Beradaptasi dengan trend belajar masa depan dengan Sinotif



        Anak-anak sudah mulai sekolah lagi, tidak ada lagi belajar online via zoom bagi anak-anakku sekarang. Lantas apakah Bimbel online masih diperlukan? Ya, memang Sebulan terakhir anak-anak sudah mulai belajar tatap muka terbatas atau biasa di sebut PTM terbatas. Dan anakku pun yang kelas 6 SD sekarang seneng banget sudah bisa belajar PTM lagi. Tapi yang Namanya PTM terbatas, tentu belajarnya enggak maksimal, sementara dia sudah kelas 6.

Apalagi januari 2022 sudah memasuki semester kedua dan mau masuk SMP. Bukannya tidak bersyukur ya dengan PTM terbatas, tapi bagaimanapun pola sekolah ini sepertinya belum mencukupi kebutuhan keilmuannya yang setara kelas 6 SD. Namanya juga terbatas, menurut aku yang setiap hari membersamai anakku belajar sih, tetap perlu yang namanya belajar tambahan melalui bimbingan belajar (Bimbel).

Kenapa harus mencari Bimbingan belajar online?

        Kalau sudah bisa belajar tatap muka, kenapa tidak mencari bimbingan belajar yang offline saja, pasti anak-anak lebih cepat paham. Sebagai ibu aku mengerti benar betapa sulitnya belajar online, banyak anak yang tidak mengerti, banyak yang akhirnya hanya hadir tapi begitu ujian enggak bisa. Belajar online itu enggak mudah ibu-ibu. Tapi dengan menjalaninya selama dua tahun pandemi ini, aku meyakini anak-anak sudah bisa beradaptasi walaupun belum 100% merasa nyaman seperti belajar tatap muka, jadi bimbingan belajar online pun sepertinya anak-anak bisa kok menjalaninya dan mendapatkan ilmunya.

        Alasan berikutnya adalah kondisi yang belum benar-benar aman, seperti yang kita dengar bahwa ada varian Covid-19 yang baru bernama Omicron yang harus terus diwaspai, Covid-19 masih eksis dan jangan lengah. Dan alasan utama aku keukeuh mencari bimbingan belajar online untuk anakku yang kelas 6 adalah karena lebih hemat. Karena tidak harus keluar rumah, tidak perlu biaya transport, aku juga bisa terus mengawasi dan anakku juga enggak perlu jajan-jajan, hehehe. Ibu-ibu pasti tau kalau tiap jalan kemana aja apakah itu untuk bimbel atau les lainnya pasti biasanya anak suka jajan. Bahkan akunya sendiri juga suka jajan. sehingga dengan ikut bimbingan belajar online, budget printilan tersebut bisa ditekan dan digunakan untuk fokus membayar bimbel online saja.

 

Bimbingan belajar online adalah trend belajar masa depan

        Terlepas dari berbagai kondisi pandemi yang melanda saat ini. Semua pasti berharap pandemi ini akan ada akhirnya. Tapi mengajari anak secara online dan mencarikan bimbel online, itu bukan perkara pandemi saja, bu! Tapi karena mengajak anak kita beradaptasi dengan trend di masa depan, dimana saat ini semua dilakukan dengan serba digital, serba praktis, cepat dan mencapai target. Jadi dengan berusaha menyediakan bimbingan belajar online terbaik untuk anak, sama dengan mengajaknya untuk mengimbangi dinamika perkembangan teknologi.

        Aku pernah melihat salah satu konten youtuber ternama Jerome polin dimana ketika pandemi, kelas online kuliahnya hanya bersifat satu arah. Dosen mengajar, murid menyimak, terserah deh anak ngerti apa enggak, belajar apa enggak, yang penting dosennya sudah mengajar. What? Eh gimana-gimana? Padahal kuliahnya Jerome itu jurusan matematika. Kalau anak sekarang banyak bilang kalau gak dijelasin tatap muka enggak bisa ngerti, tapi anak seperti Jerome justru dituntut mau gak mau harus bisa karena keadaannya memang pola belajar di Jepang begitu. Akhirnya toh tetap bisa karena berusaha dan itu dialami semua anak-anak Jepang, mereka beradaptasi dengan trend belajar. Nah, jadi aku pun berharap kelak, misalnya anakku di hadapkan dengan kemajuan teknologi yang semua serba online, serba digital, dia tetap bisa mengikuti, enggak mencari pembenaran untuk terus gak bisa.


