Daftar Sekolah Dasar Islam Terpadu di Banjarbaru

Daftar Sekolah Dasar Islam Terpadu di Banjarbaru

Assalamualaikum,
Awalnya saya mendapat ide untuk menulis ini karena beberapa kali saya mengikuti tugas suami dan kebingungan memilih sekolah dasar untuk anak saya pindah sekolah. Terkadang tidak di semua kota kita punya kenalan, kan? Tidak semua teman yang kita kenal juga mempunya informasi yang akurat karena mungkin kenalan kita kebetulan berbeda keyakinan atau karena mereka tidak punya anak di usia sama.

Source : IG SDIT Insantama


Dulu saya pernah berencana ikut suami bertugas ke Solo. Ketika hunting sekolah islam disana, saya bingung sekolah islam apa saja yang ada disana. Mana yang cocok (versi saya) diantaranya soal sistem belajar, kurikulum, jarak, lokasi strategis, dsb. Kebetulan teman saya yang disana, anaknya masih kecil, jadi belum bisa kasih info akurat soal Sekolah dasar. Saat sudah hunting-hunting sekolah, ternyata suami di pindah tugas ke Samarinda. Alhamdulillah di Samarinda ada teman yang punya anak seumuran, dan memiliki konsep yang sama soal mendidik agama kepada anak. Jadi saya banyak terbantu dalam memilih. 

Sebelumnya, pernah juga suami di tugaskan ke pedalaman Sulawesi, di Morowali. Sempat hunting sekolah, tapi bingung nyari sekolah islam yang ada disana karena di google tidak banyak info yang bisa saya dapat. Apalagi disana banyak yang non muslim. Akhirnya saya batal ikut suami pindah kesana, karena tidak yakin mau mindahin anak sekolah dimana. Karena itulah, saya selaku warga Banjarbaru merasa perlu membuat list ini, yang mungkin akan bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. 

Saya menuliskan daftar ini, bukan berdasar hasil riset lembaga tertentu. tapi berdasar hasil pengetahuan saya sendiri yang sudah cukup lama domisili disini, merangkum pendapat masyarakat kemana sekolah yang banyak di harapkan oleh para orang tua. Tapi tolong jangan bandingkan daftar ini dengan sekolah negeri di Banjarbaru ya, karena saya tidak pernah berniat membuat Momwar lewat tulisan saya. saya meyakini setiap orang tua memiliki kriteria masing-masing demi kebaikan anak mereka dalam memilih sekolah.

Tolong jangan pula membandingkan jikalau ada sekolah yang tidak saya sebut disini. Bukan berarti tidak bagus. Akan tetapi karena banyak sekolah islam baru bermunculan dan pengetahuan saya cukup terbatas karena saya pun tidak bekerja di Dinas Pendidikan. Saya berbagi sebatas yang saya bisa ya yang sering saya dengar namanya di kalangan emak-emak sekitar saya.  

Dalam list ini saya hanya membuat penjelasan singkat, mengenai jam belajar, biaya masuk, dan sedikit informasi lain yang saya tau. Untuk lebih lengkapnya tentu saja anda tinggal mengunjungi web sekolahnya masing-masing ya atau tour saja ke sekolahnya. Tidak semua sekolah yang saya sebut berbasis Islam Terpadu (IT) namun yang jelas kesemuanya adalah sekolah Islam swasta. 

1. SD Islam Al-Azhar 37 Banjarbaru
Benar ini adalah Al-Azhar bagian dari jaringan sekolah Al-Azhar yang anda sudah tau banyak berdiri di Jakarta dan berbagai kota di Indonesia yang terpusat di kebayoran baru, Jakarta selatan. 
Jam belajar  : Full day School
biaya : Terakhir saya tau ketika saya survey sekolah anak saya tahun 2016, biayanya sekitar 17 juta. Untuk yang terbaru 2019 saya tidak update.
Sekolah ini banyak diminati para orang tua yang memang memiliki ekonomi menengah ke atas dan biaya ini memang diimbangi dengan fasilitas sekolah yang memadai dan lingkungan yang kondusif. sekolah ini berada dalam komplek perumahan yang cukup eksklusif di Banjarbaru.
Website : http://alazharbanjarbaru.sch.id
lokasi : Jalan Palam, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70731

