Keutaman menghafalkan Al Quran

Keutamaan membaca alquran


Al Quran adalah kitab suci bagi umat Islam. Sebagai muslim adalah suatu kegembiraan luar biasa jika bisa menghafal Quran. Apalagi di era kebangkitan muslimah di tanah air. Makin banyak muslimah juga turut berlomba menghafal Quran. Berikut ini adalah keutamaan menghafal Quran.


Turut Menjaga Keaslian Quran

Dengan memghafalkan Al Quran maka ini berarti telah turut serta ambil peran dan bagian dalam upaya pelestarian menjaga keaslian Quran. Sebagaimana diketahui bahwa Al Quran diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril yang mendiktekannya kepada nabi Muhammad SAW dan nabi pun memghafalkannya. Kemudian nabi Muhammad menyampaikan wahyu firman dari Allah tersebut kepada para sahabat yang lalu menghafalkannya dan juga mengajarkan kepada seluruh anak cucu keturunannya secara turun temurun, menjadi hafidz penghafal Quran. Dengan demikian maka akan terdapat hingga jutaan penghafal Quran di setiap generasi yang akan segera tahu jika ada penyimpangan bacaan dan isi dari satu saja ayat Al Quran. Itulah cara paling tepat dan efektif untuk menjaga keaslian Quran sejak dari awal hingga akhir jaman nanti. Peran sebagai hafidz atau penghafal Quran itu sangat penting.

Makin Memahami Keseluruhan Isi Quran

Dengan menjadi menghafal Quran juga maka diharapkan semakin dewasa maka para hafiz Quran itu juga bisa memahami makna dan maksud dari keseluruhan ayat-ayat Quran tersebut dan lalu mengamalkannya dalam keseharian dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. Selanjutnya para hafiz Quran atau para penghafal Quran itu juga bisa mendakwahkan atau menyampaikan ayat-ayat Quran tersebut kepada manusia lainnya agar tercipta dunia yang lebih baik sesuai perintah Allah dan tuntunan Nabi sebagaimana yang tertuang dalam isi Quran.


Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Menjadi hafiz atau penghafal Quran itu akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Tiap huruf bacaan Quran bernilai pahala sepuluh kali lipat. Kiranya kumpulan pahala tersebut bisa menghapus dosa pada saat perhitungan amal dan dosa di akhirat nanti dan meringankan beban, serta menjadi bekal untuk menuju surga yang tertinggi bersama nabi.

Mendapat Rahmat dari Allah

Jika niat menghafal Quran tersebut ikhlas semata mengharap rahmat dari Allah maka hal itu insyaallah akan didapatkan. Dengan demikian hidupnya pun menjadi berkah dan selalu dalam lindungan Allah, selamat dunia akhirat. Dengan menjadikan Quran sebagai pedoman hidupnya maka hidup pun bisa lebih tertata dengan baik.

Hati Menjadi Tenang dan Senantiasa Bahagia

Tak ada kesedihan bagi para penghafal Quran karena dekat dan selalu mendapat pelindungan dari Allah. Segala doa dan hajat keinginannya akan mudah dan cepat diijabah terkabul segala doa-doanya. Jika mendapatkan nikmat akan senantiasa bersyukur dan jika menerima ujian dan cobaan akan mampu untuk bersabar. Dengan demikian maka akan bisa mendapat ketenangan hati. Al Quran adalah juga merupakan penghibur hati, selain sebagai petunjuk hidup. Otak pun akan terlatih dan bisa ditingkatkan kemampuan berpikirnya selama proses menghafal Quran. Dengan demikian akan bisa menjadi lebih cerdas dan pandai.


Sumber: cendekiaprivat.com

9 comments :

  1. Masya Allah Tabarakallah

    Kalau dah seumur aku masih bisa ga ya hafalin Al Quran? Kalau baca gini jadi punya niat pengen hafal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mbak, meski tidak secepat anak2 kecil ya. Setidaknya dari surah yg pendek dulu baru ke panjang

      Delete
  2. Seruuu sih hafalan Quran dan setoran hafalan.

    Kita berusaha keras utk mengingat2 seru bgt aselik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dengan kemampuan yg sekarang berusaha banget ya utk kuat mengingat

      Delete
  3. MashaAllah~
    manfaat menghapal Al-Qur'an ini banyak sekali. Salah satunya menjadi asy-syifa.
    Di saat sakit, beberapa ayat bisa dibacakan agar Allah ringankan dan angkat penyakit dalam tubuh.

    Tabarakallahu...

    ReplyDelete
  4. Bisa menghapal Alquran itu... masyaa Allah. Saya kdang punya kerentek hati ingin bisa. Tapi kadang langsung bilang, kamu mungkin tidak sanggup.
    ENtahlah. Ada orang-orang yang memang terlahir untuk itu

    ReplyDelete
  5. Masya Alloh, sebagai umat muslim kita wajib membaca memahami dan meghafal alquran.
    Yg jadi peer adalah membangun niat dan memotivasi diri sendiri serta lingkungan agar mau mendekatkan diri dengan alquran

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, seharusnya kita bisa mengambil manfaat keutamaan menghafal Al-Qur'an dengan mengamalkannya ya.

    ReplyDelete
  7. Dulu saat masih Aliyah sempat juga diminta dan ada greget buat hafalin quran, karena lingkungannya dukung banget deh. Lah nggak bertahan lama pas pupus deh.
    Menghafalkan quran ada perasaan senang, pun juga takut. Takut saat kita tahu maknanya namun kita mengingkari hal2 yg sudah ada perintah atau larangannya pada Al-Quran tersebut.
    BEner2 pahala besar,tapi juga kalau tidak dimanfaatkan dg baik, juga ga baik,
    Btw makasih sharingnya yah Mbak Ruli,

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..