Waspada jual beli mobil bekas, berikut hal yang harus diperhatikan




Jual mobil bekas adalah hal yang lazim dilakukan ketika sedang membutuhkan uang, atau bahkan tuk sekedar ganti mobil baru, orang biasanya memilih untuk menjual dulu mobil sebelumnya untuk ditambahkan ke harga mobil yang baru. Apapun alasannya, mobil memang salah satu aset yang harganya lumayan ketika kita butuh uang. Dan jual mobil bekas adalah salah satu cara mencairkan aset kita menjadi rupiah kembali.

Karena kebutuhan akan rupiah ini pula, tentu kita mengharapkan harga jual mobil yang bagus, apalagi jika mobil itu ternyata adalah mobil kesayangan, yang dirawat sepenuh hati, yang penuh kenangan. Cuma kadang karena kebutuhan mendesak lalu kita menjual mobil pada tempat yang salah, pada tempat yang memberi harga dibawah seharusnya, tidak bisa menghargai betapa apiknya mobil kita dirawat, dan mungkin juga prosesnya lama, pengecekan lama, padahal kita inginnya sat set sat set, beres...

Hal yang harus diperhatikan ketika jual mobil bekas


Inginnya menjual mobil dengan harga bagus dan hati tenang ya. Maka berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika jual mobil:

1. Tempat terpercaya
terkadang memang lebih enak menjual mobil ke pembelinya langsung, tapi yeah tidak mudah dan tidak bisa cepat menemukan pembeli yang sesuai dengan spek mobil yang kita punya. maka menjual ke tempat penjualan mobil adalah solusi terbaik. Memilihnya adalah dengan menjual di tempat jual beli mobil yang sudah terpercaya, yang memang bergerak dibidang jual beli mobil dan kalau bisa sih dibawah naungan marketplace besar, itu baru benar-benar meyakinkan.

2. Inspeksi cepat dan datang ke rumah
Kalau ada yang ngajak inspeksi di dealer, bengkel atau tempat lain sebenarnya tidak apa-apa kalau kita termasuk orang yang benar-benar mengawasi dan hafal detil mobil kita. Tapi kalau ragu, lebih baik memilih yang bisa inspeksi ke rumah. Kita mengawasi langsung dan yakin benar inspeksi dalam pengawasan kedua pihak. Tidak ada kekurangan yang dibuat-buat atau berlebihan.

3. Harga jual mobil bagus
Apa sih yang penjual mobil butuhkan selain harga bagus? tentu ini yang utama. Sebelum menawarkan tentu kita pun memantau harga mobil bekas kita pasaran saat ini berapa. Harga bagus kadang bukan berarti yang termahal, tapi selayaknya yang seharusnya kita dapatkan sesuai sama mobil kita. Kadang penjual mobil bekas ingin menjual dengan harga murah ke pembeli yang baru, namun dengan menjatuhkan harga ketika membeli, kan enggak begitu juga. Kalau mobil kita dibeli dengan harga bagus, mereka menjual dengan harga bagus pun orang akan membelinya karena mobilnya memang layak sesuai parasnya. 

4. Pencairan Cepat dan Transparan
Maunya kalo sudah cocok dan deal kan sebaiknya ya langsung transaksi kan. Kita mau segera cair dan segera beres, biar enggak ada beban lagi. Ngelepasin mobil kesayangan kita saja sudah jadi beban apalagi kalau harus menunggu lama pencairan uangnya. Kenapa juga harus menghambat rejeki, iya kan? Terkadang ada yang menawarkan pencairan dana 48 jam hingga 7 hari, kalau misal kita butuh darurat gimana coba? Maka pilihlah tempat jual mobil yang menawarkan pencairan cepat dan transparan begitu mobil selesai inspeksi.

Kelima hal diatas adalah hal ang memang harus diwaspadai ketika menjual mobil bekas kita. Jangan sampai jual mobil dapat harga dibawah rata-rata yang seharusnya menjualnya membuat hati tenang dan nyaman justru bikin kita menyumpah karena kesel, hehehe...


