Curio Safari, Teknologi AR untuk Anak bermain dan Belajar



Di masa kini saat ketiga anakku masih bersekolah secara online, penggunaan gadget gak bisa dihindari ya. Sebenarnya ketika sebelum pandemi pun, penggunaan gadget pada anak tidak bisa dihindari namanya era modern. Mungkin kita hanya bisa membatasi dan mengontrol tapi tidak menghilangkan sama sekali. Apalagi kadang gadget juga memudahkan pekerjaan kita dalam mengedukasi anak. Teknologi AR salah satunya.


Pernah mendengar istilah teknologi AR alias Augmented Reality? Terdengar canggih namun sudah tidak asing. Karena sangat banyak produk menggunakan teknologi AR ini sekarang. Bukan hanya memuaskan orang dewasa dengan gambar dan audio yang tampak nyata, namun anak-anak juga punya teknologi AR. Bagaimana dengan Curio Safari? Permainan anak yang menggunakan teknologi Augmented reality ini. Aku akan membuat kalian merasa kenal dengan teknologi ini, supaya tidak merasa asing.


Realitas tertambah (KBBI: realitas berimbuh)[1], atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.[2] (wikipedia)


Kalau kalian hanya berkata, oh begitu toh teknologi AR, aku belum terlalu akrab dengan teknologi ini. Ah masa iya? Pernah mencoba filter di Instagram Story kan? Menggabungnya selfie kita dengan berbagai frame dan kondisi menjadi sebuah video cakep. Itu menggunakan teknologi AR loh. Ada juga sebuah teknologi dari perusahaan cat, dimana kita hanya perlu mengarahkan gadget ke arah dinding yang mau di cat, lalu merubah-rubah warna cat di gadget untuk melihat nanti hasilnya bagaimana, agar bisa menentukan warna cat yang cocok. Semacam itulah mengkonversikan gambar menjadi tampak nyata.


AR untuk Permainan Anak


Teknologi semacam ini tentu bagus untuk edukasi anak bukan? Kita bisa mengkonversikan gambar agar terlihat nyata seperti binatang dan benda-benda alam. Apalagi misalnya binatang-binatang itu sulit dicari di kebun binatang. Di tambah masa pandemi akan sulit bagi kita pergi ke kebun binatang. Bisa mengajarkan anak binatang melalui teknologi AR ini.


Curio safari dengan teknologi AR
Hewan purba di Curio Safari bisa tampak nyata


Misalnya juga jenis-jenis dinosaurus, mungkin anak kurang ingat jika sekedar diajari dengan gambar. Akan lebih baik jika dinosaurusnya tampak nyata. Kita tidak mungkin mengajak anak ke kebun binatang karena disana juga tidak mungkin ada dinosaurus kan.


Curio Safari dan Play Curio


Memperkenalkan Curio Safari dan Play Curio sebuah Produk permainan yang dapat digunakan untuk anak usia 3-7 tahun. Kebetulan sekali anakku juga usianya 4 tahun dan 6 tahun, dan yang paling besar berusia 10 tahun pun tentu masih suka permainanan anak jadi tentunya tidak masalah ikut bermain Curio safari. Bahkan akupun bisa ikut belajar binatang bersama mereka. Nah, Curio safari adalah Sebuah produk kartu belajar observasi alam untuk permainan ayah dan anak-anak di rumah dengan 4 jenis fauna yang ada di bumi dan total 64 binatang keseluruhan.




Kartu tersebut memiliki teknologi AR dimana kita cukup mendekatkan hp kita yang telah menginstal aplikasi Play Curio dengan kartu Curio safari lalu binatang-binatang tersebut bisa tampak hidup dan nyata. Tentu akan sangat membantu kita mengenalkan berbagai hal pada anak dan anak-anak pun senang dengan pertunjukkan yang tampak nyata. Edukasinya lebih mengena dengan contoh yang nyata.




Cara bermain Curio Safari


Menggunakan kartu Curio Safari dengan aplikasi Play Curio bisa dengan bermacam cara agar lebih menyenangkan. Antara lain: 

- Dua kartu atau lebih dapat dibandingkan satu sama lain
Tinggal meletakkan 2 kartu curio safari berdekatan, sodorin hp kearah kartu tsb dan gambar di kartu tersebut akan tampak nyata keduanya, dan tentu saja sangat seru. Seperti sedang berduel atau bersahabat.





- Dapat mendekorasi rumah seperti kebun binatang dengan fungsi AR ZOO. Menyenangkan sekali bisa membuat kebun binatang sendiri kan, fungsi AR Zoo bisa dengan mudah mewujudkan imajinasi anak membuat kebun binatang. Tinggal mengarahkan hp ke ruangan di rumah anda, lalu ruangan tersebut bisa didekorasi seperti kebun binatang dengan menambahkan binatang dari kartu Curio safari. Benar-benar seru untuk dicoba anak-anak, bukan.


