Pulau Tidung, Menguak Sisi Lain Jakarta dalam Wonderful Indonesia


Apa yang ada di benak kalian tentang Daerah Khusus Ibukota Jakarta? Kota ini, hampir seperti perwakilan Indonesia. Ya, Jakarta memang kota yang sangat berpengaruh di Indonesia. Pusat segala perekonomian, hiburan, bahkan kantor perwakilan seluruh Industri di tanah air, terpusat di Jakarta. Bahkan pemilihan gubernurnya saja, menghebohkan seluruh rakyat Indonesia seperti pemilihan presiden.

Namun ironisnya, ketika bicara tentang traveling, liburan, menyepi dari keramaian. Jarang sekali yang menyebut Jakarta. Orang-orang baik Indonesia maupun manca negara, akan menyebut Bali, Lombok, Jogja, Belitung, bahkan ke titik terjauh yaitu Raja Ampat dan Sabang. Padahal Jakarta, punya Kepulauan Seribu.

Penampakan pusat kota Jakarta
dari Kepulauan Seribu
(dok. Pri) 
Sebut saja, Pulau Bidadari, Pramuka, Tidung, Pari, dan banyak lagi pulau-pulau kecil yang indah yang sungguh nyata terbentang di Kepulauan Seribu, Jakarta. Tidak perlu biaya besar untuk bisa berlibur ala eksotika pantai dan melupakan penatnya tulang sendi demi sejumput liburan yang berkesan. Dengan biaya minim, kita sudah bisa menikmati Wonderful Indonesia tak jauh dari pusat kota Jakarta.

Saya akan membahas tentang Pulau Tidung, salah satu anggota dari Kepulauan Seribu ini, berpenduduk kurang lebih 5000 jiwa dan terdiri atas Pulau Tidung besar dan Tidung kecil. Yang memiliki pendapatan terbesar dalam sektor pariwisata. Tentu saja, Pulau tidung memiliki pantai dan pasir yang indah, titik snorkeling yang menawan dan pesona kearifan lokal lainnya.

Pulau tidung Bisa di kunjungi melalui perjalanan kurang lebih 3.5 jam naik kapal kayu tanpa pendingin udara dari pelabuhan Kali adem - Muara Angke, atau dari Dermaga 17 - Marina ancol menggunakan speedboat berpendingin udara. Tentu saja, perjalanan speedboat akan lebih cepat sampai. Namun bagi saya, entah kenapa melakukan perjalanan ke pulau Tidung melalui Muara Angke, duduk di bagian belakang kapal kayu dimana sisi kanan kiri dan belakang kapal terbuka dan di penuhi angin terasa lebih menantang dan membuat saya sangat menikmati perjalanan 3.5 jam yang tersedia.

Muara angke

Melihat laut terbentang dan melewati gugusan-gugusan pulau lain yang tak kalah indahnya, membuat saya tidak sabar untuk segera tiba. Tapi di sisi lain, ada rasa betah yang tidak ingin segera berakhir, ingin berlama-lama menikmati pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu dari lepas pantai. Menatap laut dalam perjalanan 3.5 jam juga membuat saya cukup puas membayangkan banyak hal. Dari hal remeh semacam bagaimana cucian saya di rumah hingga berbagai angan tentang masa depan.

salah satu Gugusan pulau kecil di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang lokasinya bisa di bilang jauh. Meski masih ada Pulau Pramuka yang lebih jauh, dan ada Pulau Bidadari yang lebih dekat. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Tidung, kalian akan lupa bahwa Pulau tidung adalah bagian dari kota Metropolitan, Jakarta. Karena suasananya memang sungguh berbeda, yang sama hanyalah bahasanya.

Jika ada yang bertanya, kenapa harus pulau tidung? Kenapa bukan pulau yang lain.

Meski setiap pulau punya eksotika tersendiri dan sebenarnya setiap pulau di Kepulauan Seribu sama menariknya. Mungkin masyarakat juga perlu tau, ciri khas dari Tidung sendiri adalah pariwisatanya di kelola sendiri oleh masyarakat lokal.

Jika kalian berharap resort, di Tidung memang belum ada. Yang ada hanya penginapan dengan kamar mandi dalam yang ala kadarnya dan berpendingin udara AC namun cukup nyaman untuk sekedar tempat tidur di sela banyaknya kegiatan di alam. Setiap tour guide biasanya menawarkan kita untuk sewa sepeda, bermain ke jembatan cinta, Banana boat, voli pantai, hingga pesta kembang api meriah di malam tahun baru lengkap dengan barbeku ikan segar.

Sepeda yang siap menemani berkeliling
Pulau Tidung

Penginapan yang biasanya disebut 'homestay' dan segala fasilitas yang merupakan hasil swadaya masyarakat lokal, membuat saya merasa lebih seperti mengunjungi kampung halaman daripada sedang traveling. 
Menuju ke pantai, Pulau Tidung punya jembatan cinta. Dimana jembatan ini menjadi spot foto yang wajib kalian ambil fotonya ketika disana. Saung-saung dan pasir putih untuk anak-anak bermain tentu saja tak boleh di lewatkan.

