8 Tips Penting Dalam Memilih Tempat Bulan Madu Romantis


Romantic Newlywed - favim.com

Pasangan menikah jika memiliki waktu dan uang cukup biasanya merencanakan bulan madu, bukan? Jauh-jauh hari biasanya calon pengantin ataupun orang tua mempelai sudah mencari info Paket bulan madu ke Bali, Lombok, Paris hingga Swiss dan berbagai destinasi romantis untuk bulan madu lainnya untuk menyambut datangnya sukacita pernikahan dengan momen romantis.


Untuk dalam negeri sendiri, Bali dan aktivitas romantisnya memang salah satu surga dunia yang selalu menjadi magnet menarik banyak pasangan pengantin baru menjadikannya tempat membuka lembaran baru pernikahan, bahkan bagi turis mancanegara banyak yang berbulan madu ke Bali. Selain Bali, Indonesia punya ratusan tempat Honeymoon yang sangat romantis. Misalnya, Pulau derawan di Kaltim, Gili trawangan di Lombok, Pulau Tidung di Jakarta, Pulau wakatobi di Sulawesi tenggara, dll yang tidak akan cukup satu blog menuliskannya.

Memang tidak semua orang beruntung bisa merasakan bulan madu, contohnya saya. prosesi pernikahan yang panjang membuat jatah cuti bekerja saya dan suami habis hanya untuk nikah dan resepsi. Alhasil kami tidak punya waktu berbulan madu. Tapi alhamdulillahnya, setelah menikah karena memang nikah itu ibadah, Allah mampukan kami menjelajah tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Meski belum banyak, setidaknya beberapa tempat romantis pernah kami singgahi.

Kali ini saya mau berbagi sedikit tips dalam mencari atau memilih tempat bulan madu, cek sesuai list berikut:

1. Sesuai Budget
Dear pengantin baru atau orang tua pengantin yang menghadiahkan kado honeymoon, prosesi pernikahan saja sudah memakan banyak biaya. apalagi di tambah dengan bulan madu. jadi yang pertama di cek menurut saya adalah harga paket bulan madunya. terjangkau atau tidak, apakah akan mengganggu keuangan rumah tangga yang baru di bangun atau tidak. Bagaimanapun, ada rumah tangga yang baru di rintis. Jangan sampai sepulang bulan madu, jadi kere atau jadi minus.

2. Sepi dan romantis
Jangan salah pilih lokasi, jangan asal pemandangan indah. Namanya pengantin baru, biasanya untuk mendekatkan hubungan pasangan. Maka pilihlah lokasi yang sepi dan romantis. Jika Bali adalah pilihan kalian, tentu kalian bisa ke daerah Ubud, Seminyak, dll. Jangan kalian pilih daerah Kuta untuk honeymoon karena disana terlalu ramai, kecuali niatnya ke Bali buat seseruan, bukan untuk honeymoon. Carilah villa atau resort yang tenang, baik resortnya maupun lingkungan sekitarnya pastikan kondusif untuk pasangan pengantin memadu kasih. Dengan pemandangan indah, suasana tenang, makanan enak dan cuaca sejuk.


3. Cuaca sesuai kondisi kesehatan
Berbulan madu untuk bahagia, bukan untuk sakit. Maka pilih lokasi bulan madu yang sesuai kondisi kesehatan. Meski kedua pengantin nampak segar bugar, baiknya di tanyakan ke pasangan. Mana lokasi yang tidak memicu datangnya sakit. Misalnya kalau alergi dingin, mudah pilek, memilih ke Danau bratan di Bedugul atau ke negara yang sedang musim salju sepertinya bisa membuat pasangan kembali daam keadaan kurang sehat, kan mendingan di ajak ke pantai. Atau juga jika pasangan punya riwayat migrain atau kurang tahan matahari terik, kan gak lucu kalau kita ajak ke pantai atau ke negara yang ada padang pasirnya. Better di ajak ke kawasan pegunungan sejuk.

4. Agen wisata terpercaya
Namanya bulan madu, gak mau donk pusing-pusing memikirkan banyak hal. Maunya romantisan saja sama pasangan menikmati indahnya tempat wisata. Maka pastikan agen wisata yang dipilih sudah terpercaya. Jangan sampai, di paket tertulis hotel bintang 5 tapi begitu tiba di lokasi hanya di sodorin hotel bintang 3. Dipaket tertera include transport tapi begitu sampai di lokasi, harus sewa mobil lagi. Ya semacam itulah berbagai tetek bengek harus detil dan sesuai janji di awal. Agar fokus utama bulan madu tidak terganggu.


5. Durasi yang tepat
Baik karyawan atau pengusaha, pasti punya durasi berapa lama pekerjaan bisa di tinggalkan. Jangan sampai pulang bulan madu, semua kacau balau. Akhirnya pusing, pulang bulan madu bukannya romantis malah membuat hati panas karena di tumpuki pekerjaan yang tertunda selama honeymoon.

6. Tentukan lokasi
Jangan sepenuhnya iya dengan itinerary yang diberikan agen tour and travel. Tapi huntinglah tujuanmu sendiri, karena honeymoon adalah perjalanan privat. Jadi, bahagiakanlah dirimu dan pasangan. pertimbangkan juga berbagai perubahan yang terjadi jika tujuan ada yang di ganti.

