Hadirkan Kuliner Legendaris FJB di Rumah dengan Cara Mudah

Hidangkan Resep Legendaris FJB dari Rumah


Dari tahun ke tahun, saya yang tinggal di Kalimantan ini mupeng sekali dengan segala kuliner yang dihadirkan di FJB alias festival jajanan Bango. Karena kesemuanya itu enak-enak dan otentik khas Indonesia. Kadang sampai mengecap meneguk liur saking mupengnya yang rata-rata memang sudah terkenal dan punya nama di kalangan masyarakat Indonesia. 

    Kepikiran juga sih gimana kalau coba bikin sendiri di rumah, kan sudah pakai kecap bango juga sehari-harinya, tinggal lihat resep. Tapi rasanya kok ragu, kuliner Indonesia rata-rata rumit buatannya dan lama, sepertinya kurang cocok dengan saya yang hobi makan enak tapi engga sanggup memasak lama-lama karena punya anak-anak kecil. Keburu anak-anak rewel, pikir saya.


Bango yaitu Media Community Gathering dan Live Cooking demo

By the way, FJB ini agenda tahunan Unilever yaitu kecap bango untuk menghadirkan kuliner Indonesia dan menjaga kuliner Indonesia agar tetap lestari, tentunya biar enggak dicomot diakui negara lain juga kan ya. Pandemi yang lalu, FJB ini sempat di liburkan. Bagaimana tidak, FJB selalu jadi magnet masyarakat Indonesia, pastinya tumpah ruah orang datang berkerumun, hehehe. 

   Tapi akhirnya tahun ini diadakan lagi pada bulan oktober 2022 lalu pada tanggal 28-30. Jangan kaget ya, pengunjungnya mencapai 97 ribu orang dan menu kuliner yang bisa dicoba ada 90 resep, ngiler engga tuh siapin perut untuk makan yang mana, semua enak, apalagi kesemua menu itu menggunakan kecap bango, dimana resep apapun itu akan jadi enak kalau Bango kecapnya. Dan, dengan besarnya antusiasme masyarakat ini, harapan kita FJB terus dilestarikan dan diadakan di kota besar lainnya ya untuk terus melestarikan kuliner Indonesia.

Bango Media Community Gathering


Kok tau sih? iya beberapa waktu lalu aku nonton acara yang diadakan oleh Bango yaitu Media Community Gathering dan Live Cooking demo dengan tema "Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu" yang diadakan Bango pada tanggal 6 Desember 2022 dimana pada acara tersebut, selain diadakan demo memasak kuliner tradisional dengan Bango oleh chef Ragil Imam Wibowo, kita juga dipertemukan dengan Ibu Adisty Nilasari selaku senior external dan digital communication Manager dari Unilever Indonesia.


“Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005. Di FJB 2022, kami mengangat tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayaan kuliner kita.” Adisty Nilasari-senior external dan digital communication Manager dari Unilever Indonesia


Dari Ibu Adisty ini didapatkan informasi bahwa Bango memang sejak dulu berkomitmen untuk menjaga kelestarian kuliner Indonesia, membuat masyarakat jadi kenal dan suka itu memang perlu komitmen yang istiqomah ya. Makanya Bango juga rutin mengadakan FJB dari tahun ke tahun. Dan kali ini, media gathering selain diadakan offline juga digelar secara online melalui webinar dan dan youtube live, tujuannya adalah agar Bango bisa membagikan resep-resep tradisional FJB ini kepada ibu-ibu di rumah dan bisa mencobanya sendiri untuk disajikan ke keluarga di rumah. 


     Ini tentu cocok sekali dengan saya yang tinggal di Kalimantan dan belum bisa ikut FJB juga bisa mencoba kuliner tradisional di rumah ala FJB. Dengan mengajari ibu-ibu di rumah kuliner FJB, harapan dari Bango adalah agar kuliner Indonesia terus dikenal dari generasi ke generasi. Kalau dipikir-pikir ya sebenarnya hal ini memang sangat penting ya melihat Indonesia sekarang banyak kemasukan kuliner-kuliner barat dan asia bagian utara dan timur tengah. Maka kita sendiri harus terus mengenalkan kuliner tradisional ke anak cucu kita agar tidak punah.


Cooking Demo Kuliner terlaris FJB 2022 dari Chef Ragil

Cooking demo yang diambil pada acara kali ini adalah kuliner yang paling panjang antriannya saat FJB 2022. Pasti kuliner ini most wanted diantara para pengunjung ya, jadi excited banget aku menyimaknya. Ternyata menunya adalah sate rembiga ala ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung. Masyaallah, saya dengernya aja uda ngiler, dan dari keduanya saya baru pernah makan sate rembiga saja. Menurut yang saya cicipin sepertinya keduanya ini berasa banget bumbu rempahnya, pastilah membuatnya juga sulit, tapi namanya juga penasaran ya saya simak terus donk ya.

