Tantangan Mengurangi Listrik Selama 2 jam, Bisa?

Earth hours

Wah, saya biasanya kalau di tantangin gini langsung merasa tertantang donk. Masa iya tantangan mematikan listrik 2 jam saja saya tidak bisa? Kan itu hanya listrik, bukan tantangan untuk menahan nafas.

Namun realitanya, benar-benar stop memakai listrik selama dua jam itu enggak mudah, gaes.. karena nyaris seluruh kehidupan kita membutuhkan listrik dan 2 jam itu kalau saat mati listrik rasanya waktu terasa lama dan terganggu dalam banyak hal, namun disitulah tantangan ini bermula. Siap?

Teamupforimpact.org

Sudah kenal Teamupforimpact.org? saya beberapa kali memposting tentang website ini di akun sosial media saya, saya mengenalnya sejak saya fokus di Eco Blogger Squad (EBS), komunitas blogger yang fokus peduli pada isu perubahan iklim dan lingkungan juga global warming, semacam itulah fokus kami dalam setiap kegiatan. Teamupforimpact.org ini adalah salah satu website yang rutin mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan sederhana yang berdampak besar untuk bumi sedangkan #EcoBloggerSquad adalah bagian dari kontributor yang berperan serta pada kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh TUFI, Saya senang sekali bisa jadi bagian dari EBS ini. Dengan memberikan challenge sederhana yang bisa dilakukan semua orang, dan challenge tersebut rutin ganti-ganti setiap bulan agar masyarakat pun bisa ikut melakukan tantangan lain yang menarik.

teamupforimpact.org

Tantangannya memang sederhana dan mudah, akan tetapi kalau dilakukan beramai-ramai akan terasa sekali efeknya untuk bumi, lho. Jadi dari sini, kita bisa melihat bahwa di bulan april ada berbagai tantangan yang ditawarkan sebagai aksi sederhana untuk membuat perubahan iklim bumi. challenge dibagi ke bentuk harian, jadi ada yang dikerjain senin, selasa, dst.

Ada 7 challenge yang ditawarkan di teamupforimpact.org khusus bulan April:

  1. Tidak membeli makanan/minuman dalam kemasan
  2. mengurangi pemakaian listrik selama 2 jam
  3. tidak makan daging merah
  4. tidak menggunakan tissue
  5. tidak naik kendaraan berbahan bakar bensin
  6. tidak menyalakan tv
  7. tidak menghasilkan sampah makanan
Nah, aksi-aksi ini tampaknya sederhana, bukan? Jadi kenapa tidak berusaha ikut menolong iklim bumi dengan ikut aksi ini, apalagi kalau dirutinkan ya. saya sendiri bulan ini memilih untuk ikut challenge mengurangi listrik selama 2 jam.

Mengurangi pemakaian listrik selama 2 jam

Bagi masyarakat modern, menghemat listrik itu enggak mudah, karena selain sangat dibutuhkan untuk rumah tangga atau pekerjaan, melainkan juga karena dunia digital saat ini mengharuskan kita berkomunikasi atau urusan apapun melalui digital tanpa jeda, tak peduli siang malam. lalu apa jadinya jika harus mematikan listrik.


Kemarin aku memutuskan  untuk ikut challenge yang kedua yaitu mengurangi pemakaian listrik selama 2 jam. Tidak ada alasan yang spesifik antara challenge ini dengan yang lainnya. saya hanya sedang ingin menantang diri sendiri juga apakah sanggup mengikut tantangan ini.
Sedangkan saya juga kerja kan di dunia digital, mematikan listrik di rumah bukan cuma lampu kan, melainkan juga mematikan wifi, Ac, dispenser, dan berbagai alat rumah tangga lainnya. dan kebetulan aku juga tidak rutin ikut Earth hour, makanya tertantang sekali apa iya saya sanggup nih?

Earth Hour


Earth Hour ini merupakan sebuah kampanye untuk menghemat penggunaan listrik dengan mengurangi penggunaan listrik selama satu jam secara bersama-sama dengan tujuan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli dan turut serta menurunkan emisi karbondioksida dari banyaknya penggunaan listrik yang yang memicu terjadinya perubahan iklim bumi,

Acara ini sering dilakukan setiap bulan maret, baik di Indonesia ataupun di negara-negara lain di dunia. bahkan pada maret 2015 lalu, acara earth hour ini di ikuti oleh masyarakat dari 172 negara, dan 200 kota. banyak sekali kalangan yang mendukung acara ini, dimana itu berarti semua pihak sudah mempunyai kepedulian terhadap iklim bumi.

