Di Halodoc, ada 163 layanan PCR test di Jabodetabek

Cara Mudah Mencari Lokasi PCR test di Jakarta




Assalamualaikum,


Capek gak sih bahas wabah penyakit yang satu ini? Bukan cuma capek bahasnya, tapi lelah jiwa raga menjalaninya, ibarat iman bisa naik turun begitu juga dengan kekuatan kita menjalani protokol kesehatannya. Hampir semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia terkena dampaknya. Oke, kali ini aku gak akan bahas korbannya, akibatnya, kita akan bahas sesuatu yang lebih real dan membantu. Yaitu tentang dimana kita bisa mencari lokasi PCR test jika memang harus menjalaninya.
Topik yang dibahas kini bukan sekedar apa itu istilah OTG (orang tanpa gejala) atau terkonfirmasi positif atau non reaktif dsb. Masyarakat seakan sudah khatam dengan istilah itu sampai-sampai tak perlu dijelaskan lagi. Juga tentang protokol kesehatan, semua uda hapal di luar kepala. Stay at home pun sudah gak disuruh-suruh lagi sudah paham sendiri.

Masing-masing dari kita seakan sibuk dengan perjuangan di peluh terakhir. Salah satunya adalah dengan segera memeriksakan diri jika terpapar, kontak erat dengan pasien positif atau bergejala. Dua cara yang kita tau adalah dengan rapid test dan tes swab PCR.

Pada awal kemunculannya Corona di Indonesia, rapid tes aja rasanya mahal banget apalagi swab. Tapi semakin kesini, makin banyak penyedia jasa rapid dan PCR test ini karena itu harganya jadi lebih bersaing dan bisa terjangkau. Rapid test dan Swab PCR tentu berbeda kan ya walau keduanya sama-sama untuk membantu orang untuk melihat tanda-tanda corona dalam diri. Aku perjelas aja sedikit kali ya, biar jadi pelengkap informasi. 


1. Apa yang diperiksa?

Rapid test: sampel darah dengan tusuk jari atau darah dari vena
Swab-PCR: sampel dari rongga nasofaring dan atau orofarings

2. Apa tujuan test?

Rapid test: Mendeteksi antibodi yang ada dalam tubuh ketika ada infeksi virus
Swab-PCR: Mendeteksi DNA virus untuk melihat sesorang positif/negatif SARS-Co-2

3. Bagaimana prosedur dan waktunya?

Rapid test: Sederhana dan lebih cepat
Swab-PCR: Lebih rumit dan memakan waktu

4. Apa hasil yang didapat?

Rapid test: reaktif atau non reaktif
Swab-PCR: positif atau negatif

Rapid tes itu mirip seperti kita tes darah biasanya kalau cek kolesterol atau gula darah, yaitu dengan tusuk jari. Simple kan yah. Makanya sudah banyak sekali penyedia jasa rapid tes dimana-mana. 

Swab-PCR adalah dua kata berbeda. Swab itu mewakili metode pengambilan sampelnya yaitu dengan cara mengusap (swab) pada nasofaring atau orafarings menggunakan alat khusus seperti cotton bud. Sedangkan PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction. PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Uji ini akan  didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2. 

Namun seiring dengan banyaknya OTG dan keakuratan hasil, selain melakukan rapid test, sekarang orang-orang juga banyak berburu lokasi tes swab PCR mandiri ke tempat layanan kesehatan terdekat. 

163 Layanan PCR test tersedia di Halodoc


Ketika aku mencari dimana saja lokasi tes swab PCR di Jakarta aku kaget juga ternyata di Halodoc tersedia 163 layanan di seluruh penjuru Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) baik klinik ataupun RS. PCR test di halodoc menurutku sangat memudahkan orang yang banyak pertimbangan ketika mau tes swab PCR. Misalnya pertimbangan harga, jarak, lokasi, dan kecepatan hasil.