Jembatan Cinta dan Spot foto yang tidak boleh dilewatkan di Tidung
pasir putih dan pantai yang nyaman untuk anak

Pulau tidung adalah salah satu alternatif termurah, untuk kalian yang di Jakarta untuk berlibur hemat. Sehemat apa? Dengan budget mulai dari 300-ribuan kalian sudah bisa kesana selama 2 hari 1 malam. Sangat pas untuk melepas penat saat weekend, bukan? Untuk kapal yang ber-AC kalian bisa menikmati liburan mulai dari harga 500-ribuan untuk dua hari tersebut.


Air laut yang bening hingga ke dasar
Dari yang saya sebutkan di atas, jika di simpulkan, perjalanan di Pulau tidung akan mencakup tempat-tempat di bawah ini: 
1. Pulau Tidung Kecil.
2. Pulau Tidung Besar.
3. Penangkaran Penyu
4. Jembatan Cinta.
5. Saung Cemara Kasih.
6. Saung Pantai Perawan
7. Snorkeling bawah laut

Nah dari daftar tersebut pasti sudah terbayang. Ada beberapa spot yang sayang untuk kalian lewatkan ketika di Jakarta. Setidaknya, sebelum kalian lelah memikirkan bujet ke provinsi lain, kunjungi dulu yang dekat. Kalian jelajahi Raja Ampat hingga luar negara, tapi kalian belum kunjungi yang terdekat, apa kata dunia?

Sarana Transportasi selama disana menggunakan apa? tenang saja. Ada sepeda yang disediakan para travel agent siap disewa dengan harga murah. karena pulau ini cukup kecil, kalian cukup bersepeda untuk mengelilingi pulau ini hingga senja. jika lelah, tinggal naik bentor saja. Bentor adalah becak motor, didepannya berbentuk becak sedangkan belakangnya adalah sepeda motor. Seru sekali menikmati keliling pulau dengan bentor.

Bentor (becak motor) Pulau Tidung

Nah, keperluan apa saja yang harus disiapkan untuk berlibur kesana?

Meskipun Pulau ini tergolong sederhana dan berbujet murah, namun harga yang saya sebutkan diatas tadi sudah mencakup semua keperluan berlibur disana. seperti peralatan snorkeling lengkap, pelampung, termasuk ikan-ikan laut untuk acara barbeku sudah disediakan oleh tour guide lokal. jadi, apalagi yang dikhawatirkan. Mari rencanakan untuk menguak sisi lain Jakarta di Pulau Tidung dan nikmati sisi lain Jakarta dari sudut yang berbeda.

Tidung Underwater
(source: tempatwisatafavorit.blogspot.com)

====

Kalian punya cerita menarik juga seputar wisata di Indonesia yang wonderful dan menarik untuk dibagikan? yuk tulis juga cerita kalian di blog dan ikut sertakan dalam Wonderful Indonesia Blog Competition dengan syarat dan ketentuan ada di poster di bawah ini, atau klik saja disini untuk langsung ke formulir pendaftaran. Bagikan cerita terbaik kalian untuk kemajuan wisata Indonesia ya, dan jangan lupa singgah ke Pulau Tidung, Jakarta.






44 comments :

  1. Mbak itu biaya 300an pake paket tour atau mbolang sendiri? Lagi pengen liburan yang deket-deket Jakarta juga nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 300-an itu paket murah tour guide yang lewat Muara Angke,mbak. Mbolang sendiri pasti lebih murah sih, yuk ke tidung

      Delete
  2. Main2 di bawah lautnya oke juga. Bening banget airnya. Di kota Jakarta msh banyak tempat kece ternyata

    ReplyDelete
  3. Wah aku belum pernah ke sini Mbak. Insyaallah kalau sudah pindah Depok mau menginap ke sini sama suami dan anak-anak ah. Jadi masuk list nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. deket aja tuh kalo dari depok tinggal ke Muara Angke aja

      Delete
  4. Masuk wishlist! Belum pernah ke Pulau Tidung.

    ReplyDelete
  5. Yaa Allah... saya lamaa di Jakarta, belum pernah jalan kesana-sana. Sekarang nyesel deh pingin balik Jakarta dan puasin main. Hikz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kangen Jakarta, balik deh sesekali dan sempetin ke Tidung yak... :)

      Delete
  6. Replies
    1. libur natal dan tahun baru sudah dekat. yuk rencanakan

      Delete
  7. budget ke Tidung 300ribuan ya per orang. Ingin banget bawa anakku ke sana karena paling dekat dari Jakarta. Thanks infonya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah start from 300 ribuan udah bisa liburan memantai dan snorkeling, murah kan...