Earth hour ini berawal dari tahun 2007 di sidney, Australia. Yang mengadakan adalah WWF-Australia, fairfax media dan Leo Burnett. Kerjasama ini tentunya bertujuan untuk mengurangi emisi rumah kaca akibat dari pemakaian listrik itu sendiri di kota Sidney. Namun kemumdian kampanye ini menjadi kampanye global yang diikuti 30 negara, hingga akhirnya terus bertambah. Indonesia sendiri sudah mengikuti acara ini sejak tahun 2009 hingga saat ini, biasanya dilakukan di hari sabtu pada pekan terakhir di bulan maret pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat..

Sebenarnya kenapa harus Maret? Pada umumnya Maret biasanya adalah waktu pergantian musim yang dirasa suhu udaranya nyaman, sehingga tidak masalah jika harus mematikan pendingin atau pemanas ruangan


Manfaat Earth Hour


1. Menghemat tagihan listrik
Jika kita melakukan earth hour setahun sekali mungkin dampaknya enggak terlalu terasa namun jika kita melakukannya lebih rutin seperti setiap pekan atau setiap bulan, pasti akan terasa dampaknya. apalagi jika dulunya kita melakukannya satu jam, kemudian dilakukan lebih lama, tentu efek dari tagihan listrik atau pembelian voucher listrik setiap bulan akan terasa ada perubahan menjadi lebih hemat. apalagi jika earth hour dilakukan disaat pemakaian listrik sedang tinggi yaitu malam hari. 

2. Mengurangi ketergantungan pada listrik
Dengan mematikan listrik, mungkin kita jadi ada waktu me time dan bercengkrama dengan keluarga tanpa harus terganggu gadget seperti tv atau ponsel. kita perlahan-lahan bisa mengurangi ketergantungan pada listrik, dan menggunakan produk-produk yang tanpa listrik selama listrik dipadamkan.

3. Mengurangi emisi
Bukan rahasia lagi bahwa mayoritas pembangkit listrik di Indonesia dan negara-negara lain saat ini masih menggunakan bahan bakar fosil, batubara, minyak bumi dan gas alam. karena itulah tujuan utama kegiatan mematikan listrik ini adalah mengurangi emisi dari bahan bakar tersebut yang bisa meningkatkan emisi gas rumah kaca (GRK), hingga pada akhirnya bisa menaikkan suhu bumi.


4. Meningkatkan kesadaran 
Dengan ramainya orang melakukan earth hour, harapannya adalah agar orang-orang lain disekitar tertarik untuk ikut melakukan aksi yang sama, jika orang-orang menanyakan untuk apa, maka saat itulah kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang iklim bumi bisa disebarluaskan. sehingga akan makin banyak yang tau dan peduli tentang iklim bumi dan semakin banyak pula yang menghemat pemakaian listrik. 

Challenge Teamupforimpact (TUFI) 


Tau enggak sih, dulunya logo earth hour itu berbentuk angka 60, hingga kemudian menjadi logo bergambar 60+ artinya harapan besar untuk bisa menambah earth hour ini tak sekedar 60 menit, tapi mendorong publik melakukan aksi lanjutan setelah ini. Karena itulah TUFI menantang kita sekarang sanggup atau tidak untuk menghemat listrik selama 2 jam. Kita melakukan aksi lanjutan dengan melakukannya di bulan-bulan lain selain Maret dan kita coba menambah durasinya menjadi 120 menit atau 2 jam. Iya, 2 jam saja yang begitu berarti untuk bumi kita, dan itu akan sangat berarti jika kita melakukannya sama-sama. jika kalian ingin ikut tantangan ini, tolong jangan lupa mengajak orang lain untuk bergabung juga. langsung 

16 comments

  1. Wah challengenya agak sulit nih karena kebiasaan buruk yang sulit buat ditinggalin juga, tapi bagus memang. Baru tahu, mantep ini apalagi bermanfaat untuk kehidupan juga.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya dari 7 point itu saya bisa menahan tidak makan daging merah. Namun jujur untuk pemakaian tissue saya masih susah untuk tidak menggunakannya. Semoga bisa konsisten ya kita lakukan demi lingkungan yang tetap lestari

