7 Ide Kado Untuk Hari Ibu


Apa yang identik dengan bulan desember?
Di Indonesia, hampir seperti di belahan bumi lainnya, biasanya di warnai dengan ramainya hiruk pikuk jelang natal dan tahun baru.
Namun, yang membedakan Indonesia dengan negara lainnya adalah perayaan hari ibu. Karena hanya Indonesia yang merayakan hari ibu pada setiap tanggal 22 desember.

Berbeda dengan natal dan tahun baru, hari ibu ini lebih universal karena bisa dirayakan siapa saja. Ya, siapapun yang berstatus anak pasti memiliki ibu, dan semua kalangan memiliki ibu. Berbagai sekolah, kantor, bahkan di lingkup keluarga punya cara tersendiri merayakan hari ibu.

Saya sendiri dengan 3 anak bahkan merayakan hari ibu di 3 sekolah anak saya. Alhamdulillah karena waktu acaranya berbeda. Andaikan dirayakan bersamaan, saya bingung deh mau membelah diri jadi 3 bagaimana, hehe. 

Banyak kalangan yang menilai moment ini dengan sensitif, karena menganggap setiap hari adalah hari ibu, kita tentu tidak menampik hal ini. Hari ibu memang setiap hari, tapi tanggal 22 desember hanyalah sebagai moment pengingat, tanda syukur, tanda cinta terhadap semua ibu. Dimana sebenarnya tidak harus 22 desember untuk merayakan. Namun tanggal ini ditetapkan agar bisa merayakan serempak.

Kado Hari Ibu


Kado? Tentu saja ada. Sebagian kalangan memberikan kado berwujud nyata (fisik) sebagian lagi memberikan dalam bentuk perayaan. Ada juga dalam bentuk ucapan, status, caption dan foto penuh kasih, dan segala hal yang tentu bikin baper. Sangat baper. Bahkan ketika puisi dibacakan di sekolah anak saya tadi, tidak luput membuat mata saya berkaca-kaca dan hati yang penuh haru, padahal bukan saya atau anak saya yang menulis puisinya, hanya mendengarnya saja membuat hati bergejolak.

Kalian sedang ingin memberi kado fisik? Saya punya beberapa rekomendasi kado yang mungkin akan membuat hati ibu kalian berbunga-bunga. Ini hanya saran dari saya sebagai ibu, tentu saya tau donk kado seperti apa yang disenangi para ibu.

1. Hadiah Me time

Taukah kalian hal apa yang paling sering membuat ibu mengalah sepanjang karir menjadi ibu? Me time. Setelah kehadiran anak, sangat banyak ibu mengalahkan moment me time-nya demi kalian, demi kita sebagai anak. Anak yang selalu mengekor beliau ketika kecil, membuat para ibu sulit me time. Dan ketika dewasa, anak tidak lagi mengekor tapi dana me time nya diberikan untuk keperluan anak. 

Tau kan banyak ibu yang akhirnya baby blues, stres, selain perkara kurang me time juga kadang kurang penghargaan dari lingkungan untuk pengorbanan mereka. Karena itu hadiah me time untuk para ibu, meski sebentar, itu sangat bagus membuat hati para ibu bahagia.

Kado me time itu seperti apa? Hanya kalian yang tau apa hobby ibu kalian. Misalnya beliau suka ke salon, suka traveling, suka berkebun, suka nonton bioskop, berikanlah itu. Atau hal-hal lain yang menunjang hobby beliau. Misalnya peralatan jahit, peralatan berkebun, koper traveling, atau mungkin gadget untuk menulis blog, dll. Kalian yang paling tau apa me time ala ibu kalian.


2. Keperluan ibadah

Para anak yang ingin mencari ide kado lewat internet, pastilah anaknya sudah dewasa dan ibunya sudah cukup berumur bukan? Rata-rata ibu yang berumur akan suka diberi kado keperluan ibadah. Seperti alquran, mukena, atau mungkin paket umroh atau tabungan haji. Atau mungkin umroh bareng? Masyaallah

3. Menulis Surat cinta

Ini kado terhitung murah meriah, tapi dalamnya merasuk jantung. Ya, tergantung isi suratnya juga sih. Kalau isinya hanya kata-kata gombal atau daftar barang yang kita mau sih, sama aja membangkitkan singa tidur, hehe. Buatlah surat dengan kata-kata yang paling menyentuh hati. Atau kalau tidak terbiasa membuat kalimat romantis, bisa searching di google.



