Ide Kado Bayi Baru Lahir dan Aqiqah

Kado untuk bayi baru lahir


Assalamu'alaikum..
Hai hai.. kali ini aku mau nulis tentang kado bayi. Setelah memiliki 3 anak, dengan 1 cewek dan 2 cowok, otomatis sudah 3x pula aku mengadakan aqiqah. Meskipun di adakan secara sederhana di rumah, pastinya kan lumayan juga kado yang di terima. Nah, dari kesemua kado yang aku terima aku mau buat list nih, kado mana yang paling pasaran, kado mana yang menarik, mana yang paling kepake dan mana yang akhirnya gak kepake. Check this out ya..

Aku enggak akan menulis per jenis kelamin, tapi tiap poin akan aku rinci aja yang buat laki atau perempuan kalo ada yang perlu di perjelas ya.

Oke, kita mulai dari yang pertama

Kado bayi yang sering tidak terpakai

Banyak sih penyebabnya, dari yang mungkin si penerima sudah punya, atau terlalu banyak tamu yang ngasih kado yang sama, tidak muat, tidak cocok warna, macem-macemlah. Dan listnya berdasar pengalaman saya adalah sbb:

  1. Baju Newborn: karena biasanya orang tua sudah sediakan lengkap sebelum bayinya lahir
  2. Tempat makan MPASI: asli ini selalu jadi top 1 kado terbanyak yang aku terima tiap aqiqah sedangkan ketika waktunya MPASI aku gak butuh sebanyak itu. Paling cuma 1-2 box yang ku buka untuk di pakai karena tiap set isinya kan banyak sekali.
  3. Tas bayi: banyak nerima tas dengan berbagai ukuran dan fungsi. Awalnya aku suka banget bisa gonta ganti tas tiap jalan. Tapi ternyata baby kan jalan-jalan juga jarang banget, dan nyatanya yang ku pakai bener-bener cuma 1-2 buah.
Nah itu dia top 3 kado terbanyak yang sering mubazir enggak terpakai sampai anakku gede. Well, bukan berarti kalian gak boleh ngasi kado 3 benda itu, lho. Tapi kalau kalian ingin kadonya bermanfaat bagi penerima, siapkan option lain. Yuk baca lagi sampai ke bawah. Karena saya share ini berdasarkan pengalaman pribadi saya aja yang menurut teman-teman saya juga banyak mengalami.

Baca juga : Ide kado pria usia 40+

Next, adalah kado yang pasaran tapi di butuhkan. Hmm.. jadi kado ini banyak di kasih orang, tapi kitanya juga butuh dalam jumlah banyak. Jadi bisa menjadi pilihan kalian juga dalam memberi kado:

1. Baju rumahan size besar
ketika saya menerima kado dari kantor suami, saya agak kaget karena yang saya terima isinya baju rumahan semua berbagai ukuran dan size-nya L pula. Padahal ekspektasi saya bakal dapat kado mainan atau apa gitu yang mahal-mahal. Hahaha.. kecewa tapi saya menyimpannya karena meski baju rumahan, tapi bahannya bagus dan cakep. Ternyata, ketika anak saya sudah berusia 1.5 tahun, semua baju kado sudah habis terpakai dan saya kelimpungan karena baju rumahannya kekecilan secara serempak. Dan kado itu sangat-sangat menolong.

So, kalau kalian punya budget dan berniat untuk ngasih baju rumahan, better kasih yang size besar. Karena untuk yang newborn, sudah saya ulas di atas. Kurang kepake karena orang tua biasanya sudah beli lengkap sebelum lahiran.

2. Handuk
Handuk bayi, meskipun banyak menerima kado handuk, itu tidak masalah. Karena kelak memang butuh banyak. Kadang handuk di ompolin, di kotorin, dsb. Bahkan kado handuk, masih bisa di pakai ketika anaknya sudah berusia balita. Jadi saya pribadi mau dapat kado handuk 10 pun, tetep saya simpan, dengan asumsi, dalam 1 tahun ganti 1 handuk. Lumayan kan, dan terpakai semua.

Baca juga : hadiah ulang tahun untuk Qorira

3. Toiletries
Perlengkapan mandi yang biasanya di jual sepaket dengan gift box, meski kado ini pasaran tapi semuanya terpakai, kok. Biasanya toiletries itu mempunyai masa expired 2 tahun. Jadi setiap kado bisa di pakai satu persatu, di mulai dengan yang paling dekat masa expirednya.

Jika penerima kado seorang brand minded, tak apa. Kalian berikan saja kado toiletries yang memang bagus. Seperti yang bersifat hypoallergenic dan bersertifikat halal MUI. Biasanya 2 kriteria itu cukup kok untuk menunjukkan produk bayi itu bagus.

4. Gendongan bayi
Kado ini cukup banyak yang ngasih dan biasanya bermacam-macam jenisnya. Ada yang ngasi bentuk baby wrap, ssc, jarik, ringsling sampai gendongan hipseat. Trust me, setiap jenis gendongan biasanya di cobain dan di pake, kecuali jenisnya sama. Tiap jenis gendongan biasanya akan di pakai sesuai usia dan level nyamannya anak. Tapiiii.. tetap juga tergantung penerima type yang kaya gimana. Kalau tipe sering naik turun mobil, kemana-mana pakai stroller, biasanya tidak terlalu butuh gendongan. Tapi kalau type kaya saya yang naik motor kemana-mana, atau tanpa pengasuh jadi harus selalu gendong anak dalam berbagai kegiatan atau type gak bawa stroller tiap traveling, gendongan akan berfungsi banget. Cuss.. pikirkan beli gendongan.

