Yuk Konsultasi Gigi Sekarang! Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi

 konsultasi gigi sekarang, Gratis.. 


Saya dan suami dulunya tidak pernah ke dokter gigi jika tidak sakit gigi, kami berpikir untuk apa ke dokter gigi jika semua baik-baik saja, apalagi ke dokter gigi perlu mengeluarkan uang juga, jadi kalau tidak ada masalah kami sama sekali tidak pernah mengunjungi dokter gigi. Nah, apakah kalian juga memiliki kebiasaan yang kurang baik seperti kami ini?

Ketika melihat kenyataan, kenapa bapak saya ketika memiliki cucu, gigi beliau sudah banyak sekali yang tanggal, padahal bapak saya terbilang belum tua-tua sekali lah usianya. Dan ibu saya pun juga heran karena sejak usia muda bapak saya termasuk yang rajin sekali menjaga kesehatan gigi bahkan lebih rajin daripada ibu saya. Beliau rajin menggosok gigi, menggunakan pasta gigi dan rutin mengganti sikat gigi setiap 3 bulan. Ada kemungkinan, kesalahannya ada pada cara menyikat giginya atau waktu menyikat giginya yang kurang benar. Seharusnya sih memang rutin kontrol periksa gigi sekarang ya, jangan tunggu sampai sakit gigi.

Konferensi Virtual WOHD 2022

Nah, bulan kesehatan gigi datang lagi nih, seneng banget aku bisa menghadiri Konferensi Virtual WOHD 2022 yang dihelat oleh pepsodent pada 22 maret 2022 lalu. WOHD adalah singkatan dari World Oral Health Day, atau hari kesehatan gigi internasional. Setiap WOHD, Unilever dalam hal ini melalui Pepsodent rutin sekali mengadakan kampanye terkait kesehatan gigi dan mulut. tahun lalu aku juga berkesempatan menghadiri acara ini secara virtual, silakan klik kegiatan pepsodent WOHD 2021 untuk membaca kampanye kesehatan gigi tahun sebelumnya ya.

Meskipun digelar virtual, acara ini berjalan secara formal dan apik dengan dihadiri oleh:

  1. Menkes Budi Gunadi Sadikin
  2. Drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus besar Persatuan gigi Indonesia (PB PDGI)
  3. Prof. Ihsane Ben Yahya selalu president FDI World Dental Federation
  4. Drg. Ratu Mirah Afifah, GCCLINDENT., MDSC
  5. Ainul Yaqin, Direktur Beauty & Personal Care, PT. Unilver Indonesia
  6. Maudy Koesnaedi selaku celebrity mom

Dalam acara ini diungkapkan betapa pentingnya konsultasi gigi dari sekarang dan jangan tunggu hingga sakit gigi. karena rata-rata masyarakat Indonesia kehilangan sampai 11 gigi di usia 65 tahun, nah data ini ternyata aku saksikan sendiri faktanya pada kasus bapakku tadi.

Fakta ini semakin menarik ketika Maudy Koesnaedi selaku celebrity mom juga mengakui bahwa nyatanya selama ini meski sudah menyikat gigi di waktu yang benar yakni setelah sarapan dan sebelum tidur, merasa bahwa cara menyikat giginya selama ini sudah benar atau belum. Namun Maudy terbantu ketika memasang behel gigi, dimana saat itu jadi rutin mengunjungi dokter gigi dan konsultasi gigi tentunya. Karena fakta dari Drg. Mirah mengatakan bahwa sebenarnya 57% masyarakat sebenarnya mengalami permasalahan gigi dan mulut, namun sayangnya hanya 10,2 % yang berkunjung ke dokter gigi. Hingga akhirnya berakhir dalam keadaan parah dan harus dicabut.

Hanya 10.2% yang berkunjung ke dokter gigi

Kegiatan kampanye untuk rajin konsultasi gigi ini di dukung penuh oleh pak menteri kesehatan RI, dan dari PDGI. Dimana dalam acara ini, pepsodent ternyata tak sekedar mengimbau masyarakat untuk konsultasi gigi, melainkan juga memberikan solusi berupa konsultasi gigi gratis. Bahkan layanan ini tersedia secara offline dan online

Kenapa Konsultasi Gigi itu Penting

Kondisi mulut kita adalah tergantung dari bagaimana merawat gigi sejak kecil, karena itulah kebiasaan konsultasi gigi sejak dini itu penting. Sejak melihat bagaimana bapakku kehilangan banyak gigi di usia yang terbilang belum tua banget, saya dan suami bertekad mengajak anak rutin konsultasi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali atau maksimal paling lama setahun sekali untuk sekedar memeriksakan kondisi gigi anak-anak. Meskipun gigi mereka masih gigi bungsu kalau ada bolong itu rasanya gak tega sekali, jadi aku selalu mengontrol apakah ada calon-calon lubang gigi di setiap kontrol, namun alhamdulillahnya sejauh ini gigi anakku sehat-sehat semua. Kontrol ini juga aku maksudkan untuk membangun kebiasaan sejak dini agar sampai besar nanti pun mereka terbiasa kontrol tiap 6-12 bulan ke dokter gigi.

