7 Ide Kado Kelulusan atau kenaikan kelas Anak

Bingung nyari ide kado kelulusan atau kenaikan kelas anak? Nah, hal ini dirasakan banyak orang tua atau kerabat ketika waktu kelulusan atau kenaikan tiba.

7 ide kado kelulusan/kenaikan kelas Anak

Apalagi jika anak ini berprestasi atau berhasil lulus dengan perjuangan yang berat. Meski kadang bukan juara terbaik atau lulus dengan pujian, sebagai orang tua tentu kita ingin sekali memberi sesuatu yang berkesan dan menarik untuk semakin menyenangkan hatinya atau sekedar menyatakan betapa kita bangga padanya.

        Lalu hadiah apa yang menarik kita berikan? berikut sudah kita berikan beberapa ide hadiah kelulusan atau kenaikan kelas yang bisa jadi indpirasi

Ide Kado Kelulusan atau kenaikan kelas anak

1. Buket hampers atau bunga

Hampers saat ini bermacam-macam, ada buket rangkaian bunga, disertai boneka graduation atau kadang buket uang. ada pula buket rangkaian hijab, rangkaian snack, bahkan ada yang berbentuk pop up 3D ang bisa glow in the dark. Ide kado ini sekarang sedang trend dan banyak dipilih karena harganya lumayan variatif. Dari yang murah puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

2. Piknik atau wisata liburan

bagi yang ingin hadiahnya lebih berasa lagi bisa juga coba hadiah piknik atau wisata liburan. Yang tentu saja bisa dirayakan dengan lebih panjang durasinya. Yang penting diingat adalah yang diberikan hadiah haruslah memiliki waktu yang tepat untuk melakukan liburannya dan jika masih anak-anak maka orang tua harus mempersiapkan diri menemani liburan anak-anaknya. 

Baca juga: Ide kado bayi atau aqiqah

    Hadiah ini juga bagus bagi para orang tua yang sibuk, agar rasa bangganya terhadap anak diiringi dengan quality time, menunjukkan rasa bangga orang tua/keluarga terhadap anaknya dengan meluangkan waktu dan menyenangkan hati anak.

3. Keperluan sekolah di level berikutnya

Untuk hal ini, tentu para orang terdekat saja yang tau akan ke level apa anak berikutnya. Bisa berupa ATK baru yang lengkap. bisa juga berupa tas, seragam atau sepatu baru yang mungkin sudah usang. Bisa juga membiarkan anak memilih sendiri apa keperluan yang dia inginkan dengan mengajaknya ke toko.

Hadiah sesuai kebutuhan anak
Pasti akan memotivasi sekolahnya

4. Sepeda atau kendaraan baru

Hadiah ini sangat bagus bagi anak-anak yang di level berikutnya akan pergi ke sekolah sendiri. Sepeda atau sepeda motor pasti sangat menyenangkan sebagai hadian kelulusan atau kenaikan. Namun untuk hadiah yang satu ini benar-benar harus dipikirkan matang-matang. apakah anak sudah bisa berkendara dengan baik? sudah tau rambu lalu lintas dan sebaiknya memiliki SIM. apabila anak dibelikan sepeda hanya untuk dilingkungan rumah, tentu ini lebih mudah karena tak banyak kekhawatiran orang tua

5. Syukuran bersama orang terdekat

Ide lain yang inspiratif adalah hadiah dengan mengadakan syukuran. Bisa syukuran dengan mengumpulkan keluarga terdekat atausyukuran ke panti asuhan, bisa pula dengan mengundang anak-anak panti asuhan ke rumah. Dengan cara ini, kita selaku orang tua juga sekaligus mengajarkan bahwa bentuk syukur akan suatu kebahagiaan adalah dengan berbagi kebahagiaan juga, aseeek..

6. Gadget

Sekarang lumrah masanya anak memiliki gadget. Memang gadget banyak minusnya kalau dikasih ke anak-anak yang belum cukup umur. Tapi lain halnya jika yang diberi hadiah gadget memang sudah usianya memiliki gadget. Misalnya kado kelulusan anak SMA menuju jenjang kuliah, atau ada yang baru lulus kuliah, lalu menggantikan hpnya yang jadul. Atau memberi kado laptop atau tablet karena memang sesuai dengan kebutuhan anak saat ini di level terbarunya. 

Baca juga: ide kado hari ibu

Gadget memang harganya lumayan, jadi untuk kado kelulusan yang satu ini bisa dipersiapkan jauh hari sebelumnya.

7. Doa orang tua untuk anak

Dari seluruh daftar yang saya rekomendasikan, pada akhirnya doa terbaik adalah kado terindah. Meski wujudnya tak terlihat, tapi doa orang tua dan kerabat yang menyayangi sudah pasti menembus langit, tak ternilai harganya.

Maka para orang tua atau keluarga, jika tak sempat membeli kado atau tak ada budget, doa terbaik adalah kado terindah. Jangan malu untuk menyatakan bahwa kita adalah orang yang akan selalu mendoakannya. 

Nah, sekian dulu ide kado kelulusan atau kenaikan kelas anak, semoga menginspirasi

Selamat menyambut kelulusan ananda tercinta ❤️




18 comments

  1. Kayaknya sih kado berbentuk jalan-jalan itu salah satu yang paling recommended ya. Apalagi kalo misalnya kedua orang tuanya sama-sama sibuk meniti karir juga. Jadi jalan-jalan atau staycation tuh bisa jadi ajang quality time bersama anak.

