diantara banyaknya kado yang mereka buka.

Hadiah tersebut bisa terasa sangat menyentuh mengingat effort yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan produk itu lebih dari sekedar kado biasa yang tinggal dibeli saja.


7. Voucher belanja

  Meski sifatnya tak lama, alias cepat habis. Tapi ide kado pernikahan berupa voucher belanja juga sangat berkesan. Biaya pernikahan yang besar terkadang membuat ekonomi pengantin agak terganggu, kehadiran voucher belanja sangat membantu untuk meringankan keuangan pasca pesta penikahan.

Voucher belanja untuk pasangan

    Berapapun nominal vouchernya itu akan sangat berarti. Saat ini banyak beredar voucher Sodexo, MAPS, alfamart, indomaret, semua sangat berarti bagi pasa pengantin. Maka pastikan jumlah vouchernya dalam batas wajar pembalajaan rumah tangga.


8. Bunga papan wedding

Tentu pernah melihat bunga papan di pernikahan, nah ide kado pernikahan berupa bunga papan ini juga sangat berkesan. Pengantin biasanya akan melihat dari siapa saja bunga papan ini dikirimkan. Bunga-bunga ini menghias lokasi acara pernikahan jadi lebih semarak dan segar. Apalagi jika kita tidak berkesempatan hadir di lokasi acara. Bunga papan ini bisa mewakili.


9. Mendatangkan tamu istimewa

Tamu istimewa dalam ide kado pernikahan mungkin terbayang artis favorit si mempelai ya. Tapi ternyata tamu istimewa tak selalu artis idola. Bisa juga mendatangkan kerabat yang sulit datang terkendala jarak dan dana, atau bisa juga mendatangkan diri kita sendiri yang sudah sangat lama tidak bertemu.

    Kehadiran orang-orang tersayang akan menjadi kado yang indah bagi sang pengantin. Karena tak semua bisa digantikan dengan kado barang, tapi perjumpaan yang telah lama didambakan.

Baca juga: ide kado hari ibu atau ulang tahun ibu


10. Buku tentang Rumah Tangga

   Buku rumah tangga tak melulu tentang membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warahmah, kadang tak semua orang suka membaca. Tapi jika buku tersebut berisikan buku nasihat pernikahan, apalagi yang dimuati hadist dan dalil tentu diperlukan. Meski buku ini tak bersifat hiburan, namun buku-buku sangat membantu mengarahkan rumah tangga ke level yang lebih disukai Allah SWT.


Nah itu tadi 10 ide kado pernikahan yang bisa dicoba. Sesuaikan ide kado pernikahan ini dengan kondisi mempelai dan kemampuan finansial kita. Tak perlu dipaksakan harus istimewa jika kita baru mampunya untuk terlihat biasa saja. Karena tak semua mempelai minta hadiah istimewa. Kehadiran dan doa yang tulus saja agar rumah tangganya rukun dan till jannah, bagi kedua pengantin itu adalah sebaik-baik doa. Yuk, semangat mewujudkan ide kado pernikahan.

21 comments

  1. Makasih idenya mba, aku belum pernah yg ide hobi mempelai deh
    Noted. Jadi teringat pernah dikasih buku tentang rumah tangga karangan bpk. Quraish Shihab. Ya Allah bermanfaat banget 🥰

    ReplyDelete
  2. So sweet yaah..mendatangkan tamu istimewa ini..
    Aku pasti deg-degan kalau didatengin NCT. Kyaaa~

    Tapi untuk realistisnya, dikasih logam mulia ini sih yang paling berharga. Kaya sekarang tuh kado emas bisa jadi sangat istimewa bagi penerimanya.

    ReplyDelete
  3. Yang mudah terpikirkan pastinya peralatan rumah tangga sebab pasca menikah biasanya membutuhkan segala perkakasnya utk isian rumah serta segala kebutuhan

    ReplyDelete
  4. Wahh makasih banyak insightnya, mbaa. Aku juga suka bingung kalau mau ngado ke teman yang nikahan. Akhirnya kasih amplop uang cash deh yang fleksibel, haha. Soalnya suka mentok dan bingung. Takut nggak kepake. Kayaknya seru juga nih kasih voucher belanja atau maybe voucher hotel buat honey moon kan ya.

    ReplyDelete
  5. Wah banyak ya ide kado pernikahan, ga seperti masa saya dulu selain amplop ga jauh-jauh dari barang pecah belah atau sprei. hihi. Kalau kapan hari staf di kantor suami ada yang nikah, semua urunan dibelikan logam mulia, jadi nilainya lebih besar daripada ngado sendiri-sendiri. Dan setuju jika kehadiran dan doa yang tulus bagi kedua pengantin itu adalah sebaik-baik kado.