Ternyata dari Chef Ragil ini saya jadi belajar, kalau ternyata kuliner tradisional itu tidak serumit itu sodara-sodara, asal tau cara mudahnya aja. dan Ketika chef ragil membuatnya juga durasinya relatif cepat, enggak mungkin webinar sampai berhari-hari donk ya. Kedua resep ini sangat cocok untuk hidangan keluarga, membuatnya juga relatif mudah, apalagi dengan bantuan ulekan atau hand blender, rasanya semua kuliner tradisional beragam bumbu jadi relatif lebih cepat siapnya.

     Selain kunci utamanya adalah menggunakan kecap Bango sehingga rasanya otentik dan tidak berubah dari waktu ke waktu juga jangan lupa untuk melihat langsung videonya di link youtube ini agar bisa mendapat tips pembuatannya. Kuliner dari bahan daging ini, kalau salah-salah emang bisa gagal, dan yah... sayang sekali rasanya. karena harga bahan bakunya relatif lebih mahal. Kalau cuma baca resep itu potensi gagalnya lebih besar dibanding liat cooking demonya yang langsung memperlihatkan prosesnya. Ditangan chef ragil, ternyata Sate Rembiga ala ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung itu mudah ya. Bisa dicoba nih, ini resepnya sudah disediakan Bango di link ini https://www.bango.co.id/resep

Resep Sate Rembiga ala ibu Sinnaseh

Sate Rembiga ibu Sinnaseh ini sangat terkenal di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dan di FJB juga menjadi favorit antrian para pengunjung. Sate yang terbuat dari daging sapi yang dimarinasi ini memang khas banget karena ada bahan dari terasi Lombok. Tapi tentu saja, kalaupun tidak punya terasi Lombok, para ibu bisa membuatnya sendiri dari terasi yang ada di rumah sesuai stok ya. 


BAHAN-BAHAN:

Saus Rembiga
120 gram Bawang putih cincang
50 gram Kecap manis Bango
10 gram Terasi Lombok
100 gram Cabe merah besar
50 gram Cabe keriting
50 gram Minyak goreng
100 gram Air

250 gram Daging sapi khas dalam (direkomendasikan daging sapi bagian pipi) dipotong seperti ukuran sate
100 gram Saus Rembiga
2 gram Garam
5 pcs Tusuk sate

CARA MEMASAK:
Saus Rembiga
  1. Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan 
  2. Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
  3. Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit 
  4. Matikan api, saus siap digunakan
  5. Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate
Sate Rembiga
  1. Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
  2. Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
  3. Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
  4. Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
  5. Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
  6. Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah


Resep Iga sapi bakar ala Jangkung

Iga Sapi Bakar Ala Jangkung ini berasal dari Bandung, jawa barat. Kuliner ini juga jadi salah satu primadona di FJB. Keunikan dari kuliner yang satu ini adalah adalah saat penyajiannya disajikan diatas cobek bakar panas yang meletup-letup karena dimasak langsung diatas cobeknya, iga sapi bakarnya yang berbumbu jadi semakin otentik dengan cara penyajian ala-ala hotplate cobek ini.





BAHAN-BAHAN:
300 gram  Iga sapi 

Bumbu halus untuk merebus iga
50 gram Bawang merah
50 gram Bawang putih
50 gram Sereh
10 gram Laos
10 gram Kunyit
5 butir Cengkeh
1 butir Pala
1 liter Air
3 gram Garam

Bumbu Tumis
100 ml Kecap manis Bango
80 gram Bawang merah iris kasar
10 gram Cabe rawit dimemarkan
50 gram Cabe merah iris tipis
50 gram Cabe hijau iris tipis
2 lembar Daun salam
30 ml Air asam Jawa
30 gram Minyak samin/margarine
100 gram Tomat merah potong kasar 

CARA MEMASAK
  1. Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
  2. Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering
  3. Haluskan bumbu untuk merebus
  4. Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang
  5. Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
  6. Rebus hingga iga empuk
  7. Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya
  8. Tiriskan iga lalu bakar di atas bara
  9. Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera
  10. Panaskan pan dengan minyak samin
  11. Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam
  12. Tumis hingga harum
  13. Masukkan daging iga yang sudah dipotong 
  14. Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa
  15. Aduk hingga merata
  16. Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar
  17. Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar


Dengan membagikan rahasia otentik ini, diharapkan keluarga di rumah bisa merasakan lezatnya kuliner Indonesia tanpa harus menunggu FJB atau jauh-jauh pergi ke Bandung karena semua bisa mencobanya dari rumah. Nah, bagi yang ingin mencoba atau mungkin tertarik dengan kuliner FJB lainnya bisa juga menengok di sosial media kecap Bango di Instagram @bangowarisankulier dan website https://www.bango.co.id siapa tau nanti setelah belajar dari sini, bisa recook untuk perayaan tahun baru atau acara keluarga lainnya. Selamat mencoba.










