Resep Tumis Capcay Spesial Dengan Kuah Kental

 

capcay kuah kental (source: detik food)

Pasti anda sudah tidak asing dengan makanan capcay, ya makanan satu ini merupakan makanan yang menggunakan berbagai jenis sayuran sebagai bahan utamanya. Meskipun terkesan makanan yang sangat sehat tetapi capcay ini termasukan kedalam makanan yang memiliki rasa yang sangat enak tidak seperti makanan sehat lainnya yang biasa memiliki rasa yang cenderung hambar.

            Rasa dari capcay ini cukup kaya karena bumbu yang digunakan pun biasanya menggunakan lebih dari satu jenis bumbu. Capcay ini merupakan makanan yang cukup populer terutama di kalangan orang China. Itu karena capcay ini memang merupakan makanan khas dari sana, bahkan capcay ini juga sudah dijadikan sebagai salah satu menu wajib orang Chinesee.

            Sampai saat ini makanan satu ini masih sangat digemari karena makanan satu ini merupakan makanan yang cukup simpel dan memiliki rasa yang gurih. Tetapi meskipun begitu manfaat dan juga nutrisi yang ada dalam satu porsi capcay tidak main – main. Itu karena memang capcay ini menggunakan bermacam jenis sayuran, belum lagi tambahan topping seperti ayam dan udang didalamnya.

            Jenis capcay pun ada beberapa jenis di pasaran, hanya saja yang cukup menjadi kegemaran adalah capcay tumis dengan kuah kental. Untuk anda yang penasaran dengan resep capcay tumis dengan kuah kental ini maka anda bisa mengikuti resep dan cara pembuatan capcay tumis dibawah ini.

            Bahan – bahan yang harus dipersiapkan :

-          100 gram baby corn

-          1 buah bawang Bombay

-          1 buah brokoli

-          3 siung bawang putih

-          150 gram wortel

-          1 sdm saus tiram

-          1 ikat Sawi hijau

-          ½ sdt minyak wijen

-          200 gram bunga kol

-          ½ sdm kecap ikan

-          10 buah jamur kancing

-          ½ sdm garam

-          100 gram daging ayam

-          ½ sdt gula

-          5 buah bakso ikan

-          ¼ sdt kaldu bubuk

-          5 buah bakso sapi

-          ½ sdt merica bubuk

-          1 batang daun bawang

-          1 sdm tepung maizena

-          300 ml air bersih

-          Minyak secukupnya

            Setelah mempersiapkan bahan – bahan diatas maka selanjutnya masuk ke proses pemasakan dari capcay tumis kuah kental ini.

1.      Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci semua bahan dan juga sayuran yang akan digunakan nantinya. Selanjutnya potong dan iris semua bahan yang akan digunakan sesuai dengan selera anda.

2.      Siapkan wajan lalu tambahkan sedikit minyak goreng

3.      Selanjutnya masukan irisan bawang Bombay dan juga bawang putih lalu tumis sampai tercium aroma harum

4.      Selanjutnya masukan potongan daging ayam lalu tumis sampai ayam mulai matang dan berubah warna

5.      Setelah itu masukan semua sayuran yang telah dipotong lalu masukan juga jamur, bakso ikan, dan juga bakso sapi dan tumis – tumis sampai semuanya merata

6.      Selanjutnya masukan potongan caisim dan masukan juga bumbu – bumbu tambahan lainnya lalu aduk – aduk

7.      Setelah itu beri tambahan 300 ml air kedalam wajan dan masak sampai air mendidih dan sedikit menyusut

8.      Setelah itu tambahkan minyak wijen dan juga bawang daun kedalam wajan dan masak kembali

9.      Siapkan mangkuk kecil dengan sedikit air lalu larutkan maizena didalamnya. Setelah itu masukan larutan maizena tersebut ke dalam wajan dan aduk – aduk

      Setelah kuahnya cukup mengental matikan api lalu sajikan ke piring saji.

11   Capcay tumis dengan kuah kental siap disantap.

5 comments

  1. Kemarin baru makan cap cay, memang makanan satu ini bisa menjadi pilihan apalagi di saat kondisi tubuh gak fit. Sayuran di dalamnya itu paket lengkap dan ditambah bahan lainnya, tapi anehnya tetap enak dimakan. Terima kasih resepnya, lain kali mau coba pakai resep ini.

    ReplyDelete
  2. Wih seger banget memang makan cap cay di musim kayak gini, mumpung pagi bisa dicoba buat menu hari ini, nih.

    ReplyDelete
  3. Makanan satu ini dulu bapak sering beliin di warung nasi goreng, enak banget sampai suatu hari beliau buat sendiri dan gak kalah enak. Itu yang paling dirindukan dari almarhummah dan sampai sekarang makanan kesukaan saya cap cay buatannya.

    ReplyDelete
  4. Salah satu makanan yang mengandung banyak gizi dan enak yang banyak diminati ini memang bisa jadi pilihan di musim pandemi ini.

    ReplyDelete
  5. Biasanya kalau masak capcay juga dikasih sosis dan bakso, rasanya gak lengkap kalau gak ada dua pelengkap itu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..