Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


Keanekaragaman Rempah Indonesia Mampu Penuhi Food Sufficient Global

Keanekaragaman rempah Indonesia
(source: pixabay)

Apa yang paling memikat dari Indonesia? wisatanya yang indah, orangnya yang ramah, atau kulinernya yang enak dan murah meriah? Sejauh-jauhnya warga negara Indonesia traveling atau merantau, pasti kangen dengan masakan Indonesia karena tiada duanya, bukan? Tentu tahu bukan keanekaragaman pangan di Indonesia membuat Indonesia pun kaya akan kuliner lezat yang terkenal di seluruh dunia. Hal inilah yang dulunya membuat Indonesia di jajah ratusan tahun, yaitu hasil rempah yang melimpah.

Keanekaragaman pangan lokal dari hutan

Bukan rahasia lagi, Rendang di nobatkan menjadi makanan paling enak di dunia. Darimana asalnya? Suku Minang, asli Indonesia. Ah rendang itu tidak cuma ada di Indonesia. Benar, saya menemukan rendang juga ada di Malaysia dan Singapura. Karena kita memang serumpun wajar saja kita memiliki kuliner serupa. Tapi saya pernah mencoba rendang di kedua negara tersebut, sepertinya memang ada khasnya masing-masing. Menurut saya pribadi, tetap saja warung nasi padang Indonesia tetap juaranya, entah bagaimana lidah saya sudah tertaut dengan rendang khas minang.  Ini baru salah satunya, lho.

Kuliner tradisional Indonesia memang sangat khas dan selalu dirindukan, sehingga WNI yang merantau pun tetap semangat berbelanja bahan masakan di Toko bahan makanan Asia ketika mereka tinggal di luar negeri agar tetap bisa memasak kuliner Indonesia disana. Bangga sekali menjadi warga negara Indonesia yang kaya akan bahan masakan yang lengkap dan resep-resep masakan yang lezat. Indonesia dahulu dijajah karena Indonesia memiliki rempah-rempah yang maha hebat. Apalagi di masa pandemi seperti ini, rempah tak sekedar untuk kuliner tapi juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan. Darimana lagi asal rempah-rempah tersebut kalau bukan dari hutan Indonesia. 


Keanekaragaman pangan lokal yang paling terkenal di Indonesia yang menggunakan rempah antara lain

  1. Rendang dan Sate Padang
  2. Soto Banjar 
  3. Bubur Kacang Ijo
  4. Sop Konro Makassar
  5. Kue Nastar Cengkeh, dll

Sate padang yang kaya rempah
(Source: dokpri)


Kalau berbicara kuliner enak dari Indonesia yang menggunakan rempah, daftar di atas tidak ada apa-apanya. Ada ratusan atau mungkin ribuan jenis masakan tradisional Indonesia lainnya yang memiliki kesamaan bumbu yaitu menggunakan bahan rempah misalnya kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, kemiri, dsb.

Rempah Indonesia Penuhi Food Sufficient Global

Berbicara mengenai Food sufficient tentu ada kaitannya dengan ketahanan pangan. Karena 3 hal yang menjadi penyusun ketahanan pangan adalah food quality, food safety, dan food sufficient. Food Sufficient adalah ketersediaan bahan pangan. Jadi yang kita bicarakan dalam kuliner bukan sekedar enak dan kenyang melainkan juga harus aman (alami), berkualitas, dan tersedia dalam jangka panjang untuk sampai ke anak cucu kita nanti. 

