Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, kuliner halal Melegenda

Mie Ayam Haji Mahmud - kuliner halal Indonesia


Mie ayam jamur haji Mahmud, Kuliner Halal Indonesia yang Melegenda

Anda suka makan mie? Saya tidak terlalu suka makan mie, termasuk mie ayam, mie telor, mie instan, semuanya biasa aja. Tapi.. keluarga saya semua suka, suka banget malah. Meskipun tidak suka, sesekali saya masih ingin makan mie, jadi saya tetep makan mie donk. Apalagi yang namanya mie ini, relatif lebih murah daripada makan dengan menu nasi, enak donk dikala bokek melanda. Bener enggak? Apakah sudah cukup alasannya untuk makan mie? apalagi mie ayam jamur haji mahmud, apa segitu aja nih? Belumlah. Jadi gini...


Sekitar 6 tahun sudah saya jadi aktivis halal, penggiat  edukasi halal dan tentunya kampanye tentang halal termasuk didalamnya makanan dan kosmetik dan obat-obatan, saya selalu mengajak masyarakat untuk selalu mengutamakan yang halal. Alhasil, ujung-ujungnya tuh personal branding saya kebawa kesana, jadi apapun yang saya gunakan atau saya makan, kalau saya share ke sosmed haruslah halal. Karena orang-orang yang mengenal saya selalu menganggap apapun yang saya makan pastinya sudah saya seleksi kehalalannya dan halal dimakan.

Beban atau Berkah

keduanya berbaur, tapi menurut saya dominan berkahnya. Berkah karena saya jadinya lebih teliti dalam mengkonsumsi apapun, bebannya ada sedikit kekhawatiran dari saya kalau misal saya salah rekomendasi. Saya takut membahayakan orang dan membuat orang lain salah konsumsi. Saya jadi lebih hati-hati terutama jika saya membagikan apapun ke sosial media. Tapi nih...tapi.. sebenarnya tanpa memandang aku aktivis halal atau bukan, aku dikenal orang atau tidak, seharusnya tuh yang bener memang setiap muslim wajib priority makanan halal karena memakan yang halal itu sifatnya wajib bagi setiap muslim, halalan thoyyiban. Yang non muslim? tentu wajib juga memilih makanan yang baik atau thoyyib. 

Hubungannya  Halal dengan makan mie?

Mie ayam, adalah salah satu jenis makanan yang memiliki titik kritis halal, baik dari bahan utama maupun bahan tambahannya. Pastinya menggunakan ayam, apakah ayamnya disembelih sesuai syariah, jika menggunakan pentol bakso, apakah dagingnya halal? disembelih secara halal juga? tepung pembuat dagingnya, lalu minyak yang digunakan dalam proses pembuatan mie ayamnya, kuah kaldunya, dan mungkin ada juga bumbu-bumbunya yang menggunakan bumbu apa, kita enggak tau dapurnya bagaimana.

Mie ayam dan bakso adalah salah satu kuliner yang saya cukup hati-hati dalam membagikan review dan rekomendasi. Memastikan halalnya dengan adanya logo halal MUI atau melihat pengusahanya muslim atau tidak, setidaknya kalau pengusaha muslim akan mengutamakan yang halal, bukan! Nah jadi begitulah bagaimana kaitannya makanan halal dengan mie ayam. 


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, since 1988

Pernah dengar depot mie ayam jamur haji mahmud? Makanan yang enak di Medan dan Banjarbaru ini tergolong kuliner halal melegenda karena sudah berdiri sejak tahun 1988, artinya sudah 33 tahun hingga tahun ini. Di Medan ataupun cabangnya di kota lain, di tiap kota-kota tersebut saya melihat semuanya ramai. Saya buktikan sendiri ketika makan di cabang banjarbaru kota saya tinggal, mesti tidak tumpah meluber, tapi pengunjungnya gak habis-habis, datang dan pergi terus. Kok saya bisa tau kalau di kota lain depotnya laris dan ramai? Hehehe. Kalau di kota-kota lainnya sih aku mengetahuinya karena saya follow instagramnya, nih silakan kalau ada yang belum follow langsung ke ig hajimahmud.id

