Rekomendasi Wisata Kuliner Di Bogor Yang Wajib Didatangi

 

Cungkring pak Jumat (Travel Kompas)

Jika sedang berada di Bogor, maka jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner. Karena di sana ada banyak pilihan tempat nongkrong dan juga tempat-tempat makan yang legend. Tidak perlu khawatir jika datang kepagian atau kemalaman, karena tempat-tempat makan di Bogor buka sampai malam hari.

Saat ke Bogor kamu bisa memilih transportasi yang nyaman apalagi jika kamu berasal dari luar kota. Kamu bisa memilih rental mobil Jabodetabek untuk pilihan kendaraan terbaik. Dan kini melakukan rental mobil sangat mudah, karena bisa secara online tanpa harus datang ke tempat rental.

Rekomendasi Wisata Kuliner Bogor

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner Bogor yang wajib didatangi.

  1. Cungkring Pak Jum'at

Dari nama tempatnya saja mungkin sudah membuat penasaran kamu yang mendengarnya. Cungkring adalah makanan yang disajikan dengan jeroan sapi, lontong dan tempe goreng kemudian dilengkapi dengan kuah kacang mirip seperti sate. Cungkring bisa kamu temukan dengan mudah di Bogor, warung cungkring yang terkenal adalah cungkring Pak Jum'at karena sudah ada sejak tahun 1975. 

Penyajian cungkring menggunakan bungkus nasi yang dilapisi daun pisang dan modelnya adalah dengan cara dipincuk. Lokasinya berada di jalan Suryakencana, Bogor.

 

  1. Cimory Mountain View

Berikutnya, kamu wajib mengunjungi yang namanya Cimory Mountain View. Tempat wisata kuliner ini merupakan sebuah restoran yang lokasinya ada di pabrik susu Cimory. Tempat ini menjadi salah satu resto favorit keluarga, di kawasan puncak Bogor.

Di Cimory Mountain View, kamu tidak hanya bisa menikmati hidangan makanan yang enak tapi juga sambil melihat-lihat pemandangan indah dan sudah pasti dingin. Lokasinya sendiri berada di Leuwimalang, Cisarua, Bogor.

 

  1. Soto Bogor Pak Salam

Banyak daerah di Indonesia yang punya soto khas masing-masing salah satunya Bogor. Kamu bisa mencicipi Soto Bogor di warung Pak Salam yang sudah ada sejak tahun 80-an sebagai salah satu rekomendasi wisata kuliner di Bogor. Untuk warungnya sendiri cukup sederhana, tetapi jika masalah pelanggannya sangat banyak setiap hari.

Soto Pak Salam (jalanjalanenak.com)

Soto Bogor di warung ini sangat kaya akan rempah dan kamu bisa memilih sajian soto sesuai selera. Selain itu harga terbilang sangat murah yaitu mulai dari 5 ribuan saja.

 

  1. Bubur Ayam Spesial Bahari

Bagi kamu bubur ayam maka wajib mencoba bubur ayam spesial yang ada di Bogor. Salah satunya, kamu bisa mengunjungi Warung Bubur Ayam Spesial Bahari. Warung ini lokasinya cukup dekat dengan stasiun kereta api.

Untuk satu porsi bubur ayam terdiri dari bubur kental dengan suwiran ayam dan juga bumbu kari kuning. Tidak lupa terdapat topping taburan kacang kedelai dan juga daun bawang.

 

  1. Sop Buntut Mak Emun

Rekomendasi wisata kuliner di Bogor yang wajib didatangi yang ke tujuh adalah Warung Mak Emun. Sop buntut tentu saja ada di mana-mana namun jika ke Bogor maka kamu tidak boleh melewatkan warung sop buntut legendaris satu ini. Sop Buntut Mak Emun sudah hadir sejak tahun 1960 dan masih memiliki banyak pelanggan setia sampai sekarang. Bahkan kamu disarankan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu agar tidak kehabisan menu sop buntut.

Untuk harga sop buntut di warung ini juga terbilang cukup terjangkau. Lokasinya ada di Jalan Jendral Sudirman, Bogor tengah.

 

  1. Martabak Encek Legendaris

Setelah merekomendasikan beberapa tempat makanan berat, kamu juga wajib mencicipi camilan manis dan mengenyangkan, yaitu martabak. Martabak Encek Legendaris ini sangat ramai pengunjung bahkan sudah banyak yang mengantri meski warung belum dibuka. Warung martabak ini sangat istimewa, karena proses pembuatan martabaknya sangat unik.

Proses pembuatan martabak tidak menggunakan cara kekinian yaitu pakai gas tapi memakai arang. Pastikan bahwa cita rasa dari martabak encek ini sangat unik. Pilihan variasi rasanya juga sangat banyak mulai dari coklat, keju dan kacang serta masih banyak lagi.

 

  1. Toge Goreng H. Gebro

Untuk warga Bogor pasti sudah tidak asing dengan kuliner toge goreng. Tetapi pastikan ketika ke Bogor kamu tidak lupa mengunjungi Toge Goreng H. Gebro yang sangat legendaris dan sudah ada sejak tahun 1943. Goreng adalah makanan tradisional khas Bogor yang disajikan dengan campuran tauge dan mie kuning lalu ditambah dengan oncom merah.

Toge goreng juga disajikan dengan tambahan ketupat dan irisan tahu goreng. Jadi bisa dipastikan bahwa kuliner satu ini juga cukup mengenyangkan.

 

  1. Sop Buah  Pak Ewok

Yang terakhir kamu juga wajib mencoba kuliner Sop Buah Pak Ewok yang cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 80-an. Sebuah ini lokasinya di dekat stasiun dan merupakan sebuah terkenal karena rasanya yang konsisten sejak berdiri. 

Selain sop buah biasa, tempat ini juga memiliki menu andalan lain yaitu sop buah durian. Lokasinya sendiri berada di Jalan Prof Andi Hakim Nasution Bogor samping IPB Botani.


Baca juga: Liburan ke Bali rasakan nikmat seperti warga lokal disini

Sekarang tentu kamu sudah punya banyak rekomendasi wisata kuliner di Bogor yang menarik untuk didatangi. Sehingga ketika ke Bogor kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencicipi menu makanan disana, sebab ada banyak pilihan tempat makan yang direkomendasikan.

By the way, untuk yang bukan warga Bogor mungkin memerlukan rental atau sewa mobil untuk jalan-jalan dan wisata kuliner di Bogor dan sekitarnya, maka paling tepat untuk melakukan pemesanan lewat Traveloka. Traveloka menghadirkan kemudahan tidak hanya untuk pembelian tiket bus, pesawat atau kereta api tapi juga sewa atau rental mobil sesuai kebutuhan. Nanti setelah dari Bogor kamu juga bisa melanjutkan jalan-jalan dengan wisata di Bandung atau kuliner di Lembang yang tempatnya masih seprovinsi dengan Bogor.

1 comment

  1. Ehm Bogor, kota yang populer karena keunikannya jadi penasaran sama makanan yang ada di sana. Eh, mantep nih kalau ke sana bisa mencoba cungkring pak Jumat jadi kepo gimana rasanya karena gak tahu makanan ini. Kalau soto tahu, tapi mungkin beda sama di Malang, nih, Terima kasih rekomendasinya!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..