5 Alasan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Jadi Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi

Kuliner medan yang wajib dikunjungi


   Wisata kuliner adalah jalan-jalan yang bertujuan untuk menikmati makanan. Beberapa tahun terakhir memang orang-orang lebih praktis menyebutnya wisata kuliner. Meskipun kadang masih ada pro kontra tentang sebutan wisata itu. Ah, aku tidak sedang ingin membahas tata bahasanya, karena aku yakin kalian semua tau apa yang aku maksud. Dalam tulisanku kali ini, aku simply memberi tahu kalian kenapa Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang merupakan kuliner medan ini menjadi makanan enak di Medan dan Banjarbaru sehingga layak dinobatkan menjadi wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Baca sampai habis ya, biar enggak penasaran.

        Ketika aku berkunjung ke kota lain, selain melihat objek wisata atau berurusan pekerjaan, tentu tak lupa kita membeli oleh-oleh. Nah, selain oleh-oleh berupa barang yang dibawa pulang, oleh-oleh yang kita sukai tentu saja oleh-oleh pengalaman mencicipi kuliner enak. Pengalaman mencicipi kuliner, itu biasanya jadi kesan yang membekas sehingga bisa diingat rasa dan wujudnya. Tapi, perlu digaris bawahi bahwa wisata kuliner tak melulu tentang berkunjung di daerah lain, bahkan di daerah tempat tinggal kita sendiri, jalan-jalan seru untuk menikmati makanan bisa dikategorikan wisata kuliner yang nyenengin perut.


5 Alasan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Jadi Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi

     Aku sudah lama sekali mengenal Mie ayam jamur Haji Mahmud, sejak Mie ayam jamur ini membuka outlet di kotaku, Banjarbaru. Duh.. seneng donk ya, makanan di kotaku semakin beragam. Maka semakin banyak pula tempat yang bisa dikunjungi untuk bedah rasa dan wisata kuliner, pikirku. Setelah sekian lama mengenalnya aku juga beberapa kali menulis blog menceritakan tentang Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini, yaitu tentang Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang menyediakan layanan digital melalui aplikasi, dan satu lagi yaitu tentang Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang menjadi kuiner halal melegenda. Wah, aku lupa bagaimana aku bisa menulis artikel sekeren itu (*Halah..) yang jelas memang Mie ayam jamur haji mahmud memang sekeren itu sih untuk dijadikan bahan menulis blog, berbagi cerita baik ke khalayak.

        Setelah lama mengenal dan bolak balik makan disana tidak terhitung, percayalah sepertinya semua menu disana sudah pernah kucoba, lalu aku menyimpulkan ini dia 5 alasan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud layak dijadikan wisata kuliner yang dikunjungi:


1. Warisan rasa otentik

Mie Ayam di Indonesia tentu banyak, bahkan ratusan outlet di setiap kota. Lalu mana yang asli? meskipun makanan berjenis mie memang hasil bawaan orang tiongkok yang berlayar ke Indonesia, namun orang Indonesia juga berhasil membuatnya memiliki bumbu khas dan citarasa otentik. Di Mie ayam jamur haji mahmud, Mie Ayamnya memiliki citarasa tersendiri yang otentik dan khas yang sulit ditemukan di produk mie di resto lain. Bumbunya yang khas Indonesia banget (ya iyalah namanya kuliner medan) dipadukan dengan mie keriting khas hajimahmud, dengan penyajian fresh kuah panas kaldu jamur yang dituang saat disajikan, berhasil membuatnya jadi otentik khas haji mahmud. 


