Trend Cloud Kitchen Sebagai Bisnis Masa Depan

Trend Cloud Kitchen Sebagai Bisnis

Pernah dengar istilah cloud kitchen? dapur awan? oh tentu saja bukan begitu maksudnya. Mari mengenal apa sih cloud kitchen dan bagaimana trend cloud kitchen sebagai bisnis masadepan. 

Bisnis yang saat ini semakin berkembang dan diisi dengan berbagai inovasi. Pasar yang terus bervariasi meningkatkan perpindahan cara kelola bisnis dan hal ini justru semakin menumbuhkan minat masyarakat untuk mengembangkan inovasi – inovasi baru. Salah satu contoh model cloud kitchen yang cukup populer adalah Hangry. Produk yang ditawarkan tentunya berupa makanan cepat saji dengan berbagai menu dan pilihan menarik.

Cloud Kitchen Indonesia  semakin berkembang dan kini sudah tersedia dalam bentuk yang beragam. Bisnis yang mengedepankan konsep makanan ini mempunyai sisi yang unik dimana setiap sistem dapat bekerja untuk memproduksi banyak makanan. Jika restoran biasa berfokus terhadap pelayanan, waktu dan berbagai kegiatan lainnya.

Cloud kitchen berfokus terhadap jasa pesan antar yang akan semakin mempermudah konsumen untuk mendapatkan pesanan dengan cepat. Berikut adalah Trend Cloud Kitchen Sebagai Bisnis Masadepan antara lain :


Pengertian Cloud Kitchen

Untuk mendapatkan makanan maka Anda akan perlu berkunjung ke restoran dan memesannya secara langsung. Namun cara seperti ini lambat laun akan ditinggalkan. Hal ini bermula karena perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat membuat masyarakat menjadi lebih mudah.

Memesan makanan tidak perlu lagi mengantri, berdesakan bahkan hingga harus mencari tempat duduk dikala keramaian. Hal ini tentu memakan banyak waktu dan bagi orang yang sudah tidak sabar menunggu akan menjadi lelah dan akhirnya pulang tanpa membawa apa – apa. Ini tentunya dapat menimbulkan konflik dan bisa jadi dampaknya akan terasa oleh restoran yang bersangkutan.

Oleh karena itu diperkenalkannya Cloud Kitchen akan dapat membantu banyak restoran untuk memperbarui cara bisnisnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Restoran Hangry dimana restoran ini sudah menggunakan Cloud Kitchen. Restoran ini bahkan sudah tersedia di berbagai titik di seluruh Indonesia. Tentunya adanya Trend Cloud Kitchen akan semakin mempermudah banyak restoran saling terhubung dalam 1 jaringan yang sama. Hal ini akan menguntungkan banyak pihak dan membuat konsumen merasa lebih diperhatikan.


Dikenal Sebagai Konsep Virtual Restaurant

Mungkin sebagian orang akan bingung tentang seperti apa itu konsep virtual restaurant. Apakah restaurant yang digital begitu? berbeda dengan berbagai acara virtual yang marak ketika pandemi terjadi. Konsep ini sebetulnya sudah ada sejak sebelum masa pandemi terjadi. Namun semakin berguna ketika masa pandemi sedang dialami oleh berbagai negara di dunia.

Konsep virtual restaurant ini akan dapat membantu konsumen dalam mendapatkan makanan dan minuman dengan praktis dan cepat. Para konsumen bisa mengaksesnya melalui aplikasi dan mulai memesan makanan sesuai pilihan. Hadirnya Cloud Kitchen ini juga sudah diterapkan oleh Hangry.

Jika dilihat maka Hangry merupakan salah satu bisnis H&B yang juga menerapkan konsep konsep virtual restaurant. Hal ini ditambah canggihnya teknologi membuat Hangry sudah mengoperasikan hingga 47 cabang yang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

Hangry bahkan juga sudah dapat dioperasikan dengan mengunduh aplikasi Hangry app dan juga sudah bekerjasama dengan berbagai platform digital seperti Grabfood, Shopefood dan sebagainya. Hadirnya Hangry ditengah masyarakat akan semakin memudahkan konsumen untuk dapat dengan cepat memesan makanan.


