10 SMPIT dan Ponpes di Banjarbaru

 Assalamualaikum,

Sedang mencari rekomendasi sekolah SMP Islam terpadu atau Ponpes/Boarding School di Banjarbaru? Jelang pergantian tahun ajaran, pasti para orang tua sudah mulai mencari sekolah untuk yang memiliki anak akan berganti jenjang. Yang SD bersiap ke SMP, yang SMP mau ke SMA, dsb. 


Berikut daftar SMP Islam Terpadu (SMPIT) dan Pondok pesantren jenjang SMP yang ada di Kota Banjarbaru tahun 2023

1. SMPIT Ar-Rahman - Islamic Boarding School

SMP Islam yang berada di Jalan Pondok Bambu, Loktabat Utara ini, adalah Sekolah berbasis Islam terpadu yang sekaligus pondok pesantren/boarding school. Sehingga putra dan putri harus tinggal di asrama. Sekolah ini dilengkapi juga dengan jenjang SDIT dan SMAIT. 


SMPIT Ar-Rahman


Sekolah ini cukup seimbang antara pelajaran akademik dan pelajaran Islam karena prestasi yang didapatkan sekolah tak hanya di bidang agama islam saja tapi juga prestasi di bidang akademik. Jumlah murid ditiap angkatan tidak terlalu banyak sehingga perhatian ke setiap perkembangan siswa bisa maksimal. Untuk saat ini ponpes putra dan putri masih berada dalam satu lokasi, namun pastinya ada batas area antara santri putra dan putri, ruang belajar pun terpisah. Biasanya hanya berkumpul menjadi satu ketika upacara senin saja. Di SMPIT Ar-Rahman ini juga sudah dilengkapi dengan jenjang SDIT dan SMAIT di lokasi yang sama atau sekomplek dan dikenal telah memiliki banyak prestasi baik akademik maupun dalam bidang islami.

alamat: 

Jalan. pondok bambu, kelurahan loktabat utara, Banjarbaru Utara

2. SMPIT Hidayatul Quran Boarding School (HQBS)

SMP IT yang satu ini juga serupa dengan SMPIT Ar-Rahman dimana semua siswanya wajib tinggal di asrama atau pondok, lokasi ponpes putra dan putri terpisah agak jauh tapi masih dalam 1 wilayah kecamatan. SMPIT ini mempunyai biaya masuk lebih tinggi diantara ponpes lainnya di wilayah Banjarbaru, namun biaya ini akan sebanding dengan fasilitas di dalamnya, bangunan dan fasilitas modern sehingga berkonsep boarding school modern. Berdiri sejak tahun 2018

alamat: 

Jl. Guntung Harapan, RT.34/RW.05 70721 Banjarbaru Kalimantan Selatan

3. SMP Muhammadiyah Banjarbaru

SMP Muhammadiyah Banjarbaru ini adalah SMP dibawah naungan Muhammadiyah Banjarbaru sehingga bisa dipastikan pelajarannya berkonsep islami juga mencakup akademik tingkat SMP pada umumnya. Sekolah ini sudah cukup lama berdiri dan memiliki berbagai fasilitas. Sekolah ini merupakan sekolah fullday, namun juga tetap menyediakan asrama. 

    Sehingga diperbolehkan memilih untuk tinggal di asrama atau tidak. Lokasi asrama dengab sekolah tidak di satu tempat, namun disediakan sarana transportasi untuk berangkat dan pulang sekolah menuju asrama.

alamat:

Jl. A. Yani No.47, Guntung Payung, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70714, Indonesia


SMP Muhammadiyah Banjarbaru

4. SMPIT Anic

Anic merupakan singkatan dari Anak Indonesia Cerdas, SMPIT ini sudah terakreditasi A dimana sekolah ini menerapkan konsep sekolah fullday senin-jumat. Sekolah ini sudah cukup lama berdiri sehingga dari segi fasilitas sudah cukup lengkap

alamat:

JL WIJAYA KUSUMA NO 13 KEL. KOMET BANJARBARU, KOMET, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dengan kode pos 70714.

SMPIT ANIC Banjarbaru


5. Ponpes Al Falah

Pondok pesantren ini merupakan salah satu ponpes tua di Kota Banjarbaru karena sudah berdiri sejak tahun 1975 dan telah melahirkan banyak sekali lulusan-lulusan yang menjadi cikal bakal berdirinya ponpes lain di wilayah Kalsel. Banyak lulusannya yang kemudian melanjutkan tingkatan SMA di sekolah yang sama dan kemudian diterima di kampus ternama di timur tengah seperti Mesir dan Yaman. Di Ponpes ini, tingkat SMP harus di selesaikan dalam waktu 4 tahun karena ada pelajaran mahad/islami yang harus di tempuh dalam waktu setahun sehingga lulusannya dikenal cukup mendalami kitab-kitab.