trend belajar hybrid
Trend belajar masa depan secara hybrid


So, meskipun sekarang sudah tatap muka dimana-mana, tapi banyak pihak sudah mengakui bahwa belajar online pun, tetap nyaman, praktis dan bisa diteruskan. Sehingga banyak sekolah sekarang menerapkan sistem hybrid, offline dan online berjalan. Dan salah satu caraku untuk membuat anak tetap lanjut belajar secara online adalah agar tetap bisa mengikuti trend belajar saat ini yaitu dengan menyediakan untuknya bimbingan belajar online terbaik versi pilihanku. Jadi nak, apapun pola belajar yang dijalani, mau offline atau online, kamu akan baik-baik saja dengan sekolahmu, begitulah harapanku.

 

Bimbingan belajar online terbaik itu bagaimana kriterianya?

         Mengenai kriteria, setiap rumah tangga, setiap ibu, punya kriteria masing-masing dalam memilih dan menganggap suatu bimbel online terbaik itu seperti apa. Begitupun aku, maunya bimbingan belajar online itu gurunya bagus, fun dan menjelaskan dengan baik lalu materinya lengkap dan bagus, jam belajarnya fleksibel, dan sebagainya bla..bla..bla.. tapiiii..dibalik itu semua tentu harganya harus sesuai antara layanan dan yang kita bayar.

        Dan dari apa yang sudah kita bayar, kita pun butuh kepastian atau ketenangan, yakin enggak janji bimbel online ini dipenuhi? Karena itu biasanya kita berharap adanya guarantee atau jaminan. Bimbingan belajar online terbaik sih biasanya sudah dilengkapi garansi. Itu sih yang bikin ibu-ibu tidak merasa insecure lagi, bimbel online pilihan ibu ini sudah bener enggak ya, kalau ayahnya biasanya ngikut aja pilihan ibunya.

bimbel online terbaik
bimbel online terbaik haruslah yang disukai anak


Selain yang tersebut diatas, kita tentu enggak boleh mengabaikan perasaan anak. Anakku yang kelas 6 ini tentu sudah pra remaja dan bisa menceritakan apa yang dia rasakan, suka apa enggak dengan bimbingan belajar online yang aku tawarkan. Tentu ada diskusi, kamu maunya kemana, mama akan cek apakah harganya sesuai dengan budget yang mama punya. Terus, setelah menjalaninya, aku tentu akan evaluasi, kamu mau lanjut apa enggak, nak? Dan mata pelajaran apa yang kamu rasa perlu untuk diberikan bimbingan.

Setelah beranjak besar, aku lebih sering kesulitan mengajarinya pelajaran eksakta yaitu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, karena level anak sekarang lebih rumit dan kompleks daripada jamanku sekolah dulu. Untuk mata pelajaran lain seperti pengetahuan sosial, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, keagamaan dan lainnya, alhamdulillah aku masih bisa menemaninya dan anakku pun tidak banyak kesulitan menjalaninya baik online ataupun offline karena relatif lebih mudah dipahami bagi anakku. Lagipun aku harus berbagi mengajar dengan adiknya yang baru kelas 2 SD dan TK, jadi aku dan anakku yang sedang kelas 6 ini sepakat bahwa bimbel online yang dia perlukan adalah untuk pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.


Sinotif Indonesia, Bimbingan Belajar Online terbaik

        Ketika aku sudah cerita panjang lebar mengenai rencanaku menyiapkan bimbel online untuk anakku di semester depan, alias Januari 2022 ini. Mungkin ada yang bertanya, yang mana sih bimbel online terbaik yang masuk dalam kriteria bimbel yang aku akan andalkan. Jawabannya adalah Sinotif Indonesia. Sinotif adalah salah satu bimbingan online terbaik dan ternama di Indonesia yang mungkin sudah enggak asing lagi ya, karena pengalamannya yang cukup lama di dunia bimbingan belajar.


bimbingan belajar online terbaik, sinotif Indonesia
Bimbingan belajar online terbaik, Sinotif Indonesia


Beberapa alasan mengapa Sinotif lebih unggul dibandingkan bimbel lainnya:

  1. Bimbel online terbaik untuk matematika, fisika, dan kimia

Di Sinotif, anak dibimbing oleh guru berbeda untuk tiap mata pelajarannya, setiap guru punya standard tinggi karena sudah terlatih dan memiliki sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi. Enggak sekedar mengajari, tapi juga memahami karakter murid. Sinotif sudah pengalaman bertahun-tahun untuk hal ini.