Rempah Indonesia tak sekedar untuk kuliner, melainkan juga banyak digunakan untuk kosmetik dan obat-obatan. Bahkan para ilmuwan diberbagai belahan dunia telah banyak melakukan riset untuk menjadikan rempah bisa menjadi bahan baku energi terbarukan seperti biodiesel atau produk bio lainnya. Tak ayal, rempah Indonesia yang melimpah akhirnya menjadi komoditi ekspor yang luar biasa untuk berbagai negara di dunia. Berdasarkan data dari Food and Agriculture Organization (FAO), disebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat pertama produsen vanili dan cengkeh dunia serta menduduki peringkat ke-2 produsen lada dan pala dunia di tahun 2014 (FAOStat, 2016).


sumber: http://bppp.kemendag.go.id/

Beberapa informasi terbaru mengenai rempah Indonesia:

  • Eksportir pala terbesar di dunia, 40% kebutuhan global di tahun 2020 (sumber: www.bpkm.go.id)
  • Eksportir kayu manis terbesar di dunia, hampir 85% kebutuhan dunia di tahun 2020 (sumber: Kemendag)
  • Ekspor kapulaga di Sumut meningkat sebanyak 54,2% tahun 2020 jika dibandingkan dengan ekspor tahun 2019 ke negara-negara Asia (sumber: http://karantina.pertanian.go.id)
  • Eksportir lada urutan ke-2 untuk pasar dunia pada tahun 2021 (sumber: https://ekbis.sindonews.com)
  • Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sejumlah produk bumbu masakan khas Indonesia mampu menembus pasar ekspor dengan nilai US$2 miliar atau Rp29 triliun pada 2024. (bisnis.com)

Bangga ya melihat angka-angka ekspor tersebut, karena ternyata selain mengekspor rempah ternyata Indonesia pun mengekspor bumbu-bumbu masakan khas Indonesia. Dengan menjaga hutan Indonesia sebagai sumber dari rempah-rempah tersebut, tak lupa juga masyarakat Indonesia menjaga resep masakannya secara turun menurun. Lidah tidak akan bisa berdusta, bahwa keaneka ragaman pangan Indonesia ini yang mengikat para penduduknya betah tinggal di Indonesia dan juga memikat siapa saja diberbagai belahan dunia.

Cara berpartisipasi  menjaga dan melindungi hutan

Indonesia bikin bangga dengan kekayaan rempah dari hutan Indonesia dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan rempah dunia. Maka menjaga dan melindungi hutan Indonesia, sama artinya kita meningkatkan perekonomian negara, sama halnya dengan menjaga paru-paru dunia, kita juga turut mencegah terjadinya bencana alam akibat rusaknya ekosistem hutan, dan sama pula artinya dengan kita menjaga dan melindungi fauna Indonesia. Kenapa? karena fauna-fauna itu makannya dari tanaman hutan. Dengan menjaga hutan secara otomatis kita menjaga dan melindungi flora Indonesia juga, flora yang dihasilkan bermanfaat untuk kebutuhan hidup manusia dan fauna-fauna hutan. Dengan terjaganya ekosistem hutan, maka kita juga mencegah zoonosis yang diakibatkan oleh hewan hutan yang masuk ke lingkungan tinggal manusia. Ah, betapa Indahnya kalau kita sebagai manusia bisa terus hidup berdampingan dengan alam ya.


Tapi seperti yang kita tau, di Indonesia kebakaran hutan dan lahan masih terus terjadi. Alih fungsi hutan seperti sulit di hindari. Jumlah pohon-pohon di hutan terus berkurang secara signifikan. Maka untuk dapat tetap menjaga keanekaragaman rempah Indonesia agar tetap mampu memenuhi food sufficient global, kita sebagai bagian dari warga negara Indonesia harus melakukan sesuatu. meskipun dirasa kecil namun dampaknya sangat besar jika kita lakukan beramai-ramai.