Patokan ramai dari sebuah kuliner itu biasanya terdiri dari 3 kriteria, yakni enak, harganya pas dan tempatnya nyaman. perpaduan ketiganya ini yang membuat sebuah bisnis kuliner tetap ramai sepanjang waktu. Tapi, ramai karena ketiga kriteria itu belum menjamin halal. Jadi ini saya infokan kalau mie ayam jamur haji mahmud ini sudah menjamin kehalalan produknya sehingga layak disebut sebagai Kuliner Halal Indonesia

Oh iya tambahan lagi yaitu rasanya yang konsisten dari waktu ke waktu menurut saya juga bikin betah. Sedari aku mengenal mie ayam jamur haji mahmud ini tahun lalu hingga kini, rasanya tetap sama, konsisten sekali racikan bumbu dan penyajiannya. Nah, dengan kelengkapan dari segi konsistensi rasa, harga, tempat yang nyaman dan kehalalan, jadilah sebutan Mie ayam jamur haji mahmud sebagai kuliner halal melegenda menjadi tepat dan saya merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu kuliner halal yang patut dijadikan langganan.


Berbagai menu haji Mahmud cocok untuk
semua anggota keluarga


Mie yang semula berawal dari etnis cina yang datang ke Indonesia, dipadukan dengan rempah bumbu khas melayu dimana Mie ayam haji mahmud ini berawal dari Medan, membuat mie ayam jamur haji mahmud ini punya citarasa yang berbeda dari mie ayam pada umumnya di pasaran. Wajar akhirnya menu mie ayam jamur spesial ini jadi andalan dan resto ini sehingga bernama Mie ayam jamur haji mahmud. 


Menu Mie ayam jamur haji Mahmud

Kembali ke awal cerita dimana saya bilang bahwa saya tidak terlalu suka makan mie, termasuk mie ayam. Lantas kenapa saya menulis dan merekomendasikan mie? bukankah tidak akurat. NO, bukan begitu konsepnya, justru karena saya tidak begitu suka mie, jadi disaat-saat tertentu saya ingin makan mie, maka saya pastinya akan memilih mie ayam yang enak. Bukan yang membuat saya kapok dan semakin tidak menyukai mie. Istilah melegenda untuk mie ayam jamur Haji Mahmud berhasil membuat saya bertahan menjadikan mie ayam jamur ini sebagai salah satu kuliner halal yang aku inginkan ketika saya mau makan mie. 

Mie ayam jamur spesial haji mahmud membuat para penggemar mie jadi semakin ngefans sama mie ayam, dan bagi yang tidak suka mie jadi lahap makan mie, this is so loved.

Menu mie ayam jamur disini disajikan fresh panas-panas, jadi ketika perut lapar krucukan, reservasi langsung dari rumah. Tiba di lokasi depot disodorin semangkok mie tanpa kuah dengan jamur terpisah. Mbak waiter datang membawa teko dan menuangkan kuah kaldu mie ayam di mangkuk berisi jamur, dan aku meneguk liur secara spontan mencium aroma kaldu jamur seakan memanggil-manggil untuk segera dituang kedalam semangkuk mie yang lengkap beserta sayur, telor, pentol baso dan ayam cincang khas mie ayam. 

Menu lain bagaimana? Nah di keluarga saya dengan tiga anak krucil yang mood-nya tak pasti, meski semuanya penggemar berat mie, tapi sama seperti saya yang moody, bisa saja mereka tiba-tiba hari itu tidak ingin makan mie, bisa... tentu para ibu tau donk serandom apa nafsu makan anak-anak. Jadi ketika melihat daftar menu di aplikasi bisa saja ingin ini ingin itu banyak sekali. Saya tidak khawatir karena disana ada banyak menu lain. Misalnya nasi goreng, ayam asam manis, capcay, bakso, hingga ke menu lalapan bertajuk nasi ayam becek, ada semua. Favorit saya jika saya sedang tak ingin makan mie, saya suka nasi ayam asam manis. Jika anak-anak tidak ingin mie, mereka suka makan bakso. 