  1. Program Belajar sesuai kebutuhan

Program bimbel online disini dibuat dengan memperhatikan 4 aspek penting, yaitu karakter siswamateri yang sedang berjalandi mana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung, Hal ini dilakukan agar didapatkan hasil belajar yang terbaik.


metode belajar Sinotif Indonesia
metode belajar di Sinotif

 

  1. Modul Pelajaran Lengkap

Di sinotif ada modul paket 7 lapis berisi rangkuman materi hingga soal latihan, dibuat lengkap dan sistematis. Jadi siswa bebas mau belajar bagian mana sesuai dengan yang dia sedang pelajari di sekolah.


  1. Pendekatan Personal

Setiap siswa tentu berbeda karakter, siswa akan merasa nyaman apabila guru bimbelnya menyesuaikan dengan gaya belajar si anak, jadi ada yang namanya pendekatan personal supaya siswa merasa nyaman dan belajarnya maksimal.


  1. Laporan belajar berkala

Ada evaluasi rutin yang dikomunikasikan ke orang tua, mirip kaya bagi rapot biasanya, guru mengkomunikasikan hasil belajar anak ke orang tua dan rencana belajar ke depannya di setiap akhir sesi.


 

kemajuan belajar anak di bimbel online sinotif
diskusi kemajuan belajar anak di bimbel online Sinotif Indonesia
 
  1. Bisa bertanya 24 jam

Di bimbel online Sinotif disediakan website berisi bahan belajar dan latihan soal, dimana kalau anak belum mengerti tinggal nanya aja melalui aplikasinya kapan saja 24 jam non stop.


  1. Garansi Uang Kembali

Di sinotif ada program yang dilengkapi dengan garansi uang kembali dengan tanpa tes, tanpa syarat dan ketentuan yang memberatkan, supaya orang tua tenang dan tidak khawatir mengenai hasil yang didapat. 

Hal Menarik lainnya di Sinotif

        Tentu ada hal menarik yang aku sodorin ke anakku sehingga anakku mau ikut bimbel online dengan semangat. Yaitu ada pilihan kelas private dan semi-private dimana anakku bisa milih mau belajar bareng temen atau enaknya sendirian, mana yang dia nyaman, gurunya juga menyesuaikan bagaimana mengajar dengan karakter anak yang pemalu. Yang terakhir, Sinotif punya bimbel online terbaik juga untuk persiapan sekolah atau kuliah di luar negeri, bahkan ada bimbel online juga untuk pelajaran dengan kurikulum international seperti kurikulum Cambridge, IB dan HSC. Anak pertamaku ini ada niatan ingin kuliah di luar negeri dan pengen jago matematika, aku rasa mempertemukan dia dengan Sinotif adalah salah satu ikhtiarnya.

        Dengan dia menyukai bimbel online Sinotif ini, aku harap dia bisa belajar sungguh-sungguh dan betah, supaya targetku agar ia lulus SD dengan nilai maksimal bisa tercapai dengan lebih mudah tanpa harus memberikan tekanan mental ke anak. Bahkan bisa jadi nanti anakku akan melanjutkan bimbel online ini hingga jenjang SMP dan SMA juga.

Bagaimana dengan ibu bapak sekarang? Sudah ada persiapan untuk daftar bimbel online semester depan? Yuk segera komunikasikan sama anak-anak.

 

 

2 comments

  1. Wih mantep ini, memang selama pandemi anak-anak mengikuti pembelajaran daring sehingga sulit untuk mereka beradaptasi kembali saat tatap muka. Memang butuh bimbel untuk mempersiapkannya.

    ReplyDelete
  2. dari SD aku sering ikutan les diluar sekolah. Seandainya dulu sudah ada sinotif, pastinya bakalan coba belajar di Sinotif juga
    apalagi memasuki zamannya pandemi, belajar secara online sudah mulai marak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..