Beberapa cara mudah yang bisa lakukan untuk berpartisipasi menjaga dan lindungi hutan antara lain:

  1. Mengurangi sampah dan pencemaran lingkungan
  2. Berwisata alam tanpa merusak alam
  3. Menggunakan produk-produk lokal hasil-hasil dari hutan
  4. Adopsi pohon dan menanam pohon
  5. Melestarikan budaya artinya ikut menjaga lingkungan
  6. berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian hutan (seperti hari bumi, hari lingkungan hidup, dll)
  7. Turut andil pada kampanye cegah kebakaran hutan dan lahan di lingkungan sekitar
  8. Berdonasi pada gerakan-gerakan pelestarian hutan, dsb


Siapa saja bisa turut berpartisipasi dalam menjaga dan melindungi hutan Indonesia, tak terkecuali warga negara asing sekalipun. Jika memiliki keterbatasan gerak namun memiliki kepedulian yang besar, maka kita bisa mengambil beberapa langkah yang mudah saja dengan mengganti gaya hidup dengan gaya yang lebih ramah lingkungan. Misalnya mengurangi sampah, menggunakan produk lokal hasil hutan, berdonasi pada kegiatan pelestarian hutan dan kampanye kepada orang-orang disekitar agar turut mencegah karhutla.

Apabila memiliki banyak kesempatan untuk turut andil, maka bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang menjaga dan melindungi hutan Indonesia. Turun langsung ke arena adalah salah satu cara paling efektif menyalurkan kepedulian terhadap hutan Indonesia.


Menghadapi pandemi yang belum usai, menjadi salah satu cara kita untuk banyak berkegiatan di rumah. Apabila hobi memasak, jangan lupa untuk bergumul dengan berbagai rempah Indonesia yang memanjakan lidah bagi siapa saja yang memakannya. Semakin banyak kita menggunakan rempah, maka kelestarian hutan pun akan terus terjaga. Jika hobi berkebun, maka jangan lupa menanam pohon ya dan ajak orang lain untuk turut menanam pohon juga. Tak lupa untuk terus menghemat energi dengan menggunakan air, kertas, bbm dan listrik secara bijak. Ajarkan pada semua anak cucu generasi selanjutnya bahwa kita bangga menjadi warga negara Indonesia yang kaya akan rempah dan hasil hutan yang mampu memenuhi kebutuhan manusia seluruh dunia. Wajib bagi semua generasi menjaga dan melindungi hutan Indonesia. Bukan tidak mungkin, dengan menjaga food sufficient dari hutan Indonesia, kelak Indonesia bisa menjadi eksportir nomer satu di dunia untuk seluruh jenis rempah-rempah hasil hutan.

34 comments

  1. Merasa beruntung karena lagir di Indonesia, karena makanannya enak-enak salah satunya RENDANG.

    ReplyDelete
  2. terus terang makana yg kaya rempah malah aku kurang suka. makanya aku suka makanan chinese food, rasanya malah bikin eneg. waktu aku jalan2 ke padang. susah cari makana yang bukan asli sana. pas ketemu mie ayam senangnya

    ReplyDelete
  3. Indonesia istimewaaaaa


    Aku juga demen bgt aneka menu dgn bumbu melimpah gini mba

    Rasanya semangat makan jadi merokettt

    ReplyDelete
  4. saya termasuk penggemar minuman jahe dan makanan yang menggunakan rempah-rempah mba.. Apalagi klo di medan, hampir semua masakan ada unsur rempah-rempah.. mhmmmm sedapnya

    Pengalaman waktu tugas luar, makanan di LN ternyata gak seenak indonesia hehhee

    ReplyDelete
  5. Aku pikir tadi sepeutar tentang Motor. Setelah ku baca isinya baru paham. Hehehe.
    Memang,kekayaan alam ini jelas harus di jaga sebagai warisan untuk anak cucu kelak. Apalagi di negeri kita ini penghasil rempah, yang kita tahu sebagai bumbu untuk menyedapkan berbagai aneka kuliner sebagai penarik wisatawan.

    ReplyDelete
  6. Bangga banget jadi warga negara Indonesia yang memikiki rempah-rempah luar biasa. Duh jadi terharu pengen nangis, negara kaya begini kenapa masyarakatnya banyak yang... Ah sudahlah TT

    ReplyDelete
  7. Indonesia itu emang luar biasa banget ya, Mbak. Ga nyesel sih aku lahir sebagai orang Indonesia, dari kecil udah kenal aneka rasa rempah. Bahkan gara-gara rempah-rempah aja negara kita sampai dijajah dulu ya.