Ketimbang bertanya satu persatu ke setiap klinik atau RS, prefer ke halodoc karena setiap layanan PCR test sudah tertera lengkap keterangannya. Malah kadang ada satu RS yang menyediakan berbagai layanan, misalnya ada yang dalam RS ada yang drive thru sekaligus, tinggal pilih mau yang mana. Sebagai contoh aku kasih gambar dibawah ini.


Contoh Perbandingan PCR swab test di RS Husada Jakarta vs Rs Mayapada Jaksel di Halodoc

Perbedaan bisa terlihat pada lokasi pelaksanaan di dalam RS atau drive thru, hasil tes 1 dan 3 hari kerja, harga juga beda selisih Rp300.000. Bagus yang mana? Tentu saja itu pilihan masing-masing sesuai jarak, dana, dan butuh hasil berapa hari.

Dan selain yang aku bandingkan diatas ada 161 layanan lainnya, kan total layanan di halodoc ada 163. Aku pastikan kalian bisa dapat layanan yang sesuai kebutuhan. Selain harga, pasti soal lokasi jauh dekat juga jadi petimbangan karena itu menentukan seberapa kita akan berkontak dengan dunia luar selama perjalanan. Di halodoc juga ada PCR swab test yang home care, lho. Jadi enggak perlu kemana-kemana, silakan langsung ke halodoc ya. 

Pada dasarnya, kita tidak sedang menunggu giliran untuk kena Covid-19 ya. Jangan pasrah, jangan menyerah, jangan menunggu giliran tapi cegahlah sejak dini. Pentingnya mengetahui titik layanan PCR swab test sejak awal adalah salah satu upaya kita menjaga diri dan keluarga kita untuk antisipasi jika suatu waktu diperlukan.

26 comments :

  1. Aku tuh awalnya kirain tes rapid kek swap tes juga, taunya kek cuma tes kolesterol gitu kan, mudah banget sih dan cepet aja aku rasa juga ini tes nya sih. Simple banget, jadi jangan takut buat tes beginian kalau mau bepergian.

    ReplyDelete
  2. lokasi PCR test Swab di Jakarta banyak sekali ya ... saya di Bandung belum begitu mengetahui apakah sebanyak Jakarta juga atau tidak :)

    ReplyDelete
  3. Di era insudtri 4.0 ini bener-bener memudahkan ya mba
    Salah satunya dg munculnya Aplikasi Halodoc yang memudahkan kita mendapat layanan kesehatan disaat pandemi

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ikut Rapid atau Swab-PCR. Semoga gak usah ya. Sekarang Alhamdulillah sudah banyak tempat tes. Pas memang butuh entah buat bepergian karena pekerjaan, jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  5. capek mbak aku juga tapi gimana ya kita harus terus berjuang semoga semuanya cepat kembali normal. Untuk CPR test swab ini lebih akurat ya dibanding rapid test biasa. Aku takut nih mbak belum pernah juga ikutan, tapi bagus ya di Halodoc bisa lihat lokasi tempat PCR bisa dilakukan

    ReplyDelete
  6. Untunglah sekarang sudah lebih dipermudah untuk melakukan test baik rapid mau pun swab yah. Inget ketika awal-awal vrusnya merebak kayaknya susaaah dan eksklusif banget untuk mengikuti test ini. Semoga sehat terus semuanya yaaah

    ReplyDelete
  7. Makasih loh mbak infonya, bermanfaat bgt. Kebetulan tante tki ada di jakarta, jd bisa berbagi info mengenai tempat test rapid dan pcr di jakarta.

    ReplyDelete
  8. Makasih loh mbak infonya, bermanfaat bgt. Kebetulan tante tki ada di jakarta, jd bisa berbagi info mengenai tempat test rapid dan pcr di jakarta.

