Pengobatan Sindrom Nefrotik dan Penyakit Ginjal Lainnya

ginjal sehat itu penting

Biasanya dokter ini akan mendiagnosis sindrom nefrotik dari hasil pemerikasaan fisik, gejala yang di alami, dan riwayat penyakit sebelumnya. Selain itu Anda juga harus melakukan beberapa tes tambahan,diantaranya ada:

  1. Tes darah (urinalisis)
  2. Ultrasonografi
  3. Biopsi ginjal

Pengobatan Sindrom Nefrotik

Pe

Sampai saat ini memang belum ada obat khusu yang bisa langsung menyembuhkan sindrom nefrotik. Tapi ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, pengobatan ini biasanya tergantung dengan penyebab yang jadi dasar dari masalah ginjal ini, pegobatan akan dilakukan supaya gejalanya jadi lebih ringan. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala dari sindrom nefrotik yang telah di rekomendasikan oleh dokter:

·         Obat-obatan

Ada beberapa obat yang bisa mengatasi penyebab dari adanya sindrom nefrotik, diantaranya:

1.      Obat untuk darah tinggi seperti ARB dan ACE inhibitor

2.      Pil air seperti furosemide dan spironolakton

3.      Obat untuk menurunkan kolesterol seperti satin

4.      Obat untuk mengencerkan darah seperti apixaban, warfarin, dan heparin.

5.      Obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh seperti siklosporin dan kortikosteroid.

 

Pengobatan di rumah

            Selain menggunakan obat Anda juga harus menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, hal ini bisa mendukung pengobatan yang dilakukan oleh dokter. Tujuan melakuan hal ini supaya fungsi ginjal tidak bekerja terlalu keras dan membuat gejala yang ada jadi mereda.

            Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah mengubah pola makan, apa yang Anda makan ini akan sangat mempengaruhi kinerja ginjal yang saat ini sedang berjuang dengan keras saat sedang diserang oleh penyakit. Untuk mengubah pola makan ini dia beberapa hal yang bisa Anda perhatikan, diantaranya:

  1. Mengurangi Asupan protein
  2. membatasi makanan yang asin
  3. hindari sumber protein yang banyak lemak
  4. hindari makanan berkolesterol tinggi
  5. batasi jumlah cairan di makanan

·    Sebelum Anda merubah pola makan Anda sebaiknya Anda juga lakukan diskusi dengan ahli diet atau dengan ahli gizi. Hal yang satu in bertujuan untuk membantu Anda memahami kebutuhan nutrisi yang memang di butuhkan oleh tubuh.


Penyakit Ginjal Lain

1.      Gagal ginjal kronis

Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang terjadi karena adanya penurunan fungsi ginjal yang sudah berlangsung lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal ini bisa terjadi karena efek samping dari penggunaan obat-obatan, penyakit tertentu seperti hipertensi atau diabtes, atau penyakit ginjal lainnya yang tidak di tangani dengan baik.  Pada tahapan awal biasanya penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala, tapi jika sudah berkembang dan sangat parah kana gagal ginjal ini bisa membuat munculnya gejala seperti pucat, lemas, bengkak di kaki, mual, nafsu makan hilang,kram otot, gatal- gatal, sesak napas, dan sulit untuk tidur. Jika sudah menderita penyakit yang satu ini sebaiknya lakukan perawatan di rumah sakit supaya fungsi ginjal bisa membaik.

2.      Batu ginjal

Penyakit yang satu ini adalah salah satu penyakit ginjal yang paling sering terjadi. Penyakit ini terjadi saat ada zat tertentu yang menumpuk didalam ginjal, zat tersebut mengendam dan menghasilkan gumpalan keras yang bentuknya mirip dengan batu, zat ini biasanya oksalat, kalsium, dan asam urat. Seseorang sangat rentan terkena penyakit ini jika dia punya beberapa faktor resiko seperti sering konsumsi makanan manis dan asin, kurang minum air putih, atau memang punya beberapa penyakit tertentu dan infeksi di bagian saluran kemih. Untuk batu ginjal yang ukurannya kecil tidaka kan menimbulkan gejala apapun tapi jika sudah besar batu tersebut bisa melukai saluran kemih.

 

1 comment

  1. Ginjal itu organ penting dan vital, apalagi mudah banget terinfeksi penyakit. Salah makan dikit bisa menyebabkan penyakit ginjal jangka panjang.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..