    ReplyDelete
  8. Mbangga sama Indonesiaa, mbangga sama kuliner yang kaya akan rempaah, aku suka banget mempunyai cita rasa khas tersendiri di lidah. Sebagai pecinta Indonesian food yang sukanya tradisional pokonya semua suka deh, konro, padang, sate, gudeg, dll.Ataupun minumannya seperti wedang jahe, wedang uwuh dll. Maknyooss.
    Jadi kapan kita wisata kulineran nih Maak?

    ReplyDelete
  9. Rempah-rempah Indonesia itu emang top banget ya.. Jadi gak heran kalo kulinernya pun keragamannya luar biasa..

    ReplyDelete
  10. Rendang, sate padang, itu favorit aku mba soalnya lidah Sumatera ku selalu nagih dengan kedua makanan tersebut. Bangga banget jadi orang Indonesia banyak banget menu-menu khas dari masing-masing daerah

    ReplyDelete
  11. Sebetulnya kalau lihat sejarah, Indonesia diperebutkan oleh negara-negara lain, Indonesia sejak dulu dikenal karena aneka hasil rempahnya. Semoga kita mampu melestarikan, memanfaatkan dan swasembada rempah lagi ya mbak

    ReplyDelete
  12. Rempah2 di Indonesia emang daya tarik, sampai bangsa2 Eropa rebutan menjajah kita hehe
    Ternyata org awam seperti kita pun dapat berpartisipasi menjaga hutan dengan melakukan hal2 sederhana yang bisa semaksimal mungkin kita lakukan ya mbak, salah satunya dimulai dari lingkungan kita sendiri TFS

    ReplyDelete
  13. indonesia memang keren banget mbak ruli. semua ada disini.apalagi rempahnya. engga mengherankan jika dulu kompeni menjajah negeri ini krn rempah. btw, aku jadi pingin rendang juga

    ReplyDelete
  14. Bangga banget dengan pencapaian Indonesia.
    Tapi rempah memang dari dulu andalan bangsa ini kan yaa..menjadi komoditi eksport yang paling diminati oleh seluruh bangsa-bangsa di dunia.

    Makanya, masakan Indonesia ini paling yummiii yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu lahap kalau makan makanan khas Indonesia.
      Kulinernya terkenal dari dulu...masaknya rumit dan bumbunya sangat kompleks.
      Membutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk menciptakan cita rasa Indonesia yang sesungguhnya.

      Delete
  15. Keanekaragaman rempah Indonesia sangat luar biasa. Bahkan karena rempah pula dijajah ratusan tahun. Tapi tak perlu ingat itu. Cukup nikmati aneka makanan khas berempah yang selalu membuat lidah bergoyang dan tubuh makin sehat

    ReplyDelete
  16. emang ciri khas bangsa Indonesia, hampir semua kulinernya menggunakan bahan rempah2an. Bahkan sejak era kolonial dulu, belanda pun mencuri rempah2 dari negeri kita

    ReplyDelete
  17. Aku dan suami suka satepadaaaang...😍😍
    Indonesia berjuta keindahan. Makanannya, alamnya.. semua2nyaa. Cinta banget aku. Alhamdulillah bisa lahir di sini karena cocok banget. Mungkin klo aku lahir di LN bakal nggak kuat dingin 😆😆 qadr Allah di Indonesia udah ternyaman ya mbaa. Siaap insya Allah melindungi hutan. .

    ReplyDelete
  18. Rempah-rempah Indonesia memang juara. Saya pun suka kalau makanan ada rempahnya. Menambah nafsu makan karena wanginya enak

    ReplyDelete
  19. Setuju, makanan indonesia yang kaya rempah emang nggak ada tandingannya di dunia. Sayang kalau hal ini nggak diikuti kesadaran untuk melestarikan tanaman2 itu, termasuk ekosistem pendukungnya.