4. Persembahkan Prestasi

Berikan prestasi yang membuat beliau berbunga-bunga karena melihat kalian berhasil. Medali, piala, piagam, beasiswa atau kenaikan pangkat, hal-hal semacam itu bisa membuat hati beliau sangat berbunga-bunga. Atau prestasi juga tidak harus berupa keberhasilan kompetisi, bisa juga dengan prestasi hafalan alquran, atau prestasi membuat buku. Tinggal menulis nama ibu kalian dalam kata pengantar sebagai ucapan terimakasih atau selamat hari ibu. Itu sangat mengharukan. Atau mau prestasi lain, misalnya memberikan calon mantu, atau calon cucu. Itu juga prestasi 💖

5. Katakan dengan Bunga

Boleh saja sebagian perempuan bilang, tidak suka bunga. Bahkan ada yang bilang lebih suka bunga bank. Tapi ketika sebuket bunga sudah di depan mata. Siapa yang bisa menolak pesonanya. Apalagi kalau bunganya cantik, wangi, dan dengan sebait kalimat cinta. 

Sekarang banyak florist ya di berbagai kota tinggal beli bunga. Tapi kalau di dekat kalian tidak ada toko bunga, atau ibu kalian lokasinya jauh, sekarang bisa memesan bunga secara online. 

Tak masalah jika kalian tidak tinggal dekat dengan ibu atau ingin memberi surprise dengan dikirim bunga oleh kurir, Bunganya juga biasanya di florist itu lengkap pilihannya dari bunga lokal hingga bunga import untuk berbagai simbol perayaan.

Buket bunga carnation
(Floweradvisor.co.id)

Tau enggak sih, bunga untuk melambangkan kasih sayang abadi seperti yang seperti yang diberikan ibu, adalah Bunga Carnation. Seperti yang di gambar itu dan bunga carnation memang selalu ramai dipesan untuk hari ibu. Mirip seperti kuntum mawar tapi bukan mawar, tapi cakep kan. So, kalau memang berniat memberi bunga, akan lebih baik jika bunganya sesuai dengan simbol cintanya.

6. Quality time untuk Ibu

Selain me time diatas, bisa jadi yang sangat dirindukan ibu adalah sebaliknya yaitu waktu bersama kalian. Mungkin selama ini kita terlalu sibuk mencapai suatu prestasi untuk dipersembahkan, tapi justru lupa menjaga kedekatan dengan ibu. Maka salah satu cara jika memang berniat sungguh-sungguh untuk hari ibu, cobalah kosongkan waktu kalian khusus bersama ibu.


Lakukan hal yang kita sukai bersama ibu yang dulu biasa dilakukan namun sekarang jarang. Mungkin sekedar makan bareng di restoran favorit ibu selama beberapa jam. Piknik bareng di taman ngobrol berbagai hal, atau nonton pertunjukkan mungkin. Atau jika ibu yang suka nonton pertandingan olahraga, maka lakukan bersama dengan menyiapkan jauh-jauh hari. Yang spesial mungkin bukan sekedar hadiahnya, tapi adalah waktu berkualitas bersama kita, anaknya.

7. Surprise berkesan

Lakukan hal yang unik, mungkin aneh, lucu, gokil yang mungkin berkesan. Mau coba pakai pakaian badut? Kembang api, topeng monyet atau mungkin mau ngeprank? Sebagai catatan, ngeprank jangan ngerjain yang negatif lho! Sama sekali gak lucu kalo ngeprank yang negatif ke siapapun itu. Ngeprank dengan jadi kurir yang ngasi surprise, ngeprank ngajak makan mukbang, atau apapun asalkan itu positif dan gak mempermalukan, itu akan berkesan.