Rasa mie ayam yang otentik


        Bicara soal warisan rasa, kalian pasti pernah merasakan sebuah resto atau depot yang entah kenapa, setelah lama berdiri atau terkena dampak krisis ekonomi, tiba-tiba rasanya berubah, jadi enggak enak lagi atau kualitas sajiannya berubah. Nah, di mie ayam jamur haji mahmud, itu semua tidak terjadi. Sekian tahun aku makan disana, mie ayam jamur ini rasanya ya tetap seperti ini, tidak berubah. Soal rasa memang tidak bisa bohong. Jadi kalau sedang ingin mencari wisata kuliner yang memiliki rasa otentik khas Indonesia banget, maka Mie Ayam Jamur Haji Mahmud menjadi salah satu wisata kuliner yang wajib di kunjungi baik di Medan maupun di Banjarbaru sebagai lokasi dimana outlet Haji Mahmud berada.

Mungkin ada yang bertanya, ngapain juga mencoba kuliner Medan padahal sedang berada di Banjarbaru. Kembali ke tema awal bahwa wisata kuliner adalah jalan-jalan dengan tujuan makan-makan. jadi tak terbatas harus menu lokal kalimantan. Bahkan jika kita menikmati menu western atau menu jawa atau sulawesi, tetap dinamakan wisata kuliner. Karena soal selera, memang hanya masing-masing orang yang tau dan bisa menentukan, sedang ingin makan apa?

2. Lokasi strategis

        Yang namanya ingin makan enak, apalagi hanya untuk mengisi waktu senggang atau sedang ingin buru-buru makan, tentu saja lokasi strategis ini sangat menjadi perhitungan. Kita sih maunya makan enak ya. tapi kalau makanan itu didapat dengan susah payah dijangkau lokasinya, pasti orang akan jarang melakukannya. Maka untuk Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini lokasinya sangat strategis yakni di Medan ada di Jalan Abdullah Lubis dan di Banjarbaru ada di Jalan Panglima Batur. Bagi teman-teman yang berada di kedua kota tersebut pasti tau kan bahwa lokasinya di tengan kota, sangat strategis dan mudah dijangkau.

3. Suasana khas Indonesia

Pasti sekarang banyak ya wisata kuliner dengan spot kekinian dan menu kekinian, tentu saja orang menciptakan itu sebagai "signature" outletnya. Begitu pula mie ayam jamur haji mahmud, dimana dengan menu-menu khasnya yang Indonesia banget, lokal banget, maka suasana khas disini juga khas Indonesia. Dengan kursi kayu dan meja kayu besar yang ukurannya khas meja makan orang Indonesia, dilengkapi kursi panjang dan kursi satuan yang memang designnya jadul tidak kekinian. Bagi saya, suasana interior dalam outletnya itu membuat Mie Ayam Jamur Haji Mahmud mengokohkan diri jadi wisata kuliner yang wajib dikunjungi.


Suasana yang nyaman


Disini juga memiliki tempat yang nyaman bagi pasangan baik berdua ataupun mengajak keluarga besar, dengan berisiknya pengunjung membawa anak, ngobrol, merayakan sesuatu, ataupun sekedar makan sendiri untuk mengisi perut, disitu pula suasana khas Indonesia membuat depot ini terasa hommy.

4. Harga bersahabat

        Berapa sih harga yang dikatakan bersahabat itu? Setiap orang mungkin mempunyai ukuran berbeda untuk sesuatu yang dikatakan bersahabat. Tapi harga di depot Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini, bisa dikatakan masih terjangkau oleh semua kalangan, tidak kemahalan, tidak juga terlalu murah. Jujur deh, kalau makanan enak dengan banyak bumbu dan isian jika dihargai terlalu murah kita justru berpikir, terbuat dari apa-apakah bahan-bahannya? Nah disini, kalian akan menemukan makanan enak dengan harga yang worth it dan tidak bikin kalian menderita sesudah makan disana alias bikin kantong kering. Enggak percaya? ya...cobalah liat menu dibawah ini dan datang kesana.


Menu dan harga mie haji mahmud


Lebih menarik lagi, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, sering memberikan kode-kode promo atau giveaway berhadiah voucher makan atau uang tunai, ada juga harga miring untuk jumat berkah. Insyaallah, berbagai kalangan bisa menikmati menu ini dengan lebih mudah dan ramah kantong. 