    ReplyDelete
  3. wah 7 tantangan yang sungguh nggak mudah...hihi..kayaknya kalau aku masihbisa sih nggak beli minuman kemasan hihi.yang lainnya susah, apalagi pergi anter harus naik motor dan pakai bensin wkwk
    Soalnya mematikan listrik 2 jam, itu berat tapi bener banget 2 jam aja bisa bermanfaat banget bumi loh.coba gerakannya tiap bulan ya hihi

    ReplyDelete
  4. Dari semua tantangan yang paling mudah dilakukan yaitu tidak menyalakan tv. Karena, di rumah udah gak pernah menyalakan tv sejak lama. Kalau untuk mengurangi sampah kemasan makanan atau minuman salah satu hak yang sulit sih. Apalagi kalau banyak jajannya duh banyak menimbun sampah.

    ReplyDelete
  5. ini tantangannya buat berapa hari? kalau dari list di atas yang paling gampang dilakoni itu tidak makan daging merah soalnya daging mahal. hihi

    ReplyDelete
  6. Aku kalau mematikan listrik 2 jam keknya sambil baca novel deh mbak biar ga kerasa, soalnya kalo ga ngapa2in ya bisa bosen jadi harus ada yg dilakukan. Baca novel di teras rumah. Hihi

    ReplyDelete
  7. Yashhh, untuk planet Bumi yg makin sehat dan kondusif, marii kitaa cobaaaaa!
    Aku beberapa waktu lalu juga ikutan event earth hour di sby
    Semangat menjaga kelestarian bumi ini yg kudu kita jaga.

    ReplyDelete
  8. diriku sekarang berusaha mengurangi kebutuhan listrik, salah satunya dengan mematikan semua peralatan yang tidak digunakan dan pada hari tertentu mematikan listrik 1-2 jam

    ReplyDelete
  9. Wah agak sulit yah tapi perlu nih untuk dicoba dan diterapkan sehari-hari sampai terbiasa. Mungkin untuk tidak menyalakan TV yang paling mudah soalnya dirumah juga agak nggak terlalu suka nonton TV.

    ReplyDelete
  10. Tantangannya ga mudah euy...
    Tp klu malam baru tuh bisa, bahkan lebih dari 2jam..
    Soalnya tv, lampu saya matiin semua, kecuali kulkas,

    ReplyDelete
  11. Jika saja semua orang mengikuti tantangan earth hours 2 jam ini, kayaknya campaign hemat listrik bisa berhasil ya. Butuh usaha lebih untuk mensosialisasikannya dan mengajak semua peduli dengan tantangan ini

    ReplyDelete
  12. Iya ya dulu terkenal 1 jam, sekarang kalau bisa nambah durasi jd 1 jam lbh. Menghemat listrik emang penting, walau kelihatan sepele cuma gak nyalain lampu selama 1-2 jam tapi dampaknya cukup signifikan buat bumi ya mbak.

    ReplyDelete
  13. Biasanya ketua RT ku suka banget kirimin peringatan Earth hour ini. Menghimbau kepada warga RT aku untuk mematikan lampu di jam 9 malam secara serentak selama 1 jam. Rasanya adem banget sih yaa.. dan bikin langsung nyenyak bobok.

    ReplyDelete
  14. Aku bisa Kak hidup tanpa listrik berhari-hari. Pas banget pengalaman dulu di perkampungan buat penelitian yang masih menggunakan lampu semporong untuk penerangan. Pokoknya jauh dari yang namanya listrik.

    ReplyDelete
  15. Jadi inget waktu kuliah peringatan Earth Hour ini mematikan listrik selama 1 jam. Jadi ya gelap-gelapan gitu.
    Dari 7 challenge yang paling mudah dilakukan yaitu nomor 1, soalnya di keluarga kami mengutamakan makan makanan masakan sendiri di rumah.
    Yang terasa selama bulan Ramadan ini jadi sering pakai bungkus plastik untuk bagi tajil :(

    ReplyDelete
  16. untuk di rumah lumayan hemat listrik. tv bisa dikatakan jarang nyala. klu malam lampu yg nyala lampu teras dan dapur yang cukup memberikan terang ke ruang tengah. tidur di kamar tanpa lampu krn cahaya dr teras sudah cukup.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..