====

Nah itu tadi beberapa rekomendasi ide kado untuk hari ibu. Mungkin ada yang punya ide lain? Silakan ditambahkan. Apapun kado yang kita pilih, penting untuk selalu di ingat, bahwa apapun kado kita tidak akan bisa menggantikan secuil pun kasih pengorbanan ibu untuk kita. Sekian dulu ya, semoga bermanfaat dan selamat merayakan hari ibu 💖💖

35 comments :

  1. Benar sekali itu yang surat cinta. Murah meriah namun pasti berkesan

    ReplyDelete
  2. Yap.... ibu memang mendambakan priceless gift dari anaknya... Termasuk DOA dan kehadiran secara fisik. Bukan hanya wa call aja. Karena kids jaman now emang susah ya buat nengokin emaknya

    ReplyDelete
  3. Kalo aku ingiiiin sekali ngasih beliau kado cincin berlian amiiin yra
    *lantas berkaca kaca inget Ibunda

    ReplyDelete
  4. Pengen banget bisa quality time sama ibu, sekali-kali jalan-jalan berdua aja enggak bareng sama cucu-cucunya, hihihi...

    ReplyDelete
  5. Dulu tiap Hari Ibu, anak-anak saya suka kasih surat cinta. Memang disuruh sekolah. Tetapi, tetap aja saya terharu :D

    ReplyDelete
  6. wah aku mah sama anak prempuanku selalu dikirim foto dengan caption yang bikin terharu

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat mamaku nih mba :(. Sekarang yang bisa aku lakukan adalah mengirimkan doa agar Allah menerima mama disisiNya. JAdi mellow nih mba

    ReplyDelete
  8. Ibu memang sangat pantas sekali mendapatkan hadiah. Tidak hanya setiap tahun, bahkan kalau bisa setiap minggu biar ibu berkegiatan setiap harinya. Apalagi dlm bentuk kado, wah itu menyenangkan sekali.

    ReplyDelete
  9. Kalau minta kado me time ntar aku dipelototin "me time mulu" hahahahaa... Tapi memang sebagai ibu dikasih kado apapun sama suami dan anak rasanya senangsekali ya. Sama halnya seperti mamahku, dikasih apapun dia senang aja.

    ReplyDelete
  10. Wkwkwkwk, ngakak saya pas baca 'membangkitkan singa tidur'

    Ibu saya kayaknya bakalan suka kalo dikasih kado yg nomor 1 sama 2 nih.

    ReplyDelete
  11. Jadi ingin ngasih kado terindah buat ibu saya. Aaah makasih udah mengingatkan Mbak.

    ReplyDelete
  12. Wah, seandainya ibu masih ada saya pasti sudah nyiapin kado untuk hari ibu. Jalan-jalan di luar sambil makan-makan adalah kesukaan alm ibu dulu...

    ReplyDelete
  13. aku pengen ada di deket beliau aja, trus ndengerin beliau cerita... Ibuku sudah tua mba, kadang klo cerita seringnya diulang-ulang. Tapi aku tau, beliau cuma pengen didengarkan. Soalnya anaknya sudah menikah dan tinggalnya terpisah rumah semua..ketemu juga ga tiap hari.

    ReplyDelete
  14. Bener bngt y bikin happy Ibu kitu segalanya maunya sih tiap hari special buat beliau.. biar perasaanny nyaman mudah2an nih Aku bisa ksh surprise yg buat dia happy bngt

    ReplyDelete
  15. Aku mau dikasi duit aja #ehgimana hahaha
    Wah udah mau hari ibu yaa, waktunya merenung jg apa udah jd ibu yang baik buat anak2 kita hehe. Ibuku dan bumer jauh jd paling pas hari ibu telp aja kali ya :D

    ReplyDelete
  16. Note banget nih mba. Jadi bukan perkara kado barang semata ya. Kebetulan mama aku ultah tgl 24 des ini. Krn baca ini jd dapet ide baru akuuu.. Makasii ya mbaa

    ReplyDelete
  17. Aku al fatihah aja buat mama :")

    Tapi jadi pengen juga dapat kado dari anak2 sama suami "')

    ReplyDelete
  18. Waah ide kado nih harus dibaca anak2 saya nih.. xixixi.. sayang ga ada kado emas ya? Soalnya saya lebih suka emas LM.. hahaha.. matre ga ya? Ga papa deh 1 gram juga.