Gigi berlubang sesuai kelompok usia

Pentingnya Konsultasi gigi itu tentu saja rata-rata orang Indonesia mengunjungi dokter gigi ketika kondisi giginya sudah bermasalah parah, sehingga biasanya kaget melihat kenyataan dan sudah terlambat memperbaiki dan harus berakhir dengan gigi dicabut. Hal ini di perkuat fakta dari laporan riset kesehatan RI bahwa 94,9% masyarakat perkotaan di Indonesia tidak pernah mengunjungi dokter gigi dalam setahun terakhir.

Apa akibat dari cabut gigi:

  1. Mengganggu fungsi mengunyah makanan
  2. Mengurangi estetika penampilan kita 
  3. Menurunkan kualitas kehidupan
Jadi meskipun posisi gigi itu di dalam, ujung-ujungnya ya akan berimbas kemana-mana, dari fungsi mengunyah yang berkurang tentu berimbas pada pencernaan kita, kemudian gigi yang tanggal pada akhirnya mempengaruhi rasa percaya diri kita juga. karena itulah Pepsodent dalam konferensi ini mengkampanyekan untuk konsultasi gigi sekarang, jangan tunggu sampai sakit gigi.

Kampanye untuk Jangan tunggu
 sampai sakit gigi


Pepsodent Baru dengan QR Code - Konsultasi Gigi Gratis

Kemasan Pepsodent Baru dengan QR code

Bersama acara ini, Pepsodent sekaligus meluncurkan Pepsodent pencegah gigi berlubang kemasan baru. Emang apa bedanya dengan yang sebelumnya? Kalau secara kandungan, tentu sama bagusnya untuk mencegah gigi berlubang, bedanya ada pada kemasannya. Dimana ada QR code yang bisa di scan dan bbisa langsung terhubung dengan layanan Teledentistry alias tanya pepsodent. 


#KonsultasiGigiSekarang

Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan perawatan gigi, Pepsodent bersama PDGI membuka layanan melalui layanan teledentistry gratis yang bertajuk “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” (di nomor WhatsApp: 0878-8876-8880). 

Sebenarnya ini program enggak baru-baru amat kok, karena sudah diluncurkan sejak tahun 2020, hingga kini tercatat 21.488 sesi layanan telah diberikan, MasyaAllah.. 

Pasti penasaran kan sampai kapan nih ada periode konsultasi gigi mumpung gratis. Ternyata event ini berlangsung Selama 1 April - 30 Juni 2022, yang akan memberikan konsultasi sebanyak ribuan dokter yang berawal dari yang asalnya dari 100 PDGI yang tersebar di berbagai daerah. Untuk program ini dilaksanakan secara virtual. Ada juga loh yang spesial dari konsultasi yang akan diberikan oleh ribuan dokter gigi dari 100 PDGI cabang. Hal ini bisa dilakukan secara virtual. 

Sebagai info tambahan, 300 orang “Pepsodentist”, yaitu relawan dokter gigi swasta di seluruh wilayah Indonesia yang akan ditampilkan dalam Dentist Locator di situs Tanya Pepsodent juga akan ikut berpartisipasi. Dalam program ini, Para “Pepsodentist” bahkan berkomitmen memberikan perawatan pembersihan karang gigi ringan dalam jumlah terbatas kepada masyarakat. Wow banget kan, pepsodent mengerti sekali bahwa setiap kalangan masyarakat tidak mudah untuk bisa sering ke dokter gigi. karena itu dimudahkan dengan layanan gratis ini.

Dengan ikut menyebarkan informasi ini aku berharap suatu saat masalah kesehatan gigi dan mulut terutama gigi berlubang atau gigi tanggal bisa banyak berkurang dan kebiasaan baik untuk sering konsultasi gigi bisa dilakukan semua kalangan masyarakat. Jangan tunggu sampai sakit gigi. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? 

25 comments

  1. Hemm bener banget kalau udah makan coklat langsung sakit aja gigi, mood seketika hancur apalagi gampang ngilu kalau sering minum yang dingin. Kalau soal mulut memang harus diperhatikan banget, nih, berisiko soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kadang kita gak notice, makanya better rajin periksa gigi rutin aja ya

      Delete
  2. Aku sudah beberapa kali mengalami sakit gigi. Awalnya karena menunda pemeriksaan, akhirnya kena juga dan rasanya sangat menyiksa. Kalau gigi sudah tinggal akarnya doang, saran saya mendingan dicabut. Misal belum mau dicabut, sebaiknya jangan dipakai untuk mengunyah karena pasti jadi sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, biasanya yg sering terjadi emang gini, begitu periksa eh udah terlambat