Rekomendasi Jual Mobil Bagus Terpercaya


Pertanyaan lanjutan dari yang saya tulis diatas tentu saja, dimana sih rekomendasi jual mobil bekas yang bagus dan menghindarkan kita dari lima waspada diatas? Dari beberapa marketplace tempat jual beli mobil bekas, saya rekomendasi di Caroline.id


Jual mobil di Caroline.id


Caroline ini adalah tempat jual beli mobil bekas dibawah naungan PT. Autopedia Sukses Lestari Tbk (IDX: ASLC), udah kenal kan pastinya. Jadi Caroline.id ini adalah platform jual beli mobil bekas yang menawarkan berbagai macam pilihan mobil yang semuanya berkualitas, mencakup garansi mesin dan transmisi, ada garansi uang kembali juga dan kemudahan proses, baik ketika menjual ataupun membeli. Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C dimana saat ini Autopedia ini merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia khusus untuk jual beli kendaraan bekas. 


Kenapa saya merekomendasikan Caroline.id, karena proses inspeksinya cukup 30 menit saja dan dilakukan di rumah dengan 150 titik pemeriksaan, memberikan harga terbaik sesuai kondisi mobil kita dan dana langsung cair kurang dari satu jam apabila sudah deal harga. Cepet kan, jadi bagi yang ada uzur darurat enggak perlu galau lama-lama berpisah dengan mobilnya, udah langsung klik laku terjual, semudah itu. Bahkan ketika Caroline.id berani menjanjikan garansi uang kembali kepada para pembeli mobil bekas, bahwa mobilnya lulus inspeksi 150 titik dan bebas banjir/kecelakaan besar, maka ketika mereka menginspeksi mobil kita sebelum dijual pasti akan seteliti itu juga. So sweet banget kan ya si Caroline.id.

jual beli mobil bekas Caroline.id


Langkah Mudah Transaksi di Caroline.id


Mungkin ada juga yang masih ragu, ditengah sulitnya menemukan peminat mobil kita kok Caroline.id dengan mudah membeli mobil kita? Jangan-jangan ni gampang kalo mau macem-macem. Oh tentu saja tidak, saya takut juga rekomendasi ke pembaca blog kalau perusahaannya 'gampangan', apalagi sekarang marak penipuan. Jadi semudah-mudahnya proses di Caroline.id, waspada itu tetap utama. Jadi sebagai penjual pun kita harus menyiapkan syarat penjualan dengan lengkap. Seperti STNK, BPKB, kunci cadangan. Bahkan jika atas nama perusahaan harus memiliki SPH. Jika masih ada juga better menyiapkan faktur, manual book dan service booknya. Jangan karena mudah lantas kita bisa jual tanpa surat lengkap. Kalau kita jadi penjual seperti ini justru kemana pun akan sulit menjualnya.

Nah jadi itu tadi ketika saya bilang kita harus waspada, maka saya sekalian menyediakan solusinya yaitu dengan memberikan rekoemdasi dimana tempat jual mobil yang harganya bagus dan bikin hati tenang. Bagi yang ingin menjual mobil kesayangannya, silakan baca ini supaya tidak salah jual lalu menyesal kemudian. Kemanapun akhirnya kalian memutuskan untuk menjual, pastikan waspada ya, karena harga mobil itu tidak murah, jadi jangan gegabah ketika memutuskan. Semoga bermanfaat ya.













24 comments

  1. Karena maraknya penipuan memang mesti pilih tempat tepercaya untuk jual mobil bekas ya..biar aman. Senangnya ada Caroline id yang proses inspeksinya cukup 30 menit saja dan dilakukan di rumah dengan 150 titik pemeriksaan.
    Kalau begini bakal dapat harga terbaik sesuai kondisi mobil kita dan dana langsung cair kurang dari satu jam apabila sudah deal harga, yeayyy!

    ReplyDelete
  2. Untuk jual mobil memang perlu tahu ya mak tempat terbaik, maksudnya terpercaya dan harganya pun sesuai, nggak afgan banget laah saat dijual. Baru tahu ada marketplace Caroline ini, sangat membantu banget marketplace kayak gini untuk jual mobil bekas.

    ReplyDelete
  3. Benar-benar harus detail ya mbak ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas. Karena kita tidak tahu riwayat mobil dengan pemikiran sebelumnya

    ReplyDelete
  4. di caroline.id, inspeksi cuma butuh waktu 30 menit saja, wow menarik sekali nih, apalagi bisa dilakukan di rumah.