    Meski begitu jangan lupa poin ketujuh juga sih. Harus banyak kirim doa terbaik untuk anak, biar segala langkahnya senantiasa dimudahkan.

    ReplyDelete
  2. Langsung teringat kasus adik sendiri pernah dapat tantangan dari kakak untuk dapat juara 1 dikasih hadiah sepeda, beneran dong langsung dapat 1 . Emang motivasi penting banget ya saya juga waktu garap skripsi satu semester dapat tantangan dari kakak makanya bisa kelar 1 semester, 🤣

    ReplyDelete
  3. Walau nggak tiap tahun, di beberapa momen kenaikan kelas aku dan sodara dihadiahin jalan-jalan sama ortu. Nggak yang jauh-jauh banget, paling sering diajakin ke Pulau Bangka, tempat nenek angkat ortu bermukim. Lumayan, kami yang jarang liat pantai dan laut bakalan puas ngebasahin insang kl udah diajakin liburan.

    Collect memories istilahnya. Dan terbukti, jadinya sekarang aku doyan jalan-jalan hwhw. Dan senang berpetualang menjelajahi tempat-tempat baru.

    ReplyDelete
  4. Aduh klo gadget tuk kado enggak deh sy sih. Nyuruh anak nabung aja, nnt klo kurang2 dikit pas waktunya mau beli, ditambahin. Sepakat klo ngadoin sepeda atau keperluan sekolah tingkat berikutnya :)

    ReplyDelete
  5. Kalo Saladin lulus SD nanti pengen beliin dia PC/tab tapi lihat dulu emosinya stabil apa gak😂. Kalo gak mending diajak liburan aja ya. Makasih idenya Mbak Ruli.

    ReplyDelete
  6. Hadiah disesuaikan ya sama kebutuhan dan kondisi keuangan ortu. Aku setuju sama hadiah berbentuk jalan-jalan atau wisata bareng, karena sangat akan melekat di ingatan anak kemudian bisa jadi salah satu media buat meningkatkan bonding, intinya untuk mengapresiasi usaha anak juga, semangat.

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya alternatif kado buat kenaikan kelas dan kelulusan, asal duitnya ada aja sih hehe

    ReplyDelete
  8. Biasanya dibuat kesepakatan dulu ya, mau kadonya apa setelah naik kelas. Kalau doa sudah pasti dilangitkan terus untuk kesehatan dan kesuksesan anak. Dulu saya paling suka dapat hadiah jalan-jalan atau beli buku ke Gramedia. Kalau nilainya bagus, boleh beli komik 3. Hehe..

    ReplyDelete
  9. Paling happy itu kalau hadiahnya jalan-jalan... hahaha... sekeluarga memang hobinya jalan-jalan, jadi lebih milih quality time jalan-jalan daripada hadiah barang...
    Lumayan banget, ngasih hadiah sekaligus bonding sama anak...

    ReplyDelete
  10. Aku nggak inget betul apa aku dulu pernah diberi kado waktu naik kelas hehehe.
    Seingetku pas liburan sekolah panjang waktu SD, malah liburan, kayak java overland.
    Terus kalau juara atau ranking kelas, dikasih guru hadiah buku tulis aja udah senenggg banget waktu itu, kalau ini memorinya bener bener melekat

    ReplyDelete
  11. kebutuhan sekolah atau perlengkapan sekolah ni boleh juga untuk kado anak yang lulus ke jenjang berikutnya. BIar anak juga senang karena tidak perlu memikirkan perlengkapan yang bakal dia beli

    ReplyDelete
  12. Aku pribadi paliiiiing sering kasih mereka hadiah jalan2 mba 😄. Win win solution, mereka seneng, aku pun sebagai pecinta traveling ikut seneng 😁.

    Lagian ini caraku juga utk bikin anak2' suka dan cinta traveling. Pengen aja mereka bisa melihat dunia di luar seperti apa. Tradisi, kebiasaan, kuliner supaya tau kalo dunia ga sebatas Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Pas anak-anakku lulusan SD dan SMP kemarin aku masih buket Snack terus si kakak dapat ponsel karena hapenya sudah uzur... Alhamdulillah ada rezekinya..

    ReplyDelete
  14. Kemarin waktu anakku kelulusan, terharuuu pissan iih..
    ada acara perpisahan dari sekolah gitu, terus anak-anak dikasih slempang kaya Putri Indonesia. Akhirnya, dateng juga momen seperti ini di hidupku yaa..

    Dan buketnya, kakak dapet buket Al-Quran.
    MashaAlla~
    Kepake banget karena kakak langsung masuk pesantren.

    ReplyDelete
  15. Kado berupa liburan yang paling Saya dukung soalnya biar lebih istimewa dan tidak akan terlupakan sampai dia tua nanti. Sekalian refreshing biar ga bosen dan bisa menambah pengalaman dan wawasan

    ReplyDelete
  16. Boleh juga nih idenya, anak-anak pasti hepi dapat hadiah kenaikan kelas, apalagi jika mereka naik kelas dengan nilai atau peringkat yang bagus pastinya jadi bentuk apresiasi kita jug sekaligus untuk memotivasi mereka biar makin semangat belajarnya

    ReplyDelete
  17. Selain doa ortu yg utama, IMHO hadiah liburan brg akan seru tidak hanya utk anak, tp jg sekeluarga. Bisa bikin lbh akrab lagi dan refreshing brg

    ReplyDelete
  18. kalau aku kayaknya prefer kasih hadiah anak perlengkapan sekolah atau berwisata bersama. tapi ini anakku belum kenaikan kelas sih baru tahun depan let's see deh nanti gimana hadiah naik kelasnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..