Muzakki Istimewa Award, Apresiasi untuk Organisasi di bidang Zakat

Tidak terasa tahun ini sudah memasuki tahun ke-6 saya dan teman-teman saya mengelola komunitas Gerakan peduli lansia (GPL) Kalsel. Seneng banget tidak menyangka perjalanan akan sepanjang ini, meski awalnya sempat pesimis, berapa lama ya komunitas ini bisa bertahan.


Naik turun itu sudah pasti, apalagi kami ini hanya komunitas kecil tidak memiliki badan hukum berbentuk yayasan. Semua donasi berbekal dari masyarakat saja yang kami kumpulkan secara swadaya dari berbagai medsos yang kami bisa gaungkan. Adakalanya kehabisan dana, dana kritis, atau kegiatan terhenti, tapi nyatanya sampai hari ini kami masih bertahan. 

Salutnya, dengan dana yang terbatas, saya memiliki tim yang luar biasa. Sebagai informasi saja, untuk kegiatan operasional, kami sebisa mungkin tidak menggunakan dana donasi. Biasanya dana donasi yang kami dapat murni digunakan untuk kebutuhan santunan ke lansia dhuafa. Sedangkan operasional, kami tanggung masing-masing, misalnya untuk transportasi, komunikasi, konsumsi, untuk kami sendiri maka kami menggunakan dana pribadi, sederhananya sih kami semua bekerja sukarela tanpa digaji.

Meskipun kami sudah berjalan 6 tahun dan sudah cukup banyak dikenal, tapi kami belum pernah mendapat penghargaan atau liputan media. Karena pada prinsipnya, semua pekerjaan dilakukan dengan memberikan yang terbaik, tanpa mengharap penghargaan atau imbalan dari siapapun. Meski sesekali ada saja pihak-pihak yang memberikan apresiasi, kami anggap itu bonus dan berkah dari Allah, karena tujuan utamanya sebenarnya bukan itu. Ada penghargaan atau tidak semua tetap berjalan.


JNE Raih Muzakki Istimewa Award

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Indonesia pada 7 April 2022 lalu menggelar penghargaan yang diberi nama Muzakki Istimewa Award 2022 di Balai Kota DKI Jakarta. Penghargaan ini adalah untuk Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan semua pihak yang dianggap telah berjasa untuk perkembangan zakat di tanah air. Penghargaan ini dibagi dalam delapan ketegori, yaitu enam kategori untuk Lembaga amil zakat (LAZ) nasional, delapan kategori untuk BAZNAS Provinsi dan kota, serta berbagai penghargaan khusus lainnya.

Gubernur DKI Jakarta serahkan Muzakki Award untuk JNE


Alhamdulillah JNE melalui CSRnya berhasil mendapatkan salah satu penghargaan di Muzakki Istimewa Award 2022 ini yang diserahkan simbolis dari Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan diterima oleh Presiden direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto. Mungkin semula pada heran ya, kenapa JNE bisa mendapatkan penghargaan juga. hal ini tak lepas dari semangat JNE untuk berbagi kebahagiaan atau connecting happiness. Jadi, dalam award ini JNE terpilih atas kerja keras CSRnya selama ini dalam pendistribusian zakat dan kontribusi perusahaan dalam menyalurkan dana CSR. Saya masih ingat deh waktu ikut acara JNE beberapa bulan lalu disebutkan, bahwa semakin besar income JNE maka semakin pula zakatnya. Maka tak heran, besarnya dana CSR juga berkat dukungan para konsumen JNE. Ini seakan menjadi bonus dan apresiasi besar untuk JNE.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada BAZNAS DKI Jakarta, atas anugerah Muzakki Istimewa Award 2022 sebagai perusahaan terkolaborasi di tahun 2021 kepada JNE. Penghargaan ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus berbagi, memberi, dan menyantuni di seluruh Indonesia seperti prinsip yang ditanamkan oleh pendiri JNE, Alm. H. Soeprapto Soeparno sejak 31 tahun lalu". M. Feriadi Soeprapto - Presdir JNE


Sama seperti saya dan teman-teman komunitas GPL, bahwa JNE pun melakukan kegiatan ini bukan karena awards tapi memang ini adalah kegiatan rutin CSR JNE dalam menyalurkan keuntungan mereka supaya berfaedah. CSR JNE pun sama juga mengalami naik turun psang surut kondisi terutama di masa pandemi, namun kegiatan CSR ini alhamdulillah terus berjalan.

