Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


Ruangguru, bimbel terbaik untuk anak introvert

anak introvert bagaimana kalau belajar di brain academy?


Pembicaraan saya dengan ibu-ibu lainnya selama pandemi tentu saja tak luput dari topik seputar pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimana kegiatan ini besar sekali pengaruhnya terhadap anak-anak kami sekarang. tak terkecuali untuk anak yang introvert. 

Introvert adalah sifat kepribadian dimana orang tersebut lebih fokus ke dalam perasaan internal dia sendiri, cenderung tidak ingin memiliki keterlibatan sosial sehingga orang introvert biasanya cenderung lebih pendiam dan menutup diri.

Bukankah PJJ ini akan lebih nyaman bagi mereka yang introvert karena tidak harus banyak bergaul? tidak juga. tidak banyak bergaul bukan berarti semua pelajaran jadi mudah dipahami, bukan? tetap saja bila penjelasan guru kurang nyantol, anak tetap akan kesulitan mengerjakan tugas. Jadi ketika saya akhirnya mengobrol dengan seorang teman, yang memiliki anak introvert dan sebentar lagi akan menghadapi kelulusan SMP, beliau menceritakan betapa sulitnya anaknya memahami pelajaran namun tidak mau bertanya karena anaknya introvert. beliau bercerita bahwa beliau pun sudah mendaftarkan bimbel online seperti orang kebanyakan, namun di bimbel online tetap saja kurang mengerti karena bimbelnya hanya menerapkan pola belajar satu arah, tidak bisa tanya jawab. Bertanya kepada teman sekelas pun tidak menjadi solusi karena teman sekelasnya belum tentu mengeri juga. Karakter anak kalau belajar online kan banyak yang tidak fokus karena kedistrak berbagai hal, jadi mau introvert atau ekstrovert kadang bisa aja sama-sama enggak ngerti terutama kalau pelajaran menghitung yang butuh konsentrasi tinggi.


Ketika orang tua memaksa anak untuk berani bertanya langsung ke gurunya, yang ada malah itu mengusik karakter anak yang pemalu ini sehingga malah membuat hubungan ibu dan anak jadi tidak harmonis. Keadaan pandemi dan harus PJJ ini terus terang memang sangat sulit dijalani, tak terkecuali bagi anakku sendiri yang karakternya ambivert. 

Brain Academy dari Ruangguru 

Sudah pernah dengan Brain Academy? ada yang sudah, ada yang belum. Tapi kalau Ruangguru jelas sudah tau donk ya, Bimbinganbelajar online terbaik di Indonesia ini sudah dikenal semua kalangan terutama selama pandemi ini dimana semua orang tua berbondong-bondong mencari bimbel online untuk anak-anaknya.


brain academy


Nah, Brain Academy adalah salah satu program yang ditawarkan ruangguru untuk dipilih, dan saya merekomendasikan ini untuk anak-anak yang ingin cepat faham dengan pelajaran karena bisa berinteraksi dengan tutor sehingga program ini cocok untuk semua tipe kepribadian anak termasuk yang introvert. Karena brain academy ini memiliki beberapa keunggulan:

  1. Harga bimbel brain academy lebih murah daripada kompetitor
  2. tersedia pilihan belajar tatap muka dengan tutor di kota-kota tertentu
  3. ada guru yang bisa diajak konsultasi (ini sangat membantu untuk yang introvert)
  4. fitur-fiturnya sangat memudahkan bagi anak dengan berbagai tipe kepribadian
  5. membantu orang tua yang kesulitan mengajari anak sehingga hubungan orang tua dan anak tetap harmonis
  6. ada laporan perkembangan belajar (Rapor) yang dikirimkan ke orang tua untuk melihat perkembangan anak meningkat atau menurun

fitur unggulan di brain academy

  • Kelas live interaktif dengan star master teacher
  • full modul belajar dikirim ke rumah
  • belajar via Hp atau laptop
  • kelas pengembangan soft skill
  • klinik Pr
  • paket bimbel sesuai kebutuhan (reguler, premium, elite)
Dengan brain academy, anak-anak yang pemalu sekalipun bisa belajar dengan sama baiknya dengan anak yang tidak pemalu. Layanan konsultasi dengan guru yang disediakan brain academy bisa jadi sarana pendekatan dengan anak introvert agar proses belajar menjadi lebih mudah. Dan serunya lagi, untuk kota-kota tertentu tersedia bimbel brain academy yang bisa tatap muka. Pastinya bimbel di kota-kota tersebut sudah memenuhi syarat prokes ketat sehingga bisa diadakan belajar tatap muka. 



Kehadiran brain academy ini seakan jadi angin segar ya, tatkala kasus pandemi ini semakin melonjak, dan orang tua sudah benar-benar mati gaya bagaimana membuat anak sekarang bisa sama bagusnya dengan anak-anak yang lulus di tahun sebelum terjadinya pandemi. Anak-anak dengan sifat introvert ini memang perlu cara yang membuat mereka nyaman bertanya tanpa harus jadi perhatian teman sekelas yang jumlahnya banyak dan tanpa terlihat mencolok. Memaksa anak introvert untuk jadi anak pemberani dan tidak pemalu bukanlah solusi, itu akan memaksanya melakukan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Kita sebagai orang tua hanya butuh mencarikannya solusi bimbel online yang membuatnya belajar nyaman. Kan di brain academy ada rapor yang bisa dilihat orang tua untuk memantau sejauh mana peningkatan anaknya.

Rapor dari brain academy untuk orang tua






Senengnya ketika beberapa waktu lalu aku kembali bertemu dengan temanku yang anaknya introvert banget tadi, Sang ibu bercerita bahwa anaknya didaftarkan ke salah satu program bimbel dari ruangguru ini. Dan si anak sekarang sudah berhasil masuk di salah satu SMA Negeri di kotaku. Menjalani fase ini memang sangat-sangat tidak mudah, namun beruntungnya kita di masa ini sudah dimampukan memiliki kemampuan untuk memiliki gadget sehingga bisa belajar secara online dan ada metode-metode yang bisa memahami kepribadian dan cara belajar anak.



6 comments

  1. Bener banget, Bun, aplikasi ini cocok untuk anak introvert yang pendiam, lebih suka main hp di rumah.

    ReplyDelete
  2. Bener, Bun, buat aku yang introvert malu mau tanya di grup, tapi tidak bertanya tidak paham. Akhirnya di ruang guru menemukan solusinya, bisa memahami sendiri tanpa bertanya lagi.

    ReplyDelete
  3. Ruang guru memang solusi di segala situasi deh, banyak banget fitur dan keunggulannya.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Cocok banget nih, Bun, ceritanya introvert memang seperti itu dan bisa menyebabkan ketertinggalan. Dengan adanya ruang guru ini sudah tertolong lah yaw.

    ReplyDelete
  6. Ruang guru memang the best, selain memiliki banyak keunggulan juga menguntungkan, penyelamat di segala situasi pokoknya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..