Coba Bohemian style, Fashion simpel untuk Acara Semi Formal

Penari Gipsi

 Bohemian Style, tampilan ala etnik kaum gipsi 

yang makin digemari fashion dunia


Assalamualaikum
Pernah dengar tentang Bohemian style atau gaya Bohemian? oke mungkin jarang. Apa itu Bohemian style? Bagaimana dengan kaum gipsy? mungkin anak tahun 90-an tau gipsy di telenovela dulu ya, itu sih aku yang memang generasi 90-an dan ada satu telenovela yang mengusung konsep percintaan antara kaum gipsy yang menganut gaya Bohemian dan orang kaya yang modern. Uniknya memang gaya Bohemian ini ternyata tak lekang oleh waktu ya. Bohemian style masih eksis hingga hari ini bahkan kerap dipakai oleh para selebriti dunia. Mari kita kenali lebih dalam.

Apa itu Bohemian Style?

 "bohemian" dalam bahasa Inggris pertama kali tercatat pada abad ke-19 untuk mendeskripsikan gaya hidup artis, penulis, jurnalis, musisi dan aktor di kota-kota besar Eropa yang termarginalisasi dan miskin. Gaya hidup ini dikaitkan dengan sudut pandang politik atau sosial yang tidak lazim atau bertentangan dengan gagasan politik, ekonomi dan sosial yang sudah ada. (Wikipedia)

Tapi saat Bohemian tak lagi di artikan sebagai kaun dengan ekonomis sosial rendah seperti kaum gipsy dalam telenovela tersebut. Sekarang seiring dengan meratanya perlakuan terhadap seluruh masyarakat maka tidak ada lagi kaum gipsy tersebut. yang tertinggal hanyalah style dan gaya berpakaian mereka.
Gaya gipsy dulunya identik dengan gaya nyentrik dan kehidupan yang tidak ingin menetap. Kemudian pada era modern Bohemian di adaptasi menjadi sebutan bagi orang-orang dengan gaya nyentrik, tidak suka terikat dan menetap. sehingga banyak di sebutkan untuk orang yang suka petualangan dan berkelana dan di sebut kaum Bohemianisme.

Bohemian adalah orang yang hidup bebas seperti kebanyakan seniman; orang yang hidup mengembara dan tidak teratur serta tidak memikirkan masa depannya (KBBI)

Meskipun jadul namun tetap unik dan artistik dan sering terulang kembali karena diminati dalam dunia fashion sehingga memunculkan tema "Bohemian style". Saat ini Bohemian style sering di sebut "Boho Chic". Mungkin kita sering melihat gaya Boho ini pada event tahunan yang tersohor dunia yang disebut "Coachella Valley Music and Arts Festival" di Coachella valley - Amerika serikat. Nah sosialita Indonesia sering tuh ikutan event tersebut dan menggunakan gaya Boho chic ini.

Mau coba Bohemian Style?

Jadi tuh, Bohemian style yang katanya etnik itu identik dengan baju bercorak dengan warna-warna tanah seperti cokelat, baju long dress atau mini dress dengan motif bunga, hewan ataupun etnik. Juga sepatu boots berbahan suede atau sandal gladiator. Dipadukan dengan tas bermotif etnik juga. kita tidak harus jadi sosialita dulu kok untuk mencoba style ini. Bohemian style ini sangat cocok untuk acara semi formal seperti Penikahan, ulang tahun, lebaran bahkan work form home yang sedang banyak dilakukan saat ini.


Dengan model rambut ala-ala gipsy seperti di foto ini atau kalau berhijab bisa memakai hijab dengan warna natural senada, kita sudah bisa klik dengan Bohemian style. tinggal mencari aksesoris senada. Jika berhijab better memakai hijab berwarna polos.



Maxi Dress

Maxi dress yang satu ini juga cocok dipadukan dengan aksesoris motif etnik. Motif dan design-nya yang cenderung jadul menambah kesan bohemian pada maxi dress yang satu ini. 



Boho dress dan Maxi dress pada gambar ini bisa di dapatkan secara online di Kis.net pas banget kan di musim pandemi begini kita belanjanya online saja. Dan menariknya lagi, kita bisa menggunakan paypal untuk pembayarannya. Anyway, Bohemian dress sih tidak selalu berupa longdress begini, ada juga mini dress atau berupa outwear dengan aksen bulu-bulu. Biasanya masih bisa dipadukan dengan topi koboi atau tas yang berbahan kulit.


Kalau di lihat-lihat sih, Boho style ini kalau menggunakan baju bermotif agak-agak mirip dengan daster batik ya, hahaha... hanya ya terlihat beda saja, dengan aksesorisnya tersebut. dan motifnya tidak seperti batik, cenderung motif-motif apa saja asal bermotif dan tampilannya memang terlihat semi formal ketimbang daster rumahan.

Buat kalian yang sedang mencari inspirasi untuk acara-acara semi formal, bisa mencoba style ini ya. Semoga penampilan kalian bisa makin chic dan menarik.

5 comments :

  1. Boho dress ya ternyata namanya. unik modelnya XD. ternyata asal-usul bohemian style dari sebuah tampilan etnik kaum gipsi ya

    ReplyDelete
  2. Gaya bohemian asyik buat dilihat . Beda sama gaya lainnya. Apa karena gaya bohemian bebas memadupadankan dengan gaya lain ya. Saya suka lihatnya tapi nggak pede makenya.

    ReplyDelete
  3. Jadi keingetnya bohemian rhapsody lagunya queen. Kalo bohemian style hihi aku baru ngeh aja begitu baca di blog ini. Good information jelas!

    ReplyDelete
  4. Kalau ngomongin orang gipsy jadi ingat telenovela Cassandra pas masih sd dulu. Hihi

    ReplyDelete
  5. ini para traveler juga suka pake gaya bohemian. cantik gitu pas di foto. terus juga kaya ekspresif gitu. aku paling suka bohemian dress, tapi kalau belum turun 5kg ya belum PD makenya buat liburan. wkwkwkwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..