5. Disukai sejak tahun 1988

        Tahun ini, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud berulang tahun ke 34 alias sudah disukai masyarakat sejak tahun 1988 dan kini penggemarnya makin banyak karena sudah berekspansi ke Banjarbaru juga. Setauku ya, sepengalamanku setiap kali aku wisata kuliner ke Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, enggak pernah benar-benar kosong, tapi selalu saja ada pengunjung dan bahkan kadang sangat ramai, Masya Allah. Sekarang Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga makin disukai karena konten-kontennya di sosial media yang asik dan sangat menghibur. Bisa dikatakan dengan mempertahankan menu otentik dan tradisional namun tetap mengikuti perkembangan media, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini cocok diberi gelar Melegenda dan Gaul.

=======

        Nah, bagiku dengan 5 alasan ini sudah cukup untuk menyebut Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sebagai wisata kuliner yang wajib dikunjungi baik oleh masyarakat Banjarbaru atapun bagi semua pecinta kuliner medan. Sebagai warga Indonesia, aku bangga pada kuliner tradisional dengan cita rasa otentik ini. Meskipun di Mie ayam jamur haji mahmud ini juga ada menu makanan minuman yang kekinian, namun kuliner khasnya tetap bertahan. Favoritku disini adalah Mie AJ Spesial dan Mie Boxing level pedasnya 2. Anak-anakku sukanya pesan nasi goreng dan nasi ayam Andaliman, kesemuanya menu khas medan dengan bumbu khas rempah Indonesia.


nasi goreng haji mahmud (source: hajimahmud.id)


Happy Anniversary ke-34

Jadi sebagai wujud rasa suka dan banggaku, aku mau mengucapkan sedikit untuk anniversary Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ke-34.

Dear Mie Ayam Jamur Haji Mahmud..
Happy anniversary ke-34, aku doakan kalian semakin kuat menghadapi beratnya kehidupan ke depan, dari harga-harga bahan yang naik, persaingan dengan kuliner menu modern, tetaplah bertahan dengan menu khas tradisional yang otentik ala Haji Mahmud. Begitu banyak jenis mie ayam yang aku coba di tempat lain, tetap saja Mie Ayam Jamur hajimahmud punya citarasa tersendiri yang irreplaceable. Suatu saat anak cucu kita akan bangga punya depot kuliner lokal seperti kalian dan bisa mencicipinya, tak sekedar mendengar cerita. Semoga kalian terus laris, lancar, kuat dan tetap otentik ya.



4 comments

  1. Sebagai orang Medan, pecinta mie ayam, dan suka kuliner, aku agak malu Krn ga tau mie ayam ini di Medan 🤣. Abdullah Lubis aku tau sih lokasinya, tapi memang jarang kesana. Cuma biasanya aku mah kalo udh denger mie ayam, mau sejauh apapun hayuk ajaaaa didatangin 😄.

    Dari penampakan sih kliatan enaaak mba. Ini LGS aku masukin ke list, kalo ntr mudik lagi ke Medan, wajib aku datangin sih. Adikku yg biasa KSH rekomendasi kuliner di sana juga belum pernah makan di sini ternyata. Tadi aku tanyain anaknya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhhh, alhamdulillah, jadi ada tambahan referensi kuliner kalo pas balik ke medan yaaa.. Nanti adeknya bisa cobain dulu mbak sebelum mbak balik ke medan, semoga cocok

      Delete
  2. Sepertinya waktu saya kuliah di Banjarbaru dulu mie Haji Mahmud ini belum ada 🤔. Semoga nanti kalau saya berkunjung ke Banjarbaru lagi bisa mampir ke sini juga 🤲

    ReplyDelete
  3. Kalau bicara makanan seolah tak pernah ada habisnya ya mbak. Coba mie ayam haji mahmud juga ada di Surabaya, kayaknya aku bakal kulineran ke sana terus

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..