Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19

 
Kesehatan mental


Menjaga Kesehatan Mental, Isu Penting Selama Pandemi

Di rumah saja membuat kita bisa melakukan apa yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya sebab waktu kita banyak tersita untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Tetapi apa jadinya jika kita terlalu lama berada dirumah? Tentu jika kita merasa bahwa dirumah saja adalah hal yang membosankan maka kita akan mengalami gangguan seperti depresi, bad mood, stress dan lainnya.

Kamu tentu berpikir bahwa hal apa saja yang dapat memicu mood booster? Hal itu boleh-boleh saja tetapi lebih baik kita tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mental di masa Pandemi Covid-19. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Menyadari bahwa kecemasanmu adalah hal yang wajar

Ketika kita memantau media sosial tentu disana banyak sekali hal yang dapat membuat kamu merasa cemas seperti penutupan tempat-tempat dan larangan untuk mudik membuat dirimu menjadi cemas, tentu hal itu adalah hal yang wajar. orang bilang, tidak apa-apa untuk tak baik-baik saja karena kita ini cuma manusia yang tidak sempurna.

Rasa cemas sejatinya adalah hal yang wajar sebab kecemasan adalah fungsi normal dan sehat yang dapat membuat kita waspada terhadap ancaman dan membantu kita untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri. Maka dari itu kamu harus menyadari bahwa rasa cemasmu adalah hal yang wajar dan tidak akan menimbulkan hal yang buruk. Yang utama adalah membatasi diri untuk tidak berbuat yang berlebihan untuk rasa cemas ini, jaga diri untuk tidak melakukan hal buruk dan negatif.

2.Cari pengalihan

Ketika kamu mulai merasa jenuh dan tertekan kamu harus mencari pengalihan atas hal tersebut. Pada saat ini banyak sekali orang-orang yang tidak mampu mengendalikan masa sulit tersebut sehingga mereka terjatuh pada masalah kesehatan mental. Namun ada satu hal yang dapat membuatmu mampu mengendalikan hal tersebut yaitu mencari pengalihan atas diri sendiri.

Kamu bisa menonton film kesukaan, mendengar musik, membaca buku dan hal lainnya yang dapat membuatmu menjadi teralihkan. Untuk itu kamu harus memiliki banyak hobi agar tidak bingung mencari pengalihan. Pandemi memaksa kita untuk mencari alternatif hobi lain yang relatif aman untuk menjaga keselamatan diri. Sehat mental, maka sehat pula tubuh dari Covid, maka carilah hobi yang selama ini sulit kamu lakukan di hari biasa dengan tetap banyak di rumah saja.

3.Temukan cara baru untuk berbicara dengan teman

Membangun sebuah hubungan pertemanan di masa Pandemi Covid-19 memang merupakan hal yang cukup sulit sebab ketika menjalani kegiatan sekolah saja kita hanya bertatap maya. Tetapi bukan berarti bahwa kita tidak bisa menjalin hubungan pertemanan yang baik. Kita bisa berkomunikasi dengan teman kita dengan cara yang baru seperti membahas topik-topik yang menyenangkan dan lainnya.




Tentu berkomunikasi dengan teman adalah suatu hal yang menyenangkan dan dapat membuat kecemasanmu teralihkan, maka dari itu jangan pernah berpikir untuk hidup sendirian ya gengs sebab kita sebagai manusia juga butuh bantuan manusia lainnya. Gunakan media sosial seperlunya untuk tetap terhubung dengan teman-teman dan dunia luar, hanya saja demi kesehatan mental kita harus tetap membatasi diri informasi apa yang sebaiknya kita dapat. Jangan sampai media sosial justru membuat kita mendapat tekanan negatif pada mental.

Baca Juga: Tips belanja online aman selama pandemi

4. Fokus terhadap diri sendiri

Ketika kita sedang sendirian maka saat itu pula kita hanya mengandalkan diri kita sendiri terhadap segala hal. Kamu dapat mengevaluasi seputar apa kamampuanmu, apa keinginanmu, dan apa tujuanmu yang sebenarnya. Ketika kita memiliki waktu lebih banyak dirumah berarti kita memiliki banyak waktu untuk mengenali diri sendiri.

Kebanyakan orang ketika sendirian malah meratapi apa hal-hal yang pernah membuat mereka sedih, padahal hal itu salah. Gunakan kesendirian untuk introspeksi diri menjadi lebih baik, lakukan perubahan positif, namun tetap selalu memberikan apresiasi pada dirimu yang mampu melakukan hal baik. Ucapkan terimakasih pada diri sendiri yang tetap waras hingga saat ini, berikan ia reward, berikan dirimu kebahagiaan dimana itu hanya kita yang tau. Jika membahagiakan diri sendiri dirasa sulit dicapai, maka cobalah berfokus pada hal-hal sepele atau receh yang bisa membuatmu tersenyum meski hanya sebatas menonton acara komedi.

Cintai diri dan berikan reward untuknya

5. Menyelami perasaan

Kita tidak boleh membiarkan diri kita larut terhadap rasa kesal, sedih, dan kecewa atas apa yang sudah terjadi. Melainkan kita harus bisa melewati hal tersebut dan berusaha untuk menjalani hal-hal baru yang dapat membuat kita menjadi senang. Begitulah kiranya kamu harus menyelami perasaanmu agar tidak larut terhadap hal-hal yang dapat membuatmu sedih. orang bilang namanya move on.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara menjaga kesehatan mental di masa Pandemi Covid-19. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Baca Juga: Tren Gaya Hidup baru selama Pandemi

Kesehatan mental tak kalah pentingnya dari kesehatan fisik, keduanya harus sama sehatnya demi membentuk sistem imun yang baik dalam tubuh. Mari jaga kesehatan mental setiap saat dengan membangun mood baik dalam diri kita.

4 comments

  1. Sejak pandemi pastinya kesehatan mental menurun apalagi banyak beban dan tekanan seperti kematian orang terdekat dan rasa was-was terkena covid-19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, isu kesehatan mental sekarang di elu-elukan

      Delete
  2. Nah, ini pas banget buat masa pandemi sekarang karena banyak tekanan batin yang dialami.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..