Era Kebangkitan Muslimah di Indonesia

Assalamualaikum.. 

Lama ga nulis curhatan yak. Kali ini saya mau menyoroti masa-masa dimana terjadi banyak perubahan gaya hidup untuk muslimah Indonesia sekitar 10 tahun terakhir ini. Dimana saya berada dalam masa range usia 20-35 yang berpindah dari fase anak kuliahan ke fase wanita dewasa. 


Duh ya, topiknya kok jadi berat. Hahaha... Enggak sih, saya sedang tidak membahas topik pendewasaan muslimah. Melainkan mengulas masa menakjubkan dimana gaya hidup muslimah Indonesia mengalami perubahan menuju ke arah baik dengan signifikan. 


Hal ini tentu ada awalnya bukan? Jadinya saya menyoroti apa saja yang mengawali perubahan ini. Sehingga sekarang makin banyak muslimah berhijab, makin banyak yang taaruf, gaya hidup pakaian syari menjadi standard yang lazim dan konsumsi halal menjadi kewajiban umum. 

Berikut saya buat listnya ketika awal-awal ini bermula. 

1. Artis berhijab
Saya ingat betul, rintisan artis berhijab dulu di awali oleh zaskia adya mecca pada tahun 2005. Yang zaman itu masih main sinetron anak SMA bersama nabila syakieb memutuskan berhijab. Kala itu artis berhijab itu masih langka. 

Zaskia Adya Mecca (sumber: kapanlagi.com)

Lalu di lanjutkan oleh berhijabnya Inneke Koesherawati, Dewi Sandra, saya lupa siapa yang lebih dulu berhijab saat itu tapi yang jelas mereka berhijab disaat masyarakat Indonesia belum banyak berhijab terutama kalangan artis. Dan berlanjut terus hingga sekarang. Bisa di katakan, merekalah pelopor artis berhijab pada mulanya. 

2. Kosmetik Halal
Wardah, adalah pelopor kosmetik halal di Indonesia, saat awal kemunculannya, langsung memegang status halal. Kehadiran wardah seolah menjadi pencerahan bagi muslimah Indonesia disaat kosmetik lain belum ada yang memiliki sertifikat halal MUI dan wardah dengan percaya diri menyatakan kosmetiknya cocok untuk muslimah dengan menggunakan ambasador berhijab yaitu Dewi Sandra. 

Sumber : wardahbeauty.com

Hingga kemudian di susul oleh brand-brand lain yang merupakan brand lama di Indonesia. Sampai hari ini begitu banyak brand kosmetik baru bermunculan, semua seakan seperti merasa wajib untuk memiliki sertifikat halal untuk merebut pasar Indonesia yang mayoritas muslim. Tentu saja, wardah adalah pelopor kebangkitan penggunaan kosmetik halal di Indonesia. 

3. Designer Muslimah
Yang berusia 25-35 saat ini tentu tau ya. Bahwa pelopor kebangkitan fashion hijab di Indonesia Di pelopori Dian Pelangi, yang saat itu juga ada jenahara, Zaskia Adya Mecca dan Ria Miranda. Saat itu booming sekali produk-produk mereka bahkan banyak yang meniru design atau corak motif mereka. Bahkan saat itu Dian Pelangi yang sangat optimis bahwa Indonesia bisa menjadi kiblat fashion muslimah dunia. Sekarang sepertinya harapan itu perlahan jadi nyata ya. 

Sumber : detik.com/wolipop
Sejak itulah designer pakaian muslimah bermunculan, berbagai lomba design di adakan. Bahkan designer pakaian lain yang awalnya tidak merancang baju untuk muslimah, sekarang juga ikut merancang busana muslimah. Tentu saja ini seperti memfasilitasi para muslimah sehingga saat ini banyak sekali wanita tidak ragu berhijab karena bisa tetap modis dan cantik penampilannya. Bisa dikatakan, Dian pelangi dkk adalah pelopor kebangkitan busana muslimah di tanah air. 

4. Film Religi
Ayat-ayat cinta 1 yang tayang di tahun 2008 di Bioskop sepertinya menjadi Era kebangkitan film islami di Indonesia. Dimana sebelumnya bukunya telah menjadi best seller dimana-mana, masyarakat sangat menyambut antusias filmnya. film yang sangat mengaduk emosi, bermutu dan dimainkan oleh aktor ternama Fedi Nuril, sangat booming saat itu. 


Sesudah film tersebut, baru film islami lain bermunculan menjadi favorit masyarakat seperti Ketika Cinta bertasbih, perempuan berkalung sorban, Sang Pencerah, dsb. Tentu saja, ayat-ayat cinta seolah menjadi pelopornya. Bahkan banyak yang akhirnya merubah gaya hidup setelah boomingnya film tsb. Seperti makin banyak pasangan yang memutuskan menikah dengan cara taaruf, belajar banyak soal poligami, dsb. Film tersebut sangat banyak membawa hikmah dan perubahan di masyarakat menjadi lebih baik. 