    ReplyDelete
  9. Kalo dipilih selisih antara 300, mending ambil yang drive thru ya. Soalnya hasil nya lebih cepat keluar. Dengan begitu semakin cepat mengatasi permasalahan tersebut. Sekarang zaman cangih uy, untuk sebuah aplikasi halodoc pun bisa menunjukan begitu banyak tempat yang bisa tes PCR secara akurat.

    ReplyDelete
  10. Tes Swab ini lebih akurat sih menurutku ketimbang tes rapid aja. Semoga d Bjm makin banyak juga tempat tes swab dan yg bisa drive thru kalo ada hehe

    ReplyDelete
  11. Halodoc emang udah juara nih , teman sehat di jaman pandemic begini.
    Apalagi layanannya udah banyak, tinggal memilih sesuai kebutuhan yaa.
    Kemaren aku baru rapid test, huhuuuu.. sempet khawair soale.
    Huhuu semoga semuanya selalu diberikan kesehatann yaa.

    ReplyDelete
  12. semoga aja virus ini segera ketemu vaksinnya ya biar nggak bikin resah terus. aku sendiri sudah pernah sih diswab dan rasanya nggak enak gitu. heu

    ReplyDelete
  13. Saya kemarin cari lokasi rumah sakit yang melayani rapid test juga dari aplikasi Halodoc. Seneng deh Halodoc menyediakan layanan informasi ini, jadi nggak harus survey ke rumah sakit, cukup dilakukan di rumah lewat hp

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah Rapid dan PCR nih mbak agak deg-degan juga, btw Halodoc ini memang memudahkan banget ya jadi kita nggak usah repot lagi cari informasi RS mana yang bisa PCR Test

    ReplyDelete
  15. Belum pernah tes pcr nih. Setidaknya de baca ini aku dapat gambarannya. Di sini pun sdh ad bbrp puskes yg bs pcr tes.

    ReplyDelete
  16. Memnbantu sekali informasi ini. Di grup WA gitu banyak yang suka tanya lokasi pcr test yang terjangkau. Informasi Halodoc jelas bermanfaat. Ini di propinsi lain ada juga ga ya? Di Jogja misalnya...

    ReplyDelete
  17. AKu juga kemarin cari lokasi untuk PCR test lewat Halodoc karena memang untuk kebutuhan pak suami yang mengharuskan pcr test. Enak banget jadi kebantu pas cek lewat Halodoc.

    ReplyDelete
  18. Wah kepo Halodoc ah. AKu gak ke mana-mana sih, juga taat protokol kesehatan. Tapi pengin tahu aja lebih jauh ttg kedua metode ini.

    ReplyDelete
  19. Halodoc lengkap benaget ya mbak..
    Membantu kita stay healthy saat di rumah saja

    ReplyDelete
  20. Dengan aplikasi Halodoc, jadi gampang ya dapat informasi terkait lokasi PCR test swab ini. Emang membantu banget sih yaa Halodoc, gak hanya jadi tempat konsul dengan dokter dan tebus resep aja.

    ReplyDelete
  21. Tes2 ini sudah sering dengar belakangan ini. Berharap gak pernah melakukan tes ini. Dengan selalu mematuhi protokol kesehatan, khsususnya jaga jarak, gak keluar kalau gak penting dan pakai masker plus sering cuci tangan apabila terpaksa bepergian.
    Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan aamiin

    ReplyDelete
  22. Waah banyak sekali ya ternyata tempat buat tes PCR di Jakarta. Ada lebih dari 160 tempat. Dan dengan halodoc jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  23. Kemarin Juga mudah bangt mba Cari lokasi lewat aplikasi Halodoc YG deket sekitaran rumah.. dah gitu pelayanan nya Juga cepet gk pakai nunggu lama

    ReplyDelete
  24. Lengkap ya informasi pcr test di halodoc, memang aplikasi kesehatan andalan

    ReplyDelete
  25. Iyaa, seram ya mba kayak semakin dekat ni penyakit..kudu lebih disiplin lagi stay at home, semoga dilindungi Allah aamiin..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..