    ReplyDelete
  6. Waaah idenya anti mainstream nih. Mendatangkan tamu istimewa buat sang pengantin. Ini ide yang gak pernah terpikirkan. Terimakasih mbak ide idenya.

    ReplyDelete
  7. mendatangkan tamu istimewa ini kayaknya effortnya lumayan ya apalagi kalau yang didatangkan misalnya idola gitu pasti beneran bikin speechless pengantinnya

    ReplyDelete
  8. Kado pernikahan memang akan menjadi kenangan indah. Saya masih ingat dulu temen-temen ada yang kado tas, dan perkakas rumah tangga.

    Beneran bermanfaat banget untuk saya.

    ReplyDelete
  9. Betul betul doa yang tulus ikhlas supaya pengantin sakinah mawaddah warrahmah sesurga itu luar biasa...tujuan menikah 1x seumur hidup tp.diperjalanannya itu tidak musah yaa...

    Banyak yg pernikahan mewah ternyata tidak langgeng, nah pengalaman saya dulu doa tulus, pernikahan sederhana yg penting menjalaninya adem ayem minim konflik amin 3x...

    Makasih mak ide kado pernikahannya

    ReplyDelete
  10. Ngasih peralatan rumah tangga selalu yg utama kalo saya kasih kado pernikahan, soalnya kalo uang tunai keliatan dikit bener

    ReplyDelete
  11. Kalau dulu, perkakas RT itu kado yang umum banget yaa. Kayak pas aku merid pun masih dapat beberapa perlengkapan RT, seperti mangkuk besar, teko, dan sprei. Kalau sekarang, jenis kado makin variatif. Oh iya, aku pernah kasih kado voucher hotel buat hanimun ke seorang sahabat aku.

    ReplyDelete
  12. Aku pilih vocher belanja atau logam mulia aja mba.. lebih realtime kali yakkk 😁 tulisannya perlu banget nih para suami yang baca harusnya... Semoga kita semua terus samawa smp akhir ya..🤲

    ReplyDelete
  13. Sebelum memutuskan kado yang tepat memang perlu mengenali karakter orangnya. Saya suka diberi kado berupa perlengkapan menjadi ratu rumah tangga. Lebih terpakai untuk waktu yang lama alias sampai rusaknya. Kado pernikahan saya 20 tahun lalu masih ada yang awet, salah satunya continer plastik.

    ReplyDelete
  14. harus kenal karakternya dulu ya biar kasi kado tepat dan terpakai juga, thanks mak sharingnya

    ReplyDelete
  15. Terima kasih atas inspirasinya mak... Undangan pernikahan udah kembali meramaikan hari-hari, jadi harus kreatif. Tapi kalau kepepet sih, aku pilih cash money aja, hehehe...

    ReplyDelete
  16. kalau aku seringnya dibelikan perabot rumah tangga seperti sprai, satu set cangkir atau gelas gitu, pernah juga sama temen aku keipikiran mau dibelikan kayak wajan, panci hahaha. Intinya yang bermanfaat buat dipakai sama pasangan baru ini

    ReplyDelete
  17. Logam mulia paling cocok. Bisa jadi investasi. Terimakasih sharingnya mak

    ReplyDelete
  18. Kalo yg nikah cuma temen biasa, ga terlalu Deket, apalagi kalo cuma anaknya temen ortu 🤣, aku mah KSH cash ajalah dlm amplop mba 😄. Tapi kalo orang Deket, temen Deket, sahabat, pasti bedaaa 😁.

    Pernah kasih LM, trus voucher hotel utk stay honeymoon 2 malam, pernah juga aku beliin sesuai permintaan dia mau apa..

    Tapj paling sering kasih LM sih, soalnya ini yg paling banyak di koleksiku 🤣. Biar gampang jadi nya

    ReplyDelete
  19. Kayaknya mendatangi tamu istimewa dan sesuai hobi sepertinya lebih bagus deh

    ReplyDelete
  20. Aku juga baru kepikiran, kenapa gak ngasih sesuai kesukaan mempelai ya,biasanya sprei atau gelas hehe. Makasi idenya mba

    ReplyDelete
  21. Kalau sampai menemukan logam mulia di antara tumpukan kado pernikahan yang diterima tuh rasanya langsung pengen lompat-lompar bahagia karena bisa jadi tabungan (kalau jumlahnya lumayan, bukan logam mulai yang buat souvenir diang) hihihi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..