      Delete
  3. Nah iya, Mbak, saya juga memiliki kebiasaan yang kurang baik. Tidak pernah ke dokter gigi kalau tidak merasa sakit sekali. Padahal rutin memeriksakan gigi ke dokter bisa membuat gigi selalu sehat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setidaknya mencegah saat parah ya mbak karena sejak awal bisa ketahuan

      Delete
  4. wah kece banget sih ini, jadi konsultasi lebih mudah, serasa punya dokter gigi pribadi dalam genggaman. Sangat nyaman dan mudah banget, ngga panik kalo tiba tiba sakit gigi, sudah ada konsultannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr banget jadi fleksible mau periksa gigi kapan, dan semua jd mudah

      Delete
  5. Jadi kebanyakan orang memang gak ke dokter gigi dan nunggu pas sakit aja. Sekarang sejak pandemi jadi PR banget karena gak semua dokter gigi buka atau terbatas pasiennya. Kalau ada konsultasi gratis secara online, kudu banget deh ikutan

    ReplyDelete
  6. Wah, semangat banget dengan layanan teledentistry gratis dari Pepsodent yang bantu wujudkan Indonesia sehat. Kampanye yang baik untuk masyarakat, Jangan tunggu sampai sakit gigi, jadi menyadarkanku akan pentingnya menjaga kesehatan gigi, membentuk pola kebiasaan baik dan juga makanan yang sehat untuk anak agar gigi tetap sehat.

    ReplyDelete
  7. Baca ini bikin saya meringis malu. Ke dokter jadi pilihan terakhir saat sakit gigi. Padahal kan harusnya rutin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencegah lebih baik daripada amengobati ya qaqa..

      Delete
  8. Setuju banget Mba memeriksa gigi harus sesering mungkin. Aku lebih memperhatikan sikat gigi juga selalu ganti 3-4 minggu sih. Beruntung aku belum ada penyakit gigi.

    ReplyDelete
  9. sakit gigi benar2 bikin dunia jungkir balik
    akhirnya ditambal
    eh cuma bertahan 3 tahun dan dicabut jg karena udah keropos
    sekarang lumayan cerewet pada anak agar rajin sikat gigi dan mau diajak ke dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak kalo dah sakit gigi tuh rasanya beneran dunia kaya runtuh

      Delete
  10. Mbak aku ko sepemikiran denganmu dulu. Hehe. Ga pernah periksa ke dokter gigi kalau nggak sakit. Sekarang udah mulai sadar sih. Pelan-pelan pengen perawatan, dimulai dari pembersihan karang gigi dulu deh.

    ReplyDelete
  11. Sakit gigi tuh engga enak bangeett
    tapi kok yaaa masih banyak yg menyepelekan perawatan gigi dan mulut.
    super hepi karena Pepsodent punya terobosan ini yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah, betul banget. Akhir tahun lalu aku sakit gigi yang betulan sakit sampai lama. Harusnya kita memang merawat gigi dengan baik dan gak nunggu saat sakit

      Delete
  12. sakit gigi tuh..bikin bawaan pengen marah mulu , dah lama juga gak ke dokteer gigi, jadi reminder untuk segera ke dokter gigi

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget gak kedokter gigi... mana banyak bolong dan kropos.., jadi diingetin lagi

    ReplyDelete
  14. Layanan konsultasi gigi online ini memang benar benar membantu sekali untuk kita yang was was dengan masalah gigi. Lebih mudah mendapatkan informasi akurat dari orang yang terpercaya

    ReplyDelete
  15. Setuju, Kak. Sebaiknya jangan menunggu sakit gigi untuk periksa ke dokter gigi. Aku pernah sakit gigi dikit terus periksa eh disuruh cabut gigi lewat operasi. Ya ampun beneran malah repot kalau telat penanganan. Sebagai pengguna Pepsodent keluarga kami sekarang makin sadar DG kesehatan gigi, terutama buat anak-anak agar rajin sikat gigi sebelum tidur.

    ReplyDelete
  16. Wah bener banget nih saya kalau nggak sakit nggak akan periksa ke dokter gigi. Ternyata salah besar yaa menyepelekan perawatan gigi dan mulut itu. Kalau udah sakit duh luar biasa banget sakitnya. Kalau ada konsultasi gratis secara online harus banget nih ikutan juga

    ReplyDelete
  17. Iyaaa kalau nunggu sampai parah biasanya yang makin sakit gak cuma gigi tapi juga dompetnya hahaha
    Wah bagus sekali inovasi Pepsodent ini memungkinkan kita konsul online ya mbak, gratis pula TFS infonya

    ReplyDelete
  18. Aku sekeluarga pun sampe saat ini masih belum bisa rutin periksa ke dokter gigi, Mbak. Ya kalau ada keluhan aja baru ke dentist, huhu..
    Adanya layanan Teledentistry dari Pepsodent ini keren banget ya, bisa bantu masyarakat untuk periksa gigi secara gratis :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..