    Soalnya kalau saya yg baca percuma, saya ga punya ibu lagi.. hiks.

    ReplyDelete
  19. Bagi seorang ibu biasanya tidak berharap kado yang mewah tetapi cukup kehadiran anak-anaknya bisa membuat beliau bahagia.
    Saya sendiri sudah beberapa kali mendapat surat cinta dari anak, terharuuu bacanya. :)

    ReplyDelete
  20. Kalo ibuku lebih suka dikasih mentahnya alias duit sih mba haha. Tapi aku sih dalam waktu dekat ini mau ngasih apa yang dibutuhin di rumah, kayak peralatan masak gitu. Hehe.

    ReplyDelete
  21. Boleh juga nih mba idenya dengan memberikan bunga. Soalnya bingung ya, ibu tuh udah punya barang segala macem. Surprised banget nih kalau diberi buket bunga gitu.

    ReplyDelete
  22. Uwuuww....so sweet banget, kak Ruli.
    Ibuku paling ga suka diucapin Hari Ibu.
    Alesannya, kalau sayang dan mau beri Ibu kejutan, jangan cuma pas tanggal 22 Desember, tapi setiap hari, setiap saat.

    Wadiddaaaw!

    ReplyDelete
  23. Kebetulan banget saya lagi cari hadiah yang cocok buat Ibu yang sekarang lebih sering sibuk jualan dan arisan. Mungkin bakal enak kalo dikasih fasilitas me time seharian tanpa kerja kali yaaa :D

    ReplyDelete
  24. Saya pernah dikasi kado berupa voucher me time di salon gitu dsn bahagia bnget loh hehe.

    ReplyDelete
  25. Hmmm, ide-idenya mantap nih Mba. Saya gak pernah ngasih kado khusus di hari ibu. Kapan aja jika ada yang bisa dipersembahkan. Semoga beliau selalu bahagia.

    ReplyDelete
  26. Idenya bagus semua mbak. Aku selama ini nggak pernah nerayakan hari Ibu sih karena Ibu yang nggak mau. Kayaknya ngasih beliau hadiah kejutan seru juga nih.

    ReplyDelete
  27. Kalo ulun cukup di ajak shopping sudah bahagia banar dah, wkkwkwk kada hari ibu gin kawa ae nitu lah.

    ReplyDelete
  28. ngasih beliau buke bunga cantik ide yang bagus banget nih! langsung cus cek info florist ah..

    ReplyDelete
  29. Bener juga nih. Dikasih sesuatu yang unik kayak bunga kayaknya asik juga.. Huhu kalo surat beliau kudu pakai kacamata dl bacanya aplg kalau tulisannya kecil2 haha. Tks ide2nya yaa

    ReplyDelete
  30. Kalo mama Eny sukanya dikasih lipstick mba wkwkwk lucu juga kan yah

    ReplyDelete
  31. kalo momma aku pasti kadonya 'quality time', soalnya kami jarang ketemu. ujung dari qtime ini : nduk kamu belum kepengen nikah? apa tak cariin jodoh?

    lalu si anak gk pulang 2 bulan.

    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    ReplyDelete
  32. ngasih kado jalan-jalan kayaknya juga oke ya buat hari ibu. jadi ingat nih aku termasuk jarang banget ngasih kado buat ibuku. paling sering ngajak makan-makan doang. he

    ReplyDelete
  33. Kalau keluarga biasa hadiah biat ibu itu metime sama makan bersama terus kasih hadiah. Hehe

    ReplyDelete
  34. Menarik idenya. Kayaknya aku jd punya gambaran nih, mau kasih kado apa buat ibuku di Hari Ibu nanti. Kasih me time dg voucher spa dan pijat plus bunga cantik gt kayaknya bs bikin ibuku seneng deh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..