CURIO SAFARI MADE IN KOREA



Meski dari Korea dan kartu binatangnya berbahasa Korea, tapi tetap Tersedia bantuan dalam Bahasa Inggris, memungkinkan anak untuk belajar binatang sekaligus belajar bahasa inggris. Dan anak juga mendengarkan penjelasan binatang dengan penutur bahasa asing aslinya yaitu bahasa korea. Para orang tua pasti sudah tau kalo anak sangat mudah mempelajari bahasa asing di usia kecil, apalagi kalo kegiatan belajarnya menyenangkan begini.




Baca juga:

 

Bagaimana memiliki Curio Safari?


Tentu sangat mudah, aplikasi Curio safari bisa di unduh di playstore atau appstore, lalu untuk berbagai kartu ARnya kalian bisa memesannya di link Curio Safari ini, bisa keliatan langsung kok harga-harganya disana. Oh iya, hati-hati loh bakal kepincut berbagai kartu curio safari yang lain, hehehe.


Harganya? Yakin deh dari tadi mau tau harganya kan. Harganya cukup terjangkau, harga normalnya sih 12.000₩ tapi saat ini sedang diskon hanya seharga 9800₩ atau sekitar Rp124.000 cukup terjangkau bukan. Karena biasanya para orang tua di Indonesia pun tak segan membeli mainan harga segitu. 

Apabila dalam membelinya atau menggunakan permainannya kalian merasa kesulitan, silakan mengontak email ini ya: contact@play-curio.com

Selamat menikmati stay at home bersama anak-anak yaa..



16 comments :

  1. Seru banget dan inovatif mainan dengan AR ini!

    anak anak jadi tau bentuk asli hewan, walau ukurannya sih ya kudu dijelasin yaaa

    ReplyDelete
  2. Wah, asyiknya ya ada permainan kartu kayak gini. Enaknya punya 4 jenis kartunya nih biar anak2 puas mainnya. Mengenal aneka hewan dengan santai dan menarik, bareng teman maupun orang tua terasa lebih seru tentunya ya.

    ReplyDelete
  3. wahh lucu ini mbak permainannya....
    anak pasti suka dan betah bermain lama-lama...
    permainan yg tdk hanya mrnghibur, tapi juga sangat edukatif ya mbak

    ReplyDelete
  4. Wah seru kayaknya main dengan Curio Safari ini ya apalagi buat anak-anak cowok yang biasanya lebih sering suka ama tokoh hewan. Anak bisa belajar dengan cara menyenangkan ya dengan ini. Biar nggak bosen di rumah. Apalagi lagi pandemi gini nggak bebas juga maen keluar

    ReplyDelete
  5. Seru banget ini permainannya. Bisa jadi solusi juga di saat pandemi begini. Anak-anak kan belum bisa bebas bermain ke kebun binatang

    ReplyDelete
  6. Huaaa, paling asyik kayaknya ya bermain AR dengan Curio Safari ini. Melihat binatang2 tampak nyata sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  7. Mainan anak anak sekarang canggih ya bund, bisa banget nih bikin mereka betah bermain. Hewannya juga seperti aslinya

    ReplyDelete
  8. Asli, permainannya canggih dan seru ya. Tak hanya menghibur tapi juga menambah pengetahuan anak tentang hewan...keren...

    ReplyDelete
  9. Seru memang main-main dengan AR. Dan jelas, gadget harus mendukung. Pengalaman bbrp kali install aplikasi berteknologi AR dari beberapa brand makanan anak. Namun, aplikasi tidak berjalan karena HP tidak support :(

    ReplyDelete
  10. Waah sepertinya seru. Si bontot juga 4 tahun dan lagi seneng-senengnya kenal binatang. Kalau main curio safari ini pasti senang banget yaa

    ReplyDelete
  11. Wah ini, Curio safari dengan teknologi Augmented Reality bisa menjadi alterntif agar anak-anak tidak gadgetholic. Dengan permainn Curio safari sekaligus menghadirkan mamfaat edukasi bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  12. Waah seru banget ya kalo gambarnya hidup begitu. anak-anak pasti suka nih maininnya.

    ReplyDelete
  13. Berasa bisa ketemu dan megang hewannya ya, kak Ruli.
    Eh, ternyata dalam bahasa Korea. Makin seru main bareng anak-anak.

    ReplyDelete
  14. ih aku baru tau nih tentang Curio Safari aplikasi ini. Kebetulan si Abang suka banget juga suka dinosaur, nanti mau cobain ah. Makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  15. Nampaknya asik ini permainan kartunya. Saya baru tahu ada curio safari ini. Anak-anak pasti seneng ya kalo dikasih mainan ini.

    ReplyDelete
  16. Lucu ya permainannya. Sementara bisa buat rekreasi di drumah nih, sambil nunggu pandemi reda trus bisa ke Taman Safari lagi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..