21 comments

  1. Percaya sih ama ini merek kecap, jujurly, pake juga kok di rumah ni merek kecap

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa memang gak bisa bohong ya, kuliner apapun yg penting kecapnya Bango aja

      Delete
  2. Iga bakarnya bikin ngiler eiy, bisa di save dulu ini sih resepnya buat dicoba kalo aku ga mager hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha, kamu mah emang pecinta kuliner apa2 emang doyan ya kan, karena uda pasti enak2 ini

      Delete
  3. Memang kadang yang kebayang ribetnya duluan, kalau ada trik dan cara cepatnya gini jadi pengen mencoba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi manfaat banget ikutan nonton live streaming acara ini ya, dapat insight

      Delete
  4. Aku sih sebenarnya lebih suka beli, tapi memang iya sih ada baiknya anak juga dikenalin sejak dini kuliner Indonesia ya, biar gak dicomot negara lain nanti

    ReplyDelete
  5. Aku ga pernah datang ke festival Bango ini, padahal pengeeeeen . Apalagi selama ini lokasinya ga jauh2 amat sih dari rumahku, tapi memang kesananya agak macet aja 🤣. Pak suami kalo udh denger macet, langsung males dia.

    Kalo udh liat festival jajanan gini suka kalap mba 😅. Rasanya semua mau dicoba 😁.

    Bagus juga cooking demonya secara online Yaa. Sate Rembiga aku juga belum cobain tuh. Kalo iga bakar jangkung aku tau tempatnya, tapi tiap ke Bandung ntah kenapa belok Mulu ke SOP buntut dahapati di sebelahnya 🤣🤣. Makanya sampe skr blm cobain juga si jangkung 😅. Save dulu aja resepnya, kalo lagi semangat masak, aku mau coba bikin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama banget suamiku, kalo uda denger macet, antri, udah melipir aja. Jadi pas banget nih dikasih resep bisa coba bikin sendiri di rumah, sudah punya bango nya juga

      Delete
  6. Looks so yummyyy

    Bbrp kali k BDg aku blm sempat coba iga si jangkung
    Nah ini aku bs recook dah

    ReplyDelete
  7. Salut dengan Bango yang sejak lama membantu pelestarian kuliner Nusantara. Emang kecapnya sedap dan nikmat sih, pas buat masak keluarga. Apalagi lihat sate rembiga yang menuk-menuk, keliatan empuk dan gurih. Ada resep lengkapnya pula, bisa recook! Makasih, Mbak.....

    ReplyDelete
  8. Duh mantap... semua resep sudah tertulis rapi beserta cara memasaknya. tinggal dipraktekin aja nih untuk disajikan dirumah. Ngga lupa kecap andalan kecap bango untuk melengkapi kelezatan yang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah semangat banget nih pengen nyoba biar anak2 ku kenal sama kuliner khas indonesia

      Delete
  9. Saya sendiri pakai kecap bango di rumah, lumayan nikmat. Btw chef Ragil itu kayaknya yang dulu pernah tampil di acara memasak Alez Quisine tahun 2000an dulu. Terkenal banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap betul beliau emang terkenal banget, udahnpada gak asing lagi ya

      Delete
  10. Di rumah kami juga pakai kecap Bango, rasanya emang enak yaa. Selalu kupakai buat menumis dan bikin bumbu2.
    Sate rembiga kyknya enak banget tu mbak, jd pengen recook mumpung lagi punya panggangan kmrn dikasi org haha :D
    TFS resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh pas banget itu, udah punya kecapnya, punya panggangannya, tinggal beli dagingnya, jadi deh, duh jadi ngebayangin

      Delete
  11. baiklah nti meluncur ke webnya untuk mendapatkan resep resep masakan yg bisa dicoba di rumah

    ReplyDelete
  12. resepnya boleh dicoba, apalagi sebagai penikmat makanan enak saya merasa ini tidak boleh sekadar dibaca ini. kecap bango juga ada di rumah

    ReplyDelete
  13. Langsung pengen praktik masak ini di rumah, oh jelas aku juga pakenya bango mbaaa enak soalnya

    ReplyDelete
  14. Saya baru tahu saus rembiga ini. Kayaknya enak dan rasanya unik. Cara memasaknya juga mudah. Tadinya saya bayangin harus bikin api di luar dan bakar pakai arang gitu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..