      Delete
  8. Pengen banget ke sini belum kesampaian hihi nunggu cuaca cerah ya

    ReplyDelete
  9. Tahun 2012 aku gagal kesini hehehe soalna ga bole sama calon suami mau nikah sih hahaha..sedih juga lihat foto temen2 yang uda kesini bagus dan seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang buat honeymoon kesekian kalinya nih mbak, hihihi...ajak suami ke Tidung

      Delete
  10. Wah pingin banget ke pulau Tidung. Padahal lebaran kemarin diajakin kakak yg tinggal di Jakarta. Namun gak bisa karena ada halangan. Ah, jadi pingin deh baca dan lihat ulasan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau sudah ada yang ngajak, ya hayuk atuh lah

      Delete
  11. Dekat Jakarta memang ada kepualauan seribu yang sebetulnya menarik banget untuk diexplore. Tetapi, saya malah belum pernah ke sana :D

    ReplyDelete
  12. Pernah backpackeran ke Pulau Tidung sama teman2 kuliah sebelum menikah heuheue sensasinya tentu beda kalau ke sana lagi sama Suami dan anak ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iyah kalo sama anak-anak kudu lebih selow ya mbak..

      Delete
  13. Pulau tidung masih bersih dan bagus banget ya mba. Pengen zekali aku kesana y. Indonesia luar biasa indah sekali ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget Mbak ALida kalo weekend menepi ke Pulau Tidung, hehehe

      Delete
  14. Baru tau kalo ada tempat secakep ini di Jkt, mba. Ku kira hanya ada mall-mall aja hehe. Kapan-kapan boleh nih dikunjungi kalo pas main ke Jkt. Masih cakep gitu ya tempatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak pulau di Kepualauan Seribu, tinggal pilih yang terdekat sampai yang jauh.hehehe

      Delete
  15. Belum semua kudatangin mba Rul, jadi pengen ih jadi wistlistnya aku
    Apalagi bisa eksplore puas berhari-hari di sini abakalan dapet banyak konten

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha pastinya, bakal langsung banyak draft menanti di blog ya mbak

      Delete
  16. Nanya ya mba agar lebih jelas, 500rb itu transportasi dari Muara Angke ke Pulau Tidung dan nginap 2 hari ya? Ada contact person si tour guide nya kah mba? Atau aku terlewat bacanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. udah semua mbak termasuk makan, transport, snorkeling, dll, all in. saya gak nyimpen lagi sih mbak, cuma kalau di browsing ada banyak banget penyedia tour ke Tidung dengan harga bersaing beda-beda tipis. tinggal pilih aja

      Delete
  17. Waah pasir putihnya bersih banget yaa, lautnya juga tenang, jadi anak2 aman main di tepiannya. Jadi pingin ajak anak2ku ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. anak aku waktu kesana masih usia 2 taun, seneng bangetttt

      Delete
  18. Pulau Tidung memang keren aku pwenah kesini mbak dan pengin balik lagi

    ReplyDelete
  19. Keren ya Pulau Tidung ini. Gak nyangka kalo di Pantai Jakarta ada yang bagus seperti ini. Airnya juga jernih. Jadi kepengen liburan sama anak-anak deh di Pulau Tidung ini. :D

    ReplyDelete
  20. Aku sedih belum penah ke sini :( Pdhl ya gak jauh sebenarnya.
    Moga kapan2 bisa ke sana, ngajak temen dulu, kalau ngajak keluarga bawa krucil kyke blm memungkinkan TFS

    ReplyDelete
  21. Foto Tidung underwaternya keceee... Aku belum pernah sama sekali lho mba ke Kepulauan Seribu. Pengin juga menikmati alam Tidung yang cantik ini. Perlu mengajukan proposal ke mas bojo nih biar diajak liburan sekeluarga ke sana. ;)

    ReplyDelete
  22. Betuul. Jakarta terkenalnya macet dan banjir ya, Mbak. Hihihi. Mungkin pemkot lebih gencar lagi untuk promote pariwisata Jakarta. :D

    ReplyDelete
  23. Aku pernah nih ke pulau Tidung tapi tahun 2008 dan masih cakeplah, paling senang aku main ke pantai dan pulau gitu karena bisa lebih santai dan menikmati sekitar.

    ReplyDelete
  24. Impianku banget bisa ke pulau tidung mba.
    Baru ke pulau Pramuka saja yang pernah dikunjungi.

    ReplyDelete
  25. Duuuh mau banget nih sepedaan di Pulau Tidung. Pagi sore akan tetap segar dan bugar menyaksikan sunrise dan juga sunset.

    ReplyDelete
  26. Udah lama banget nih ngidam pengin nyicip Pulau Tidung, eniwei Mbak, ini habis berapa budgetnya?

    ReplyDelete
  27. mba ruli orang jauh aja udah ke pulau tidung aku yang deket blom ke sana nih mbaa
    wacana muluuu hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio