Rekomendasi Hampers Lebaran Ramah Lingkungan dari The Body Shop®

 


Tahu enggak sih sekarang sampah skincare ini menjadi salah satu masalah baru di dunia persampahan tanah air. Karena kemasan skincare rata-rata berbahan plastik dan kaca. Memang sih bank sampah untuk skincare ini sekarang sudah lumayan bermunculan, tapi bisa dikatakan belum banyak, tidak sebanyak bank sampah yang biasanya. Penting banget bagi kita untuk tidak menambah-nambah "beban" sampah Indonesia ini kalo enggak mau tinggal di bumi yang penuh sampah. 

Karena sebenarnya tingkat daur ulang saat ini masih relatif rendah yakni hanya sekitar 9% secara global. Potensi untuk terus meningkat tentu saja terutama untuk sampah plastik. Bahkan timbunan sampah plastik ini secara global diperkirakan mencapai lebih dari 25.000 juta metrik ton nanti pada tahun 2050. Angka yang cukup mengerikan, bukan? 

Kali ini saya mau merekomendasikan hampers lebaran yang ramah lingkungan dari The Body Shop®. Namun sebelum itu mau cerita dulu sedikit, bahwa kebiasaan kirim-kiriman parcel sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan mungkin jauh sebelum saya lahir. Namun umumnya kebiasaan itu hanya dilakukan untuk kaum berada, karena harga parcel itu relatif mahal. seiring waktu percel lebaran kian variatif harganya maupun isinya. Yang dulunya isinya seputar snack lebaran, kian bergeser berisi tea set, pecah belah, peralatan masak, hijab, skincare hingga ke makanan-makanan siap santap. Pokoknya banyak deh.

Seiring dengan terjadinya pandemi, dimana dua tahun terakhir dilarang banyak berkumpul bahkan mudik, hampers lebaran makin banyak merajalela mewarnai indahnya ramadan sebagai ganti silaturahmi offline. Tapi...satu hal yang sering kita abaikan dalam hampers adalah faktor sampah yang diciptakan sesudahnya. Meski semua dikonsumsi, ada baiknya tetap memikirkan bagaimana sampah-sampah kemasan ini nantinya kalau semakin banyak hampers beredar.

Rekomendasi Hampers Lebaran The Body Shop®

The Body Shop® sudah terkenal sejak dulu sebagai salah satu brand skincare yang sangat mengutamakan aspek ramah lingkungan, cruelty free, vegan, minim sampah, dan tindakan menyayangi lingkungan lainnya sangat menjadi prioritas. Konsumen sendiri saat ini sudah sangat cerdas dan sangat banyak yang menyayangi lingkungan ya. Berdasarkan survey konsumen global yang dirilis oleh Roland Berger and Potloc tahun 2020 dan 2021, konsumen pengennya bisa memiliki produk yang ada value for money, berkualitas dan durability lebih, dan harapan untuk sustainable juga menjadi pokok pikiran penting dari konsumen.

The Body Shop® luncurkan Hampers Green Ramadan

The Body Shop® sudah menangkap pemikiran itu sejak dulu, dengan terus menghasilkan produk berkualitas dan mendorong hal-hal yang bisa menjaga keberlanjutan untuk lingkungan. Dan kali ini The Body Shop® merilis hampers/gift untuk lebaran yang ramah lingkungan dan mengajak seluruh masyarakat turut serta mengurangi sampah plastik sisa skincare.

Pada pekan lalu saya berkesempatan ikut zoom bareng Tim dari The Body Shop® juga bareng Iqbal ramadan, yang sebagai aktor, musisi juga mahasiswa di Melbourne, juga Nila Tanzil selaku founder dan executive director dari Taman Bacaan Pelangi. 

Pada kesempatan ini, Iqbal menceritakan bagaimana ketidak hadirannya di Indonesia saat ini sedikit terobati karena ia bisa berkirim-kirim hampers untuk kerabatnya di tanah air. Selain itu Iqbal bercerita tentang upaya-upaya apa saja yang Iqbal lakukan selama ini untuk tetap turut andil mengurangi sampah. Misalnya dengan rajin membawa tote bag ketika berbelanja, menurangi pemakaian listrik dan air, juga mengurangi sampai kemasan makanan.




The Body Shop® pada Ramadan kali ini ingin menyajikan sesuatu yang bisa bermakna besar dari sekedar saling memberi. Tak sekedar memperhatikan bentuk fisik dan produk yang berkualitas tapi juga makna kebahagiaan dari seseorang yang memberi dan menerima pemberian tersebut. Hampers menjadi sesuatu yang menunjukkan kasih sayang dan perhatian, dan menandakan kita "ada" bersama orang-orang yang kita sayangi namun tetap dengan berkontribusi untuk kebaikan lingkungan.

Dengan pilihan gift yang sustainable dan dukungan kita semua untuk meningkatkan literasi serta membangun Green Library, Ramadan tahun ini lebih spesial maknanya karena kita bisa berbagi kebaikan bukan hanya kepada keluarga dan sahabat tercinta, tetapi juga kepada sesama dan semesta”, jelas Aryo Widiwardhono, CEO The Body Shop® Indonesia


Kenapa Memilih Hampers The Body Shop®

1. Hampers The Body Shop® Bisa Customize

Hampers The Body Shop® bisa dibeli sesuai budget yang kita punya, dan isinya juga bisa customize sesuai maunya kita atau sesuai karakter penerima. Jadi kita-kita enggak akan kebingungan menentukan isian apa yang cocok buat kita kirim karena semuanya sudah fleksible sesuai kebutuhan kita.

“Koleksi gift kami tersedia mulai dari harga Rp. 79.000  hingga Rp. 1.239.000 dan dapat dibeli di store terdekat, melalui whatsapp, https://www.thebodyshop.co.id/ramadan-hampers/create-your-own, dan mobile app. Untuk kartu ucapan pun kali ini telah kami sediakan secara khusus. Kartu ucapan ini terdapat bibit tanaman di dalamnya sehingga bisa ditanam. Jadi, tidak ada kemasan yang terbuang menjadi sampah”, Ratu Ommaya - Head of Values, Community and PR The Body Shop®.

2. Semua produk Cruelty free

Cruelty Free ini sudah jadi komitmen The Body Shop® sejak dulu sejak awal memasuki dunia skincare dan make up. Jadi untuk kalian yang fokus untuk mencintai alam, cruelty free ini jadi nilai plus untuk produk yang bisa dipilih. 

3. Semua Kemasan The Body Shop® Reuseable

Produk The Body Shop® sendiri, tentu saja bisa digunakan isinya sebagai skincare, bagaimana dengan kemasannya? Nah, ini nih kerennya kalau kalian membeli hampers/gift The Body Shop® karena dari hampers tersebut semua bisa digunakan kembali, lho! contohnya nih, mangkoknya bisa digunakan kembali untuk makan ketupat misalnya, pouchnya bisa banget dipakai lagi untuk traveling sebagai make up pouch, dan bahkan greeting cardnya pun bermanfaat loh karena berisi benih tanaman yang bisa menghijaukan rumah. 

Nila Tanzil memamerkan bibit bayam dari 
greeting card Hampers The Body Shop®

Semua part dalam hampers ini bermanfaat, ini keren banget sih idenya karena biasanya akupun menerima hampers ada saja bagian-bagian yang tidak bisa digunakan kembali akhirnya jadi sampah, sedih kan.

4. Produk The Body Shop® disenangi semua orang

wah jangan ditanya, siapa sih yang gak seneng dikasih hampers berisi The Body Shop®, produk ini dari dulu terkenal kualitasnya, wanginya, kemasannya, semua menarik dan bisa bagus banget buat kulit. jadi enggak salah juga kalau Iqbal Ramadan yang tahun ini merasakan ramadan jauh di Melbourne sana, memilih hampers The Body Shop® untuk mengirimi kerabat dan sahabat-sahabatnya di tanah air untuk menandakan kehadirannya, perhatiaannya dan silaturahminya. Dengan gift yang sustainable begini, melengkapi ekspresi cinta Iqbal pada orang-orang yang ia sayangi meski sedang berjauhan.

5. Cara ordernya mudah 

Kebayang kan Iqbal yang jauh di Aussie saja bisa mengirim hampers untuk tanda cinta kepada sahabat dan kerabatnya di tanah air. Karena memang cara ordernya semudah itu, tinggal order ke websitenya, maka dimana pun kita berada maka hampers akan tiba ke tujuan. Tidak masalah kita tinggal dari ujung sabang sampai papua, hampers akan bisa dipesan dengan mudah tinggal klik-klik saja.

