Mengajari anak coding dan membuat robot AI sendiri dengan Cubroid Artibo AI Robot

Coding for kids dan Membuat Robot sendiri
(Cubroid.com)

Coding, untuk orang dewasa yang tidak bekerja atau belajar di dunia komputer, Coding terasa rumit dan mengerikan. Tapi sekarang justru ada Coding for kids? Secanggih itu anak jaman sekarang. Kali ini aku mau membahas sebuah Robot toys dari Cubroid yang ternyata semudah dan seseru itu buat anak-anak.

Apa itu Coding?

Coding yaitu menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk sebuah program. Program disini bisa disebut juga aplikasi. (Bodoystudio.com)

Singkatnya Coding adalah bahasa pemrograman dalam komputer. Nah, biasanya ini dipelajari orang-orang yang berkutat di dunia informatika, komputer, baik dalam belajar ataupun dalam bekerja.
Ketika aku kuliah, dulu aku mempelajari ini juga meski tak banyak. Mata kuliahnya bernama komputasi numerik. Well, aku hanya mendapat nilai B dengan tingkat kerumitan yang menurutku luar biasa. Dari situ aku belajar, pemrograman ini tidaklah mudah. Minus mataku bisa langsung makin banyak jika aku bermain-main dengan kode ini, pikirku saat itu. 

Tapi dengan banyaknya orang mahir meng-coding, tutorial pun banyak, sedikit-sedikit coding berubah wujud menjadi sesuatu yang lebih friendly dan asik, bahkan untuk anak-anak. Ada banyak sekarang anak-anak pintar coding. Tentu dalam skala kecerdasan anak juga. 

Memperkenalkan CUBROID ARTIBO AI Coding Robot


AI robotics dari Cubroid ini memfasilitasi anak belajar coding dengan mudah lalu coding yang mereka buat menghasilkan sebuah robot toys yang asik, bisa bersuara, menganali emosi manusia dan tampak seperti teman bermain dengan coding yang mereka buat sendiri melalui tutorial yang mudah dilakukan anak-anak.



ARTIBO bukan sekedar robot biasa, dia adalah AI Robot yaitu Robot dengan Artificial Intelligence (AI) robot yang pintar, cute, dan di design dengan teknologi terbaru. Yang ketika di coding oleh anak-anak akan berubah menjadi robot yang sesuai dengan imajinasi anak. Tentu saja pada akhirnya anak akan merasa bangga memiliki robot hasil codingnya sendiri.

Keunggulan Robot AI Artibo


Tak sekedar robot biasa yang seperti toko mainan, Artibo  AI Coding robot ini memiliki kemampuan:

  1. Bergerak : ke kanan kiri, maju dan mundur
  2. Memainkan Sound dan Musik
  3. Mengekspresikan perasaan/emosi
  4. Berbicara dalam 13 bahasa (speech recognition)
  5. Mengenali Image/text/benda (image recognition)
Untuk poin 4 dan 5 ini surprise sekali ya sepertinya tidak ada dalam robot mainan anak biasanya. Karena Artibo dilengkapi dengan camera digital dan microphone untuk berbicara.

Untuk image recognition, Artibo bisa mengenali objek dan menyebutkan namanya, Artibo juga bisa mengenali tokoh-tokoh terkenal lho. Karena apa? Karena Artibo dilengkapi dengan camera digital super canggih. Bahkan bisa mendeteksi wajah dan membandingkan, mengenali teks tulisan dan menjabarkannya.

Speech recognition in 13 languages
(Cubroid.com)

Artibo juga punya skill speech recognition sehingga bisa menjawab jika di ajak bicara dalam berbagai bahasa. Bisa men-translate juga misalnya saja ketika kita bicara bahasa inggris, Artibo menjawab dalam bahasa Mandarin atau bahasa Perancis, dan berbagai bahasa lainnya. Tentu saja bagi anak ini juga akan melatih kemampuannya berbahasa. 

CUBROID Artibo AI coding robot Untuk anak berusia berapa?


Dikarenakan Artibo mengajak anak bermain pemrograman, maka Artibo disarankan untuk anak berusia 10 tahun atau diatasnya. Pas banget untuk anakku Qori yang berusia 10 tahun. Permainan untuk anak usia pra remaja memang susah-susah gampang nyarinya karena mereka tak lagi anak kecil dengan mainan yang hanya menyenangkan tapi juga harus lebih menantang dan banyak berpikir. Dan artibo AI robot ini sepertinya faham dengan memfasilitasinya.

Kebayang gak sih ketika anak mampu membuat robot AI sendiri dengan coding, itu akan sangat menyenangkan dan tantangan keren. Anakku saja ketika berhasil men-design sesuatu dengan bagus, senangnya luar biasa apalagi ini berwujud Robot AI dengan kecerdasan yang mantap. Asiknya lagi kan karena robot toys ini bisa dimainkan oleh anak perempuan dan laki-laki, semua bisa main Coding for kids dan semua anak mampu membuat robot AI.


Bagaimana mendapatkannya Artibo AI robot?


Oh yeah, tentu saja. Sebagai orang tua yang paling bikin aku penasaran banget dimana aku bisa mendapatkan mainan edukasi secanggih ini. See, buat yang belum punya anak, ini juga mainan canggih bisa dijadikan kado buat keponakan, kerabat, murid, atau siapa saja. 

Artibo AI robot ini bisa dipesan langsung melalui www.Cubroid.com dan produk Artibo ini sudah dikirim ke 46 negara. Artinya anak-anak di berbagai belahan dunia telah mencobanya. Maka saatnya anak-anak Indonesia juga mencoba. Mainan ini bahkan sangat disarankan untuk anak oleh tokoh dunia Mark Zuckerberg dan Steve Jobs agar anak-anak mampu membuat Coding dan menciptakan robot AI sendiri dengan imajinasinya.

Harga robot AI ini tentu saja sesuai dengan skillnya yaitu seharga $399.00 

Kalau aku pastinya harus menabung dulu untuk bisa membeli ini, tapi mainan yang satu ini worth to try, jadi pantaslah di perjuangkan untuk memilikinya. 




10 comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. wah , kalau aku untuk ngajarin gak bisa, rumit sepertinya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..