Menu minuman pun bervariasi, dari yang paling disukai masyarakat seluruh Nusantara yaitu es teh, hingga yang kekinian seperti greentea dan yakult leci pun ada. Untuk yang seleranya random, disini support untuk semua mood. Eh saya sudah kaya sales aja ya, tapi ini sebenarnya review dari pengalaman pribadi saya saja, kan sesuai judulnya gimana sih rasanya? 

Menu mie ayam haji mahmud, favorit keluarga

Untuk yang suka makanan pedas, saya rekomendasi bakso mercon sih, saya pernah nulis soal ini juga di postingan saya terdahulu di link ini, kalau bakso merconnya bisa pas sama tuntutan pecinta pedas, banyak rawitnya dan daging baksonya juga lembut. Saya suka karena kekenyalan baksonya pas, enggak lebay yang terlalu padat atau terlalu lembek. Menu nasi goreng disini juga enak karena bumbunya light, literally saya enggak menyukai menu nasi goreng yang rasanya terlalu rempah banget. Better makan nasi arab deh kalo banyak rempahnya, saya suka nasgor dengan bumbu sederhana namun terasa umami. Gimana sih rasa light dan bumbu sederhana? coba sendiri aja deh. Hehehe..

Layanan Aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Mengikuti trend digital wajar donk sekarang mau apa-apa menggunakan aplikasi, nah begitu juga dengan mie ayam jamur haji mahmud, kuliner halal melegenda yang satu ini juga memiliki aplikasi sendiri. selain bisa datang langsung atau order melalui ojek online atau e-commerce, kita juga bisa mengunduh aplikasinya. Tenang... enggak gede kok kapasitas aplikasinya, kecil lah cuma 78,33 MB, tidak sampai 100 MB, kan?

Aplikasi Haji Mahmud di Android
Untuk reservasi dan delivery

Apa bedanya dengan order melalui ojek online?

Pasti itu yang dipikirkan pembeli ketika mau instal, ngapain repot-repot instal karena di ojek online sudah ada juga layanan mie ayam jamur spesial haji mahmud. Jadi selama menggunakan aplikasi ini, hal menarik yang aku dapat adalah:

1. Layanan reservasi, ketika anda berencana datang di jam tertentu, tinggal reservasi dan memesan menu makanan melalui aplikasi tersebut sehingga ketika datang, anda tinggal duduk dan makan. Lagipula, reservasinya gratis loh. Amankan tempat duduk dan menu pesanan anda ya, enggak perlu takut kehabisan. 

2. Delivery gratis, dengan aplikasi layanan delivery gratis untuk lokasi yang tidak jauh dari lokasi resto dengan minimal pemesanan tertentu. Kalau menggunakan ojek online tentu akan berbeda tarif deliverynya

3. Update promo dan diskon, di aplikasi ada promo atau diskon yang mungkin tidak ada di layanan aplikasi lain, seperti poin transaksi, check-in harian dan cashback. Jadi kita mendapatkan harga/promo khusus yang update langsung melalui aplikasi.

4. Pembayaran mudah, bisa melalui e-wallet atau transfer bank

Untuk mendapatkan berbagai kemudahan dan benefit melalui aplikasi, silakan unduh aplikasinya dengan klik tautan di Kuliner Halal Melegenda ini. 

Selamat Ulang tahun ke-33 Mie ayam jamur haji mahmud

Tahu enggak kalau Haji Mahmud sudah go national sejak tahun 2018. Haji mahmud merencakan memiliki 37 outlet pada tahun 2025 dan Go International pada tahun 2045 dengan outlet yang setidaknya ada 245 lah ya. Kenapa berani bermimpi tinggi? Dengan mimpi yang tinggi maka kita juga akan ikhtiar lebih keras, doa lebih banyak dan hati yang lebih semangat. Usaha tidak akan mengkhianati hasil kalau kata orang bilang. Mie ayam Haji Mahmud ini sejak dulu ikhtiarnya tanpa jeda, termasuk bersedekah, berbagi dan menyantuni untuk yatim dan dhuafa di sekitarnya dengan tetap meningkatkan inovasi dan kualitas di kulinernya. 

