Gejala dan penyebab penyakit kutil kelamin

gejala pengobatan kutil kelamin 

 

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit yang ada pada area kelamin. Penyakit ini berupa benjolan daging lunak yang muncuk pada area kelamin. Rasa sakit, tidak nyaman, dan gatal-gatal akan dialami oleh seseorang yang mengalami penyakit kutil kelamin ini.

Aktivitas sehari-hari juga akan terganggu jika penyakit ini dibiarkan karena kita akan terganggu berjalan apalagi jika kita sedang bekerja ataupun belajar.

Penyebab Kutil Kelamin

·         Kutil kelamin ini termasuk kedalam penyakit seksual yang menular. Penyebab utama penyakit ini adalah human papilomavirus atau yang disingkat menjadi HPV. Humam papilomavirus ini akan cepat masuk ke dalam tubuh jika tubuh ini aktif secara seksual. Bahkan jika tubuh aktif secara seksua maka akan lebih rentan terhadap komplikasi Human Papilovirus. Kutil ini akan menular malalui aktivitas seksual, termasuk seks oral, vaginal, dan anal. Kutil kelamin akan muncul jika sudah mencapai satu minggu bahkan lebih pada waktu terinfeksi virus HPV. Jadi kutil tidak akan langsung muncul ketika terinfeksi.

Penyakit ini bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan namun akan lebih berbahaya jika penyakit ini dilakukan oleh perempuan, karena infeksi ini akan menyebabkan kanker serviks dan vulva. Maka untuk mengbatik penyakit ini diharuskan melakukan perawatan yang mendasar dalam menagani infeksi.

Gejala Kutil Kelamin

·              Gejala kutil kelamin ini biasanya dapat berupa keputihan, rasa gatal, berdarah, dan sensasi terbakar di area kelamin. Kutil kelamin akan muncul dan berkembang dibagian luar dan dalam vagina jika pada wanita, bahkan dileher rahim dan disekitar anus pun akan terinfeksi. Namun jika kutil kelamin pada pria itu akan muncul pada bagian paha, batang penis, skrotum, ujung penis, hingga area disekitar anus. Bahkan kutil akan muncul pada bagian mulut dan tenggorokan jika seseorang itu melakukan oral seks dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin in.


·   Bahaya kutil kelamin

Infeksi HPV ini merupakan sebab utama penyakit kutil kelamin bahkan penyebab terjadinya kanker serviks. Selain itu, human papilovirus juga dapat menyebabkan perubahan peakanker pada sel-sel serviks yang biasa disebut dengan dysplasia. Oleh karena itu penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diobati.

Selain resiko tersebut juga HPV akan menyebabkan infeksi pada kelamin luar wanita dan akan menyebabkan kanker penis pada pria. Untuk itu kita harus sering melakukan pemerikasaan tahunan untuk mencegah komplikasi penyakit lain.

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

·            Cara menghilangkan kutil kelamin tidak hanya dilakukan dengan satu perawatan saja. Ada beberapa perawatan yang haru dilakukan seseorang jika kutil kelamin ini sudah parah. Beberapa perawatan itu diantaranya sebagai berikut:

1.      Kauterisasi

Kauterisasi merupakan perawatan yang dilakukan dengan menyemprotkan produk khusus seperti cantharidi, asam salsilat, dan lainnya. Produk khusus tersebut dapat menghilangkan kutil dengan membekukan kutil tersebut. Produk ini biasanya dijual bebas di apotik. Namun dengan melakukan perawatan rumahan ini kemungkinan kutill tidak bersih secara efektis serta membutuhkan waktu yang cukup lama.

2.      Pembedahan kecil

Jika kutil itu susah dihilangkan dengan menggunakan obat rumahan maupun obat dokter, pembedahan dapat digunakan utnuk memotong kutil. Pangkal kulit akan dihancurkan dengan jarum listril atau dengan cryosurgery. Pembedahan ini dilakukan oleh dokter atau seseorang yang ahli di bidang pembedahan. Jangan melakukan pembedahan ini oleh diri sendiri karena akan beresiko sangat buruk pada kutil kelamin bahkan area sekitar kutil tersebut.

Penyakit ini bukanlah penyakit sepele dan sederhana, jadi apabila kita memiliki gejala dan penyebab kutil kelamin, segeralah memeriksakan diri dan melakukan pengobatan.


 Baca juga: Pengobatan Sindrom Nefrotik dan Penyakit ginjal lainnya

 

5 comments

  1. Whoaaah, penyakitnya gampang sekali penularannya ya Mbak. Bahkan kutilnya bisa hidup di mulut dan tenggorokan juga.

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada juga ya kutil kelamin mba. Baru dengar sih ini, lumayan berbahaya juga ya efeknya kalau buat wanita. Apalagi sampai bisa merembet ke kanker serviks.

    ReplyDelete
  3. Infeksi HPV berarti ya. Duh, jadi merinding aku euy... Memang harus bener² nih menjaga kesehatan bagian tubuh kita.

    ReplyDelete
  4. Bacanya agak ngeri juga saya, mbak. Soalnya memang penyakit yang ditimbulkan apabila tida ditangani segera bisa membahayakan perempuan ya. Semoga kita para perempuan selalu diberi kesehatan. Aamiin

    ReplyDelete
  5. ternyata penyakit kutil kelamin ini berasal dari virus hpv juga ya. bahaya juga nih kalau sampai kena pastinya sangat menyiksa. kalau untuk menghindarinya gimana ya caranya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..