4. Membeli hampers The Body Shop® berarti turut berdonasi

Satu hal yang saya sangat suka dari The Body Shop® yaitu konsistensinya dalam melakukan inisiatif yang ramah lingkungan dan bagaimana tetap menjaga keselarasan dengan semesta melalui produk-produknya. Salah satu Gift with Purchase yang akan diterima konsumen The Body Shop® berupa coaster dari kemasan kosong The Body Shop® hasil kolaborasi dengan saya”Iqbal Ramadan.


Dalam sesi talkshow di Zoom tersebut juga dibahas program kemitraan antara The Body Shop® dengan taman bacaan pelangi untuk program literasi dan kepedulian kehidupan yang berkelanjutan pada anak-anak ditambah juga dengan pembangunan perpustakaan yang diberi konsep sebagai Green Library untuk 3 kota yang menurut survey memiliki Indeks Aktivitas LIterasi (Alibaca) Nasional berada di posisi rendah yaitu Makassar, Lombok dan Kupang. Karena itulah dengan membeli hampers The Body Shop®, kita sebagai konsumen bisa turut berpartisipasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berdonasi langsung di kasir pada gerai-gerai The Body Shop®  di seluruh Indonesia, juga bisa melalui official website dan mobile apps. Sambil beli hampers lebaran bisa sambil donasi, Masya Allah.. 


Oh iya ada satu hal lagi bentuk dukungan yang diberikan konsumen yaitu dengan mengembalikan botol bekas ke semua store The Body Shop®. Untuk apa sih botol-botol bekas itu? pada perpustakaan berkonsep green library itu nantinya akan dibuat furnitur dari botol-botol bekas. program ini dikasih nama program Bring back our bottle dari konsumen. Komitmen mengembalikan botol ini adalah wujud komitmen dari The Body Shop®  untuk bisa #KerenTanpaNyampah yang sudah diterapkan sejak tahun 2021. 


Tentang Green Library The Body Shop®


Nila Tanzil sendiri selaku Founder dan Executive Director Taman Bacaan Pelangi mengaku sangat bangga bisa menjadi rekan dari The Body Shop® dalam membangun green library ini. Taman bacaan pelangi ini rencananya akan membangun green library di 3 Sekolah Dasar yang ada di kota-kota yang ditunjuk tadi yaitu Makassar, Lombok dan Kupang.


Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 145 perpustakaan anak dan memberikan akses buku bacaan kepada lebih dari 34.000 anak yang berusia 5-13 tahun dengan menyediakan lebih dari 250.000 buku bacaan anak dan telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 5.000 guru di Indonesia Timur. Setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi memiliki minimal 1.250 hingga 3.000 buku cerita anak-anak-Nila Tanzil, Founder dan Executive Director Taman Bacaan Pelangi

Dari semua yang saya tulis ini bisa terlihat ya, bahwa hampers The Body Shop® tidak sekedar hampers untuk simbol kasih sayang dan perhatian, tapi juga ada kepedulian disana terhadap sampah di lingkungan juga mengandung banyak kepedulian untuk literasi anak-anak Indonesia,


"Saya mengajak kita semua berpartisipasi aktif dalam melakukan aksi nyata untuk greener and more meaningful Ramadan untuk sesama dan juga semesta. Banyak kebaikan yang ditebar dalam program Ramadan The Body Shop® ini”,-Iqbaal Ramadhan.


Mumpung masih ramadhan bisa dipilih-pilih mana hampers favorit kalian. Hampers tak sekedar untuk yang berjauhan, tapi juga bisa memberi untuk sahabat-sahabat terdekat. Kalaupun sekarang sudah boleh mudik lebaran, hampers The Body Shop® ini bagus banget lho untuk dijadikan buah tangan yang dibawa ketika saling bersilaturahmi. So, silakan memborong hamper ramadan dari The Body Shop®. 



















19 comments

  1. body shop selalu concern dengan isu lingkungan dan ngga cuman seluruh produknya yang ramah lingkungan termasuk hampers yang dibuatnya. kece sekali nih! salute

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sejak jaman dulu banget sampe sekarang konsisten menjaga lingkungan

      Delete
  2. Beughh, The Body Shop ini ciamik benerrr
    selalu bisa bikin campaign yg menunjukkan cinta plus kontribusi untuk planet Bumi yg makin baik dan lestri.
    keren sangaatt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya allah, aku juga kagum banget makanya aku dengan senang hati berbagi kisah ini

      Delete
  3. Wah tetap cantik ya walaupun ramah lingkungan, nah, kita memang harus mengurangi sampah yang berbahaya untuk lingkungan. Apalagi masanya hampers kayak gini berpengaruh banget, mantep body shopp tetap bagus dan peduli dengan lingkungan.