jenjang yang tersedia di al falah adalah dari PAUD hingga tingkat perguruan tinggi yaitu STAI (sekolah tinggi agama islam) namun untuk jenjang setingkat SMP dan SMA wajib bermukin di pondok pesantren. Biaya masuk ponpes ini pada tahun ajaran 2023 diketahui sebesar 8 jutaan.

alamat:

Jalan Jenderal Ahmad Yani Kilometer 23.500, RT. 006 RW. 002 Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

6. SMPIT Qardan Hasana

Sekolah ini sudah cukup lama berdiri dan menjadi satu kesatuan lokasi dari SDIT hingga jenjang SMAIT. Sekolah fullday di Qardan Hasana memiliki asrama namun tidak diwajibkan, sehingga siswa bisa memilih untuk tinggal di asrama atau sekolah fullday saja. Biaya pendaftaran + asrama untuk tahun 2022 diketahui sejumlah 14 jutaan. Sekolah ini sudah terakreditasi A dan berdiri sejak tahun 2008. Lokasinya sangat strategis di pusat kota dan dekat dengan berbagai fasilitas umum kota Banjarbaru.

alamat:

 Jl. Rahayu Komp. Qardhan Hasana, kel. Mentaos - Banjarbaru Utara

SMPIT Qardhan Hasana

7. SMPIT Robbani

SMPIT ini salah satu sekolah dibawah naungan Yayasan Generasi Robbani Indonesia, dimana konsep sekolah ini adalah SMPIT fullday sehingga peserta didik tidak masuk asrama. Sekolah ini sudah terakreditasi A dan berada dalam satu komplek dengan SDIT dan SMAIT nya. Biaya masuk SMPIT Robbani pada tahun ajaran 2023 diketahui sebesar 17 jutaan.

alamat:

Jl. Mentaos Raya Komplek Buana Mentaos Asri, Kel. Mentaos - Banjarbaru Utara

SMPIT Robbani


8. Pondok pesantren Darul Ilmi

Ponpes ini pada awalnya didirikan oleh alm. H. Ilmi untuk mendirikan tempat sebagai sarana pendidikan dan kecukupan tempat tinggal bagi anak yatim/piatu atau anak dengan ekonomi lemah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ponpes ini semakin besar dan telah memiliki 4 gedung. Kini untuk pendaftaran ponpes setingkat SMP ini pada tahun 2023 adalah sebesar 8 jutaan dan biaya bulanan Rp650.000. Seperti ponpes pada umumnya di Darul Ilmi juga banyak mempelajari kitab-kitab dan ekskul islami

alamat:

jl. A. yani km. 19,2 kel. Landasan ulin barat kecamatan Liang anggang - Banjarbaru

Para Pengajar ponpes Darul Ilmi

9. MTs Ulumul Quran Al Madani

MTs ini berdiri sejak tahun 2010 dan berlokasi sekitar 7 km dari pusat kota Banjarbaru. Lokasi sekolah ini cocok untuk yang berdomisili di area guntung manggis dengan bangunan permanen dan lahan yang luas. Sekolah ini juga mendukung untuk membantu anak yatim dan masarakat sekitar yang kurang mampu. Mts Ulumul Quran Al Madani telah terakreditasi A dan memiliki kurikulum yang lengkap untuk agama islam dan pendidikan umum.

alamat:

Jalan Raya Guntung Manggis RT 18 RW 03
Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin
Kota Banjarbaru

Mts UQ Al-MAdani


10. SMP Islam Al Azhar 47

SMP ini merupakan jaringan dari sekolah Al Azhar di Indonesia, dimana Banjarbaru merupakan jaringan ke 47. Sebelum SMP Islam ini berdiri telah lebih dulu berdiri tingkat SD yaitu SD Islam Al Azhar 37. 

SMP Islam Al Azhar 47



alamat:

Jl. Palam Raya, Komplek Al Azhar Residence No.2, Kel.Loktabat Selatan, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru 70713


=========================

Nah itu tadi beberapa rekomendasi sekolah SMP islam terpadu atau pondok pesantren di kota Banjarbaru, semoga informasi ini bermanfaat, dan mohon maaf karena tidak semua informasi bisa disajikan, atau masih ada SMP islam lain yang belum disebutkan, karena keterbatasan informasi. Untuk lebih lengkap disarankan untuk langsung mengunjungi sekolah tersebut atau menghubungi kontak sekolah.

Disclaimer:

Foto-foto yang ditampilkan merupakan foto resmi milik sekolah masing-masing.










3 comments

  1. Sekarang sudah pergantian jenjang sekolah, dari SD ke SMP jadi harus pilihkan yang terbaik. Pondok pesantren memang jadi pilihan buat jenjang sekolah anak, tapi untuk yang satu ini agak rinci spesifikasinya. Dari tempat sampai fasilitas pas banget ponpes-ponpes ini. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Banyak juga ya sekolah islam dan ponpes di banjarbaru, kualitasnya juga terbaik, bisa nih jd bahan pertimbangan para bunda utk menyekolahkan anaknya di salah satu sekolah/ponpes diatas..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..