Seputar Hangry

Dikenal sebagai brand dengan konsep virtual restaurant. Hangry berfokus pada pelayanan pesan antar makanan. Berbagai brand makanan dan minuman dibuat dalam 1 platform yang saat ini sudah bisa diakses di Hangry app.

Multiplaform F&B ini juga akan mempermudah konsumen dalam menentukan pilihan menu makanan favorit dan memesannya secara langsung. Hadirnya konsep multiplatform ini juga akan semakin mempertegas bahwa bisnis makanan sudah seharusnya go digital.

Sebagai negara yang besar seperti Indonesia akan lebih terjangkau apabila bisnis digital berkonsep makanan ini semakin meningkat. Hangry memahami peranan tersebut sehingga berkontribusi lebih banyak terhadap produk F&B berkonsep digital.

Dengan mengedepankan konsep digital maka masyarakat akan lebih mudah mengakses serta dapat memesan makanan lebih bervariasi. Hal ini akan menumbuhkan minat masyarakat untuk memilih layanan pesan antar yang praktis dan efisien.


Layanan Pesan Antar Yang Lebih Terjangkau

Cloud kithcen merupakan sebuah layanan makanan dengan konsep virtual restaurant. Hadirnya cloud kitchen seperti Hangry akan semakin mempertegas bahwa layanan pesan antar makanan akan dibuat semakin terjangkau.

Trend cloud kitchen sebagai bisnis masa depan, baik dari segi efisiensi waktu dan mempercepat proses bisnis antar kolega akan membuat layanan pesan antar makanan ini semakin booming. Cloud kitchen juga dapat menjangkau lebih besar konsumen dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Berbeda dari restoran komvensional yang harus membuka kedai dan menerima pelanggan lalu pelanggan akan memutuskan untuk makan ditempat atau dibawa pulang.

Versi dari cloud kitchen justru dibuat lebih sederhana terlebih untuk pelanggan yang tidak ingin mengantri dan berdesakan di restoran. Cloud kitchen sangat cocok untuk Anda yang ingin cepat mendapatkan makanan kesukaan tanpa perlu mengantri berjam – jam.

Baca juga: Belajar dari Kegagalan Usaha Laundry


Mengajak Para Pebisnis Untuk Upgrade Skill

Berbeda dari bisnis konvensional. Cloud kitchen yang berperan penting terhadap bisnis F&B dibuat semakin modern. Para pebisnis yang masih mengelola bisnisnya secara konvensional akan semakin meningkatkan kualitas usaha dengan cara mendaftarkannya di Cloud Kitchen.

Ini merupakan bentuk modernisasi sembari meningkatkan skill dan keterampilan dalam dunia digitalisasi. Semua yang dibutuhkan pengusaha untuk tampil lebih maju tersedia dalam 1 wadah yang disebut dengan Cloud Kitchen.

Anda juga dapat secara aktif memperkenalkan produk kuliner terbaru dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Tentu dengan hadirnya cloud kitchen akan semakin mempermudah para pebisnis makanan menjadi lebih baik dan berkembang.

Trend Cloud Kitchen Sebagai Bisnis Masa Depan adalah langkah nyata untuk meningkatkan kualitas dan mutu. Sistem antar pesan juga akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

 


3 comments

  1. Pernah dengar tentang ini, bisa jadi trend bisnis yang baru dan keren sih memang sistemnya. Ternyata sudah sampai di Indonesia, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, di Indonesia sepertinya sudah ada di usung oleh domino pizza dan pizza hut delivery, semiga nanti makin banyak

      Delete
  2. Semakin keren aja ya sistem restoran zaman now. Apalagi kalo diliat liat trend cloud kitchen ini jadi makin mudah dan praktis. Semoga makin banyak yang menggunakan trend cloud kitchen.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..