    ReplyDelete
  4. Bagus neh, hampers lebaran ramah lingkungan, jadi selain menyehatkan badan juga menyehatkan lingkungan. Terima kasih infonya Kak

    ReplyDelete
  5. Kebayang banget kalau dapat hampers sekese ini yang beli dari The Body Shop pasti dijamin banyak yang happy. Udah produknya keren program-programnya juga keren ya jadi pengen belanja Body Shop wkwk

    ReplyDelete
  6. Aku juga sebenernya galau bener deh sama kemasan skincare yang sudah habis. Meski aku termasuk yang lamaa abisin skincare-nya, tapi tetep aja kan penyumbang limbah plastik atau kaca.
    Semoga dengan gerakan dari The Body Shop, maka banyak brand lain yang mengikuti. Dan kini waktunya berbagi Hampers Lebaran The Body Shop®.

    Pasti happy banget dapet parcel skincare, body care sampai haircare dari The Body Shop.

    ReplyDelete
  7. Aku suka nih sama yang ramah lingkungan kaya gini. Untungalah sudah banyak brand yang aware tentang perlunya menjaga bumi dengan berbagai cara yang mereka bisa. Love the bodyshop, kalian keren.

    ReplyDelete
  8. Mau juga donk dikirimin hampers :D
    Zaman dulu hampers atau parcel identik dengan sembako, kue2, sirup2 gtu ya, kalau sekarang lbh banyak variasinya, bahkan skincare pun bisa dijadikan hampers. Wah keren nih TBS produk2 dan kemasannya udah ramah lingkungan ya mbak. CSR-nya juga mendukung dunia pendidikan TFS infonya

    ReplyDelete
  9. idenya cucok juga nih Bodyshop, hampers yang ramah lingkungan dan juga bisa disesuaikan sama budget yng kita punya.
    semua senang, bumi pun tetap aman

    ReplyDelete
  10. Mau banget dong hampers The Body Shop, paling suka parfum nya. Sekarang mau bikin hampers juga bebas ya nggak melulu makanan atau kue kering pada umumnya.

    ReplyDelete
  11. Kerenni..hampersnya. Kalo jaman dulu jelang lebaran banyak parcel gitu isinya makanan dan minuman. ini mantap kali bsak bungkus2nya bisa di pakai kembali ya.., jadi gak nyampah

    ReplyDelete
  12. Wow salut sama Body Shop campaign nya mencintai lingkungan. Aku termasuk yang lagi nyari pihak ketiga buat kirim bekas botol skincare. Mg aja bisa diolah lagi. Tp yg bisa direuse jelas digunakan kembali di rumah

    ReplyDelete
  13. TBS mantappu memang gapernah fail dan totalitas kalau ngadain campaign2 heuhuuuuuu. Emang sik kalau hampers itu suka banyaak printilan yg berpotensi menambah sampah gt, apalagi kalau yg kekinian kaya skrg. Nice one paket hampers dr TBS ini krn harganya jg mulai dr harga terjangkau hihi

    ReplyDelete
  14. keren banget the body shop bangga deh pake produknya, aku pake pelembab dan parfumenya mba. Hepi banget. ada hampers lebaran yang ramah lingkungannya keren.

    ReplyDelete
  15. Dari dulu emang the body shop ini brand favoritku banget, paling suka parfumnya sih. Dan ketika mereka sekarang rilis dalam bentuk hampers lebaran, beneran tertarik buat beli juga, karena siapapun yang nerima hampers dari The Body Shop pasti happy :D

    ReplyDelete
  16. Dari dulu emang the body shop ini brand favoritku banget, paling suka parfumnya sih. Dan ketika mereka sekarang rilis dalam bentuk hampers lebaran, beneran tertarik buat beli juga, karena siapapun yang nerima hampers dari The Body Shop pasti happy :D

    ReplyDelete
  17. The Body Shop kece banget sih mbak, campaignnya selalu keren apalagi soal lingkungan. Dan produknya juga berkualitas ga usah di ragukan lagi ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..