5. Boneka
Sudah bukan rahasia lagi kan kalau boneka itu bisa di mainkan oleh orang segala usia. So kalau kalian mau memberikan boneka, biasanya akan awet hingga anaknya besar. Apalagi jika memang anaknya suka boneka, bisa awet sampai si bayi tadi mau punya bayi lagi. 😅😅

Nah itu tadi sedikit referensi dari saya jenis kado yang pasaran, tapi tetap di perlukan oleh penerima karena kebutuhan yang banyak.

Lanjut ke kado yang limited, alias Kado yang jarang di kasih orang namun cukup bermanfaat, apa saja?

1. Ayunan bayi
Jarang sih yang memberi kado ayunan bayi, karena harganya lumayan. Dan kalau berupa kado cukup besar. Tapi tentu saja kado ini sangat bermanfaat. Setidaknya bisa di pakai sampai lewat masa batita.

2. Bantal menyusui
Sebenarnya ini agak galau sih nyebutnya. Harganya kan sedang aja ya. Tidak murah tidak mahal. Kalau belum punya sih alhamdulillah ini sangat bermanfaat, punya beberapa juga gak masalah. Hanya saja masa pakainya memang maksimal hanya sampai 2 tahun karena masa menyusui selesai. Tapi bantal menyusui ini juga bisa jadi bantal santai untuk si baby sambil melihat-lihat sekitarnya karena posisi kepala yang lebih tinggi.

3. Perkakas Asi
Untuk kado bayi yang Ibunya seorang wanita bekerja, hadiah perlengkapan menyusui akan sangat berharga dan terpakai semua. Dari botol asi, pompa asi, dot, tempat steril dot dan sejenisnya. apapun tentang perkakas Asi akan sangat bermanfaat bagi bayi dengan ibunya.

4. Mainan bayi
Ini curhat atau fakta, hahaha. Setiap ortu senang kalo anaknya punya banyak mainan, bener gak? baik itu mainan yang benar-benar mainan, atau sekedar berbentuk boneka, biasanya orang tua akan senang jika anaknya banyak mainan karena makin banyak mainan biasanya anak makin happy
Apalagi kalau mainannya edukatif (bukan gadget) pasti bakal di simpan banget sama ortunya untuk bisa di pakai sampai the newborn baby lebih besar usianya.

Akan lebih bagus lagi kalau mainan yang diberikan bisa di pakai untuk durasi lebih panjang. Kalau durasi pendek itu biasanya seperti teether, biasanya itu hanya di pakai beberapa bulan saat tumbuh gigi. Untuk yang durasi agak panjang bisa beli playmate, buku bantal, playgim, dynamic drum, bebek mandi, piano bayi, dll.

=====

Well, itu tadi berbagai ide kado untuk newborn baby. Sekali lagi, ini bukan saran persuasif karena ini di tulis hanya berdasar pengalaman pribadi aja. Tentu saja pada akhirnya feel free mau membeli kado apa sesuai keinginan dan budget yang tersedia. Tentu saja, selain yang saya sebutkan tadi, masih banyak ide kado lain, misalnya membelikan kado untuk ibunya, seperti baju menyusui, apron menyusui, bra menyusui, semua akan bermanfaat. So, kamu mau pilih yang mana?

8 comments :

  1. Iya juga nih ya Mbak dengan mengado baju yang berukuran lebih besar itu juga sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Wah sama nih Mbak, memang biasanya kebanyakan yang baju bayi gitu ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Ayunan ini memang menjadi salah satu kado yang bermanfaat ya. Kan kita jadi nggak perlu beli hihi

    ReplyDelete
  4. Wahh ini aku butuhkan banget mbak. Kebetulan Minggu mau jenguk teman yang abis lahiran. Biasanya bawa toiletris, gendongan, atau pakaian bayi aku, mbak hehee
    Boleh deh nanti pilih salahsatu dari ide kado bayi itu hehehee
    TFS yahh Mbak Ruli

    ReplyDelete
  5. Bundanya anak-anak sering banget kasih kado yang awet dipakai, kayak tas, selimut, atau mantel biar lebih berguna

    ReplyDelete
  6. Kalau aku 3 benda yang sering aku kasih banget, handuk dan toileteries, maenan bayi dan ayunan. Untuk beberapa barang yang agak mahal kaya ayunan elektrik biasanya patungan ama temen yang sama sama kenal gitu

    ReplyDelete
  7. Semua ide kado bayinya sudah pernah aku berikan buat teman, saudara dan tetangga yang lahiran.

    ReplyDelete
  8. Dulu sewaktu anaknya kaka aku baru lahiran banyak yang kasih kasur bayi serta beberapa perlengkapan bayi gitu kak
    .
    Tapi ada banyak banget ya beberapa rekomendasi kado khusus anak bayi gitu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..