    ReplyDelete
  20. Setuju banget mbak. Untuk rendang dan sate padang itu mau makan tiap hari juga kok kayanya gk ada bosannya akutu. Memang rempahnya itu bikin nagih dan hebatnya orang Indonesia jago banget mix and match rempah jadi hidangan yang enaaak

    ReplyDelete
  21. Daya pikat rempah sudah Ada jaman dahulu. Bangsa portugis datang ke Indonesia.

    ReplyDelete
  22. Indonesia memang kaya banget ya, hasil hutan yang melimpah apalagi diolah menjadi kuliner yang lezat seperti sagu

    ReplyDelete
  23. Kalau ngomongibn keanekaragaman pangan lokal gak akan ada habisnya ya mbak apalagi Indonesia punya banyak banget aneka kuliner yang pakai rempah, enak semua.
    Kalau mamaku nanam bumbu dapur sendiri nih di rumah, ini juga sebagai salah satu cara menjaga keanekaragaman tanaman ya

    ReplyDelete
  24. Hmmm kalo aku masak bubur kacang ijo, gak banyak bumbu atau rempah, beda saat masak Rendang, duh kalo didaftarkan bisa satu halaman buku bumbunya, hehehe. Bubur mah, direbus ajadikasih susu udah enak, gakperlu pakai santan, hehehehe

    ReplyDelete
  25. Rempah Indonesia banyak banget variannya Dan cuma Indonesia Aja yg mungkin terlengkap di dunia...

    Dan herannya jika dipadu padan bakalan menghasilkan makanan yg lezat banget

    ReplyDelete
  26. Rempah-rempah Indonesia itu juara deh mbak, aku yang pernah kerja di luar negeri masakan orang China terutama minim banget rempahnya.

    ReplyDelete
  27. Indonesia emang kaya dengan anekaragam ya, jadi kangen deh dengan sate Padang dan rendang, asli makanan enak deh

    ReplyDelete
  28. Jangankan rendang yang super kaya dengan rasa rempah Indonesia, dulu sepulang dari luar negeri saya kangen banget loh mba sama sambel tempe hehee.. sesederhana itu kebahagiaan orang Indonesia dalam menikmati kekayaan bahan pangannya.

    Bangga banget jadi rakyat Indonesia yang kekayaan rempahnya sampai mengundang para penakluk dunia datang ke negara kita. Yah walaupun menyebabkan penjajahan beratus-ratus tahun yang lalu, tetap saja pesona tanah air kita sudah diakui dunia dari jaman nenek moyang.

    ReplyDelete
  29. Suka banget sama makanan berempah khas Indonesia apalagi rendang dan sate padang haha. Mungkin belum banyak kontribusiku buat melindungi hutan, tapi aku lagi berusaha banget untuk pakai produk-produk lokal hasil hutan kita. Walau hanya gerakan kecil, itu buat aku sebuah pencapaian sih.

    ReplyDelete
  30. Rendang... enak sekali dan berempah. ciri khasnya di situ. Rendang di Jawa meski ada rempahnya tapi ga kuat.
    AH, kuliner Indonesia itu luar biasa banyaknya dan membantu kita tetap sehat dengan imunitas terjaga benar.

    ReplyDelete
  31. rempah Indonesia yang luar biasa ya mak
    kalau ga pake rempahan masak itu kayaknya ada yang kurang emang
    duh sate padang yang kukangeni di sini ga ada yang jualll makkk

    ReplyDelete
  32. Rempah indonesia emg luar biasa ya mba. Makanya dulu kita direbutin.. Soal rasa memang tak boong. Haha. Btw, malam2 bahas makanan gitu jd laperrr

    ReplyDelete
  33. Cita rasa masakan Indonesia memang enak. Kekayaan bumbu dan rempah tentu saja yang jadi penyebabnya. Pernah makan masakan jepang yang otentik, menurut saya rasanya sederhana, hihi. Beda dengan masakan Indonesia yang kaya cita rasa. Memang karena beda alam juga ya, bumbu di Jepang tidak seberagam di Indonesia

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..