    Iya sih ya, jual beli mobil bekas tuh emang kudu hati-hati, yang jual pastinya pengen dapat harga tinggi, yang beli tentu pengen dapat barang dengan kondisi bagus sesuai harga yang dia bayar

    ReplyDelete
  5. iya setuju, jual mobil bekas memang harus banget diperhatikan detail-detailnya supaya transaksi aman

    ReplyDelete
  6. Jadi keinget kemarin viral di Tiktok beli langsung ke pemilik mobil tapi ada perantara. Nah yang dikasi ke pembeli adalah nomor rekening si perantara. Weehh jelas2 penipuan untung gak jadi deal krn pembeli curiga dan sempet ketemu pemilik aslinya yang merasa gak enak.
    Kita pun kalau mau jual mobil juga kudu hati2 ya, kalau bisa jual sendiri atau dipasarkan di platform yang terpercaya lebih baik deh kyknya.

    ReplyDelete
  7. Aku punya pengalaman jual beli mobil bekas mba. Dan alhamdulillah dapat dari tempat yang terpercaya. Banyak hal yang memang harus diperhatikan b

    ReplyDelete
  8. Dalam jual beli mobil memang harus di teliti banget dan mesti ke tempat terpecaya. Agar transaksi pun jadi lebih nyaman

    ReplyDelete
  9. Kalau beli mobil bekas tuh memang harus detail banget ngecekinnya, bukan hanya kilometer saja tapi semuanya. Tahun 2020 kami jual mobil karena gak mau ada 2 mobil di rumah. Ini sebelum kita jualpun harus dirapikan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  10. Bagus nih adanya caroline.id
    Karena bener banget kalau mau beli mobil bekas banyak banget yg harus diperhatikan. Kecuali siap kecewa dengan kondisinya ya

    ReplyDelete
  11. Jaman sekarang marak penipuan, kita kudu hati-hati juga dalam transaksi jual beli mobil bekas. Meskipun penyedianya terpercaya. Waspada harus tetep ada.

    ReplyDelete
  12. Sekarang banyak orang yang memilih membeli mobil bekas, karena disesuaikan dengan budget yang dimiliki
    Kalau mau membeli mobil bekas banyak hal yang harus diperhatikan ya mbak

    ReplyDelete
  13. Oke, nanti aku kasih deh rekomendasinya ke kakak atau saudaraku. Saipa tahu mereka mau jual mobilnya. Sekarang pun banyak yang milih beli mobil bekas kan daripada baru. Asal harga oke, hayuk aja

    ReplyDelete
  14. Seneng yah, meski mobil second, tapi inginnya mendapatkan yang terbaik sehingga kepake lebih lama dan minim pengeluaran untuk perawatan. Ini menyenangkan sekali ya.. kenal sama Caroline.id

    ReplyDelete
  15. Mobil second itu sebenarnya pilihan yang bagus dari sisi harga yang penting pintar milih dan ngerti kebutuhan kita yang mana

    ReplyDelete
  16. Transaksinya aman dan mudah di Caroline ini ya, Mbak. Proses inspeksinya cepat sekali.

    ReplyDelete
  17. Aku udah 2x jual beli mobil bekas dan tips-tips di atas itu benar adanya. Mobil keduaku dulu juga dijual melalui platform jual beli. Ternyata bisa menemukan pembeli terpercaya.

    ReplyDelete
  18. mungkin baiknya kalau beli mobil seken lihat langsung kondisi mobil terus bawa temen yang paham otomotif kayaknya lebih aman deh daripada menyesal kemudian karena uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit ya

    ReplyDelete
  19. zaman sekarang ngeri banyak penipuan untung ada caroline.id, jadi nggak was-was namanya beli mobil bekas banyak hal yang perlu diperhatikan

    ReplyDelete
  20. memng betul mba... banyak hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat kita mau menjual maupun membeli mobil bekas

    ReplyDelete
  21. Kalau mau jual mobil lama juga bisa via ini ya mbak? Aku ada rencana jual jeep ferroza milik Bapak. Doakan semoga cepat laku yaa

    ReplyDelete
  22. aku dah kulik-kulik caroline ini enak juga ternyata ya mak mobil yang ditawarkan masuk akal dan bagus speknya

    ReplyDelete
  23. sekarang kalau mau jual beli nggak perlu susah susah lagi nyari tempat penjualan kesana kemari, Lewat caroline semua dijamin beres ya
    dan nggak perlu keliling keluar rumah, tapi bisa dari rumah juga. memang bener bener praktis zamannya sekarang

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..