5. Lagu religi
Dulu lagu religi itu biasanya hanya ada saat ramadhan, itupun di nyanyikan oleh artis yang kurang terkenal. Tapi group band Wali mengubah pola itu dengan menjadi group band yang banyak membuat lagu bernuansa ajakan ibadah bagi masyarakat muslim. Di tambah juga dengan kehadiran Opick yang lebih dulu menggeluti lagu religi, membuat lagu religi kian di gemari. 


Lalu hadir juga penyanyi international seperti Maher Zein, menambah kesenangan masyarakat terhadap lagu bernuansa islam. Dengan sambutan pasar yang baik, akhirnya banyak penyanyi merilis lagu atau single religi terutama saat ramadhan. Sehingga cukup membawa perubahan baik di masyarakat yang banyak pilihan untuk lagu-lagu favorit bernuansa islami. 

6. Gaya hidup Halal
Karena banyaknya produk yang diragukan kehalalannya, maka makin banyak produsen meyakinkan masyarakat bahwa produknya halal. Kalau dari makanan, tentu saja selama 10 tahun terakhir jumlah makanan bersertifikat halal jumlahnya jauh meningkat. 

Namun yang membuat senang adalah ketika produk lain pun tak mau kalah berlomba-lomba menyamankan gaya hidup muslimah dengan produk halal, contohnya seperti kaos kaki halal, pembalut wanita halal, peralatan masak halal, sabun dan deterjen halal, kemasan makanan halal bahkan yang terakhir adalah hadirnya Kulkas bersertifikat halal. Semua ini, semacam fasilitas dari pengusaha untuk memfasilitasi kebutuhan muslimah di tanah air untuk bergaya hidup halal. 

=========

Nah itu tadi 6 hal yang saya lihat sangat berpengaruh di 10 tahun terakhir kehidupan muslimah di Indonesia. Hingga hari ini, jumlah wanita berhijab terus meningkat, karena tentu saja makin banyak kampanye dilakukan para ulama dan muslimah untuk mengingatkan saudaranya bahwa berhijab itu wajib dan bergaya hidup islami sudah menjadi kewajiban juga. 

Artis berhijab sekarang sudah sangat banyak dan menjadi tampak biasa, bukan hal aneh atau mengejutkan lagi. Restoran, kosmetik dan produk halal sudah biasa dan banyak ditemukan dimana saja. Aturan-aturan muslim seperti tidak berpacaran dan memilih taaruf, tidak mengkonsumsi produk/makanan haram,  Menghafal alquran, dan menggunakan hijab, sekarang sudah makin banyak diterapkan jadi gaya hidup masyarakat. 

Alhamdulillah, Era kebangkitan muslimah di Indonesia selama 10 tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup baik ya. 

11 comments :

  1. Merasa beruntung tinggal di Indonesia dengan mayoritas penduduknya muslim

    ReplyDelete
  2. Meskipun bukan negara Islam, tapi disadari atau tidak Indonesia semakin Islami ya

    ReplyDelete
  3. Publict figur yang berubah menjadi lebih baik secara tidak langsung juga berpengaruh kepada masyarakat

    ReplyDelete
  4. Halal sekarang bukan sekedar gaya hidup, tapi kebutuhan hehe

    ReplyDelete
  5. Film religi sekarang juga sangat diminati masyarakat ya

    ReplyDelete
  6. Benar sekali. Semangat keislaman meningkat dimana-mana. Semoga menjadi yang terbaik baik seluruh alam.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah. Kita sbg muslimah juga lebih dimudahkan dengan berbagai perubahan gaya hidup muslim ke arah yg lebih baik ini. Semoga suasana di Indonesia dapat seperti ini terus.

    ReplyDelete
  8. Ulun masih ingat sekitar 11 tahun yang lalu waktu masa awal-awal kuliah. masih susaaaaah nyari gamis atau jilbab yang klik di hati.
    Apalagi nyari kain yg cocok untuk jadi baju syar'i, masih terbatas pilihannya.
    Sekarang alhamdulillah sudah tinggal pilih. 😁

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ya sekarang udh mulai ga malu2 lg buat berjilbab krn era kebanngkitan muslimah ini sudah sedemikian maju. Dulu zaman ak SMP aja yg jilbaban sering diledekin. Skrg udh aman. Tinggal perbaikan tingkah laku. Hihi

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah ya kita sekarang lebih dimudahkan untuk mengenakan jilbab. tapi kadang suka miris juga sih dengan kondisi sekarang saat Islam sering dipojokkan

    ReplyDelete
  11. Nah setuju banget sama mbak Ruli. Sekarang sih wanita berhijab lebih gampang ya, dulu kayaknya kerja harus lepas hijab mulu ya. Sekarang sudah diterima dengan baik.

    Kosmetik halal juga sudah banyak, jadi tinggal pilih saja.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio