4 Lowongan Kerja Surabaya Jurusan Biologi, Tidak Hanya Guru

 

Belajar biologi

Karir di Jurusan Biologi

Biologi merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan terjun di dunia biologi, nantinya Anda akan mendapatkan pengetahuan mendalam mengenai segala fenomena yang berkaitan dengan benda hidup seperti jurusan pengetahuan alam lainnya yaitu fisika dan kimia. Ketika menjadi mahasiswa jurusan biologi, Anda dituntut untuk mempunyai keahlian observasi dan analisis.

Lulusan jurusan biologi sangat identik dengan profesi guru, apalagi kalau bukan guru IPA atau guru biologi. Padahal, jurusan biologi juga mempunyai kesempatan besar untuk melamar lowongan pekerjaan di tempat lain. Seperti yang ada di Surabaya, dimana lowongan pekerjaan untuk jurusan biologi sangat terbuka lebar. Menjadi salah satu kota yang maju dengan penuh industri dan perusahaan, Kota Surabaya memang selalu menjadi rujukan untuk mencari lowongan pekerjaan dari berbagai jurusan, tak terkecuali jurusan biologi.

Baca juga: daftar sekolah SDIT di banjarbaru

Untuk informasi lebih jelasnya, berikut di bawah ini ulasan tentang 4 lowongan  kerja di Surabaya khusus untuk jurusan biologi :

1.      Analis Laboratorium

Lulusan  jurusan biologi bisa mengisi lowongan pekerjaan menjadi analis laboratorium atau yang biasa disebut laboran. Profesi analis laboratorium adalah pekerja yang mempunyai tugas untuk mengecek spesimen dan membuktikan diagnosa dadi berbagai tahapan laboratorium.

Bisanya analis laboratorium bergerak di bawah arahan dokter, maka dari itu ketika Anda ingin bekerja sebagai analis laboratorium, Anda disarankan untuk belajar materi medis dan kedokteran. Untuk penghasilan, analis laboratorium bisa mendapatkan gaji dalam sebulan dari kisaran 3 hingga 8 jutaan.

 

2.     Staf Penelitian dan Pengembangan (Litbang)

Staf Penelitian dan Pengembangan (Litbang) mempunyai nama lain Research anda Development (RnD). Profesi staff RnD banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan, baik itu dari pihak swasta maupun instansi resmi pemerintah. Bahkan, institusi pendidikan tinggi juga banyak membuka lowongan kerja untuk posisi ini. Staff RnD mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam hal penelitian dan pengembangan produk yang dihasilkan oleh tempatnya bekerja.

Atau dengan kata lain, tugas staff RnD adalah menyempurnakan produk yang sudah ada. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh staff RnD yakni lebih berorientasi ke masa depan dan jangka panjang, biasanya berkaitan dengan riset ilmiah murni maupun pengembangan di bidang teknologi. Perbulannya, staff RnD bisa mendapatkan penghasilan dari kisaran 4 – 6 juta. 

3.      Peneliti Bioteknologi

Jurusan  biologi juga mencakup materi dan ilmu dari bioteknologi, sehingga lulusan jurusan ini bisa melamar lowongan pekerjaan menjadi seorang peneliti bioteknologi. Peneliti bioteknologi bekerja dengan meneliti gen pada tingkat molekuler dan pemanfaatannya untuk kehidupan masyarakat. Dengan menjadi peneliti bioteknologi, Anda diharapkan untuk dapat menemukan sesuatu yang baru dan berkaitan dengan bioteknologi.

Apalagi saat ini teknologi semakin berkembang dengan pesat, maka diharapkan produk bioteknologi juga selalu mengikuti perkembangan jaman yang ada. Pekerjaan menjadi peneliti bioteknologi, mempunyai penghasilan yang lumayan, yakni bisa mendapatkan 5 – 7 juta dalam sebulan.

4.      Ahli Bioteknologi

Masih tentang bidang bioteknologi, lowongan pekerjaan yang bisa dilamar jurusan biologi adalah Ahli Bioteknologi. Ahli bioteknologi merupakan sebutan bagi mereka yang ahli dan paham mengenai pemanfaatan makhluk hidup, seperti bakteri, fungi, dan virus. Maka dari itu, kini profesi menjadi ahli bioteknologi sangat banyak dicari untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, dari muka pangan hingga kesehatan. Penghasilan yang bisa didapatkan seorang ahli bioteknologi yakni diantara kisaran 4 – 8 juta perbulan.

Nah, itu dia 4 lowongan kerja Surabaya untuk jurusan biologi yang bisa Anda tekuni.

 

 

 

No comments

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..