7. Makanan yang cocok
Biasanya agen wisata tidak menanggung biaya makan dalam perjalanan, tidak masuk dalam paket karena biasanya para wisatawan lebih suka makan suka-suka sendiri. Tidak mau diatur oleh agen karena sekalian wisata kuliner. Maka pertimbangkanlah lokasi tujuan dengan kebutuhan. Misalnya kita wajib memakan makanan halal, atau jika anda tidak terbiasa makan dengan rempah kuat seperti ke Padang atau India atau negara timur tengah. maka pertimbangkan, aspek yang cocok yang membuat bulan madu nyaman. Jangan memaksakan juga jika memang makanannya tidak cocok, daripada waktunya bulan madu justru terjadi cuci perut atau maag, dsb.

Pastikan makanan cocok - source : Nairaland


8. Bahasa
pastikan saja kalau faktor ini tidak mengganggu perjalanan honeymoon-nya. Kan gak lucu banget misalnya tour guide berbahasa Inggris sebagai bahasa international tapi kitanya gak mengerti bahasa Inggris, kecuali kalau di luar negeri tapi tour guide-nya berbahasa Indonesia atau asli Indonesia, gak akan masalah jika sang pengantin tidak bisa bahasa Inggris. Kalau Bahasa Indonesia tentu semua bisa memahami ya. jadi menentukan lokasi bulan madu, jika tujuannya adalah luar negeri maka pastikan semua akan baik-baik saja.

Baca juga : Liburan ke Lombok ala koper, harga ala ransel

Sepertinya 8 poin tersebut sudah cukup untuk menyeleksi, kemana tujuan dan paket bulan madu yang akan dipilih. Yang paling penting di ingat, bulan madu hakikatnya hanya penambah keromantisan dan kebahagiaan sebagai pasangan baru. Tapi pada dasarnya, jika itu tidak tercapai tepat setelah menikah, tidak perlu jadi masalah, bukan? kita bisa menabung dan merencanakan untuk honeymoon mungkin setelah anak pertama lahir, setuju?

Keluarga kecil romantis - source: timbal-balik.com




18 comments :

  1. kalau mau optimal, paketnya sih memang penting.. kalau orang indo kan kita suka ala-ala aja. Asal pergi berdua nikmati berduaan di tempat wisata sudah cukup. Jadi pengen nih wisata bulan madu walau anak sudah tiga hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cuss aja. Saya baru hanimun juga setelah anak 3

      Delete
  2. Ohh gitu, jadi memang ada beberapa hal yang perlu banget untuk dipertimbangkan agar bulan madu lebih berkesan ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Tips-tips di tulisan ini akan aku praktikkan suatu saat kalo sudah menikah. Untuk sekarang ngejomblo dulu. :')

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen bulan madu lagi. Dulu LDR agak susah menyesuaikan waktunya. Apalagi cuti dah diambil buat nikahan. Xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku dulu cuti nikah habis buat prosesi nikahan

      Delete
  5. Dulu aku bulan madu cuma pindah kamar semalam di hotel. Wkkkka. Soalnya seminggu kemudian udah ke Jakarta kerja bo. Tp 8 tahun kemudian bulan madunya, ke Bali. Dan berasa aneh gitu haha

    ReplyDelete
  6. hiks ga pernah bulan madu
    bulan madu di rumah aja
    kebetulan waktu itu suami udah punya rumah sendiri
    jadi kita cuma berdua di dalamnya hehehe

    ReplyDelete
  7. hmmm kayaknya aku mau ke Lombok deh mbak, haha
    pengen ke pantainya, bukitnya, dan pengen tahu budayanya
    semoga kesampaian, aamiin

    ReplyDelete
  8. Itu, saya baca poin kedua kok malah pengen bulan madu juga ya? ☺️

    ReplyDelete
  9. Aku dulu mikir mau honeymoon ke Bali juga. Pas pertama ke Bali kan sendiri, jadi untuk kali kedua mau dobel. Tapi emang kudu direncanain dulu ya ini itunya

    ReplyDelete
  10. Aiih~
    Fotonya manis-manis banget siih...
    Aku dulu pas nikah memang gak pernah niat pre-wedding, kan belum halal yaa...udahannya gini, pingin rasanya bikin foto post-wedding.

    Telat ga..kalo sekalian honeymoon...?
    Hhahaha....

    ReplyDelete
  11. Sebagai pengantin lama mau dong bulan madu lagi, hehehe kayaknya udah lama banget nggak menghabiskan waktu berdua suami, kalau krucil udah agak gedean dan bisa ditinggal kayaknya mau deh rencanain bulan madu

    ReplyDelete
  12. Sepi dan romantis.. dduuuhh kalo honeymoon memang enaknya ke tempat yg sepi ya mbak biar gak terganggu sm aktivitas yang kurang penting.
    Harus cari rekomendasi villa atau resort yang nyaman nih buat nanti bulan madu,, aamiin

    ReplyDelete
  13. Bulan madu best moment fase setelah menikah dan harus diabadikan dengan unsur romantis supaya mendapatkan kemestrinya ya mba dan aku sih lebih oilih ketempat yang sepi biar nyaman gitu kan

    ReplyDelete
  14. Aku milih bulan madu ke penginapan di tengah hutan aja deh. Banyak sekarang konsep penginapan yang kayak gitu kan sekarang.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..