Rumah Keluarga Kecil di Kawasan kota Industri

Kawasan industri Karawang (goodnewsfromIndonesia)

Di Indonesia ada beberapa kota yang memang merupakan kawasan kota industri. Enggak heran, kalau di kota-kota tersebut biasanya banyak perumahan berukuran mungil dan minimalis. Mereka tidak terlalu butuh rumah besar karena biasanya mereka anak perantauan yang kerabatnya jauh dan jarang menerima tamu dan keluarga saat ini biasanya juga memiliki jumlah anak yang relatif sedikit saja. Tapi meskipun mungil atau minimalis, tentu saja setiap pasangan menginginkan spesifikasi rumah yang bagus. Salah satunya misalnya di kota industri Karawang, Jawa Barat. Perumahan di Karawang rata-rata berupa rumah mungil dengan design minimalis yang mengutamakan kenyamanan.

Perumahan di kawasan Kota Industri

Kawasan Industri adalah wilayah yang disediakan pemerintah untuk pemusatan kegiatan industri yang dilengkapi dengan berbagai sarananya. Indonesia sendiri memiliki 127 kawasan industri yang terbentang dari Aceh, Padang Riau, Muara Enim, Batam, dan banyak lagi lanjut ke daerah Jawa ada di Cilacap, Bekasi, Sukabumi, Majalengka, Gresik, Sidoarjo, Cilegon, Serang, Kendal, Demak, dll lalu berlanjut ke Kalimantan seperti Tanah bumbu, Balikpapan, Bontang, dsb dan di Sulawesi ada Morowali, Makassar, hingga Palu, dan terakhir ada Halmahera di Maluku Utara.

Kawasan industri ini tentu menjadi magnet bagi para pekerja perantauan, yang untuk tinggal lama disana membutuhkan rumah. Tak perlu terlalu besar asal rumah kita sendiri, begitu istilah yang dipegang para pekerja. Tak harus besar, karena  toh hanya butuh untuk tidur dan bercengkrama bersama keluarga kecil. Untuk rumah besar biasanya para pekerja lebih memilih untuk membangun di kampung halaman atau lebih memilih menambah aset lain, bener enggak? hehehe.. karena saya pun pernah merasakan jadi pekerja industri di perantauan, lumayan mengerti filosofi hidup para perantauan.

Rumah di kawasan kota industri bisa dikatakan harganya menengah, karena biasanya bukan kawasan elit tapi juga bukan rumah murahan karena yang tinggal tentunya para pekerja dengan penghasilan tetap dan nominalnya diatas UMP. Maka keinginan ini ditangkap oleh para developer dengan menyediakan rumah sesuai jangkauan kemampuan UMP di kota tersebut.

Perumahan Di Karawang

Seperti yang saya contohkan diatas, Karawang - Jawa Barat sebagai salah satu kota industri di Indonesia dimana banyak perusahaan besar memiliki pabrik disana. Bayangkan saja, di Karawang ini ada 12 titik kawasan industri yang bila dijumlahkan encapai 7000 Ha, yang terbesar diantaranya adalah Suryacipta IE dan Karawang International Industrial City yang masing-masing mencapai lebih dari 1300 Ha. Terbayang berapa banyak perumahan yang harus tersedia untuk menampung berapa puluh ribu karyawan yang tinggal disana. Perumahan untuk keluarga kecil pasti banyak menjadi incaran para pekerja, terutama bila itu menjadi rumah pertama yang akan mereka punya di awal bekerja

Perumahan di Karawang yang menarik untuk dijadikan pilihan diantaranya adalah Mustika Village Karawang. Rumah mungil minimalis ini berlokasi di daerah Lemah Mulya, Karawang - Jawa Barat. Rumah mungil ini harganya terbilang terjangkau mulai dari 200 jutaan dengan fasilitas sangat lengkap dengan booking fee cukup 1 juta saja. Hunian ini berkonsep  SAFE (smart, active, fun and eco)  dan lokasinya dekat dengan pintu tol Karawang Barat, Karawang Timur dan pintu tol Klari.

Dengan luas tanah 60 m2 dan luas bangunan 30 m2 rumah ini terbilang memadai untuk keluarga kecil, karena sudah memiliki 2 kamar, dan design interior yang bagus. Belum lagi fasilitas perumahan yang ramah anak dengan jogging track, kawasan terbuka hijau, danau dan jalan yang lebar dengan akses one gate system dan pengawasan 24 jam. Mustika Village Karawang ini juga dekat dengan mall cikampek dan layanan umum lainnya seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan.


type Cendana di Mustika Village Karawang

Interior Mustika Village Karawang

Perumahan Mustika Village Karawang ini saya rasa tak hanya untuk para pekerja industri tapi segala profesi penunjangnya. Misalnya untuk para guru, petugas medis, pengusaha UMKM dan berbagai profesi dengan income kelas menengah. Tak heran kalau perumahan di Karawang ini akhirnya mendapatkan 2 penghargaan penting yaitu Best Low Cost Housing Development (greater Indonesia) dan best affordable housing project for millenials in Karawang. Kalau udah dapat penghargaan gini, sepertinya engga ragu lagi ya.



========

Berbicara soal rumah keluarga kecil, rata-rata keluarga muda saat ini memiliki anak berjumlah 1-3 dengan kesibukan anak-anak yang tak kalah sibuk dengan orang dewasa, semua bergerak dinamis. Dimanapun kota industri tempat kita tinggal, kenyamanan keluarga adalah pertimbangan nomer 1, perumahan di karawang ini hanyalah salah satu gambaran yang bisa jadi pertimbangan. Jadi ketika memilih tak hanya melihat keinginan orang tua, tapi anak pun perlu diajak dan ditanya apakah dia menyukai lingkungan ini yang nantinya akan jadi tempat dia belajar dan bermain dalam tempo yang cukup lama bahkan mungkin hingga dia besar. So, pilihlah hunian yang benar-benar pilihan sekeluarga.

4 comments

  1. Adikku juga sempet beli rumah di daerah industri Cikarang. Deket Ama kantornya di daihatsu. Awalnya Krn ada rencana mau dipindahin kesana, eh ternyata tetep di kantor yg daerah Sunter 🤣. Tapi beli properti gini ga pernah rugi sih. Jadi walo udh kebeli, malah disewain Ama si adem 😄, dianya ttp di rumah lama yg sebelumnya .

    Aku pun ga terlalu suka rumah besar mba, Krn ribet ngerawat dll nya. Cukup yg kecil aja, jadi pas asisten2 ku mudik, aku juga ga rempong sendiri.

    ReplyDelete
  2. Wah, kudet aku nih. Baru tau kalo Karawang adalah daerah industri. Keren juga kalo ternyata di situ pun dibangun perumahan kawasan industri. Pendatang juga penduduk yang menjadi bagian dari industri di Karawang nggak ribeut mencari tempat tinggal.

    ReplyDelete
  3. Rumah di kawasan industri ini mempermudah penghuni ya mbak misal kerja tak jauh dari lokasi. Jadi tidak terlalu lelah juga saat pulang kantor bisa langsung menuju rumah

    ReplyDelete
  4. Wah.. untuk ukuran tanah n luas rumahnya pas banget buat keluarga kecil. Suka liat rumah minimalis yg imut. Krn klo kegedean..anu.. capek bersihinnya..haha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..