Info Pendaftaran SD Islam Al Azhar 2019

2. SD Alam Muhammadiyah (Muhammadiyah Green School) 
tentunya sudah banyak yang tau SD alam itu seperti apa, dimana banyak kegiatan belajar dilakukan di area terbuka sekolah. meski begitu pelajarannya tetap sesuai target dan dilengkapi banyak ektra kurikuler yang bagus untuk perkembangan agama anak. Kebetulan salah satu teman saya menjadi pengajar disana. dan guru Qiroati disana juga dulunya adalah guru private anak saya dalam belajar Qiroati. dan memang kualitas beliau oke punya setelah seringnya memenangi lomba-lomba mengaji seperti MTQ.
Jam belajar : senin - jumat fullday
Biaya : Cukup terjangkau untuk keluarga menengah kebawah yakni di bawah 10 juta untuk seluruh biaya masuknya.
Sekolah ini banyak diminati untuk warga yang berdomisili di seputar landasan ulin dan sekitarnya. selain karena berbasis sekolah alam, Muhammadiyah memang sejak dulu dikenal bagus dalam pendidikan sekolah dasarnya. hanya saja, karena sekolah ini berbasis alam, maka agak jauh dari keramaian kota. karena jauh itu pula akhirnya saya tidak mendaftarkan anak saya disana.
Website : www.sdalammuhammadiyah.com
lokasi : Jl. Golf Swarga Loka RT12, RW.03, Syamsudin Noor, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70724



3. SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah
Masih dari jaringan sekolah Muhammadiyah, sekolah ini berlokasi cukup strategis di dekat pusat kota. biaya pendaftaran masih cukup terjangkau kalau untuk saya pribadi yang golongan menengah.
jam Belajar : Senin-Sabtu half day
Biaya : Di bawah 10 juta (2018)
sekolah ini jadi pertimbangan berat saya juga ketika mau memasukkan anak saya sekolah, karena saya menilai sekolah ini bagus. Dilengkapi dengan extrakurikuler yang bagus untuk kemampuan anak dibidang agama islam. dan yang jelas lokasinya tidak jauh dari rumah saya. hehehe..
Website : https://sdhajjahnuriyah.blogspot.com
lokasi : Jl. A. Yani, Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70714


4. SDIT Insantama Banjarbaru
Sekolah ini merupakan sekolah cabang juga dari SDIT Insatama yang terpusat di Bogor. Insantama juga saat ini membuka cabang di Banjarmasin. Sekolah ini cukup ketat dalam menerapkan aturan syari dan itu sudah di infokan ketika wawancara orang tua murid saat pendaftaran. untuk lengkapnya silakan nanti berkunjung ke Instagram atau website nya.
jam belajar : Senin - Jumat Full Day
Biaya : Biaya tahun 2018 sekitar 9 juta.
Sekolah ini sekomplek dengan SMP dan SMA-nya namun untuk sekolah menengah merupakan sekolah Boarding school. Jadi bermukim di asrama sekolah. karena sekolah ini terintegrasi dengan sekolah yang di pusat Bogor, karena itu banyak program yang merata dilakukan sama dengan yang dipusat. terutama dalam hal pengembangan kemampuan. karena banyak pakar yang di kirim langsung dari pusat.
Website : www.insantama.sch.id
lokasi : Jl. Pondok Bambu, Guntung Payung, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70714




5. SDIT Robbani
Robbani adalah salah satu SDIT yang cukup terkenal di Banjarbaru. Selain karena lokasi yang strategis di pusat kota, fasilitas dan pembelajaran yang bagus, juga mempunyai biaya sekolah yang cukup tinggi. Tentu saja karena itu menyesuaikan dengan prasarana sekolah yang memadai. 
Jam belajar : Senin - Jumat full day
Biaya : Tahun 2019 biayanya Rp. 19 juta
Untuk yang berdomisili dekat dengan pusat kota atau orang tuanya bekerja di pemerintahan kota Banjarbaru, lokasi sekolah ini sangat strategis dan lingkungan sekolah cukup jauh dari jalan raya kota
Website : sdit.robbanibanjarbaru.or.it
Lokasi : jalan mentaos raya, kecamatan Banjarbaru Utara - Kota Banjarbaru