Legenda tentu tak bisa disebut melegenda tanpa memiliki jiwa sosial dan kebaikan yang patut dikenang. Saya mengenal Mie ayam jamur haji mahmud sebagai salah satu resto yang sering sekali berderma. Saya pribadi pernah beberapa terlibat untuk acara berbagi makanan dari Haji mahmud cabang Banjarbaru kepada anak yatim dan dhuafa di seputar kota Banjarbaru ini. Seneng banget kan, menu-menu lezat yang biasa kita nikmati di outlet Haji Mahmud bisa juga dinikmati oleh yatim dan dhuafa disini. Semoga doa-doa fakir miskin, yatim dan dhuafa disini bisa melangitkan segala rencana dan harapan Haji Mahmud ke depannya agar segera terealisasi.

Berbagi kebaikan dan kebahagiaan tiap jumat

Para konsumen yang melakukan transaksi di Haji Mahmud secara tidak langsung turut berdonasi untuk yatim dan dhuafa di sekitar. Selain membahagiakan yatim dan dhuafa, Haji Mahmud juga memberikan promo jumat berkah berupa harga diskon spesial setiap hari jumat siang. Masyaallah ya kalau begini ceritanya sih, sebagai kuliner yang awalnya kebanggaan masyarakat Medan, dengan konsistensi seperti ini maka ke depannya akan jadi kuliner mie ayam jamur kebanggaan dan kesayangan sejuta umat alias favorit semua orang. Insyaallah..

Barakallahu fiik, turut berbahagia, semoga dilimpahkan keberkahan di ulang tahun yang ke-33. Semoga makin berjaya di darat laut dan udara, di seluruh nusantara dan dimana-mana, semoga tercapai semua target untuk go internasional, makin asik, makin baik, makin banyak labanya agar makin banyak berbagi untuk kebaikan. Turut mengaminkan doa dan rencana-rencana baiknya. Makin dinamis dan terus berinovasi dengan tetap mempertahankan rasa dan kualitasnya. 

Jadi apa kalian sudah cobain mie ayam jamur Haji Mahmud?


🍜 Mie ayam jamur Haji Mahmud Banjarbaru
Jalan panglima Batur (depan SDN 03 Komet) 
Banjarbaru - kalsel



28 comments

  1. Wah.. . Enak banget ya mie ayam jamurnya. . Jadi pengen nyoba deyh.

    ReplyDelete
  2. Aku sudah coba dong, dan suka banget. apalagi es yougurtnya, segeeer

    ReplyDelete
  3. Asyik makan mie ayam ini. Isinya lengkap dan ngenyangin. Rasanya oun cucok.

    ReplyDelete
  4. mie ayam tuh salah satu menu favoritku mba. di manapun ada dan ngga pernah fail. apalagi tipikal mie ayam haji mahmud ini, juaraaa...

    ReplyDelete
  5. Aku penyuka mie mba. Mie apa aja aku suka apalagi mie ayam hihihi 😂. Wah aku baru tahu mie ayam haji mahmud. Jadi pengen coba. Ternyata ini terkenal ya di medan. Penasaran di Batam ada ga ya mie ini

    ReplyDelete
  6. Bikin mupeng baca mie ayam ini, next pengen coba kalau kesana jadi penasaran

    ReplyDelete
  7. Sepertinya bagus, aku baru dengar Mie ayam jamur. Kuliner akhir-akhir ini banyak varian macamnya dan semuanya hampir kedengaran unik.

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah nyobain Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Sepertinya bakalan cocok secara saya termasuk penggemar mi ayam. Aplagi yang dipadukan dengan jamur, menurut saya lebih cucok sama selera saya.

    ReplyDelete
  9. Sayang belum ada di palembang. Coba kalo ada, dah makan di sana molly sekeluarga *slurrp

    ReplyDelete
  10. Wah...ultah ke 33!!
    Padahal bisnis kuliner termasuk bisnis yg rentan banget tutup. Keren yaaa
    Aku suka kalau mie ayam pakai jamur. Coba ah cari di kotaku mie ayam haji mahmud

    ReplyDelete
  11. Aku suka berbagai jenis mie ayam! nah kalau ke Medan perlu tandain nih Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Eh tapi maksudnya menu nasi ayam becek apa sih mbak?

