Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


Tips Mengatasi Kesulitan Belajar Online dengan Roboguru

Mengatasi kesulitan belajar online dengan Roboguru

Malu bertanya sesat di jalan, nanya hal yang orang lain uda ngerti rasanya segan, tapi saat nilai anjlok memalukan. Itulah dilema pelajar jaman sekarang. Mau bertanya kadang harus mikir 1000x apakah pertanyaan layak dan tidak untuk ditanyakan, layak versi mereka tentunya. Padahal kadang orang lain ngerasa B aja, tapi kitanya yang mau tanya yang canggung banget. Asli, keadaan saat belajar online secanggung itu, beda sama kondisi kalau belajar tatap muka di sekolah. 


Alhasil, ujian dan tugas-tugas terasa berat. Mau kerja kelompok sama teman kadang gak selalu sreg juga kalau belajarnya lewat obrolan chat saja. Lalu tetep belajar sendiri karena bertanya orang tua pun belum tentu bisa apalagi kalau level udah tinggi misalnya SMP-SMA, orang tua yang bukan guru atau ahli akademik biasanya hanya sanggup menemani sampai level pelajaran SD hingga SMP. Akhirnya nilai akhir di rapot menurun. Sang guru dan orang tua pun memaklumi karena kondisi belajar online yang serba susah.


Nah, sebenarnya tidak melulu harus dimaklumi juga. Tapi sebagai pelajar dan orang tua dari pelajar yang harus berusaha mencari solusi yang efektif untuk meredam kesulitan belajar online. Setidaknya biar nilai tetap bertahan saja, tidak sampai menurun. Tidak apa-apa jika tidak meningkat, tapi kita harus tetap berusaha agar mempertahankan prestasi yang sudah ada sebelum pandemi. Coba kita telusur dulu penyebab sebelum menemukan solusi

Penyebab kesulitan belajar online:

1. Gadget : masalah gadget adalah masalah teknis belajar, dan ini memang baru bisa diatasi dengan gadget yang support. Hal ini memang jadi Pr bagi para orang tua untuk bisa memberikan gadget yang mumpuni, tapi tentu saja hal ini mungkin bisa diatasi, Tidak harus dengan gadget mahal, semampunya saja. Dengan membeli hp yang terjangkau atau hp second jika tidak memungkinkan. Namun tetap memberi pengertian pada anak agar mengerti kondisi ekonomi keluarga.

2. Internet: Masalah ini terkait dua hal yaitu koneksi internet dan kuota. Untuk koneksi internet pastikan orang tua memilih provider yang jaringannya bagus, tak sekedar murah saja kuotanya. Karena jika koneksi buruk tentu saja membuat anak jadi bad mood dan terganggu belajarnya. Hal ini bisa dengan mengkonsultasikan pada penjual kuota atau orang disekitar mana yang signalnya bagus untuk belajar online Dan kuota untuk saat ini bisa dicoba dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas kuota belajar gratis yang disediakan berbagai provider di Indonesia atau diberikan gratis oleh dinas pendidikan.

3. Tidak paham penjelasan secara online tapi malu / ribet kalau bertanya: Cara mengatasinya memang harus ada pendekatan antara orang tua dan anak. bagaimana orang tua memotivasi anak untuk berani bertanya, mengeluarkan uneg-uneg tentang bagian mana yang anak kesulitan untuk mengerti. Tapi kalau anak anda introvert, bisa deh coba klik bimbel untuk anak introvert ini.

4. tuntutan untuk harus segera bisa : Orang tua harus pandai melihat seberapa banyak tekanan mental anak pada saat itu, terutama yang mau Ujian nasional atau masuk perguruan tinggi, sehingga orang tua dapat bantu mengatur durasi waktu belajar. 

5. budget untuk keperluan belajar terbatas: Budget ini hampir sama dengan soal penyediaan gadget dari orang tua. harus ada hal yang dibicarakan antara orang tua dan anak, bicarakan tentang berapa budget yang dimiliki orang tua dan bagaimana anak bisa menerimanya. Kadang selain gadget anak juga meminta buku dan bimbel seperti teman-temannya juga kuota yang melimpah untuk belajar

6. mood swing

Pada point 3, 4, 5, 6 memang pada akhirnya berakibat pada poin 7 yaitu mood swing. Sehingga mood belajar turun drastis dan hasil ujianpun jadi buruk. Orang pastinya lebih tau bagaimana gaya belajar anaknya, bukan. apakah anak memiliki gaya belajar visual, kinestetik atau auditory. Nah mengetahui gaya belajar ini akan membuat orang tua tau bagaimana memperbaiki mood anak, dan itu sebisa mungkin dicegah terutama di jam-jam belajar dan jam ujian anak.


Roboguru dari Ruangguru

Roboguru adalah salah satu layanan dari ruangguru yang berbasis teknologi artificial intellegence.

Roboguru dari Ruangguru

Keunggulan Roboguru:

  1. teknologi AI yang memudahkan
  2. bisa bertanya pelajaran apa saja di berbagai level pendidikan
  3. gratis
  4. mendapatkan berbagai metode dari beragam sumber jawaban
  5. menjaga keharmonisan orang tua dan anak
kenapa harus membahas keunggulan duluan sih? Iya karena Roboguru ini sangat praktis dan tidak perlu banyak penjelasan deh. Mengatasi kesulitan belajar online Anak-anak cukup dengan diarahkan untuk mengajukan pertanyaan mereka melalui roboguru nanti akan ada ahli yang bisa bantu jawab, dan disertai tutorial mengerjakannya juga.

Roboguru untuk SMP

Berbagai jawaban Roboguru


Teknologi AI nya memudahkan anak cukup dengan mengarahkan pertanyaan ke layar maka teknologi AI Roboguru akan menterjemahkan itu menjadi sebuah pertanyaan dan akan dijawab tuntas baik oleh Roboguru ataupun pengguna Roboguru lainnya bisa ikut bantu jawab. itung-itung kita sambil latihan belajar juga dengan menbantu soal orang lain yang selevel. Enaknya lagi pertanyaan dan jawaban itu juga bisa disimak oleh pengguna Roboguru lainnya kan jadi seperti kerja kelompok lebih seru dan menyenangkan.

Berbagai Mata pelajaran di Roboguru


Roboguru juga memudahkan kita belajar sesuai level pendidikan kita, mau SD, SMP, SMA atau persiapan masuk perguruang tinggi, ada sendiri tempat tanya jawabnya. jangan khawatir bakal enggak nyambung deh. semenyenangkan itu belajar di Roboguru dan itu semua gratis. Kita hanya butuh membuat akun, memiliki fasilitas internet dan gadget saja. Yuk para orang tua dan adek-adek, jangan lagi malu bertanya di Roboguru. Setidaknya ini salah satu metode mudah yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar online.

No comments

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..