Dari penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022 ini, ke depannya kita berharap JNE tak pernah lelah menggalakkan kegiatan CSRnya agar semakin banyak lagi zakat yang dibagikan. Apresiasi ini memberikan semangat JNE untuk bisa terus berbuat lebih dan lebih baik, semangat berbagi kebahagiaan akan terus digaungkan untuk bisa berbagi, memberi dan menyantuni. JNE sebagai perusahaan karya anak bangsa, tentunya juga selalu berusaha untuk lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Dan sebagai masyarakat pengguna layanan JNE tentu tugas kita adalah memberikan dukungan agar program ini bisa terus berjalan.





11 comments

  1. woww udah 6 tahun, itu bukan waktu yang sebentar dan senengnya masih bertahan sampai sekarang ya mbak. Aku suka kegiatan-kegiatan sosial kayak gini, meskipun dibangun perorangan aku rasa nggak masalah, karena komunitasku juga seperti ini
    untuk kepentingan transport misalnya, ya ngandelin dari duit pribadi tiap anak. Kalau donasi full untuk keperluan sosial

    ReplyDelete
  2. JNE beneran seimbang ya karyanya, selain mencari keuntungan dan membuka lowongan serta kesejahteraan bagi banyak orang juga berbagi dari menyisihkan sebagian dari keuntungannya. Mantap bener

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilah ya, kegiatan positif yang akhirnya bisa menghasilkan penghargaan. Semoga kegiatan positif seperti ini terus berjalan walau terkadang terkendala oleh anggaran yang masih ditanggung secara swadaya. Semoga ke depannya ada sponsor tetap yang bisa jadi sponsor utamanya

    ReplyDelete
  4. Waaaaah seru banget komunitasnya, meski cobaannya agak berat di dana ya kak huhu

    Tapi semua pasti ada jalan kalau untuk kebaikan.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau JNE juga ada CSR utk jd Muzakki dan berhasil menerima penghargaan ya kemarin itu. Kegiatan sosialnya cukup banyak ya mbak. Emang ada perasaan puas gitu sih ya kalau bisa kasi kontribusi membantu sesama.

    ReplyDelete
  6. Luar biasa memang kok ya JNE ini Mba Ruli. Sebagai UMKM aku juga banyak terbantu kan allhamdulilah. Selamat JNE.

    ReplyDelete
  7. MashaAllah~
    Salut dengan aktivitas sosial kak Ruli dan kawan-kawan. Membawa kebaikan dan keberkahan selalu yaa, kak..
    Pasti penuh perjuangan, karena memang semua berdasarkan kepercayaan dan keikhlasan.

    Dan selamat untuk JNE atas Muzakki Istimewa Award 2022.
    Apresiasi luar biasa yang bisa menjadi contoh yang baik bagi yang lain.

    ReplyDelete
  8. GPL dan JNE sama-sama keren. Hanya saja GPL masih dalam skala kecil dan belum begitu lama berdiri jika dibanding JNE, ya.
    Semoga komunitas dan perusahaan yg punya semangat berbagi seperti ini akan semakin banyak di negeri ini.
    Btw selamat buat JNE :)

    ReplyDelete
  9. harapan yang sama, saya jg berharap JNE terus komit dengan kegiatan CSRnya agar semakin banyak lagi zakat yang dibagikan. sebagai pengguna layanan JNE saya siap berikan dukungan agar program ini bisa terus berjalan pastinya

    ReplyDelete
  10. harapan yang sama, saya jg berharap JNE terus komit dengan kegiatan CSRnya agar semakin banyak lagi zakat yang dibagikan. sebagai pengguna layanan JNE saya siap berikan dukungan agar program ini bisa terus berjalan pastinya

    ReplyDelete
  11. Masya Allah udah sampai 6 tahun itu suatu proses yang lumayan panjang yaa. Saya selalu suka sama kegiatan-kegiatan sosial seperti ini. Dan waw selamat untuk JNE atas Muzakki Istimewa Award 2022.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..