Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


Merawat Mesin Motor Perkakas Rumah Tangga Agar Awet

 

Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.

Motor, menurut dari Wikipedia adalah segala hal yang memiliki mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak. 

Dan yang namanya mesin tentu saja sangat banyak tipenya baik berdasar fungsi, ukuran dan kekuatan. Banyak sekali produk rumah tangga atau pun produk di lingkungan kerja yang menggunakan motor. untuk di rumah tangga saja misalnya, mesin pompa air, AC, kipas angin, mixer, blender, dll. Di lingkungan kerja tentu juga ada mesin industri atau pabrik, sepeda motor, mobil, dll. 

Untuk para ibu di rumah, tentu saja segala berpakakas bermotor yang ada di rumah tentu menjadi tanggung jawab dan perhatian. Apalagi barang-barang elektronik rumah tangga yang memiliki motor ini biasanya harganya tentu tidak murah. Jadi biasanya setiap keluarga setiap memiliki sesuatu yang bermotor, berharap bisa awet tahan lama sehingga tidak harus sering membeli alat elektronik lagi di rumah. Ibu-ibu memang biasanya tidak mengerti mesin atau elektronik, bahkan kadang si suami pun tidak semua suami mengerti pasal elektronik ini. Namun tentu saja ada cara agar bisa menjaga agar performa barang-barang elektronik di rumah tetap bagus dalam jangka waktu lama. Nah kali ini saya akan membagikan sedikit tipsnya.

Tips bagaimana agar barang bermotor yang ada di rumah bisa lebih awet. 

1. Rutin di servis / dibersihkan.

perkakas rumah tangga yang rutin di servis biasanya adalah AC, maka ingat selalu untuk memanggil tukang servis AC agar motor dalam AC tetap bagus dan AC tetap dingin. Untuk barang bermotor lainnya, sebaiknya rutin dibersihkan terutama setelah dipakai atau jika sedang banyak dipakai. 

2. Tidak digunakan berlebihan

Semua motor bergerak dalam kekuatan kerja tertentu, maka jangan digunakan dalam jangka waktu berlebihan. Misalnya mesin pompa air atau kipas angin, berikan waktu istirahat untuk motor berhenti beroperasi agar performa motor tetap bagus dan bisa awet lebih lama.

3. Tidak terendam air

Motor apapun bahkan mesin pompa air sekalipun, tentu tidak di operasikan terendam dalam air bukan. Maka pastikan semua perkakas bermotor ditempatkan di tempat teduh atau sejuk dan kering. jika sedang tidak digunakan simpan di tempat yang aman. tidak kehujanan atau terkena percikan air. Hal ini juga mencegah motor jadi berkarat dan aus.

4. Rutin dinyalakan

Peralatan elektronik atau bermotor biasanya jika lama tidak digunakan justru akan cepat rusak. Jadi pastikan digunakan secara rutin dalam batas penggunaan wajar. Jika sedang tidak dibutuhkan dan memiliki waktu senggang ada baiknya panaskan mesinnya sesaat untuk mengecek dan memastikan motor tetap berfungsi dengan baik.

5. Gunakan bengkel / service resmi

Jika terjadi kerusakan, maka sebaiknya perbaikilah di service atau bengkel resminya yang sesuai dengan merk dari produk tersebut. Karena selain menyediakan tenaga ahli yang expert untuk menangani produk tersebut, biasanya mereka memiliki suku cadang yang tepat apabila ada yang harus diganti

6. Gunakan spare part berkualitas

Jika ada barang elektronik di rumah yang akhirnya rusak, maka agar tetap bisa awet gunakanlah spare part asli dalam mengganti bagian yang rusak. dengan menggunakan sparepart asli ini biasanya motornya akan bisa bekerja seperti baru lagi, dan tentu saja sesuai kondisi pabrikan awalnya. Meskipun kadang sparepart asli relatif lebih mahal tapi bisa membuat performa peralatan elektronik di rumah menjadi lebih awet.

Dari 6 tips diatas tampaknya cukup mudah diterapkan ya, lebih baik meluangkan sedikit waktu untuk menjaga performa peralatan elektronik dan mekanik di rumah daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli ulang barang-barang tersebut. Semoga tips ini bermanfaat dan jika ada yang memiliki tips merawat mesin motor perkakas rumah tangga agar awet lainnya, silakan share di kolom komentar ya...





1 comment

  1. Bermanfaat nih infonya agar perkakas rumah awet, terima kasih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..