6. SDIT Qardhan Hasana
Bisa di katakan Qardhan ini salah satu pelopor SDIT di Banjarbaru, karena saat kemunculannya, SDIT yang lain pada belum ada. Meski begitu, biaya masuknya gak terlalu mahal kok. Tergolong menengah kalo di banding yang lain. 
Jam belajar  : Fullday
Biaya : sekitar 7.8 juta (tahun 2018)
Lokasi Qardhan ini cukup strategis karena masih tergolong di pusat kota dan dekat dengan mall (penting kalo buat emak 😂) dan karena sekolah ini sudah cukup lama berdiri, jadi fasilitasnya sudah cukup lengkap dan memadai
Website : QardhanHasana.sch.id
Lokasi : Jalan Rahayu, kelurahan Mentaos, Banjarbaru. 

7. SD Islam Babul Jannah
SDIT yang satu ini cukup terkenal karena banyak anak berprestasi, di lihat dari peringkat lulusannya yang langganan di peringkat atas di kota Banjarbaru. Saking banyaknya peminatnya, sekolah jadi mengadakan seleksi umur. Namun untuk seleksi umur, sebenarnya semua sekolah pun menerapkan aturan yang sama. Hanya saja, untuk yang usia matang lebih di priority disini. 
Jam belajar : half day
Biaya : 5.2 juta (tahun 2018)
Lokasi sekolah ini berdekatan dengan SD Muhammdiyah
Website : -
Lokasi : Jalan kebun karet, megaria, Banjarbaru


8. SDIT Nurul Fikri Banjarbaru
Mungkin ada yang masih ingat ketika musibah air pasang di Banten beberapa waktu lalu yang menewaskan group band seventeen dan hanya menyisakan sang vocalis, nah ada sebuah villa di lokasi dekat sana yang baik-baik saja tidak terjadi apa-apa. Ternyata, didalamnya ada anak-anak dari Nurul Fikri yang sedang menghafal alquran. Masyaallah, Allahuakbar. Nah, gak usah jauh-jauh, di Banjarbaru juga ada cabang Nurul fikri, lho.
Jam belajar : full day
Biaya  : -
Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Banjarbaru. Namun untuk yang rumahnya jauh jangan khawatir karena sekolah ini menyediakan jasa antar jemput.
Website : www.Nurulfikri-bjb.or.id
Lokasi : jalan guntung paring, guntung manggis - Landasan Ulin - Banjarbaru

Psb SDIT Nurul Fikri


======

Nah, segitu dulu daftar sekolah yang bisa saya share. Sebenarnya ada beberapa sekolah islami lagi di Banjarbaru. Namun mohon maaf atas keterbatasan saya karena saya hanya share yang saya tau saja, ini pun ternyata info saya gak lengkap juga. 

Dan lagi, sebenarnya semua sekolah islam yang ada disini, semua cenderung sama saja karena menerapkan pola pendidikan berdasarkan al-quran dan sunnah. 

Memilih sekolah, memang tidak harus mahal, kadang mahal pun belum tentu cocok. Yang jelas harus di pertimbangkan adalah jarak, kalo buat saya pribadi jarak itu yang cukup penting karena bakal lama dijalani. Setelah jarak, bisa melihat biaya, anaknya suka atau engga sama sekolahnya lalu perhitungkan juga jam belajarnya mau fullday atau halfday, mana yang nyaman bagi anak dan ortu yang menjemput.

Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat

4 comments :

  1. Terima kasih atas penilaian ibu untuk sekolah kami, salam kenal ya bu :) *SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 salam kenal juga. Terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  2. Hai mbak, jadi sekarang anak mbak sekolahnya dmn? Domisili daerah manakah? Ada rencana mau jadi warga banjarbaru nih mengikuti suami. Terima kasih mbak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..