    ReplyDelete
  12. wah keren ya mie ayam jamur haji mahmud ini selain sudah memiliki aplikasinya sendiri juga memiliki kepedulian sosial juga buat sesama. bolehlah nanti kalau ke banjarbaru aku makan ke sana lagi. kemarin baru coba mie ayamnya penasaran sama menu lainnya

    ReplyDelete
  13. Untuk yg namanya makanan emang gak ada tawar menawar wajib halal ya mbak. Wah di Banjarbaru sebelah mana nih restonya? Moga kapan2 bisa ke sana. Ternyata bisnisnya juga udah lama ya 33 tahun, luar biasa. Biasanya bisnis kuliner bisa survive segitu lamanya emang krn rasanya mengena di hati pelanggannya :D

    ReplyDelete
  14. Mbaa, aku termasuk yang hati hati membeli mie ayam ini mba. Termasuk sesuatu yang aku kuatir ya apakah ayamnya halal atau tidak karena proses penyembelihannya

    ReplyDelete
  15. akutuh sangat tidak bisa menolak sama urusan per mie an terutama mie ayam, my lovely hahahah, segitu menggilanya sama mie ayam. dan jadi pengen icip si mie ayam jamur haji mahmud kuliner

    ReplyDelete
  16. Keren banget Mi Ayam Haji Mahmud ya walaupun bisnisnya sudah besar dan melegenda tetap tak lupa menyisihkan penghasilan untuk orang miskin dan anak yatim secara rutin...

    ReplyDelete
  17. Wah kantorku ada di Banjarbaru semoga taun depan dikasih kesempatan kesana soalnya mau implementasi system produksi di cabang sana, semoga bisa nyicipi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini, salah satu kuliner legen soalnya penasaran

    ReplyDelete
  18. Wah ini mie ayam yg legendaris itu ya mbak?
    Kece ya, punya aplikasi sendiri
    Bikin pelanggan makin mudah memesan

    ReplyDelete
  19. Duuh bikin ngiler nih mbak Ruli. Sebagai penggemar mie ayam besok kudu mampir sini nih. Kapan-kapan kalau mudik ke Kalsel bisalah ke mie ayam haji Mahmud

    ReplyDelete
  20. Asik juga nih warung Mie Ayam Haji Mahmud, udah ada aplikasi mandiri gini. Enak bisa reservasi dulu kalo pengen pesan makanan dine in. Berkah juga ya penghasilannya untuk sedekah

    ReplyDelete
  21. Yah, mb bukan soal halal saja. Ini emang utama. Kalo bakso dan mie saya juga chek penggunaan penyedap, jadi sudah kami tandai, hehehe

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah barakallah mie ayam jamur haji mahmud, berkah banget ya mbak, karena setiap jumat memberikan promo setengah harga kepada langganannya. semoga makin laris dan makin berkah

    ReplyDelete
  23. Waah, Selamat Ulang tahun ke-33 Mie ayam jamur haji mahmud.
    Akutu kalau gak di rem-rem, bisa kali seminggu makan mie sampai 3 kali.
    Huhu... tapi kalau bahannya alami dan halal, mashaAllah..langganan makan di ayam jamur haji mahmud. Langsung instal aplikasinya buat dapetin banyak benefitsnya.

    ReplyDelete
  24. Wah, kami sekeluarga pecinta mie ayam, walau berusaha utk ga sering-sering makannya ��. Saya malah belum pernah nyobain mie ayam Haji Mahmud ini, kalau di Tangsel ada apa ngga ya ini?

    ReplyDelete
  25. Waah jadi penasaran dengqn mie ayam jamur Haji Mahmud yang melegenda. Tapi spertinya di daerahku belum ada mbak.

    ReplyDelete
  26. Wah sedep bener kalau siang-siang makan mie ayam jamur. Apalagi lengkap dengan pentol baksonya.

    Tenyata di tempat Pak Haji Mahmud juga lengkap, gak hanya ada mie ayam tapi ada juga nasi goreng dan ikan nila. Yummy!

    ReplyDelete
  27. Kalo kuliner halal, aku cus langsung deh. Apalagi mie ayam, favorit banget.

    ReplyDelete
  28. Sering denger lho Mie Ayam Haji Mahmud ini, tapi blom pernah cobai. Jadi penasaran banget. Btw mie ini blom ada cabang di Solo ya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..